Kerjasama

Posted on

Kerjasama – Assalamualaikum Wr Wb.Alhamdulillah atas izin Alloh SWT serta Ridho dari junjungan Kita Nabi Muhammad SAW, kita dapat berjumpa lagi dalam pembahasan artikel kali ini.

Dimana Edmodo.Id akan membahas materi dengan tema mengenai Kerjasama Adalah yang berdasarkan Pengertian, Contoh, Tujuan, Manfaat, Jenis dan Fungsi. Langsung saja pembahsannya dibawah ini.

Pengertian

Kerjasama

Kerjasama (Kolaborasi) adalah interaksi yang sangat penting bagi kehidupan manusia, karena manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan.

Kolaborasi dapat terjadi ketika pemangku kepentingan memiliki minat dan kesadaran yang sama untuk bekerja bersama untuk mencapai tujuan dan kepentingan bersama.

Sebagai makhluk sosial, manusia tidak dapat dipisahkan dari komunitas mereka, dan tidak ada seorang pun di dunia ini yang dapat tetap sendirian, melakukan semua tindakan untuk memenuhi kebutuhan mereka, tanpa bantuan orang lain. Secara alami, orang berinteraksi dengan lingkungan, baik dengan orang lain maupun dengan makhluk hidup lainnya.

Kerjasama dalam Bisnis

Menurut BusinessDictionary, konsep kerja sama adalah kesepakatan tentang kemitraan yang saling menguntungkan yang secara sukarela melakukan dua atau lebih bidang bisnis. Kolaborasi ini bermanfaat karena beberapa masalah menjadi lebih mudah.

Selain itu, kerja sama bukan hanya masalah mengumpulkan dana. Beberapa pelaku bisnis lebih suka menjalin hubungan yang menguntungkan dengan sesama pesaing.

Alih-alih bersaing, yang pada akhirnya menciptakan stres, lebih baik melengkapi hal-hal yang bukan miliknya. Terutama saat darurat. Misalnya, pemasok ikan. Ketika suatu hari dia kehabisan barang, dia dapat menemukan ikan dari pemasok lain.

Kerjasama Berdasarkan Pakar Ahli

Dalam sosiologi, definisi kerja sama adalah suatu bentuk interaksi sosial dengan karakter asosiatif yang terjadi ketika ada kelompok orang yang memiliki sudut pandang yang sama untuk mencapai tujuan bersama. Berikut ini definisi kolaborasi menurut para ahli:

Tangkilisan

Kolaborasi adalah sumber kekuatan yang muncul dalam suatu organisasi dan dapat memengaruhi keputusan dan tindakan organisasi.

Thomson dan Perry

Kerja sama adalah kegiatan yang memiliki level berbeda, mulai dari tahap koordinasi, serta kerja sama, hingga kerja sama berlangsung dalam kegiatan.

Rosen

Menurut Rosen, konsep kerja sama adalah sumber yang dianggap sangat efektif dalam hal kualitas layanan, terutama dalam konteks kerja sama ekonomi, terutama pembelian dan penjualan.

Charles H. Cooley

Kerja sama akan muncul jika orang menyadari bahwa mereka memiliki minat yang sama dan pada saat yang sama memiliki pengetahuan dan kesadaran diri yang cukup untuk memuaskan kepentingan kepentingan ini.

Pamudji

Kolaborasi adalah pekerjaan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih melalui keterlibatan orang-orang yang bekerja bersama hingga tujuan dinamis tercapai. Lebih lanjut ia berpendapat bahwa unsur utama kerja sama adalah tiga, yaitu: keberadaan individu, keberadaan interaksi dan keberadaan tujuan yang sama.

Tujuan Kerjasama

Tujuan Kerjasama

Orang yang diciptakan oleh Allah SWT memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda dari orang ke orang. Orang tidak sempurna, jadi orang selalu membutuhkan kehadiran orang lain.

Seorang wirausahawan, dalam menjalankan aktivitas kewirausahaannya, membutuhkan kerjasama bisnis dengan pihak lain. Tentu saja, ketika memilih kemitraan, dia akan memilih mitra yang memiliki kelebihan di atas kekurangan mereka sendiri dan memberikan keuntungan untuk diri mereka sendiri dan untuk pasangan mereka.

Dengan demikian, kerja sama tidak didasarkan pada kepentingan sepihak, tetapi harus didasarkan pada kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak. Dari pengertian kerja sama dan dari uraian di atas, Anda dapat memahami apa sebenarnya tujuan melakukan kerja sama bisnis.

Manfaat Kerjasama

Manfaat Kerjasama

Salah satu aspek kolaborasi adalah tujuan atau sasaran yang harus dicapai. Melihat ini, menjadi jelas bahwa dengan kerja sama seseorang dapat berharap bahwa manfaat akan diperoleh dari pihak-pihak yang bekerja sama.

Manfaat kolaborasi, terlihat dari tujuan, bersifat finansial dan non-finansial. Kerjasama memiliki beberapa keunggulan, yaitu:

  • Kolaborasi membantu menciptakan hubungan yang harmonis antara pihak-pihak terkait dan meningkatkan rasa solidaritas.
  • Kolaborasi menciptakan praktik yang sehat dan meningkatkan semangat tim.
  • Kolaborasi mendorong partisipasi dalam situasi dan keadaan yang muncul di lingkungan mereka sehingga mereka secara otomatis berpartisipasi dalam menjaga dan memelihara situasi dan kondisi yang baik.
  • Kolaborasi mendorong kompetisi untuk mencapai tujuan dan meningkatkan produktivitas.
  • Kolaborasi mendorong upaya individu untuk bekerja lebih produktif, efisien dan efektif.
  • Kolaborasi mendorong sinergi sehingga biaya operasional lebih rendah, yang akan meningkatkan daya saing.

Jenis-Jenis Kerjasama

Jenis-Jenis Kerjasama

Dalam dunia bisnis, setiap anggota yang memasuki kemitraan harus berkontribusi baik dalam bentuk ide, sarana, properti, atau kombinasi keduanya. Karena ini dilakukan oleh beberapa sektor bisnis, tentu saja, distribusi saham, hak manajemen, kewajiban akan berbeda.

Waralaba

Adalah penggunaan bisnis / kekayaan intelektual merek yang telah disetujui oleh kedua belah pihak. Anda juga dapat mengatakan bahwa sistem ini adalah saluran distribusi terakhir di antara konsumen, tetapi Frenchisor memberi perusahaan hak untuk menggunakan nama, merek, dan prosedur khusus mereka.

Jenis bisnis yang paling sering menggunakan sistem ini adalah toko minuman, makanan ringan, dan hidangan kuliner lainnya. Uniknya, keistimewaan asing lebih diminati karena telah menjadi besar. Namun, ini tidak berarti bahwa waralaba lokal tidak terlalu bagus, karena banyak waralaba lokal berkembang pesat.

Penguatan

Perbedaan antara merger dan konsolidasi adalah merger dari satu perusahaan yang masih ada dan merger yang lain, ketika menggabungkan merger dari dua perusahaan atau lebih dan menciptakan nama baru. Karena semua perusahaan bergabung, status hukum hilang.

Sekarang keuntungan dari konsolidasi ini adalah pelestarian produksi, yang hampir bangkrut, dan pengurangan pesaing. Selain itu, saluran distribusi lebih aman dan perusahaan lebih besar.

Penggabungan

Sederhananya, merger didefinisikan sebagai penggabungan dua atau lebih perusahaan yang kemudian melahirkan perusahaan baru. Merger juga bisa disebut akuisisi perusahaan yang akan berkembang. Dalam hal ini, satu perusahaan akan tetap valid, dan sisanya akan digabung menjadi perusahaan.

Keuntungan dari sistem merger ini dapat melelehkan pesaing dan menciptakan perusahaan baru tetapi lebih kuat dalam menghadapi persaingan pasar. Selain itu, tujuan utama merger adalah untuk menambah modal dan mengembangkan lini produksi.

Bekerja Sama

Usaha patungan adalah sistem bersama yang diterapkan oleh beberapa orang. Keuntungan dari sistem ini adalah distribusi risiko. Selain itu, sistem usaha patungan juga termasuk dalam kegiatan investor asing, dan ini juga diatur oleh pemerintah. Tentu saja, kolaborasi ini sangat bermanfaat, termasuk:

  • Dapat menyusup ke pasar luar negeri.
  • Akses asing melalui sumber lokal lebih mudah.
  • Dengan menggunakan mitra lokal, lebih mudah bagi orang asing untuk memasuki pasar domestik.
  • Dapatkan modal dari orang asing.
  • Dapatkan lebih banyak pengalaman, karena kita juga bisa belajar cara mengelolanya.

Bangun, Operasikan, dan Transfer (BOT)

Jenis kolaborasi ini biasanya digunakan dalam bisnis real estat. Sistem BOT ini didasarkan pada kemampuan seseorang untuk melobi pemilik tanah untuk berkolaborasi. Biasanya, tanah digunakan untuk membangun bisnis untuk periode tertentu.

Pada tahap selanjutnya, seseorang mengembalikan tanah kepada pemilik dan memberikan manfaat sesuai dengan perjanjian yang disepakati.

Menciptakan Peluang Bisnis

Sistem ini umumnya dikenal sebagai Peluang Bisnis, yang menawarkan manfaat bagi orang lain atau organisasi yang menggunakannya. Sebagai contoh, seorang penulis yang menerbitkan buku kemudian mengundang seseorang untuk berkolaborasi untuk membantu menjualnya.

Nantinya, laba akan dibagi menjadi penulis buku dan pemasar. Metode ini hampir mirip dengan sistem waralaba.

Bagi Hasil

Ini adalah bentuk kolaborasi bisnis yang paling mudah. Dalam dunia kemitraan, sistem bagi hasil biasanya diterapkan oleh perusahaan kecil. Misalnya, kami mengundang teman, kerabat atau kerabat untuk menjadi investor. Distribusi hasil ini akan diatur bersama sesuai dengan perjanjian.

Fungsi Kerjasama

Fungsi Kerjasama

Untuk mengatasi masalah dalam kolaborasi, ada beberapa cara atau fungsi yang dapat membuat kerja tim efektif dan mencapai tujuan yang disepakati oleh dua orang atau lebih. Itu:

Saling Menghormati

Bagian ini adalah bagian yang sangat penting dalam segala bentuk aktivitas manusia sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ucapan yang baik kepada salah satu orang yang terlibat dalam proses kerja sama sangat berharga untuk menciptakan semangat baru yang dapat menghilangkan kebosanan, frustrasi dan kekecewaan tentang masalah tersebut.

Saling Terbuka

Pengaturan kolaborasi yang baik harus berupa komunikasi antara dua orang atau lebih yang bekerja bersama. Karena itu, sebelum tindakan diambil untuk menyelesaikan masalah yang mereka hadapi,

setiap orang yang berpartisipasi dalam organisasi kerja sama harus mengungkapkan pendapat mereka, dengan pemahaman tentang ekspresi keinginan mereka dan ke mana mereka ingin membawanya nanti. Selain itu, harus ada kejelasan dalam pembagian tugas yang harus dilakukan oleh semua peserta dalam kerja bersama.

Saling Mengerti

Kolaborasi berarti bahwa dua orang atau lebih bekerja bersama untuk mencapai suatu tujuan, dalam prosesnya, tentu saja, ada seseorang yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan masalah yang dihadapinya.

Satu orang yang terlibat dalam menyelesaikan masalah ini harus memahami bahwa ia melakukan beberapa upaya untuk menyelesaikan masalah.

Jangan biarkan dia mengatasi prasangka yang mengarah pada ketidakpercayaan dan kegagalan kerja sama. Sebaliknya, orang yang melakukan kesalahan harus segera menyadari bahwa orang lain masih membutuhkannya.

Contoh Kerjasama

Contoh Kerjasama

Misalnya, Si A dan Si B menandatangani perjanjian kerja sama. A memiliki sejumlah uang tertentu yang dapat digunakan sebagai modal untuk bisnis, tetapi A tidak memiliki kendali atas manajemen bisnis. Sejauh ini, B tidak punya uang, tetapi ia memiliki pengalaman dalam mengelola bisnis.

Dalam hal ini, kekuatan dan peran A dan B tidak sama, tetapi mereka sepakat untuk melakukan kerja sama bisnis dan menyetujui pembagian manfaat yang harus diperoleh, misalnya, berbagi 60% untuk A dan 40% untuk B, serta perjanjian lainnya.

Dari ilustrasi contoh di atas, jelas bahwa dalam kerja sama para pihak yang bekerja sama tidak boleh memiliki kekuatan yang sama, tetapi yang lebih penting, ini adalah motivasi yang jelas untuk kerja sama. Dengan demikian, kerja sama yang sukses tidak akan tercapai jika hanya satu pihak yang berperan dan pihak lain hanya membutuhkan hasil.

Karena itu, sebelum menandatangani perjanjian kerja sama, pertama-tama harus jelas apa yang konsisten dengan aturan permainan dan sanksi jika salah satu pihak melanggar janji kerja sama.

Dengan demikian, dalam kemitraan bisnis perlu menumbuhkan rasa memiliki sehingga menciptakan rasa tanggung jawab atas apa yang telah disepakati dalam kerja sama.

Demikian Pembahasan kita pada kali ini di edmodo.id tentang Kerjasama. Nantikan Artikel Menaraik Lainya, tetap bersama kami. Terimaksih Semoga Membawa Manfaat.

“Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh”

Baca Juga: