Contoh Paragraf Eksposisi

Posted on

Hayy kawan – kawan semuanya apa kabar? semoga sehat selalu ya.! Pada kesempatan kali ini edmodo.id akan mengulas tentang Contoh Paragraf Eksposisi.

Paragraf eksposisi ini ialah merupakan sautu paragraf yang berisi konten dan dapat di kembangkan dengan tujuan untuk memberikan penjelasan untuk si pembaca tentang sebuah informasi, sampai si pembaca dapat pengetahuannya dari membaca suatu paragraf tersebut.

Pada paragraf eksposisi ini memberikan suatu informasi yang berupa pengetahuan ilmiah, yang mana pada suatu hal yang nyata dan tidak di buat – buat maupun dari sebuah mitos.

Sumber dari pembuatan paragraf eksposisi ini bisa di dapat dari pengamatan, penelitian maupun pengalaman. (Baca Juga : Contoh SPPD

Ciri – Ciri Paragraph Eksposisi

Contoh Paragraf Eksposisi
Contoh Paragraf Eksposisi

Untuk membedakan suatu paragraf satu dengan paragraf yang lainnya, hal ini dapat kita lihat dari ciri – cirinya, kita harus dapat membedakan dengan paragraf ekposisi dengan paragraf yang lainnya.

  • Suatu paragraf yang di tuliskan dengan tujuan untuk memberikan suatu informasi maupun dengan pengetahuan kepada si pembaca.
  • Di sampaikannya dengan menggunakan bahasa yang mudah di fahami oleh si pembaca dan juga tidak berbelit – belit.
  • Penulis harus menyampaikan suatu permasalahannya dengan jelas dan tidak memihak kepada salah satu pihak lainnya.
  • Penulis harus menyertakan data yang akurat, agar nilai objektif didalam paragraf tersebut menjadi lebih kuat.
  • Paragraf eksposisi ini tidak mengandung suatu ajakan maupun arahan, akan tetapi paragraf eksposisi tersebut hanya bersifat objektif.
  • Paragraf ini berisi tentang penjelasan maupun definisi tentang objek yang menjadi pembahasannya.
  • Di tuliskan dengan menggunakan gaya dan juga tulisan inofatif.
  • Harus menggunakan suatu yang fakta untuk menjelaskan dari suatu hal yang menjadikan pembahasannya.
  • Isi paragraf eksposisi ini harus dapat menjawab pertanyaan Apa, Kapan, Mengapa, Bagaimana, Dimana dan Siapa.
  • Di tuliskan dengan berdasarkan dari hasil penelitian dan juga pengamatan penulisannya.
  • Terdapat gambar, angka, grafik, statistic maupun bagian yang akan di gunakan sebagai alat ilustrasi.
  • Dan di tutup dengan kesimpulan, dengan kalimat penutup yang di tandai dengan penegasan topik dari penulisnya.

Struktur Paragraf Eksposisi

Contoh Paragraf Eksposisi
Contoh Paragraf Eksposisi

A. Tesis Atau Pernyataan Pendapat

Tesis ialah merupakan suatu bagian yang mempunyai isi yang berupa sudut pandang dari penulis dan setiap masalah yang akan di bahas topiknya.

Suatu tesis pasti berdasarkan dari suatu bentuk pernyataan yang nantinya akan di perkuat dengan suatu argumen.

Pada bagian tersebut sangatlah penting untuk menyusun contoh dari teks eksposisi dan biasanya muncul pada awal teks eksposisi walaupun ada kemungkinan kita bisa menjumpainya di bagian terakhir.

B. Argumentasi

Argumentasi ialah merupakan suatu bentuk alasan atau bukti yang di gunakan dalam mengokohkan atau memperkuat suatu pendapat di dalam sebuah tesis tersebut, walaupun pada praktek argumentasinya dapat di gunakan untuk menyanggah sampai dengan menolak suatu pernyataan.

Argumentasi ini dapat berupa pernyataan umum maupun berupa data dari hasil penelitian para ahli yang sumbernya dapat di percaya.

C. Penegasan Ulang Pendapat

Bagian ini merupakan bagian kesimpulan yang menegaskan kembali dari tesis yang telah di bicarakan di awal teks eksposisi dan penguat argumentasi yang di tunjang oleh faktanya.

Jenis – Jenis Eksposisi

  • Jenis Paragraf Eksposisi Definisi.
  • Jenis Paragraf Eksposisi Proses.
  • Jenis Paragraf Eksposisi llustrasi.
  • Jenis Paragraf Eksposisi Klasifikasi.
  • Jenis Paragraf Eksposisi Perbandingan Maupun Pertentangan.
  • Jenis Paragraf Eksposisi Laporan.

Contoh Paragraf Eksposisi

1. Contoh Paragraf Eksposisi Tentang Kesehatan

Contoh Paragraf Eksposisi
Contoh Paragraf Eksposisi

Manfaat Dari Lidah Buaya

Tesis :

Pada zaman dahulu, nenek moyang kita sudah mengenal tanaman lidah buaya ini lengkap dengan manfaatnya.

Manfaat dari tumbuhan yang bernama latin Aloe Vera ini tidak hanya sebagai penyubur rambut saja, namun juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita juga.

Lidah buaya ini juga mempunyai ciri – ciri yaitu : Daun yang berbentuk panjang, tebal, dan juga berwarna hijau, dan daunnya mengandung serat bening sebagai dagingnya.

Argumentasi :

Walaupun pada zaman dahulu di kenal mempunyai banyak manfaatnya, namun belum banyak orang yang mengetahuinya kalau tanaman ini bisa menjadikan komoditas yang sangat menguntungkan.

Para peneliti tersebut mengungkapkan ada banyak manfaatnya dari tanaman serbaguna ini.

Berikut ini kita akan menjelaskan manfaatnya dari lidah buaya tersebut yaitu. (Baca Juga : Contoh Surat Permohonan)

  • Pada bagian yang tertentu dari tanaman lidah buaya ini dapat menjadikan obat yang sangat baik untuk mempercepat proses penyembuhan, dan lidah buaya ini di nilai sangat baik untuk mengobati bekas luka, luka bakar dan juga cedera.
  • Lidah buaya ini juga di kenal karena sifat anti inflamasinya, tanaman tersebut ini juga memiliki kemampuan untuk memperlambat peradangan karena adanya asam lemak, dengan mengoleskannya Gel Lidah Buaya ini dapat mencegah maupun menghentikan peradangan yang di sebabkan oleh disfungsi kekebalan tubuh, cedera, dan lain – lainnya.
  • Dapat meningkatkan pencernaan dan juga dapat membantu detoksifikasi pada tubuh, tidak hanya itu saja lidah buaya ini juga merupakan pencahar yang sangat baik dan sangat membantu dalam urusan sembelit.
  • Lidah buaya ini juga memiliki efek anti bakteri dan juga anti jamur, sifat lidah ini dapat menjadi salah satu produk yang sangat alami dan juga sehat, antioksidan yang kuat, dan dapat menangkal radikal bebas dan juga dapat melindungi tubuh kita.
  • Gel maupun jus dari tanaman lidah buaya ini secara tradisional di gunakan untuk obat diabetes karena sifatnya dapat menurunkan kadar gula didalam darah.

Penegasan Ulang :

Sudah jelaskan, lidah buaya ini tidak hanya bermanfaat sebagai ramuan penyubur rambut saja, akan tetapi malah sebagai makanan alami yang sangat menyehatkan, ternyata alam ini sangatlah lengkap dapat menyediakannya untuk kita.

2. Contoh Paragraf Eksposisi Tentang Lingkungan Hidup

Manusia Dan Sampah

Tesis :

Di zaman milenial seperti ini membuang sampahnya sembarangan contohnya seperti buang sampah di sungai seolah – olah menjadi hal yang kebiasaan.

Dan banyak juga banyak orang – orang yang membuang sampahnya asal – asalan di kota, sampai mengakibatkan beberapa sungai terhalang dengan sampah – sampah dan disaat hujan sungai menjadi terhambat dan dapat mengakibatkan banjir.

Argumentasi :

Sudah banyak pengamatannya yang dapat disimpulkan bahwa manusia yang membuang sampah di sungai setiap tahunnya terus bertambah.

Manusia juga belum kapok – kapok dengan membuang sampah di sungai yang dapat mengakibatkan banjir karena tingkah lakunya mereka sendiri, dan juga banyak korban jiwa karena banjir, tidak hanya yang terluka saja akan tetapi banyak juga yang meninggal dunia karena banjir tersebut.

Namun hal ini dapat menyadarkan mereka supaya mereka haruslah membuang sampah pada tempatnya, dan jangan lagi membuang sampah sembarangan.

Penegasan Ulang :

Harusnya sesudah mengetahui bencana yang terjadi ini karena ulah kalian sendiri, seharusnya mereka sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan lagi maupun itu ke sungai supaya tidak merugikan diri anda sendiri lagi, banyak orang di lingkunganya supaya air sungai tidak tersumbat lagi dan disaat hujan tidak terjadi lagi banjir.

Contoh Paragraf Eksposisi Berita

Teks dari eksposisi berita ini merupakan karangan dari eksposisi yang menyampaikan sebuah informasi layaknya suatu berita. Berikut ialah merupakan contoh dari teks eksposisi berita.

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Menurut para ahli Morlock pada tahun 1985, transportasi ialah merupakan dari kebutuhan turunan dan beragam kegiatan yang baik dan kegiatan sosial ataupun ekonomi.

Tipe – Tipe pada kegiatan ini berbeda tentunya akan mempunyai dampak transportasi yang beda pula.

Argumentasi

Kegiatan pada transportasi harian tersebut sangat memicu dari pergerakan yang relatif berulang, contohnya seperti hal yang terjadi kepada para siswa dan para pekerja.

Di Jakarta, mengalami kemacetan dan terjadi di setiap harinya di titik – titik jalur pergerakan para siswa dan juga para pekerja yang berangkat dari rumahnya menuju ke sekolah maupun ke lokasi kerjanya.

Kemacetan ini berulang kembali yang berlangsung lebih panjang dan lebih cenderung terjadi saat masa liburan maupun mudik tiba.

Pada masa yang akan datang ada kepulangan warga maka terjadilah kemacetan yang sangat parah ini tidak dapat di hindari lagi terutama pada jalan – jalan utama, karena mengingat kota Jakarta juga menjadi pusat bisnis di indonesia sampai saat ini.

Pada masa liburan tersebut datang, kemacetan akan di rasakan mulai dari pusat kota Jakartanya sampai pintu – pintu tol, jalan menuju objek wisata juga biasanya akan terdampak.

Penegasan Ulang

Kemacetan harian lebih dominan di timbulkan oleh kegiatan – kegiatan di masyarakat yang masih dalam lingkup internal.

Kemacetan yang biasa berulang setiap hari itu merupakan akibat dari pola tempat tinggalnya, sekolah dan juga tempat kerjanya.

Salah satu dari solusi yang bisa di upayakan yaitu untuk mendekatkan lokasi tempat tinggal dengan tempat berkegiatannya.

Bentuknya bisa bermacam – macam mulai dari pemberian intenstif tempat tinggal susun maupun sewa.

Tampaknya belum ada usaha perbaikan pola pada kegiatan yang sistematis sampai saat ini.

Cukup sampai sini dulu ya yang dapat edmodo.id sampaikan pada materi ini semoga dapat membantu kalian semuanya dan bermanfaat. Terimakasiih. Baca Juga : Contoh Tajuk Rencana