Jazakallah Khairan Katsiiraa

Posted on

Jazakallah Khairan Katsiiraa – Assalamualaikum Wr Wb.Alhamdulillah atas izin Alloh SWT serta Ridho dari junjungan Kita Nabi Muhammad SAW, kita dapat berjumpa lagi dalam pembahasan artikel kali ini.

Dimana Edmodo.Id akan membahas materi dengan tema mengenai Jazakallah Khairan Katsiiraa, yang berdasarkan Arti, Tulisan Arab dan Jawaban Serta penjelasanya. Terbaru. Langsung saja pembahsannya dibawah ini.

Apa Artinya Jazakallah?

Jazakallah Khairan Katsiiraa - Arti, Tulisan Arab dan Jawaban

Apa jawaban atau jawaban untuk Jazakallah? Apa keutamaan mengatakan Jazakallahu khairan katsiraa? Nah, simak saja penjelasan kami tentang materi dari Jazakallah Meaning dan Jazakillah, Jazakumullah, Jazakunallah, Jazakamallah dan jawaban serta informasi lengkap lainnya di bawah ini.

Arti Jazakallah

Jazakallah Khairan Katsiiraa

Kata-kata “Jazakallah, Jazakallahu Khairan, Jazakallahu Khairan Katsiraa, Jazakumullah, Jazakillah, Jazakamallah, Jazakunallah, Syukron dan Barakallahu” tidak lagi dikenal di telinga masyarakat Indonesia.

Ucapan-ucapan seperti itu biasa di kalangan Muslim di Indonesia, terutama di kalangan pelajar, tetapi tidak hanya di kalangan tertentu, masyarakat umum juga menggunakan banyak kalimat ini.

Tetapi tidak sedikit yang tahu artinya, meskipun kami telah mendengar kata-kata ini berkali-kali. Lalu apa artinya Jazakallah?

Jazākallāh / Jazākallāhu Khairan adalah istilah yang digunakan sebagai ungkapan terima kasih kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Seperti yang dikatakan Nabi Shalahhau Alaihi Wassalam:

Hadis:

“Siapa pun yang memberinya tindakan kebaikan yang menjawab dengan mengatakan Jazaakallah khairon sudah cukup untuk mengucapkan terima kasih.” [Hadis Riwayat. Tirmidzi]

Makna jazakallah dan Tulisan Arab
Jazakallah (Bahasa Arab; جَزَا كَ الله) berarti “semoga Allah membalas / memberi / menambahkan Anda”.

Baca Lebih Lanjut:

  • “Jazakallah Khairan Katsiiraa (Bahasa Arab; جَزَا كَ الله خَيْرًا كَثِيْرًا)” (ك ka)
    Itu berarti: “Semoga Allah membalas Anda dengan banyak kebaikan” (terhadap saudara / lelaki)
  • “Jazakillah Khairan katsiiraa (Bahasa Arab; جَزَا ك الله خَيْرًا كَثِيْرًا)” (ك ki)
    Itu berarti: “Semoga Allah membalas Anda dengan banyak kebaikan” (terhadap saudara / wanita)
  • “Jazakumullah Khairan Katsiiraa (Bahasa Arab; جَزَا كُمُ الله خَيْرًا كَثِيْرًا)” (كم kum)
    Artinya: “Semoga Allah membalas Anda dengan banyak kebaikan”(untuk beberapa pria / lebih dari satu pria)
  • “Jazakunallah Khairan Katsiiraa (Bahasa Arab ;; ا كن الله خَيْرًا كَثِيْرًا)” (كن- Kun):
    Artinya: “Semoga Allah membalas Anda dengan banyak kebaikan”. (untuk banyak wanita / lebih dari satu wanita).
  • “Jazakamallah Khairan Katsiiraa (Bahasa Arab ;; ا كم الله خَيْرًا كَثِيْرًا)” (كم- datang):
    Artinya: “Semoga Allah membalas Anda dengan banyak kebaikan”.

Deskripsi:

  • Jazaa (جَزَ) = dapat menjawab, memberi, menambah,
  • Ka (كَ) = kamu / kamu (pria lajang)
  • Ki (ك) = Anda / Anda (wanita lajang)
  • Kum (كم) = Anda (beberapa pria / lebih dari satu)
  • Kun (كن) = Anda (beberapa wanita / lebih dari satu)
  • Allah (اللهُ) = Allah
  • Khairan (خَيْرًا) = kebaikan,
  • Katsiraa (كَثِيْرًا) = banyak.

Jawaban dari Jazakallah

Jika orang ini melakukan sesuatu yang baik, orang itu mengatakan Jazakallah / Jazakallah Khairan Katsiiraa atau yang serupa. Lalu apa yang harus kita jawab atau jawab?

Tetapi secara umum, kata-kata Jazakallah yang merupakan doa dijawab dengan “aamiin” dan ucapan syukur (terima kasih) biasanya dijawab dengan “bersama”. Lalu bagaimana dengan Islam?

Dalam Islam, umumnya menanggapi Jazakallah dengan kata-kata berikut:

Aamiin, wa iyyaka / wa iyyaki / waiyyakum “yang berarti; Semoga Allah memberi, begitu juga Anda.

Ketika kita mengatakan ini seperti di atas, itu berarti bahwa kita kembali untuk berdoa bagi mereka yang telah berdoa untuk kita.

Tetapi ada jawaban umum di atas karena ada jawaban yang lebih baik yang sesuai dengan yang ada di hadis.

Hadits otentik yang diceritakan oleh Ibn Hibban dan Imam An Nasa’i ketika salah seorang dari mereka yang bernama Usaid bin Hudhair menggantikan Ansar untuk berterima kasih kepada Rasulullah SAW dengan mengatakan Jazakallah Khairan, Rasulullah SAW juga menjawab dengan mengatakan:

وَأَنْتُمْ مَعْشَرَ الْأَنْصَارِ فَجَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا

“Kalian semua, oh Ansar, semoga Allah membalas Anda dengan kebaikan.”

Jadi jawaban atau tanggapan dari Jazakallah Khairan, yang merupakan contoh Rasulullah SAW, adalah:

  • Fa jazaakumullahu khoiron (Bahasa Arab; فَجَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا)
    • Itu berarti: Semoga Allah membalas Anda dengan kebaikan (jamak)
  • Fa jazaakallahu khoiron (Arab; فَجَزَاكَ اللهُ خَيْرًا)
    • Yaitu, semoga Allah membalas Anda dengan kebaikan (terhadap seorang pria lajang)
  • Fa jazaakillahu khoiron (Arab; فَجَزَاكِ اللهُ خَيْرًا)
    • Yaitu, semoga Allah membalas Anda dengan kebaikan (terhadap seorang wanita lajang)

Bagaimana jika orang tersebut hanya mengucapkan terima kasih (thanks)? Kita bisa menjawabnya dengan mengatakan Afwan. Mengapa Afwan tidak menyesal?

Sedikit penjelasan, kebanyakan orang Arab, ketika seseorang mengatakan Syukron kepadanya, mereka biasanya menjawab “Afwan”, yang sebenarnya berarti “maaf”.

Mengapa kebanyakan orang Arab mengatakannya? Mereka merasa perlu untuk meminta maaf meskipun mereka telah melakukan atau membantu kebaikan atau melakukan perbuatan baik lainnya.

Ini karena mereka harus dapat melakukan lebih atau lebih dari apa yang mereka lakukan (berbuat baik). Inilah alasan mengapa Anda harus mengatakan Afwan. Di sisi lain, afwan juga dapat diartikan “bersama”.

Keutamaan Mengucapkan Jazakallah dan Syukron

Islam tidak hanya mengajarkan kita untuk membangun hubungan yang baik dengan Tuhan, Tuhan Yang Maha Esa, itu juga mengajarkan kita untuk membangun hubungan yang baik antara manusia. Ingat itu! Hablumminallah wa Hablumminannas.

Membangun hubungan yang baik antara orang-orang, salah satunya dengan berdoa atau berterima kasih kepada orang-orang karena membantu, berbuat baik, atau memperlakukan kita dengan baik.

Selain itu, itu bahkan merupakan tanda bahwa seseorang berterima kasih kepada Allah Subhanallahu Wa Ta’ala untuk berterima kasih kepada sesama manusia atas kebaikannya. Seperti yang dikatakan oleh nabi sallallaahu ‘alaihi wasallam, yang berarti:

“Ini bukan tentang berterima kasih kepada mereka yang tidak berterima kasih kepada orang lain.” [SDM. Tirmidzi dan Abu Daud]

Berbeda dengan ucapan Syukron lainnya (terima kasih), kata-kata Jazakallah Khairan, Jazakillah Khairan atau Jazakumullah Khairan memiliki keunggulan sebagai berikut:

Terima Kasih Banyak

Dibandingkan dengan kata “terima kasih”, “ucapan syukur” dan lainnya, kata “jazakallah khairan” adalah salam terbaik. Rasulullah sallallaahu ‘alayhi wasallam mengatakan yang artinya:

“Siapa pun yang berbuat baik kepadanya kemudian berkata kepada pelaku:” Jazakallah khairan, maka dia benar-benar mengangkat pujian. “

Sunnah Nabi

Terima kasih kepada Jazakallah Khairan adalah salah satu dari Sunnas Rasulullah SAW. Dia mengajarkan salam ini, teman-temannya juga mempraktekkannya. Rasulullah SAW mengatakan apa artinya;

Ketika seseorang mengatakan “jazaakallah khairan” kepada saudaranya, dia memiliki pujian tertinggi. [SDM. Thabrani]

Ucapan doa

Rasulullah SAW mengajarkan bahwa ketika kita menerima kebaikan / hadiah dari orang lain, itu harus dibalas dengan kebaikan atau hadiah. Jika tidak, setidaknya kita bisa berterima kasih dan berdoa untuk itu.

Mengucapkan Jazakallah Khairan atau sejenisnya adalah ucapan terima kasih dan doa bagi orang-orang yang telah berbuat baik atau memberi kami hadiah. Seperti yang dikatakan oleh Nabi Muhammad, yang artinya;

“Siapa pun yang memberi Anda kebaikan maka jawablah. Jika Anda tidak dapat membalas kebaikannya, doakanlah dia sampai Anda yakin bahwa Anda telah membalas kebaikannya.” [HR. Abu Daud].

Demikian Pembahasan kita pada kali ini di edmodo.id tentang Jazakallah Khairan Katsiiraa. Nantikan Artikel Menaraik Lainya, tetap bersama kami. Terimaksih Semoga Membawa Manfaat.

Baca Juga :