KTA Bunga Rendah

Posted on

KTA Bunga Rendah – Meskipun pinjaman online tersebar luas, KTA (Kredit Tanpa Agunan) tetap menjadi pinjaman yang diminati publik karena menawarkan layanan yang tidak dimiliki fintech.

Edmodo.id akan mengulas 5 Kredit Tanpa Agunan Bunga Rendah antara lain KSM Mandiri, Kredit BCA Personal, BNI Fleksi, CIMB Niaga X-Tra Dana, Bank DBS. Di mana KTA tersebut berbunga rendah dan tanpa kartu kredit!

Dimana Pinjaman Bunga Rendah Dengan Proses Paling Mudah? Bagaimana KUR dapat memanfaatkan bunga termurah di pasar?

Publik melihat betapa luar biasanya pertumbuhan pinjaman online. Maka inovasi Fintech mempertanyakan akan keberadaan pinjaman KTA yang memang sudah ada.

Awalnya banyak yang mengira pinjaman online akan menggantikan KTA karena fintech sebagai lembaga nonbank menawarkan sesuatu yang berlawanan dengan pinjaman tanpa jaminan.

KTA atau pinjaman tanpa jaminan adalah produk pinjaman uang tanpa jaminan yang paling populer. Pinjaman tanpa agunan dijual oleh bank dengan proses yang lebih cepat dengan suku bunga yang relatif tinggi.

Proses fintech lebih cepat dan mudah daripada pinjaman bank KTA. Fintech adalah pinjaman uang tanpa jaminan dan proses cepat serta non-perbankan. Mengirim KTA secara online dapat dengan mudah dilakukan melalui Fintech Pinjol.

Melihat perkembangan fintech di akhir – akhir ini khususnya selama beberapa bulan terakhir, saya menyimpulkan bahwa pinjaman tanpa jaminan (KTA) tidak akan tergantikan oleh fintech dari non-bank.

KTA memiliki segmen kredit yang berbeda dengan Pinjol Fintech. Ada beberapa alasan untuk mendukung alasan ini yakni :

Pertama

KTA menawarkan jumlah pinjaman yang lebih besar daripada pinjaman online. Rata – rata pinjaman online memiliki batas yakni kurang dari 5 juta, sedangkan KTA memiliki batas kredit minimal 5 juta hingga ratusan juta rupiah.

Kedua

KTA menawarkan jangka waktu kredit yang lebih lama hingga 3 tahun, atau bahkan ada bank yang menawarkan KTA hingga 15 tahun.

Misalnya, Mandiri yang tenornya panjang. Sementara itu, Fintech menawarkan jangka pendek maksimal 1 tahun dan sebagian besar pinjaman online kurang dari 30 hari.

Ketiga

Bank KTA tidak mengumpulkan data pribadi di ponsel calon peminjam, sedangkan Fintech sangat agresif dalam menggunakan data pribadi di ponsel pelanggan untuk menilai kelayakan pengajuan pinjaman dan untuk melakukan upaya penagihan utang.

Akhir – akhir ini, pengungkapan data pribadi menjadi isu sensitif, menimbulkan pertanyaan publik tentang cara kerja dan modus fintech.

Keempat

Penyebaran fintech ilegal dengan cara yang merugikan, yang berdampak negatif pada citra fintech. Akibatnya, banyak calon peminjam memilih cara yang lebih aman untuk mengajukan pinjaman KTA dibandingkan pinjaman online.

Kelima

Sejumlah bank telah memulai KTA Online, yang menawarkan proses transmisi KTA secara online yang lebih cepat dari proses KTA sebelumnya. KTA Online diharapkan menjadi pesaing utama Fintech dalam proses aplikasi KTA.

Selain hal di atas, tentunya pinjaman online juga memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan KTA. Ini membuat fintech cocok untuk segmen kredit tertentu.

KTA Bunga Rendah

KTA Bunga Rendah
KTA Bunga Rendah

Untuk mengetahui pinjaman KTA mana saja yang menawarkan pinjaman dengan bunga rendah, Dibawah ini beberapa bank yang aktif menjual produk pinjaman tanpa jaminan dengan bunga rendah atau termurah, antara lain :

KTA Mandiri New KSM

KTA Mandiri adalah pinjaman tanpa jaminan yang populer. Namun di penghujung tahun 2018, Kredit Tanpa Agunan Mandiri melakukan perubahan yaitu pengajuan pinjaman tanpa agunan hanya dapat diajukan oleh nasabah payroll Mandiri.

Nama Pinjaman Agunan Mandiri telah diubah menjadi Mandiri KSM. Nasabah tanpa gaji sebenarnya bisa mengajukan pinjaman tanpa jaminan, namun persyaratannya cukup tinggi yaitu :

  1. Perusahaan wajib melakukan PKS dengan Bank Mandiri.
  2. Bagian SDM perusahaan siap memotong gaji angsuran KTA mandiri.

Mengingat persyaratan yang cukup ketat tersebut, marketing Bank Mandiri menyarankan untuk mengirimkan KTA dari pegawai yang penggajiannya sudah lolos sistem payroll Mandiri.

Ketentuan lainnya adalah Pinjaman Agunan Mandiri yang baru, yang tidak lagi menerima permintaan dari pemberi kerja.

Pengusaha yang membutuhkan kredit harus mengajukan pinjaman tanpa jaminan melalui jalur mikroaktivitas Bank Mandiri.

Lebih lanjut, KSM Mandiri menawarkan sejumlah keunggulan dibandingkan bank KTA lainnya :

Pertama

Bunga KTA Mandiri KSM Baru paling rendah dibandingkan bank KTA lainnya. Bank Mandiri menawarkan suku bunga hingga 0,50% per bulan. KSM Mandiri adalah KTA berbunga rendah tanpa kartu kredit. Ini bisa menjadi pinjaman bank termurah.

Kedua

Jangka waktu pinjaman yang lebih lama yaitu 5 sampai 15 tahun KTA. Menurut saya ini adalah KTA dengan masa pinjaman terlama yang pernah saya lihat.

Ketiga

Plafon kredit yang diberikan KSM Mandiri paling tinggi yaitu Rp 1 miliar. Saya belum pernah menemukan bank KTA lain yang menawarkan batas kredit tanpa jaminan yang tinggi.

Dengan batas plafon yang tinggi, KTA dapat memberikan pinjaman berbunga rendah kepada Mandiri sebesar 200 juta. Cocok untuk yang butuh dana besar.

Keempat

KTA tanpa kartu kredit, karena persyaratan kartu kredit tidak diperlukan selama prospeknya adalah nasabah payroll. Perlu diketahui bahwa pembayaran angsuran KTA dilakukan dengan cara debit langsung dari rekening payroll Bank Mandiri.

Jadi saat mengambil KSM Mandiri harus siap dan tahu bahwa slip gaji bulanan bisa lebih rendah dari biasanya karena dipotong tarif KTA terlebih dahulu.

KTA BCA Personal Loan

Personal Loan BCA menawarkan pinjaman tanpa jaminan dengan harga bersaing. Namun, pinjaman KTA BCA menawarkan keuntungan, yaitu biaya administrasi yang rendah dan tidak ada kewajiban untuk mengasuransikan.

Perlu diperhatikan bahwa biaya administrasi dan premi asuransi harus mendapat perhatian khusus, karena harus dibayar oleh pelanggan dengan mengurangi nilai pembayaran.

Pinjaman tunai tanpa jaminan dengan BCA mengenakan biaya administrasi sebesar 1% dari pinjaman atau setidaknya Rp 100.000, termasuk KTA terkecil.

Sedangkan asuransi dengan BCA bersifat opsional atau tidak wajib bagi nasabah. Dengan beberapa KTA, konsumen harus memiliki asuransi.

BCA menawarkan opsi untuk aplikasi personal loani yang tidak memiliki payroll dengan BCA, yaitu Permohonan Bagi Nasabah Yang Memiliki Kartu Kredit BCA. Persyaratan kartu kredit BCA adalah langganan minimal 1 tahun dan pembayaran rutin.

Aplikasi dengan kartu kredit bank lain, bukan BCA, tidak akan diterima. Harus menjadi nasabah BCA. Dari sisi upper limit dan level, KTA BCA kalah bersaing. Tenor maksimal hanya sampai 100 juta rupiah dan juga hanya 3 tahun.

BNI Fleksi (KTA BNI)

KTA Bunga Rendah
KTA Bunga Rendah

BNI menawarkan pinjaman “BNI Flexi” tanpa jaminan yang merupakan fasilitas kredit tanpa jaminan (KTA) yang tersedia bagi karyawan berpenghasilan tetap yang aktif untuk dikonsumsi. KTA BNI hanya diperuntukkan bagi nasabah payroll BNI.

Persyaratan bagi pegawai yang dapat mengajukan pinjaman KTA BNI Flexi adalah pegawai aktif dengan tenaga kerja minimal :

  • PNS dan perguruan tinggi pemerintah non-BHMN sejak diangkat menjadi CPNS.
  • Karyawan di perguruan tinggi BHMN dan karyawan di BUMN / BUMD sejak diangkat menjadi karyawan tetap.
  • Perusahaan Multinasional (PMN) / Perusahaan Swasta Dalam Negeri / Perusahaan Swasta Asing yang telah terdaftar di Bursa Efek sebagai karyawan tetap minimal satu tahun.
  • Perusahaan Multinasional (PMN) / Swasta Dalam Negeri / Swasta Asing yang belum menjadi publik minimal 2 tahun sebagai Karyawan Tetap atau 1 (satu) tahun sebagai Karyawan Tetap dengan pengalaman profesional minimal 2 (dua) tahun sebelumnya instansi / perusahaan dan dibuktikan dengan surat keterangan kerja.
  • Anggota TNI / POLRI minimal 2 (dua) tahun sebagai mitra.

Pinjaman bank BNI dengan KTA BNI menawarkan :

  1. Batas kredit hingga 500 juta.
  2. Jangka waktu hingga 15 tahun.

KTA BNI menetapkan biaya komitmen sebesar 1% dari nilai pinjaman, biaya administrasi sebesar Rp 100.000, dan kewajiban membayar premi asuransi.

Bunga BNI Flexi dihitung berdasarkan jangka waktu pinjaman seperti Dari bunga 0,56% per bulan menjadi 0,77% per bulan. Semakin lama jangka waktu pinjaman, semakin tinggi bunga bulanan.

CIMB NIAGA X-TRA Dana

KTA NIAGA menawarkan produk CIMB NIAGA X-TRA DANA sebagai pinjaman tunai tanpa jaminan untuk segala kebutuhan konsumen, mulai dari renovasi, pelatihan hingga pernikahan, liburan, dan kebutuhan lainnya.

Fitur KTA Niaga X-Tra Dana adalah :

  • Plafon pinjaman dari Rp 5,000,000 hingga Rp 200,000,000.
  • Tenor pinjaman hingga 4 tahun.

Namun, KTA Niaga tidak berlaku untuk semua orang. Kriteria pengajuan adalah :

  • Nasabah Bisnis : Niaga Paycheck, Tabungan / Deposito Tetap, Kartu Kredit Niaga.
  • Nasabah pemegang kartu kredit bank lain.

Jika Anda bukan nasabah Niaga dan tidak memiliki kartu kredit, calon peminjam tidak dapat mengajukan KTA Niaga. Pengajuan KTA tanpa kartu kredit di Niaga hanya dapat dilakukan jika payroll dengan Niaga atau rekening tabungan / deposito di Niaga.

Bunga bulanan KTA Niaga sesuai kriteria pinjaman, yaitu :

Kategori NasabahSuku Bunga Flat / Bulan
Nasabah Kartu Kredit atas Bank Lain1.79%
Nasabah Kartu Kredit khusus CIMB Niaga1.69%
Nasabah Tabungan khusus CIMB Niaga1.35%
Nasabah Payroll khusus CIMB Niaga
(Pinjaman kurang dari Rp. 25 Juta)
1.59%
Nasabah Payroll khusus CIMB Niaga
(Pinjaman lebih dari Rp. 25 Juta)
0.99%

Niaga tidak membedakan bunga antar tenor. Ini sangat menguntungkan untuk pinjaman jangka panjang karena biaya pembayaran bulanan lebih rendah untuk tingkat bunga yang sama.

Biaya administrasi tinggi, 4% dipotong langsung dari pembayaran, dimana 4% dari hak asuransi dan premi. Niaga mewajibkan peminjam untuk mengambil asuransi agar keluarga tidak terkena risiko jika peminjam terkena musibah.

Biaya keterlambatan pembayaran juga cukup tinggi, yaitu Rp.150.000. Sedangkan biaya pelunasan dipercepat sebesar 7% dari sisa pokok pinjaman.

Pengajuannya dilakukan melalui kunjungan cabang dan rapat pemasaran KTA. Proses pengajuan didukung oleh tim marketing sales KTA XTra Dana.

KTA DBS

KTA DBS Indonesia dikenal sebagai Dana Bantuan Sahabat. Tersedia dua saluran presentasi, yaitu melalui bagian pemasaran KTA Bank DBS atau secara online melalui database aplikasi Digibank. Yang dibahas disini adalah KTA DBS alias non digital yang dikirim melalui cabang atau marketing.

Ciri – ciri KTA Bank DBS Indonesia adalah :

  • Plafon pinjaman dari Rp 5,000,000 hingga Rp 300,000,000.
  • Tenor pinjaman mulai 12, 24 hingga 36 bulan.
  • Berlaku hanya yang bertempat tinggal di Jabodetabek, Bandung serta Surabaya.

Bunga bulanan KTA DBS sesuai plafon kredit dan tempat tinggal yaitu :

Plafon PinjamanBunga Flat / bulan
Rp 5 – Rp 75 juta1.49%
> Rp 75 – Rp 125 juta1.29%
> Rp 125 – Rp 200 juta0.95%
> Rp 200 juta – Rp 300 juta0.88%

Persyaratan yang perlu diperhatikan adalah persyaratan untuk memiliki kartu kredit. Tanpa kartu kredit, calon peminjam tidak bisa mengajukan KTA DBS. Saat ini, DBS tidak mengizinkan aplikasi tanpa kartu kredit karena persyaratan yang ada.

Meskipun Anda memiliki kartu kredit, KTA DBS memiliki persyaratan tambahan :

  • Batas kartu kredit minimal Rp6.000.000.
  • Durasi minimum untuk berlangganan kartu kredit adalah 9 bulan.

Artinya bagi Anda yang baru memiliki kartu kredit atau yang sudah lama memiliki kartu kredit namun memiliki limit kartu kredit yang kecil, tidak bisa mengajukan KTA DBS.

Hanya saja DBS membebaskan kartu kredit dari berbagai bank dan tidak mensyaratkannya dari beberapa bank. Limit kredit maksimal 4 atau 5 kali lipat dari limit kartu kredit Anda.

Asuransi bersifat opsional jika nasabah setuju, maka premi dibayarkan satu kali sebesar 1% dari pinjaman. Asuransi adalah perlindungan pinjaman pribadi yang melindungi jika peminjam terkena musibah dan tidak dapat lagi membayar cicilan. Semua kewajiban cicilan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Nah itulah pembahasan mengenai KTA Bunga Rendah yang telah Edmodo.id review dengan sebaik mungkin.

Baca Juga :