Contoh Cinta Tanah Air

Posted on

Contoh Cinta Tanah Air merupakan suatu elemen yang sangat penting khususnya di dalam kehidupan masyarakat karena hal tersebut akan menumbuhkan sikap perduli dan rasa toleransi baik terhadap sesama maupun terhadap negara.

Selain itu istilah Cinta Tanah Air juga adalah suatu ungkapan yang merujuk pada negara kita, dimana memang sudah seharusnya setiap warga negara yang berada dan bermukim atau memang berasal dari tempat tersebut harus bisa menjaga dan mencintai negara tersebut.

Sehingga dengan demikian setiap warga negaranya senantiasa akan selalu menjaga keharmonisan baik dalam bertetangga maupun bermasyarakat luas yang masih terhimpun atau bernaung dinegara tersebut yakni indonesia.

Kemudian bukti rasa dari pada ungkapan tersebut dimana setiap warga negara harus bisa berbakti dan melayani negaranya dengan upaya bersikap atau berkelakuan baik dan juga harus bisa melestarikannya serta mempertahankan apa yang mereka cintai.

Dimana hal ini juga sesuai berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 yakni untuk menjaga dan menjamin kemajuan dan kelangsungan untnuk kehidupan bangsa.

Sehingganya dalam hal ini setiap warganya harus berupaya untuk menjaga hubungan yang baik antara warga dari pada negaranya, nah upaya tersebut bertujuan untuk menangkal segala bentuk ancaman baik secara nyata maupun tidak nyata dari setiap musuh yang berupaya untuk menghancurkan negaranya.

Kemudian dengan adanya rasa Cinta kepada tanah air tersebut akan menjadi pendukung untuk mendorong kehidupan bangsa dan juga bisa mengajarkan diri agar senantiasa mau ikut berpartisipasi dalam proses mengembangkan untuk menjadi negara yang maju.

Contoh Cinta Tanah Air
Contoh Cinta Tanah Air

Manfaat Memiliki Rasa Cinta Tanah Air Adalah

  • Dengan rasa cinta terhadap tanah air, maka akan membuat kita akan selalu menjaga kehormatan bangsa dan negara
  • Kemudian dengan rasa cinta terhadap tanah air juga, maka akan Tertanam dalam diri kita suatu niat untuk selalu bisa menjaga dan mempertahankan persatuan serta kesatuan bangsa
  • Kemudian dengan adanya rasa cinta terhadap tanah air juga akan membuat diri kita memiliki rasa perduli baik dalam bermasyarakat maupun bernegara. 

Cara Menumbuhkan Sikap Cinta Tanah Air

Sahabat edmodo semua, Adapun Cara yang paling sederhana yang dapat kita lakukan agar dapat menumbuhkan bahkan meningkatkan sikap cinta tanah air ialah dengan kita ikut serta dalam setiap kegiatan yang bertujuan untuk menjaga kebhinekaan. \

Yakni dengan cara tidak saling membeda-bedakan teman, sehingga dengan demikian akan tumbuh juga keharmonisan dalam hubungan dan juga akan meningkatkan persatuan dan kesatuan antara kita.

Kemudian cara yang lainnya yakni dengan kita lebih mencintai asli produk buatan negeri kita sendiri, bahkan apabila kita memang mampu untuk mendirikan suatu perusahaan, yang mana hal tersebut bertujuan agar kita bisa mendukung dan mengembangkan hasil produk indonesia, bukan malah banyak mengimpor dari negara lainnya.

Dengan sikap dan upaya demikian, maka hal tersebut akan membantu kelangsungan dan kemajuan bangsa dan negara kita yakni indonesia.

Contoh Sikap Cinta Tanah Air

Sahabat edmodo.id semua, di bawah ini sudah kami sajikan beberapa contoh, yang merupakan sikap cinta terhadap tanah air, yang diantaranya ialah sebagai berikut :

1. Bertakwa dan berbuat baik kepada Tuhan

Dalam hal ini sesuai berdasarkan dengan bunyi dari sila pertama dari pada Pancasila, kita sebagai manusia yang beriman harus terus-menerus fokus dalam setiap memenuhi kewajibannya beribadah kepada Tuhan.

Seperti yang kita ketahu bersama, dimana di Indonesia sendiri di dalamnya memiliki agama dan kepercayaan yang berbeda, sehingga setiap penyembah harus menyembah Tuhan dengan mematuhi perintahnya dan menahan diri dari larangannya sesuai dengan keyakinannya masing -masing.

2. Berbuat baik kepada orang lain

Dalam hal ini kita dianjurkan untnuk selalu berbuat baik terhadap oranglin, Mengapa demikian.??

Karena pada dasarnya Manusia adalah makhluk sosial yang mana manusia tidak akan bisa hidup tanpa adanya campur tangan atau rasa perduli dari orang lainnya, baik dari kerabat, keluarga, saudara atau bahkan dari orang yang tidak kita kenal sebelumnya.

Maka dengan alasan inilah mengapa kita harus senantiasa berbuat baik kepada orang lain dan juga harus saling tolong menolong demi menciptakan kerukunan dalam bermasyarakat dan bertetangga.

Karena pada hakikatnya apa yang kita tanam itulah yang akan kita tuai, jadi artinya apabila kita menanamkan kebaikan pada orang lain maka niscaya suatu saat kita juga akan diperlakukan baik oleh orang lain.

Lantas kebaikan apa yang dapat kita lakukan untuk orang lain? perlu sahabat edmodo semua ketahui, yang mana bahwa bentuk perbuatan baik itu beraneka macam, bisa kita melakukan kebaikan dengan berupa materil, bisa juga dengan, bakat, keterampilan, ilmu dan juga dengan tenaga sukarela atau lain sebagainya.

3. Bangga sebagai bangsa Indonesia

Kemudian merasa bangga atau senang karena masih bagian dari bangsa indonesia juga adalah merupakan Contoh salah satu sikap kecintaan terhadap tanah air.

Karena dengan adanya perasaan bangga dan takjub tersebut membuat kita merasa seperti memiliki dan tentunya apabila kita merasa memiliki maka kita akan memiliki keinginan untuk menjaga apa yang kita miliki dan kita senang tersebuti.

Nah dengan adanya perasaan tersebut, yang kemudian akan menjadi sebuah identitas diri kita sebagai bagian dari bangsa indonesia.

4. Menjaga nama baik bangsa Indonesia

Dalam hal ini, yang mana apabila kita memiliki rasa cinta terhadap apapun, sudah pasti kita juga akan memiliki perasaan untuk menjaga apa yang kita cintai tersebut.

Begitu juga apabila kita memiliki rasa cinta terhadap tanah air maka otomatis, kita jaga akan senantiasa menjaga nama baik bangsa Indonesia di mata seluruh dunia.

Selain itu Menjaga nama baik bangsa juga bukan hanya dilakukan oleh sebagaian orang atau intasi terkait saja seperti pejabat atau semua para atlet yang memang sudah berhasil membawa mendali kemenangan sehingga mengharumkan nama bangsanya, melainkan semua penduduk atau warga dari bangsa tersebut.

5. Menggunakan hak pilih dalam pemilu

Seperti yang kita ketahui bersama, yang mana Indonesia adalah salah satu negara demokrasi dan adanya pemilihan umum (Pemilu) adalah bentuk demokrasi di Indonesia.

Semua warga negara harus menggunakan hak pilih untuk berpartisipasi dalam pemilihan.

Pemilihan ini bertujuan untuk menemukan pemimpin baru berdasarkan suara rakyat sehingga kita harus berpartisipasi dalam mengadakan pemilihan yang jujur ​​dan adil sebagai contoh sikap cinta kasih terhadap tanah air.

6. Menjungjung tinggi hukum dan pemerintahan

Adapun hal yang dapat dilakukan untuk membuktikannya adalah dengan mematuhi peraturan yang berlaku di Indonesia.

Hal paling sederhana adalah mematuhi kata-kata orang lain, terutama orang tua.

Sedangkan pada bangsa sendiri, maka kita bisa membuktikan dan menampakan bentuk cinta tersebut yakni dengan kita mengikuti dan mentaati semua peraturan yang terkandung dalam UU dan Pancasila.

7. Memberikan anspirasi yang membangun bangsa

Setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk memberikan dan juga menyampaikan suatu inspirasi terutama demi kemajuan serta perkembangan bangsa.

Kemudian Kita dapat megeluarkan apapun semua pendapat terlebih yang mengganjal di hati, namun hal tersebut harus terdapat niatan untuk membangun bangsa untuk menjadi lebih makmur dan maju.

Kemudian bentuk dari pada Anspirasi tersebut dapat kita sampaikan baik secara tertulis maupun secara langsung yang pasti dengan melalui perantara lembaga yang terkait.

8. Menjaga fasilitas umum

Tentunya masing -masing wilayah atau sebuah daerah memiliki semua failitas terlebih lagi fasilitas untuk umum (Publik).

Kemudian sebagai warga negara yang baik dan yang cinta terhadap tanah airnya, maka kita harus bisa melindungi semua struktur publik itu.

Yang mana fisilitasb tersebut nantinya dapat dimanfaatkan untuk memfasilitasi setiap yang menjadi kebutuhan manusia, maka apabila fasilitas tersebut tidak kita jaka bahkan mengalami kerusakan, maka secara otomatis hal tersebut akan dapat membahayakan masyarakat.

9. Menaati peraturan nasional

Dalam hal ini dimana negara Indonesia juga memiliki beberapa aturan sebagaimana ditunjukkan dalam Undang-Undang. Aturan-aturan ini harus dibagikan dengan dan oleh semua orang Indonesia.

Jadi Contoh sikap cinta kita terhadap tanah air dapat kita perlihatkan dengan cara kita mengikuti undang -undang perdagangan atau perniagaan, pemilihan umum, lalulinta dan juga dalam jenjang pendidikan.

10. Menggunakan fasilitas umum sewajarnya

Selanjutnya Contoh dari sikap cinta terhadap tanah air dalam kehidupan sehari-hari berikutnya adalah penggunaan struktur publik atau fasilitas umum dengan cara yang tepat.

Dimana adanya Fasilitas publik memiliki tujuan untuk memberikan kenyamanan dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

Jika kita menggunakannya berlebihan, maka orang lain nantinya tidak bisa memanfaatkan fasilitas yang telah tersedia.

11. Memanfaatkan sumber daya sebaik mungkin

Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam. Maka kita sebagai warga yang mencintai negara dan tanah air, sudah seharusnya kita memanfaatkan sumber daya tersebut dengan sebaik-baiknya.

Kemudian kita jangan sampai menggunakan sumber daya alam yang ada demi meraup keuntungan pribadi yang akhirnya menyebabkan kerugian untnuk orang lain, terlebih lagi negara.

Selamat Belajar ya Sob .!! Semoga serangkaian ulasan diatas dapat bermanfaat dan temukan juga berbagai artikel menarik lainnya :