Jenis Jenis Patung

Posted on

Jenis Jenis Patung – Seni patung sebagai salah satu bentuk seni sebenarnya memiliki makna yang luas, karena hasil karyanya tidak hanya dalam bentuk manusia dan hewan, tetapi juga bisa dalam bentuk apa saja, asalkan memiliki volume tiga dimensi dan mengandung unsur keindahan.

Pengertian

Jenis Jenis Patung

Salah satu teknik yang sering digunakan dalam pembuatan patung adalah ukiran. Tadisi telah membuat patung-patung dari negara-negara Barat, yaitu sejak zaman Yunani kuno, ketika patung itu dianggap sebagai bentuk seni yang hebat.

Berbagai bentuk dan ukuran patung dapat ditemukan di Indonesia. Jenis dan bahan dasar untuk membuat patung juga bervariasi, ada yang terbuat dari bahan lunak seperti kayu, tanah liat dan semen untuk bahan dengan struktur keras seperti batu dan logam.

Patung adalah sebuah karya seni dalam bentuk tiga dimensi, artinya karya itu memiliki volume atau konten. Patung juga bisa disebut karya seni plastik (palastic art), sehingga tujuan plastik di sini bisa dibentuk sesuka hati. Patung juga dikenal sebagai bentuk seni yang mengandung nilai keindahan dalam hasil karyanya.

Biasanya patung itu dibuat untuk memenuhi kebutuhan internal orang atau sekadar menikmati suatu keindahan. Sementara itu, dari KBBI, patung adalah objek yang dibuat khusus untuk meniru bentuk manusia dan hewan.

Dengan perkembangan patung modern, karya-karya yang dibuat menjadi semakin beragam, baik dengan penggunaan bahan dan metode.

Seni Patung Menurut Para Ahli

Mikke Susanto

Patung adalah karya seni tiga dimensi yang dibuat dengan memotong bahan atau membuat model terlebih dahulu menggunakan teknik pencetakan atau casting. Untuk Indonesia sendiri, patung itu sudah dikenal sejak zaman prasejarah dan terus berkembang hingga hari ini.

Patung Berdasarkan Fungsinya

Menurut fungsinya, karya dalam membuat patung dibagi menjadi enam jenis, yaitu:

  • Patung Pahat
    Dibuat bertujuan sebagai karya seni murni untuk estetika yang hanya menikmati keindahan bentuknya.
  • Patung Kerajinan
    Biasanya dibuat untuk dijual, patung jenis ini dibuat oleh pengrajin.
  • Patung Arsitektur
    Dibuat untuk mendukung konstruksi bangunan dan nilai estetika atau keindahan.
  • Patung Dekorasi
    Dibuat untuk tujuan mendekorasi bangunan atau taman, baik halaman belakang maupun taman bermain.
  • Patung Agama
    Dibuat untuk tujuan ibadah sebagai inspirasi dan makna keagamaan bagi sebagian umat beragama.
  • Patung Monumen
    Dibuat untuk mengenang atau memperingati peristiwa bersejarah dan peristiwa atau jasa pahlawan di masa lalu.

Patung Berdasarkan Tekniknya

Patung Berdasarkan Tekniknya

Adapun teknik mematung, Anda bisa melihat di bawah:

Alat Pengeboran

Teknik pahat biasanya dilakukan dalam proses pembuatan patung dari bahan dasar keras seperti kayu, tulang, batu granit, granit dan bahan dasar sulit-struktur lainnya dengan memotong bagian tertentu dari bahan dasar untuk membentuk patung yang diinginkan.

Teknik Pembentukan

Teknik ini adalah teknik memahat dengan secara bertahap membentuk patung untuk membuat patung yang diinginkan. Teknik ini membutuhkan ketelitian yang lebih dari artis. Namun kualitas patung yang dihasilkan biasanya lebih baik karena menggunakan perasaan atau indera dalam membentuknya.

Membangun Metode

Teknik ini hampir seperti permainan puzzle, yang melibatkan merakit komponen utama dari sebuah patung dan kemudian merakitnya.

Teknik Perakitan atau Casting

Teknik ini biasa digunakan dalam proses pembuatan patung dari bahan logam. Manufaktur dimulai dengan memanaskan logam hingga meleleh dan kemudian dituangkan ke dalam patung dalam bentuk patung.

Teknik Pemodelan

Pemodelan adalah teknik untuk membuat patung dengan terlebih dahulu membuat model dan kemudian membentuk patung yang sebenarnya.

Teknik Grain

Grain adalah salah satu metode memahat dengan mengurangi bahan lunak semacam gips, tanah lunak dan bahan berstruktur lunak lainnya untuk membuat karya pahatan yang bernilai estetika.
Bentuk Patung

Patung Beradasarkan Bentuknya

Patung Beradasarkan Bentuknya

Ini adalah patung yang hanya menunjukkan kepala objek.

Sedada

Ini adalah patung yang hanya menampilkan setengah dari tubuh, seperti penampilan dari kepala ke dada.

Zonde

Ini adalah jenis patung yang menampilkan beberapa objeknya, seperti orang yang sedang duduk atau berbaring.

Posisi Bebas

Patung yang ditampilkan dari bagian atas kepala hingga ujung jari kaki dan berdiri tegak.

Batang Tubuh

Apakah patung yang menampilkan bagian-bagian tertentu dari tubuh, seperti menampilkan dada di pinggang, yang tidak memiliki kepala, sekarang sering ditemukan dalam pakaian manekin.

Patung Berdasarkan Polanya

Pola atau corak dalam patung ada tiga jenis, yaitu:

Abstrak atau Template Non-figuratif

Ini adalah gaya yang berbeda dari bentuk aslinya dan tergantung pada aliran konstruksi.

Pola Imitatif

Gaya meniru adalah tiruan dari spesies yang hidup seperti manusia, hewan, dan tanaman. Dimana hasil bentuk patung hampir menyerupai bentuk fisik objek dan dari segi anatomi, dari segi proporsi, serta pergerakannya.

Pola Imitatif

Ini adalah gaya patung di mana bentuk objek dikerjakan ulang dan diubah menjadi bentuk aslinya.

Patung Berdasarkan Bahannya

Ada skema artistik dalam pembuatan patung, sehingga patung-patung berkualitas terbentuk, untuk alasan ini, antara lain, ada skema artistik untuk membuat patung.

Bahan Sedang

Ini adalah bahan yang memiliki tekstur yang tidak terlalu keras, seperti kayu seperti mahoni, kapuk, varu, dan sebagainya.

Bahan Padat

Baik bahan bertekstur keras seperti batu, jati dan lain-lain.

Bahan Lembut

Ini adalah bahan dengan tekstur lembut dan mudah dihitung bentuknya, seperti tanah liat, sabun, tanah liat dan plastisin.

Jenis-Jenis Patung

Jenis-Jenis Patung

Patung ini memiliki beberapa jenis, yang meliputi:

Patung Kinetis

Patung kinetik adalah jenis patung tiga dimensi di mana patung ini adalah patung yang dapat dipindahkan oleh mesin, seperti patung yang dapat mengeluarkan air, yang disebut patung kinetik.

Relief

Relief adalah jenis patung tertua yang ditemukan di dinding kuil, di bangunan, atau melekat pada benda-benda dari peninggalan kuno. Relief ini termasuk jenis pahatan bidang datar.

Patung 3D

Ini adalah salah satu jenis karya atau pahatan yang dapat dilihat dari sudut manapun dan yang masih ada sampai sekarang. Patung tiga dimensi dapat ditemukan di Yunani kuno, kuil Romawi dan sebagainya.

Selain itu, kita juga dapat menemukan di wilayah abad pertengahan, misalnya, patung Daud yang dibuat oleh seorang seniman bernama Michaelangelo.

Sejarah Singkat Patung

Sejarah Singkat Patung

Sejak munculnya agama-agama Hindu, Budha dan Islam di Indonesia, seni ukir kayu di Indonesia telah berkembang pesat. Banyak yang membuat prasasti di prasasti dan kuil suatu bentuk penghormatan kepada raja. Pada waktu itu, orang mulai mengukir kuil, ciuman, batu nisan, dan alat-alat seni. Pada masa ini, nenek moyang kita mulai mengenal seni pahat atau pahatan.

Sejarah erat kaitannya dengan perkembangan. Beberapa laporan, orang Indonesia telah mengenal ukiran sejak 1500 SM. Saat itu, leluhur Indonesia mengukir kapak batu dengan alat sederhana. Motif yang ia buat masih sangat sederhana, dalam bentuk garis, titik atau kurva.

Pada 500-300 SM, seni patung mengalami perkembangan. Pada dekade ini, orang banyak menggunakan emas, perak dan perunggu sebagai ukiran. Bahkan, mereka sudah terbiasa dengan teknik mereka sendiri, sehingga motif ukiran yang mereka buat mulai berubah.

Demikian Pembahasan kita pada kali ini di edmodo.id tentang Jenis Jenis Patung. Nantikan Artikel Menaraik Lainya, tetap bersama kami. Terimaksih Semoga Membawa Manfaat.

“Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh”

Baca Juga: