Gadai Bpkb Tanpa Survey

Posted on

Gadai Bpkb Tanpa Survey – Salah satu cara mendapatkan pinjaman uang tunai yang sah adalah dengan menggadaikan BPKB kepada Pegadaian.

Sebelum mulai menggadaikan BPKB, Berikut Cara Gadai BPKB di Pegadaian! Pegadaian adalah badan resmi berstatus BUMN yang dapat memberikan pendanaan atau penyaluran dana kepada masyarakat berdasarkan Undang – Undang Gadai berdasarkan hukum Indonesia.

Sejak dibuat langsung oleh pemerintah, kredibilitas Pegadaian sudah tidak perlu diragukan lagi dan dapat menghindarkan Anda dari risiko kerugian atau penipuan.

Menggadaikan BPKB di Pegadaian juga cukup sederhana dan tidak membutuhkan persyaratan yang sulit. Yuk simak cara serah terima gadai BPKB kepada Pegadaian berikut ini!

Gadai Bpkb Tanpa Survey Motor Di Pegadaian

Gadai Bpkb Motor Di Pegadaian
Gadai Bpkb Motor Di Pegadaian

Dengan slogan “Menyelesaikan Masalah Tanpa Masalah”, Pegadaian menjadi salah satu tempat peminjaman uang dengan menggadaikan barang berharga seperti BPKB.

Karena dianggap lebih aman dibanding tempat lain untuk meminjam uang. Apakah Anda tertarik untuk meminjam uang di sana? Berikut persyaratan dan tata cara pengajuan gadai BPKB Tanpa Survey Pegadaian terlengkap.

Selama ini Pegadaian sudah banyak melayani klien yang ingin meminjam uang, bahkan hampir di seluruh wilayah Indonesia bisa merasakan manfaatnya.

Gadai BPKB adalah salah satu produk yang paling populer karena dengan sistem dan persyaratan yang sederhana, siapa pun dapat membawa pulang uang yang mereka butuhkan dalam waktu singkat.

Sebelum meminjam ke Pegadaian, Anda harus memenuhi terlebih dahulu persyaratan dari Pegadaian untuk gadai BPKB kendaraan bermotor anda.

Prasyarat penyerahan BPKB kepada Pegadaian adalah :

  • Warga negara Indonesia.
  • Dari 21 hingga 60 tahun.
  • Telah bekerja minimal 1 tahun.
  • Bawa dokumen perlengkapan Anda.

Di bawah ini adalah daftar dokumen asli yang perlu Anda persiapkan dan fotokopiannya :

  • KTP.
  • KK.
  • STNK.
  • BPKB untuk digadaikan.

Sementara itu, berikut adalah daftar dokumen yang perlu Anda persiapkan dan fotokopiannya untuk pinjaman sistem fidusia :

  • SKU.
  • KTP.
  • KK.
  • Fotokopi BPKB.
  • Fotokopi STNK.
  • Faktur pembelian.
  • Surat nikah.

Prosedur Gadai BPKB Tanpa Survey :

Setelah semua persyaratan terpenuhi, sekarang saatnya untuk melalui tata cara pengajuan gadai BPKB. Ikuti semua cara agar proses menggadaikannya berjalan lancar.

  • Pastikan semua persyaratan terpenuhi.
  • Pahami tenor dan pilih jangka waktu pinjaman yang sesuai dengan ketentuan Anda.
  • Kunjungi Pegadaian terdekat dari rumah agar Anda tidak perlu khawatir mencari informasi atau menambah dokumen yang tidak lengkap.
  • Antre di kantor Pegadaian untuk mengajukan pinjaman, lalu berikan dokumen yang diperlukan ke petugas.
  • Mengisi Formulir Pengajuan Gadai BPKB yang diberikan oleh petugas berdasarkan data dan memastikan bahwa semua data yang dimasukkan sudah benar.
  • Agen menghitung dan memperkirakan jumlah pinjaman berdasarkan dokumen asli dari BPKB dan STNK.
  • Anda akan diberi tahu tentang ukuran dan durasi pinjaman berdasarkan kendaraan yang dijaminkan.
  • Jika Anda setuju, agen Pegadaian akan melakukan pemeriksaan kredit (SBK) dan menjelaskan kewajiban Anda untuk mengembalikan pinjaman dan kapan pinjaman tersebut jatuh tempo.
  • Tanda Tangan prosedur berkas Sebelumnya.
  • Bayar biaya administrasi sebesar 10 persen dari total pinjaman yang disetujui.
  • Anda akan menerima bukti pinjaman dengan detail lengkap dan pinjaman itu untuk digunakan sesuai kebutuhan Anda.

Cara Gadai BPKB Motor di Pegadaian Menggunakan Sistem Gadai

Gadai Bpkb Motor Di Pegadaian
Gadai Bpkb Motor Di Pegadaian

Sistem gadai adalah pemberian kredit atau pinjaman dengan menyerahkan jaminan asli (BPKB dan STNK) dan bentuk fisik sepeda motor untuk dijaminkan. Pembiayaan melalui sistem gadai bersifat umum dan dapat dilakukan oleh semua tingkatan perusahaan.

Memasangkan sepeda motor dengan Pegadaian cukup sederhana dan tidak memakan banyak waktu. Untuk menyerahkan sepeda motor BPKB kepada Pegadaian :

1. Bawa Persyaratan yang Diperlukan

Datanglah ke kantor Pegadaian terdekat dan bawalah dokumen – dokumen yang diperlukan, seperti : KTP, KK, BPKB, STNK dan kendaraan yang dijaminkan. Kendaraan yang akan digadaikan juga harus dibawa dan ditunjukkan.

Apabila terjadi ketidaksesuaian antara nama di BPKB dan STNK dengan nama di KTP, maka kendaraan tidak dapat digadaikan.

Selain itu, sepeda motor bisa di gadai meski memiliki pajak mati, namun prosesnya cukup sulit dibandingkan sepeda motor dengan pajak on.

2. Mengisi Formulir

Mengisi formulir pengajuan pinjaman dan memberikan formulir BPKB dan STNK asli kepada penilai keamanan sambil menunjukkan kendaraan yang akan digadaikan.

3. Menaksir Nilai Kendaraan

Karyawan mengevaluasi nilai kendaraan dan perkiraan maksimum batas atas pinjaman yang akan diberikan kepada pelanggan.

Jika nasabah setuju untuk diinformasikan mengenai limit pinjaman, agen akan memproses pengajuan pinjaman lebih lanjut.

4. Pembuatan Surat Bukti Kredit

Pejabat tersebut melakukan pemeriksaan kredit (SBK), yang memakan waktu 15 menit untuk diproses. Anda kemudian akan dipanggil dan diberi tahu tentang tanggal dan waktu kedaluwarsa pinjaman.

5. Membayar Biaya Administrasi

Nasabah kemudian diminta untuk berlangganan SBK dan membayar biaya administrasi sekitar 10% dari plafon pinjaman. Biaya manajemen dapat dibayarkan langsung atau dikurangkan dari batas pinjaman.

Terakhir, nasabah membawa pulang uangnya dan meninggalkan BPKB, STNK asli, dan kendaraannya bisa ditinggalkan saja.

Cara Gadai BPKB Motor di Pegadaian Menggunakan Sistem Fidusia

Pendanaan sistem fidusia Pegadaian hanya berlaku untuk jenis agunan BPKB. Dalam sistem trust, nasabah hanya perlu mengirimkan BPKB asli, fotokopi STNK dan faktur pembelian sebagai jaminan pinjaman.

Sementara itu, kendaraan aslinya tetap berada di tangan pelanggan dan dapat digunakan untuk keperluan bisnis.

Pembiayaan ini hanya bisa dilakukan oleh pelaku UMKM, asalkan layak secara ekonomi minimal 1 tahun. Cara menggadaikan BPKB di pegadaian menggunakan sistem fidusa adalah :

1. Mengajukan Pinjaman Fidusia

Datanglah ke kantor Pegadaian terdekat dan beri tahu petugas mengenai niat Anda untuk mengajukan pinjaman fidusa.

2. Mengisi Formulir

Isi formulir, lalu berikan syarat dan ketentuan yang diperlukan kepada petugas Pegadaian. Jika persyaratan sudah terpenuhi, pengajuan pinjaman bisa diproses dalam waktu 3 hari kerja.

Petugas Pegadaian kemudian meninjau pelanggan untuk kriteria kelayakan. Jika memenuhi kriteria, petugas akan menghubungi nasabah dan menginformasikan waktu pencairan pinjaman.

3. Mengajukan Pinjaman

Nasabah mendatangi kantor Pegadaian untuk mengajukan pinjaman dengan BPKB asli. Sebelum uang dibayarkan, nasabah harus menandatangani perjanjian pinjaman fidusa dan menyerahkan BPKB asli sebagai jaminan.

4. Membayar Biaya Administrasi

Selain itu, nasabah harus membayar biaya administrasi yang dapat dibayarkan secara tunai atau dipotong dari pinjaman.

Setelah selesai, nasabah menerima pinjaman tunai dan kendaraan yang dijanjikan masih dapat digunakan untuk tujuan komersial.

Tips Aman Menggadaikan BPKB Motor di Pegadaian

  • Tentukan tujuan utama gadai BPKB. Jangan sampai uang cicilan digunakan untuk kegiatan konsumeris yang membuat Anda kesulitan membayar cicilan.
  • Patuhi persyaratan administrasi dan jangan memberikan informasi palsu karena dapat merugikan Anda dan lembaga keuangan.
  • Ketahui dan pahami produk pinjaman, pertahankan suku bunga di bawah 30% agar anda dapat membayar cicilan dengan lebih mudah.
  • Periksa kebijakan yang berlaku untuk mengetahui denda dan apa saja yang akan dikenakan atas keterlambatan pembayaran cicilan.
  • Pastikan Anda membayar cicilan tepat waktu untuk menghindari denda, agar kendaraan dari BPKB yang di gadai tidak disita.

Plus Minus Gadai BPKB

Selanjutnya anda harus memahami juga tentang sistem gadai BPKB di pegadaian yang mempunyai plus minusnya. Jadi, ketika Anda sudah mengetahui semua pro dan kontranya, yang harus Anda lakukan adalah memutuskan apakah akan tetap menggadaikan atau tidak.

Plus

Beberapa keunggulan gadai BPKB di pegadaian adalah :

  • Aman dan Terpercaya

Dibandingkan dengan Pegadaian lainnya, Pegadaian dinilai aman dan dipercaya oleh masyarakat. Sebagai lembaga pemerintah, pergerakannya diawasi dan tidak membuat kesalahan.

  • Syarat Pengajuan Mudah Untuk Dipenuhi

Secara umum, istilah yang diajukan harus sudah dimiliki oleh masyarakat, sehingga tidak perlu ada dokumen tambahan yang rumit.

  • Tidak Perlu Buka Rekening Saat Pengajuan

Anda tidak memerlukan rekening tabungan untuk mengajukan pinjaman. Anda dapat memasukkan nomor akun yang ada. Karena Pegadaian bekerja dengan banyak bank besar.

  • Proses Pencairan Sangat Cepat

Jika semua syarat terpenuhi, prosesnya lebih cepat. Kemudian Anda bisa mendapatkan pinjaman dalam beberapa jam, sesuai dengan perkiraan perhitungan harga yang dilakukan oleh petugas Pegadaian.

  • Tenor Bisa Diperpanjang

Anda bisa memperpanjang masa pinjaman menggunakan syarat dan ketentuan yang berlaku dan tidak akan sesulit pengajuan pertama. Misalnya, saat Anda masih membutuhkan waktu untuk kembali.

  • Ada Masa Tenggang

Setelah memasuki masa pinjaman, Anda akan menerima informasi melalui email, pesan teks atau telepon. Kemudian Anda akan diberi tenggang waktu untuk membayar cicilan.

  • Lokasinya Tersebar

Saat ini Pegadaian sudah menjangkau seluruh wilayah sehingga memudahkan Anda untuk mencari lokasi kantor terdekat untuk mengajukan pinjaman terjamin BPKB.

Minus

Meski memiliki segudang kelebihan, meminjam dari Pegadaian juga memiliki kekurangan yang harus dipahami. Jadi jika Anda memutuskan untuk menggadaikan BPKB, Anda tidak akan menghadapi masalah besar. Apa poin negatifnya?

  • Kendaraan yang dapat ditagih harus dalam lima tahun terakhir, jika lebih tua maka pinjaman tidak akan disetujui.
  • Kendaraan yang dianggunkan BPKB-nya ditahan selama masa pinjaman sehingga Anda tidak dapat menggunakannya untuk sementara waktu.
  • Pajak kendaraan harus aktif dan tidak lewat waktu.
  • Jumlah dana yang bisa dipinjam masih sangat terbatas. Jadi jika Anda membutuhkan dana baru dalam jumlah besar, mungkin berpikir dua kali sebelum meminjam ke Pegadaian.

Nah itulah penjelasan bagaimana Gadai Bpkb Motor Di Pegadaian yang telah Edmodo.id rangkumkan untuk anda semuanya.

Baca Juga :