Pengertian Globalisasi

Posted on

Pengertian Globalisasi – Assalamualaikum Wr Wb.Alhamdulillah atas izin Alloh SWT serta Ridho dari junjungan Kita Nabi Muhammad SAW, kita dapat berjumpa lagi dalam pembahasan artikel kali ini.

Dimana Edmodo.Id akan membahas materi dengan tema mengenai Pengertian Globalisasi yang berdasarkan Dampak, Teori, Penyebab, Dampak, Contoh. Langsung saja pembahsannya dibawah ini.

Pengertian

Pengertian Globalisasi

Secara etimologis, kata globalisasi diambil dari bahasa Inggris, yaitu globalisasi, yang berarti universal atau komprehensif. Menambahkan imbuhan “iisasi” ke kata “globalisasi” berarti proses di seluruh dunia. Dengan demikian, makna globalisasi merupakan proses suatu (teknologi, gaya hidup, pemikiran dan informasi dan teknologi) yang dimana ada disetiap seluruh belahan dunia.

Proses pada globalisasi sangat dipengaruhi banyak faktor, termasuk; Teknologi internet, telekomunikasi dan infrastruktur transportasi, pertukaran pelajar, dll. Secara umum, globalisasi dikaitkan dengan perubahan umum dalam ekonomi, industri, gaya hidup dan aspek kehidupan lainnya.

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan globalisasi? Secara umum, konsep globalisasi merupakan proses suatu integrasi yang internasional dimana terjadi akibat pertukaran produk, pemikiran pandangan dunia dan berbagai aspek budaya lainnya.

Menurut Para Ahli Dalam Memahami Pengertian Globalisasi

Ahmad S

Globalisasi adalah proses yang menjadikan suatu objek atau perilaku menjadi karakteristik setiap orang di dunia, tanpa dibatasi oleh wilayah.

Selo Soemarjan

Globalisasi adalah proses pembentukan sistem organisasi dan komunikasi antara orang-orang di seluruh dunia untuk mengikuti sistem yang sama dan aturan tertentu.

Dr. Nayef

Globalisasi adalah proses yang mencakup penyebab, kasus, dan konsekuensi dari integrasi transnasional dan transkultural kegiatan manusia dan non-manusia.

M Waters

Globalisasi adalah proses sosial, sebagai akibatnya pembatasan geografis pada kondisi sosial budaya menjadi kurang penting, yang dimanifestasikan dalam pikiran manusia.

Martin Albrow

Globalisasi adalah keseluruhan proses populasi yang terhubung dengan satu komunitas dunia, komunitas global.

Emanuel Ritcher

Globalisasi adalah jaringan global yang menyatukan masyarakat yang sebelumnya terbagi menjadi interdependensi dan persatuan dunia.

Lawrence E. R

Globalisasi mempercepat intensifikasi interaksi dan integrasi antara orang, perusahaan dan pemerintah dari berbagai negara.

Anthony Giddens

Globalisasi adalah intensifikasi hubungan sosial global, sehingga menghubungkan berbagai peristiwa di satu tempat dengan yang lain dan menyebabkan perubahan di keduanya.

Dampak Dari Globalisasi

Dampak Dari Globalisasi

Mengacu pada pengertian globalisasi di atas, globalisasi dapat memiliki dampak langsung pada kehidupan penduduk negara di mana pun. Dampak globalisasi bisa positif, tetapi juga bisa negatif.

Dampak Negatif Globalisasi

Singkatnya, berikut adalah beberapa efek negatif globalisasi:

  • Munculnya berbagai informasi yang tidak akurat dan bahkan tipuan yang dapat menyebabkan keresahan di masyarakat.
  • Beberapa masyarakat menjadi lebih tertutup dan berpikiran sempit karena mereka tidak ingin menjalani globalisasi.
  • Beberapa masyarakat menjadi lebih individual dan egois.
  • Berkurangnya minat di sektor pertanian, karena bidang teknologi dan informasi dianggap lebih potensial.
  • Munculnya ketimpangan sosial di masyarakat, karena orang bersaing untuk pengayaan dan tidak peduli dengan lingkungan.
  • Hilangnya nasionalisme adalah karena sering dibandingkan dengan negara lain yang dianggap unggul atau lebih baik.
  • Potensi kejahatan meningkat karena meniru peristiwa di negara lain.
  • Masuknya ide-ide yang tidak sesuai dengan ideologi negara, yang menyebabkan konflik di masyarakat.
  • Masyarakat lebih memakan daripada produktif, dan, sebagai aturan, kehilangan kreativitas itu sendiri, karena meniru tren di luar negeri.
  • Masyarakat dipengaruhi oleh budaya negara lain yang tidak cocok dengan budaya lokal, sehingga budaya lokal semakin dihancurkan.

Dampak Positif Globalisasi

Singkatnya, berikut adalah beberapa efek positif globalisasi:

  • Komunikasi yang mudah dengan orang lain di seluruh dunia.
  • Hubungan internasional antar negara membaik.
  • Kesederhanaan transaksi online, baik domestik maupun luar negeri.
  • Perluasan hubungan antar negara di sektor ekonomi
  • Teknologi informasi berkembang sangat cepat.
  • Kemudahan mendapatkan kebutuhan dan kebutuhan pribadi
  • Kemudahan pengembangan sains.
  • Penyebaran informasi lebih cepat dan mudah diperoleh.
  • Meningkatkan toleransi dan sikap kosmopolitan masyarakat dunia.

Dari penjelasan di atas, kita dapat melihat bahwa globalisasi dapat memiliki konsekuensi buruk dan juga memiliki efek yang baik pada orang-orang di negara ini. Untuk menanggapi globalisasi, kita harus bersiap untuk menyerap semua kebaikan dari globalisasi dan memperkuat diri kita agar dapat menolak atau meminimalkan konsekuensi negatifnya.

Faktor Globalisasi

Faktor Globalisasi

Proses globalisasi disebabkan oleh beberapa faktor. Mengacu pada pengertian globalisasi di atas, adapun beberapa faktor yang menyebabkan globalisasi, adalah sebagai berikut:

Pengurangan Sumber Daya Alam

Ada beberapa sumber daya alam yang pasti akan mengalami pengurangan setiap tahun. Misalnya, minyak dan logam mulia.

Ini memaksa beberapa negara untuk berinvestasi di negara lain untuk mengeksploitasi sumber daya negara. Contohnya, tambang emas Freeport di Papua, Indonesia, yang dikeruk oleh negara lain.

Konflik Antar Negara Semakin Menurun

Tumbuhnya kesadaran internasional akan pentingnya ikatan internasional yang sudah menyebabkan kurangnya konflik antara negara. Ketika hubungan internasional terjadi antar negara, globalisasi terjadi.

Kenyamanan Pengiriman Barang dan Jasa

Komunitas antar negara dapat saling mengirim barang dan jasa. Kemudahan pengiriman produk ini membuat banyak produk asing masuk ke negara dan beradaptasi dengan publik.

Misalnya, barang mode Korea cukup populer di masyarakat Indonesia. Ketika orang Indonesia menggunakan produk dari negara lain, ada proses asimilasi atau integrasi budaya antar negara.

Kerjasama Ekonomi Internasional

Kerjasama ekonomi antar negara juga merupakan faktor yang berkontribusi terhadap globalisasi. Mudah memberikan kesimpulan ikatan janji perdagangan internasional mengarah pada fakta bahwa proses globalisasi sedang berlangsung.

Pengembangan Teknologi Transportasi dan Informasi

Teknologi transportasi dan informasi memainkan peran penting dalam proses globalisasi di dunia. Teknologi yang lebih maju memfasilitasi perdagangan antar negara.

Salah satu contohnya adalah bisnis e-commerce, di mana kita bisa berdagang tanpa datang ke penjual.

Teori Globalisasi

Teori Globalisasi

Beberapa ahli menjelaskan teori mereka tentang munculnya globalisasi. Di antara tokoh-tokoh terkemuka yang telah mengemukakan teori globalisasi, Cochrane dan Payne berpendapat bahwa globalisasi dipengaruhi oleh tiga aktor utama, yaitu;

Transformalis
Yakni, mereka dimana berada di antara trandisionalis dan globalis. Mereka yakin bahwa untuk globalisasi ini sedang terjadi, tetapi mereka percaya bahwa pengaruh globalisasi dibesar-besarkan oleh para globalis.

Globalis
Yakni, mereka yang percaya bahwa globalisasi adalah kenyataan yang mengandung konsekuensi nyata dari bagaimana orang dan lembaga di seluruh dunia bekerja.

Tradisionalis
Itu mereka yang tidak percaya bahwa globalisasi sedang terjadi, dan menganggap ini sebagai mitos atau sesuatu yang berlebihan.

Selain itu, seorang ahli bernama George juga telah mengemukakan tentang teorinya mengenai globalisasi. Menurut dia, era globalisasi ditandai oleh inovasi di bidang komunikasi. Salah satu contoh adalah penemuan televisi dan telepon, yang pada gilirannya menginformasikan kepada masyarakat dunia tentang hal ini.

Contoh Globalisasi

Contoh Globalisasi

Globalisasi adalah fenomena global, oleh karena itu, ia mempengaruhi setiap aspek kehidupan manusia. Berikut ini adalah contoh globalisasi dari setiap aspek kehidupan, yaitu:

Contoh Aspek Sosiokultural

Faktanya, globalisasi dalam aspek sosiokultural dapat diartikan sebagai fenomena sosial di mana praktik budaya individu tidak hanya bergantung pada diri mereka sendiri, tetapi juga pada masyarakat global.

Di mana pun dia berada, dia memiliki kesempatan untuk berkenalan dengan budaya di luar negaranya. Misalnya, ada orang yang terobsesi dengan budaya orang Korea Selatan yang dipengaruhi oleh idola pop favorit mereka, sementara yang lain tergila-gila dengan budaya Jepang berkat anime yang mereka tonton setiap hari.

Sedangkan untuk wanita Indonesia, mereka sering mencoba mengubah tampilan hidung mereka menjadi kulit yang tajam dan putih, karena mereka terbiasa mengikuti kehidupan sehari-hari para artis Hollywood yang hobinya ada di jejaring sosial.

Contoh Aspek Ekonomi

Dalam aspek ekonomi, globalisasi dipahami sebagai perubahan yang terjadi dalam mekanisme pertukaran barang dan jasa. Dalam hal ini, Anda tidak perlu pergi ke Amerika untuk membeli barang-barang modis atau barang-barang rumah tangga di sana.

Selain itu, bahkan jika seseorang memiliki banyak uang, ia dapat membeli sebuah vila di Hawaii, membayar jasa konsultasi kepada agen real estat yang ada di sana.

Contoh Aspek Politik

Mengenai dimensi politik, globalisasi juga ditandai oleh aksi politik yang mempromosikan nilai-nilai universal dalam skala global. Nilai-nilai universal ini mencakup hak asasi manusia, kesetaraan, masalah lingkungan dan sebagainya.

Meningkatnya aktivitas politik yang terjadi di beberapa negara sangat mungkin mempengaruhi negara-negara lain di dunia, terutama kehadiran media.

Konsekuensi dari ini adalah munculnya fenomena gerakan sosial di tingkat global, yang dilakukan oleh warga negara untuk mempengaruhi kebijakan pemerintah tertentu.

Untuk memperjuangkan kepentingan politik mereka, warga negara yang menjadi anggota gerakan sosial tertentu akan berinteraksi dengan komunitas internasional dan bekerja sama dengan organisasi internasional.

Demikian Pembahasan kita pada kali ini di edmodo.id tentang Pengertian Globalisasi. Nantikan Artikel Menaraik Lainya, tetap bersama kami. Terimaksih Semoga Membawa Manfaat.

“Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh”

Baca Juga: