Investasi Aplikasi Trading Saham Yerbaik

Posted on

Aplikasi Trading Terbaik – Berinvestasi di saham membutuhkan aplikasi perdagangan yang andal dan mudah digunakan.

Di bawah ini adalah gambaran umum dari masing – masing aplikasi dan kriteria pemilihan aplikasi saham yang terbaik. Untuk membeli dan menjual saham, Anda membutuhkan broker yang dapat dipercaya.

Broker yang tidak hanya murah tapi juga mudah, tidak hanya mudah tapi juga bisa diandalkan. Kami tahu ada broker bermasalah di luar sana akhir – akhir ini yang merugikan klien.

Ada banyak broker di BEI, 98 tepatnya, tapi menurut pengalaman saya hanya sedikit yang cocok untuk investor ritel. Sebelum saya meneruskan broker ini, saya ingin menjelaskan kriteria saya ketika memilih broker, terutama untuk investor ritel.

Aplikasi Trading Terbaik

Aplikasi Trading Terbaik
Aplikasi Trading Terbaik

Investor menggunakan aplikasi trading untuk melakukan berbagai hal terkait jual beli saham, mulai dari mendaftarkan akun hingga mengecek deposit, analisa fundamental saham, analisa teknikal, hingga jual beli saham.

Peran aplikasi perdagangan sangat sentral. Daftar Aplikasi Trading Terbaik ini dari sudut pandang subjektif berdasarkan pengalaman saya dengan teman – teman yang telah menggunakan dan mendengarkan mereka.

Indopremier IPOT

Saya sudah lama menggunakan aplikasi perdagangan saham ini sejak saya mulai bermain saham. Awalnya saya membeli reksa dana, kemudian lama kelamaan saya menggunakan aplikasi perdagangan saham IPOT.

IPOT dikenal di banyak kalangan sebagai salah satu pelopor dalam transaksi pasar saham online dan mendorong pelanggannya untuk berinvestasi di saham jangka panjang melalui pelatihan dan seminar.

Ketentuan jual beli saham Indopremier :

  • Tidak ada setoran minimum saat membuka akun, hanya satu setoran dalam satu transaksi.
  • Biaya penjualan saham : 0,29% per transaksi dan biaya pembelian saham : 0,19% per transaksi.

Kaki sedikit lebih mahal, tetapi beberapa hal yang menurut saya bagus untuk IPOT adalah :

  • Tidak ada setoran minimum yang diperlukan saat membuka akun saham. Jika Anda berniat memperdagangkan saham untuk jumlah transaksi yang ingin Anda lakukan, setoran baru akan dilakukan.
  • Pendaftaran akun dapat dilakukan secara online, tidak perlu bertemu langsung, tidak perlu ke cabang, semuanya dilakukan melalui aplikasi IPOT.
  • Selama jam kerja, CS online melalui telegram. Bantuan untuk pertanyaan atau masalah.
  • Aplikasi IPOT memiliki banyak fitur perdagangan atau investasi yang mudah digunakan untuk semua jenis investor.
  • Integrasi aset dalam reksa dana sehingga uang yang belum diinvestasikan dapat ditransfer sementara ke reksa dana dan didistribusikan kembali ke saham jika diperlukan.

Fitur terbaru Indopremier adalah Robo Trading, sistem perdagangan yang secara otomatis menjalankan semua instruksi jual beli saham dan harga yang telah ditetapkan sebelumnya oleh pelanggan agar tidak ketinggalan momen.

Data Bursa Efek Indonesia

  • Nama Anggota : INDO PREMIER SICHERHEIT
  • Status Perusahaan : Lokal
  • Status Operasi : Aktif
  • Izin Komersial : Manajer Investasi, Penjamin Emisi Efek
  • Nilai NAWC terakhir : Rp. 320.244.655.005,-
  • Kantor Pusat : Pacific Century Place Gebäude, 16. Stock Jl. Jend. Sudirman Kav 52-53, SCBD Lot 10 South Jakarta 12190

Most Mandiri

Aplikasi Trading Terbaik
Aplikasi Trading Terbaik

Mandiri Sekuritas (Mansek) adalah salah satu pialang saham terbesar di Indonesia, salah satu cabang dari Bank Mandiri.

Aplikasi perdagangan saham Mansek adalah Paling Mandiri Perdagangan Saham Online. Saya suka antarmuka pengguna yang mudah dan nyaman digunakan untuk semua investor, terutama pemula.

Tentunya Mansek juga milik pemerintah BUMN, jadi salah satu yang paling banyak bermodal besar. Karena bagi saya dalam berinvestasi, kita membutuhkan institusi dengan modal yang kuat untuk memastikan uang kita dikelola secara adil dan hati – hati.

Namun, paling sedikit lebih mahal, yaitu :

  • Setoran minimum untuk pembukaan rekening : Rp. 2.000.000,- untuk pelajar, Rp. 5.000.000,- untuk umum dan Rp. 100.000.000,- untuk layanan penuh.
  • Komisi jual atau beli minimum adalah Rp. 5.000,- berapa pun jumlah transaksi saham.
  • Biaya penjualan saham : 0,28% per transaksi dan biaya pembelian saham : 0,18% per transaksi.

Biaya yang sedikit mahal diimbangi dengan manfaat yang paling bagus, termasuk :

  • Pendaftaran nasabah dapat dilakukan secara online cukup dengan menyiapkan e-KTP dan berfoto selfie sambil memegang e-KTP dan NPWP.
  • Mandiri Sekuritas memiliki berbagai produk investasi pasar modal, yaitu saham konvensional, saham syariah, reksa dana, obligasi dan SBN, serta penerbitan saham perdana. Jumlah produk membantu konsumen mendiversifikasi investasi mereka.
  • Pengumpulan reksa dana di MOST sangat lengkap. Berbagai jenis reksa dana tidak hanya ditawarkan oleh Mandiri Investasi tetapi juga oleh manajer investasi lainnya.
  • Pelatihan ruang kelas yang komprehensif, yang dibagi menjadi tiga tingkatan tergantung pada pemahaman pelanggan.
  • Fasilitas pelatihan online lengkap di website Mandiri Sekuritas.
  • Akses ke hasil penelitian dan update harian tentang perkembangan ekonomi dan pasar oleh para ahli dari Mandiri Sekuritas.

Salah satu fungsinya adalah kelancaran pembukaan rekening di Mandiri Sekuritas yang bahkan tidak perlu ditandatangani.

Metode membuka akun dengan Most lebih baik karena formulir perlu ditandatangani, dicetak dan dikirim bahkan ketika judul lain sedang online, mengabaikan waktu tunggu minggu untuk aktivasi.

Anda dapat mengakses layanan pembukaan akun Most secara online dengan smartphone dalam tiga langkah, seperti : Masukkan data diri Anda dan unggah dokumen yang diperlukan untuk transaksi pasar modal seperti KTP, Selfie dengan KTP dan NPWP.

Langkah yang terakhir ialah melakukan tanda tangan secara digital untuk membuka rekening sebagai investasi dan sekuritas.

Data Dari Bursa Efek Indonesia

  • Nome member : MANDIRI SEKURITAS
  • Status Perusahaan : Lokal
  • Status Operasi : Aktif
  • Ijin Komersial : Manajer Investasi, Penjamin Emisi Efek
  • Nilai MKBD Terakhir : Rp. 396.594.372.659,-
  • Kantor Pusat : Menara Mandiri I, Lantai 24-25, Jl. Jend. Sudirman, Kav. 54-55, Jakarta

Stockbit

Tidak seperti aplikasi saham lainnya, Stockbit pertama kali muncul sebagai forum komunitas untuk perdagangan investasi saham. Bahasanya yang menarik adalah “perdagangan sosial”.

Kami pedagang saham membutuhkan tempat untuk berbagi informasi, berbagi tip dan bocoran tentang emiten saham. Berbagi forum komunitas itu penting. Kenapa?

Saham adalah sarana investasi yang sensitif dengan berita, analisis, dan bahkan rumor. Jadi jika ada ajang untuk saling bercakap – cakap dan bertukar pikiran, sangat menguntungkan.

Banyak investor dengan pengalaman bertahun – tahun dalam investasi dan perdagangan saham ingin bergabung dengan komunitas Stockbit secara gratis. Berbagi sangat berharga, terutama bagi saya yang masih belajar.

Meskipun ini adalah forum terbuka, semua anggota dapat memberikan komentar tanpa kita benar – benar mengetahui identitas mereka. Namun, masih banyak komentar yang terkadang tidak berarti, tidak berdasar, dan lain – lain.

Tapi pengalaman saya mengikuti Stockbit. Setelah beberapa saat, kita bisa menyaring anggota mana yang memiliki opini bagus dan mana yang tidak.

Selain sebagai forum, Stockbit juga menyediakan berbagai data untuk menganalisa fundamental serta analisa teknikal. Penyajian datanya pun lengkap serta jelas.

Misalnya, laporan penilaian PBV dan PER disediakan selama 10 tahun terakhir. Saya hanya perlu memeriksa grafik untuk melihat apakah suatu saham murah atau tidak berdasarkan peringkat PBV dan PER.

Laporan keuangan historis dengan laporan keuangan utama juga disajikan. Satu hal yang membedakan Stockbit adalah desain aplikasi yang segar, bersih, dan mudah digunakan.

Hal ini memungkinkan Stockbit untuk mengumpulkan data saham yang banyak dan terperinci sehingga investor dapat dengan mudah dilihat dan dianalisis.

Ada tiga bagian di Stockbit yang patut untuk dilihat :

  1. Saya menjelaskan forum obrolan sebelumnya. Saya mendapat banyak informasi langsung dari sini yang mungkin sulit saya dapatkan dari tempat lain.
  2. Data saham yang komprehensif, fundamental dan teknis yang disajikan dengan indah oleh Stockbit dan mudah digunakan oleh investor.
  3. Struktur jual beli saham yang Stockbit saat ini kerjakan dengan Sinarmas Sekuritas.

Namun, Stockbit bukanlah broker dengan lisensi untuk membeli dan menjual saham, hanya sebuah platform. Itu sebabnya Stockbit bekerja sama dengan Sinarmas Sekuritas.

Saat membeli dan menjual saham di Stockbit, pelanggan melakukannya melalui Sinarmas Sekuritas. Tidak perlu membuka dua aplikasi karena Stockbit mengintegrasikan dua sistem di backend. Investor hanya perlu tahu bahwa ini sudah selesai.

Untuk membuka akun, Stockbit online tetapi beberapa dokumen perlu dikirim ke Sinarmas dalam bentuk hard copy. Proses yang memakan waktu lebih dari seminggu, apalagi jika RDN dibuka di rekening yang bukan bank Sinarmas, memakan waktu lebih lama lagi.

Lebih jauh, menurut pengalaman saya, mungkin karena proses integrasi kedua sistem, terkadang kita perlu bersiap untuk kondisi sistem yang tidak dapat diakses.

Pemeliharaan yang sering (lebih umum daripada aplikasi sekuritas lainnya) dan saldo perdagangan yang timbul antara Stockbit dan akun klien yang tidak cocok keseimbangan di Sinarmas Sekuritas.

Meskipun masalah ini jarang terjadi, namun hal tersebut menimbulkan rasa jera, terutama saat kami berusaha untuk melakukan transaksi ekuitas.

Sinarmas

Saya tahu tentang sekuritas Sinarma karena kesalahan. Saat Anda membuka akun di Stockbit, Anda perlu membukanya di Sinarmas Sekuritas.

Saya mengecek bahwa Sinarmas memiliki aplikasi perdagangan sahamnya sendiri dan fiturnya sangat menarik. Kebetulan karena peluang trading di Stockbit belakangan ini tidak berjalan dengan baik, saya langsung melakukan order di Sinarmas.

Beberapa ketentuan penting Sinarmas :

  • Tersedia tiga opsi RDN : Bank Sinarmas, Bank Niaga, dan BCA.
  • Komisi perdagangan online adalah 0,15% beli dan 0,25% jual.
  • Rekening biasa saja, tidak ada rekening Syariah.
  • Setoran minimo Rp 500 juta.

Sedangkan untuk tampilan antarmuka, isinya sangat lengkap, namun desain aplikasi Sinarmas terbilang cukup rumit dan kurang user-friendly.

Komisinya cukup rendah dan berhubungan dengan Stockbit, itulah mengapa saya mempertimbangkan untuk menggunakan Sinarmas.

Jadi jika menurut Anda tampilan Sinarmas kuno dan tidak segar, saya bisa melihat portofolionya melalui Stockbit karena portofolio saham Sinarmas tercermin di Stockbit.

Jika total uang dan investasi tidak mencapai saldo minimum kurang dari Rp. 500.000,- dalam waktu 6 bulan atau 180 hari, Sinarmas akan menonaktifkan akun kami.

Data Bursa Efek Indonesia

  • Nome member : SINARMAS SEKURITAS
  • Status Perusahaan : Lokal
  • Status Operasi : Aktif
  • Ijin Komersial : Manajer Investasi, Penjamin Emisi Efek
  • Nilai MKBD Terakhir : Rp. 623.586.513.876,29,-
  • Kantor Pusat : Plaza BII Tower III, Lantai 5 Ruang 501 Jln. M.H. Thamrin No. 51, Jakarta

BNI Sekuritas

Jujur saja, nama BNI awalnya di belakang BNI Sekuritas, makanya saya pilih sekuritas ini. Karena saya ingin salah satu gelar saya menjadi BUMN milik pemerintah.

BNI melakukan perubahan yang signifikan dengan memperkenalkan aplikasi BIONS yang terlihat segar, bersih dan mudah digunakan untuk trading ponsel.

Berbeda dengan aplikasi BNI sebelumnya, BIONS memiliki akun uji coba sehingga nasabah dapat mencoba tanpa menggunakan uang sepeser pun.

Menurut pengalaman saya, akun uji ini sangat penting untuk membiasakan diri Anda dengan cara kerja aplikasi, terutama bagi mereka yang baru bermain saham.

Fungsi BIONS sangat lengkap yaitu watch list, trade sector, research, fundamental, auto order, auto order list dan saham perusahaan serta berita dengan informasi terkini.

Ketentuan perdagangan saham di BNI Sekuritas adalah :

  • Setoran minimum adalah Rp1 juta (versus hibrida Rp5 juta).
  • Rekening online syariah : biaya beli 0,15%, biaya jual 0,25%.
  • Akun online normal : komisi pembelian 0,17%, komisi penjualan 0,27%.
  • Akun hybrid biasa : biaya pembelian 0,27%, biaya penjualan 0,37%.

Kekurangan BNI adalah minimal setoran Rp 1 juta cukup tinggi di antara sekuritas tanpa simpanan lainnya.

Aplikasi BNI untuk saham saham terbagi menjadi dua produk yaitu produk pasar reguler dan syariah yang perbedaannya terletak pada data yaitu data saham yang tidak termasuk dalam pasar syariah misalnya.

Seperti : Saham bank, ditandai dengan coret – coret atau coret untuk pasar syariah. Di BNI Sekuritas, nasabah rekening bursa secara otomatis dapat membeli dan menjual reksa dana dengan mengisi formulir yang diisi bersamaan dengan pendaftaran rekening bagi hasil.

Di BNI Sekuritas, nasabah rekening bursa secara otomatis dapat membeli dan menjual reksa dana dengan mengisi formulir yang diisi bersamaan dengan pendaftaran rekening bagi hasil.

Jika Anda membutuhkan sales support untuk melakukan order beli dan jual, BNI tetap akan menyediakannya. Namanya bukan akun online, tetapi akun hybrid dengan setoran minimum yang lebih tinggi.

Satu hal yang menurut saya adalah kelemahan BNI Sekuritas yaitu RDN harus dibuka dengan Bank BNI, bukan bank lain.

Implikasinya adalah adanya biaya transfer setiap kali Anda melakukan transfer uang, saat Anda berniat membeli dan menjual saham.

Data Bursa Efek Indonesia

  • Nama Member : BNI SEKURITAS
  • Status Perusahaan : Patungan
  • Status Operasi l: Aktif
  • Ijin Komersial : Manajer Investasi, Penjamin Emisi Efek
  • Nilai MKBD Terakhir : Rp. 361.085.288.583,-
  • Kantor Pusat : Sudirman Plaza Indofood Tower 16, Jenderal Sudirman, Kav. 76-78, Jakarta

Nah itu lah beberapa penjelasan tentang Aplikasi Trading Terbaik dari Edmodo.id

Baca Juga :