Kontak Sosial

Posted on

Pengertian kontak sossial ialah merupakan suatu sekumpulan atau sekawanan aksi dan proses reaksi sosial di dalam kehidupan masyarakat yang diantaranya saling memberikan pengaruh antara masyarakat satu dengan masyarakat yang lainnya.

Proses kontak sossial merupakan dua bentuk, yaitu Kontak Primer yang dilakukan dengan cara berhadapan langsung/face to face dan Kontak Sekunder yang dilakukan melalui perantara.

Arti mengenai kontak sossial berasal dari bahasa “cum/con” yang artinya bersamaan dan “tangere” yang berarti menyentuh.

Penciptaan Kontak sosial ini merupakan sebuah sebuah tahapan proses yang bersamaan kelangsungannya di dalam kehidupan manusia, sehingga dengan melalui adanya suatu sosialisasi, maka hal tersebut akan menyentuh antara masyarakat dengan masyarakat lainnya. 

Pengertian Kontak Sosial Menurut Teori J.J. Rousseau

Kontak Sosial
Kontak Sosial

Menurut J. J. rousseau mengatakan bahwa kondisi alamiah antara manusia satu dengan yang lainnya tidak mengalami pertengkaran namun manusia hidup dalam keadaan yang aman, damai dan tentram.

Tetapi, seiring berjalannya waktu situasi alamiah tersebut akan mengalami perubahan. Dikarenakan faktor alam, moral menciptakan ketidaksamaan dan fisik.

Moral bahkan menciptakan ketidaksamaan yang dapat menyebabkan terjadinya kekuasaan tunggal, kemudian dengan adanya suatu hak yang yang dianggap sangat istimewa inilah yang biasanya hanya orang tertentu yang memilikinya terutama oleh seseorang yang lebih kaya, dan memiliki kekuasaan sehingga akan mendapatkan penghormatan.

Dan Untuk menghadapi masalah masyarakat yang satu dengan yang lainnya Du Contract Social.

Kontrak sosial merupakan suatu kesepakatan yang rasional seberapa besarkah kewenangan pihak pejabat Negara dan seberapa luaskah kebebasan masyarakat.

Untuk lebih menguatkan keadilan dan pemenuhan moralitas yang tinggi dibentuklah kontrak sosial atas kehendak bebas dari semuanya.

Menurut J.J.Rousseau dalam mendirikan suatu Negara dan masyarakat sangat dibutuhkan teori Kontrak sosial.

Akan tetapi, J. J. rousseau mengatakan bahwa tidak adanya paksaan untuk sebuah Negara dan masyarakat dalam kontrak sosial.

Kemauan bersama yang baik akan menciptakan manusia yang sadar dan tunduk pada hukum yang bersumber dari kemauan bersama dan juga dapat mengalahkan kepentingan diri sendiri. Hal tersebut menjadi pokok utama permasalahan dalam pemikiran Hobbes.

Keunggulan dari toeri J. J. Rousseau adalah sebagai landasan demoktasi modern dan menghasilkan fungsi warga Negara dalam masyarakat dan Negara. Selain itu juga, musyawarahlah yang digunakan untuk mengubah sistem politik yang penuh dengan kekerasan.

Teori kontrak sosial J. J. rousseau menganut aliran pactum unionis yang di mana kekuasaan ada pada tangan rakyat atau Demokrasi mutlak. 

Kelemahan dari teori ini Ialah tidak berdasarkan historis dan setiap orang mau tidak mau terikat oleh kontrak sosial.

Karena Rousseau tidak konsisten dan tidak menjelaskan apabila ada kemauan bersama yang telah disepakati tetapi ada beberapa orang yang berbeda pendapat, maka dari itu orang tersebut tidak dapat dikatakan dipimpin atas kemauan bersama.

Bentuk Kontak Sosial

Kontak Sosial
Kontak Sosial

Bermacam-macam kontak sossial dapat dibedakan berdasarkan proses berlangsungnya dan juga berdasarkan jumlah individu yang terlibat didalamnya.

Berdasarkan Proses Berlangsungnya

Berdasarkan proses berlangsungnya, kontak sossial dibedakan menjadi 2 diantaranya adalah sebagai berikut ;

  • Kontak Sosial Primer adalah
    • Kontak sosial secara langsung dengan bertatapan muka, baik melalui sentuhan fisik ataupun tidak.
    • Contoh kontak sossial primer seperti berjabat tangan, berbicara, bahasa isyarat, tersenyum dan lain sebagainya.
  • Kontak Sosial Sekunder meliputi ;
    • Kontak sossial yang dilakukan secara tidak langsung melainkan menggunakan media tertentu.
    • Kontak sossial sekunder dibagi menjadi 2 yaitu Kontak sossial sekunder langsung dan Kontak sossial tidak langsung.
    • Kontak sosial sekunder langsung yaitu
      • kontak sossial sekunder yang dilakukan dengan cara menggunakan bantuan alat tertentu. 
      • Contoh kontak sossial sekunder langsung yaitu melalui Telepon, surat, televisi, Handphone dan yang lainnya.
    • Kontak sosial sekunder tidak langsung yaitu
      • kontak sossial sekunder yang dilakukan dengan bantuan pihak lain atau pihak ketiga. 
      • Contoh kontak sossial sekunder tidak langsung yaitu : Andi menitipkan salam untuk Ani melalui perantara Sinta.

Berdasarkan Jumlah Individu Yang Terlibat Didalamnya

Di bawah merupakan beberapa individu yang ikut terlibat didalam terjadinya kontak sossial yang didasarkan dengan jumlah individunya, yang diantaranya ialah sebagai berikut.

  • Kontak antar individu.
    • Misalkan : Kontak antara karyawan dengan boss , Kontak antara penjual dan pembeli, Kontak antara dokter dengan pasien dan yang lainnya.
  • Kontak antar kelompok.
    • Seperti pertandingan sepak bola dalam sebuah turnamen, pertandingan basket, perlombaan cerdas cermat dan lain sebagainya.
  • Kontak antara individu dengan kelompok. 
    • Contohnya Pemateri dengan peserta seminar, guru dengan muridnya dan lain-lain.

Dampak Kontak Sosial

Kontak Sosial
Kontak Sosial

Dibawah ini terdapat beberapa penjelasan terkait mengenai Dampak yang di dapatkan dari kontak sossial antara lain adalah sebagai berikut;

  • Dampak Negatif
    • Dampak negatif nya adalah jika yang dibicarakan menyangkut mengenai hal-hal yang dapat merusak keteraturan sosial dalam masyarakat.
    • Dapat menyebabkan berupa transaksi pencurian, atau dalam agenda melakukan Terorisme yang dapat merusak interaksi sosial dalam masyarakat.
  • Dampak Positif
    • Berikutnya adalah dalam hubungan yang terdapat di dalam proses kontak sossial ini akan berakibat positif.
    • Hal ini dilakukan apabila kontak sossial menguntungkan salah satu pihak, seperti untuk agenda bisnis, menjaring komunikasi dalam agenda silaturahmi.

Contoh Kontak Sosial

Secara umum, berdasarkan dari bentuknya Contoh kontak sossial dalam masyarakat dibagi menjadi dua diantaranya adalah sebagai berikut ;

Contoh Kontak Sosial Primer

Contoh mengenai kontak sossial primer, sangatlah mudah kita temukan disetiap kehidupan manusia.

Dimana hampir setiap saat pasti ada seseorang yang melakukan bentnuk dari pada aktivitas ini.

Misalnya saja pada saat ada sebuah acara seperti Hajatan dari sebuah kresepsi pernikahan, dimana masyarakat biasanya melakukan kontak sossial secara langsung.

Kemudiaan saling berhubungan atau melakukan suatu diskusi yang membahas mengenai kasus yang terjadi di dalam masyarakat, atau juga membicarakan solusi atas permasalahan yang terjadi.

Contoh lainnya seperti tentang kontak sossial primer ini misalnya dalam melakukan suatu rangkaian Acara Syukuran.

Yang mana pada umumnya jika seorang akan melakukan suatu acara syukuran, maka orang tersebut akan secara langsung melakukan suatu interaksi sosial dengan masyarakat, bentuk dari pada interkasinya tersebut dengan melalui face to face sebagai salh satu syarat utama agar dapat terjadinya kontak sossial tersebut.

Contoh Kontak Sosial Skunder

Contoh kontak sossial dalam masyarakat misalkan adanya hubungan yang dilakukan oleh individu dengan individu lainnya.

Seperti melalui jaringan Telepon, Pesan dan juga surat kabar atau berbagai jenis surat kabar lainnya.

Pada era saat ini semakin mengalami kemajuan, dimana melakukan kontak sosiial skunder ini bisa dengan melalui sistem teknologi, hal tersebut yang sekarang digunakan untnuk melakukan komunikasi sosial. Sehingga dengan demikian membuat Masyarakat semakin mudah melakukannya.

Misalnya seperti melakukan kontak sosiial melalui Facebook, Email, dan lain sebaginya.

Dari penjelasan mengenai pengertian kontak sossial dan contohnya di atas, bisa dibilang bahwa sejatinya dalam masyarakat akan senantiasa melakukannya.

Adanya hal itu dilakukan sebagai sebab dan akibat hubungan sosial. Maka dari itu syarat terjadinya kontak sossial ini sendiri harus terdapat suatu komunikan dan komunikator. Nah dari kedua hal ini mutlak harus ada dalam proses kontak sossial.

Sekian dulu ya sob, semoga ulasan diatas dapat beramanfaat untuk sahabat semua.

Baca Juga :