Contoh Asimilasi

Posted on

Halo teman-teman edmodo.id kali ini kita akan membahas tentang Contoh Asimilasi. Apa saja sih contoh asimilasi itu? mari kita pelajari bersama dibawah ini.

Asimilasi merupakan suatu situasi di mana terjadi pada percampuran dan kebudayaan yang disertai dengan memudarnya ciri khas dari kebudayaan asli lalu menghasilkan kebudayaan baru.

Ada juga pendapat lain yang berarti seperti proses interaksi sosial di dalam waktu yang lama perpaduan antara masyarakat yang memiliki kebudayaan yang berbeda.

Berdasarkan prosesnya, kedua masyarakat ini kerap sekali melakukan beberapa usaha guna mengurangi berbagai perbedaan secara individu atau juga klasifikasi.

Dikarenakan untuk memprioritaskan kepentingan sesama. Secara umum, asimilasi berasal dari Bahasa Inggris yang berarti “assimilation” yang artinya ialah pembauran, perpaduan, penerimaan dan lain sebagainya.

Kata asimilasi ini bisa dimaksud sebagai proses penyesuaian berdasarkan sifat asli dengan sifat yang ada di lingkungan sekitar lalu terbentuk lah ketertiban sosial dan kebiasaan sehingga terbentuk budaya baru yang akan lebih sesuai.

Berdasarkan pengertian diatas berikut ini berbagai contoh-contoh jelas tentang asimilasi pada kehidupan masyarakat dari yang sederhana, sedang, maupun yang komplek adalah sebagai berikut:

Pengertian Asimilasi

Contoh Asimilasi
Contoh Asimilasi

Pada umumnya definisi asimilasi biasa diidentikan suatu penggabungan dari dua kebudayaan dengan diiringi terbawanya yang menjadi ciri khusus dari kebudayaan yang aslinya sehingga akhirnya membentuk suatu kebudayaan yang baru.

Kemudian untnuk menekan adanya perbedaan, yang diiringi dengan adanya suatu pergerakan dalam menyatukan kesatuan dari sebuah perasaan, tindakan, dan juga sikap.

Sudah pasti kita juga harus tetap bisa memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan sekaligus apa yang menjadi tujuan bersama.

Maka oleh karena itu, ada beberapa syarat yang harus dilakukan agar bisa mewujudkan hal tersebut, yang diantarantya adalah:

  • Terdapat beberapa kelompok yang memiliki suatu kebudayaan yang saling berbeda.
  • Denan adanya suatu interaksi yang dilakukan dengan secara intensif yang dilakukan antarindividu atau dari suatu kelompok.
  • Kemudian apa yang menjadi sifat khas dari pada golongan kebudayaan yang saling melakukan interaksi diantaranya mengalami perubahan. Demikian juga terhadap bentuk dari pada kebudayaan tersebut sehingga menjadi suatu kebudayaan yang campuran.

Kemudian apabila syarat agar asimilasi bisa terjadi telah terpenuhi, selanjutnya ada beberpa proses yang harus dilakukan didalamnya.

Yang diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Yang pertama adalah, dari sejumlah kelompok yang memiliki kebudayaan yang tentunya saling berbeda masing – masing harus mendiami suatu daerah yang sama.
  • Yang kedua adalah, waktu yang dibutuhkan untuk melakukan interaksi antar suatu kelompok harus berlangsung lama dan intensif.
  • Yang ketiga adalah, masing – masing harus bisa saling terbuka terhadap kebudayaan yang baru.
  • Yang keempat harus bisa membentuk atau menciptakan toleransi terhadap antar kelompok yang berbeda.
  • Yang kelima adalah, harus bisa saling terbuka, baik dalam segi sikap maupun pemikiran pada suatu kelompok yang berkuasa terhadap kelompok yang bukan penduduk asli.
  • Yang keenam adalah terdapat suatu pernikahan yang terjadi diantaranggota kelompok yang saling berbeda.
  • Kemudian yang ketujugh, memiliki suatu kesamaan terutama dalam suka – menyukai terhadap sesesuatu, dengan demikian akan dapat tercipta apa yang menjadi tujuan bersama.

Contoh Asimilasi

Contoh Asimilasi
Contoh Asimilasi

Di bawah ini terdapat beberapa contoh asimilasi, yang diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Contoh Asimilasi Secara Sosiologis

Asimilasi dalam pandangan secara sosiologis contohnya seperti:

  • Pernikahan campuran

Pernikahan merupakan campuran pada konteks ini ialah berbedasuku bangsa atau ras bukan menunjuk dengan hal biologis.

Contohnya, orang sunda menikah dengan orang lampung ataupun berbalik. Selain dari itu juga orang Indonesia menikah dengan orang Malaysia.

  • Libur Pada Hari Minggu

Rencana akhir pekan menunjuk pada hari sabtu sebagai awal dan hari minggu pun sebagai akhir atau juga puncaknya.

Tradisi pada hari minggu sebagai hari libur ini berasal dari budaya barat yang berdasarkan prosesnya masuk sampai ke budaya Indonesia.

  • Asia-American

Asia-American ialah yang berarti untuk menyebut salah satu suku bangsa yang berada pada posisi minoritas untuk melakukan proses asimilasi di Amerika Serikat dan mengubah norma serta nilai yang terpusat pada budaya Amerika, bisa dan jelas berbahasa Inggris, juga lebih menyukai mengidentifikasi dirinya sebagai orang Asia-American.

2. Contoh Asimilasi Linguistik

Misalnya orang Singapura sewaktu bicara dengan bahasa Inggris terjadi keistimewaan pada aksennya.

Lebihnya aksen melayu singapura yang berpadu dengan bahasa inggris menciptakan istilah kebudayaan yang baru, yaitu Singaporean English/Singlish.

Peristiwa ini juga kerap terjadi pada masyarakat India yang berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris.

  • Perayaan Pada Hari Tertentu

Seseorang yang merantau ke kota atau negara lain, seperti ke Korea. Dan disana ia ikut merayakan hari Halloween, Natal, Valentine, dan lainnya. Hal ini adalah contoh asimilasi yang berturut-turut serta asimilasi pada Individu.

3. Contoh Asimilasi Pada Indonesia

Banyak sekali di indonesia yang dapat dijadikan contoh dalam mengenali Asimilasi. Seperti asimilasi di dalam bidang bahasa yaitu bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris.

Sejauh ini, bahasa Inggris secara langsung maupun tidak telah ditetapkan sebagai bahasa Internasional.

Maka dari itu, banyak kosa kata bahasa Inggris yang merembes ke dalam bahasa Indonesia. Misalnya kita sering mengucapkan ‘thanks’ daripada ‘terimakasih’.

4. Contoh Asimilasi Budaya

Contoh Asimilasi ini lebih mengarah pada budaya. Contohnya, asimilasi pada bidang seni suara atau musik.

Musik dan penyanyi adalah dua hal yang lebih dekat dengan kehidupan kita, dan sering kita menyanyikan lagu para penyanyi yang kita sukai.

Misal pembauran musik tradisional dengan musik barat, yaitu musik jawa dengan musik kpop dan rap. Faktanya dengan datangnya Jogja Kpop.

5. Contoh Asimilasi Pada Kehidupan Sehari-hari

  • Adat pernikahan

Asimilasi juga terjadi pada adat pernikahan. Gabungan antara adat pernikahan Sunda yang dipadukan dengan budaya Papua lalu akan menciptakan tradisi pernikahan baru, yaitu dengan gabungan budaya sunda dan papua.

  • Seni Tari

Asimilasi pada seni tari terdapat pada perpaduan antara budaya Betawi dan budaya Tionghoa.

Berbagai seni tari diciptakan dari asimilasi dua budaya tersebut, yaitu Tari Jaipong dan Tari Lenong. Tari ini masih dilestarikan hingga saat ini.

  • Cara Makan

Makan menggunakan sendok atau garpu merupakan hal yang biasa kita lakukan namun kebiasaan ini berawal dari bangsa Eropa.

Kemudian Indonesia meniru orang-orang eropa pada saat eropa menjajah indonesia.

Namun saat ini penggunaan sendok dan garpu hanya digunakan sebagian besar masyarakat indonesia.

  • Pakaian dan Hjiab

Contoh asimilasi ini ialah bagaimana mengenakan pakaian bisa kita lihat cara berpakaian wanita Arab yang menggunakan hijab, dikombinasikan dengan pakaian khas Indonesia.

Pada akhirnya banyak sekali wanita Indonesia sekarang mengenakan kebaya dan hilbab, kemudian menciptakan berbagai gaya berpakaian yang baru.

  • Pakaian Baju Koko

Pemakaian baju koko oleh umat Islam juga salah satu contoh asimilasi budaya.

Baju Koko berasal dari pakaian khas bangsa China pada era dimasalalu. Kemudian budaya ini diserap sampai sekarang menjadi baju koko bagi umat muslim.

  • Interaksi

Interaksi juga termasuk contoh asimilasi di Indonesia meliputi interaksi antar manusia yang dapat dipengaruhi oleh perilaku bangsa lain.

Contohnya saja budaya pacaran yang awalnya berawal dari bangsa Eropa lalu ditiru oleh para pemuda di Indonesia.

6. Contoh Asimilasi Dalam Masyarakat

Berdasarkan mengenai contoh-contoh asimilasi dalam masyarakat, contohnya saja pacaran yang bisa sampai melakukan hubungan intim atau seks.

Pacaran bukan budaya asli indonesia, akan tetapi ini sudah melejit pada masyarakat terutama remaja.

Lebih parahnya, mereka sampai melakukan hubungan intim dalam status pacaran seperti yang dilakukan pada remaja di barat.

7. Contoh Asimilasi Lainnya

Terakhir adalah contoh asimilasi lainnya, seperti asimilasi mengenai pendidikan atau juga sistem pembelajaran.

Secara umum di Indonesia hingga kini kita masih menggunakan sistem ‘menghafal’ dibandingkan ‘memecahkan’ mengenai lembaga pendidikan atau pembelajaran.

Akan tetapi kita telah menggunakan kedua sistem itu untuk keefektifan mencerdaskan generasi anak bangsa.

Sekian teman-teman edmodo.id mengenai pembahasan kita kali ini tentang Contoh Asimilasi, semoga mudah dimengerti dan bermanfaat. Terimakasih.

Baca Juga :