Contoh Tajuk Rencana

Posted on

Contoh Tajuk Rencana – Pada kesempatan kali ini edmodo.id akan mengulas materi tentang Contoh Tajuk Rencana, marilah simak materinya sebagai berikut.

Tajuk rencana ini sering disebut juga degan editorial dan bisa juga mungkin sebagian besar dari kalian sudah pernah mempelajarinya.

Jika kita sering memperhatikannya lebih dalam lagi, ketika kita sedang membaca koran atau surat kabar maka kita akan mendapatkan suatu topik yang dibahasnya pada suatu peristiwa yang lagi hangat – hangatnya di bicarakan dalam masyarakat sekitar.

Nah oleh sebab itu, tulisan yang berupa topik itu biasanya juga berisi opini maupun pendapat yang mengenai peristiwa yang lagi hangat -hangatnya di bicarakan di kalangan masyarakat sekitar.

Saat kita telusuri lebih dalam lagi maka pembahasan dalam tajuk rencana maupun editorial yang biasanya mengacu pada fakta ataupun opini yang akan di utarakan dengan sangat singkat, jelas, padat, dan juga logis, agar mudah di pahami bagi si pembaca tersebut.

Dan ada beberapa hal yang penting lainnya dari teks tajuk rencana ini yaitu, penulis harus mampu memanjakan si pembaca agar teks tajuk rencana ataupun editorial ini bisa di terima di kalangan masyarakat yang luas.

Baca Juga : Contoh Teks Diskusi

Teks tajuk rencana atapun editorial ini tidak boleh bersifat mengadu domba maupun memprovokasi kepada masyarakat karena yang di buat dalam tajuk rencana ataupun editorial ini merupakan berita yang sangat penting dan harus di terima oleh masyarakat secara orisinil.

Contoh Tajuk Rencana
Contoh Tajuk Rencana

Struktur Tajuk Rencana

Judul

Judul yang di tulis didalam tajuk rencana tersebut harus singkat, padat, dan juga jelas, dan harus buat dengan semenarik mungkin.

Judul tajuk rencana yang menarik juga akan memberikan suatu kesan yang mudah di ingat oleh pembaca tersebut.

Dalam penulisan judul, baiknya jangan terlalu panjang ataupun pendek, dan judulnya harus mewakili seluruh isi yang akan dimuat dalam tajuk rencana maupun editorial.

Latar Belakang Masalah

Sebelum penulis menuliskan tajuk rencana maupun editorial, penulis harus banyak mengetahui dengan sepenuhnya yang mana latar belakang dan juga faktor – faktor yang akan menjadi salah satu penyebab masalah maupun juga dengan isu – isu yang sedang berkembang saat ini.

Tokoh

Didalam tajuk rencana ini sering terdapat tokoh yang akan di kaitkan dengan masalah ataupun peristiwa yang akan terjadi.

Materi tajuk rencana ini dapat juga berupa pujian untuk memuji suatu hasil kinerja seseorang tersebut, tokoh, kelompok, maupun pemerintah.

Masalah

Penulis harus dapat mengambil masalah yang sering terjadi menjadi topik yang sangat menarik untuk di baca, sampai si pembaca di suguhkan suatu informasi yang dapat di pahaminya dengan baik dan tidak banyak menimbulkan kesalahpahaman dalam masyarakat.

Peristiwa Yang Di Jabarkan

Peristiwa yang akan di jabarkan dalam suatu tajuk rencana ini harus runtut, yang artinya harus di paparkan secara kronologis mengenai masalah yang sedang di bahasnya, maka dari itu penulis harus menjelaskan suatu peristiwa dengan yang sangat jelas.

Baca Juga : Contoh Surat Permohonan

Opini Penulis

Opini atau sering disebut dengan pendapat penulis yang dapat di sampaikan dengan cara yang sopan,santun dan enak di bacanya.

Biasanya juga pada sela – sela pembahasan sering di selipkan beberapa lelucon, namun harus tetap elegan.

Pada tahapan ini penulis harus banyak memberikan suatu tanggapan yang mengenai isu ataupun permasalahan yang sedang terjadi saat ini.

Penulis akan mencoba memberikan pandangan kritis yang mengenai masalah yang akan beredar di kalangan masyarakat tersebut.

Saran Dan Solusi Permasalahan

Tidak hanya memberikan pendapat saja akan akan tetapai juga mengenai permasalahan yang ada, penulis juga harus banyak memberikan solusi atas permasalahannya yang sedang terjadi saat ini.

Penulis akan memberikan saran – saran yang berupa solusi yang dapat membangun.

Penulis ini tidak boleh memberikan banyak saran dengan mencemooh ataupun merendahkan pihak yang lainnya.

Kesimpulan

Setelah menjelaskan dan memberikan saran atas permasalahan yang ada, selanjutnya penulis harus memberikan suatu kesimpulan terhadap isi teks tajuk rencana tesebut.

Kesimpulan yang sering di tulis harus sesuai dengan isi tajuk rencananya, agar tidak banyak menyebabkan kekacauan.

Syarat – Syarat Tajuk Rencana

Contoh Tajuk Rencana
Contoh Tajuk Rencana

Bahasa Semiformal

Tulisan ini juga biasanya dapat di dapati di surat kabar sampai tidak dapat di golongkan lagi menjadi tulisan yang ilmiah.

Karena bahasa yang akan di gunakan tidak harus baku dan juga formal dan gunakanlah bahasa yang semiformal yang akrab yang sering kalian jumpai dalam sehari – hari.

Isi Singkat Dan Padat

Tajuk rencana ini bukanlah suatu esai ataupun makalah, yang cukup kalian tuliskan masalahnya dan opininya dengan secara singkat.

Hindari pernyataan yang berulang – ulang walaupun dengan demikian, pastikan masalah opini maupun saran akan tersampaikan dengan baik dan juga menyeluruh.

Pilih Isu Yang Relevan

Tajuk rencana ini juga bersifat memberikan suatu informasi maupun pandangan terkini yang mengenai topik hangat di masyarakat sekitar.

Jadi saat menulisnya pastikan isu yang kalian pilih itu merupakan persoalan yang memang sangat banyak untuk di perbincangkan dan berdampak besar bagi kehidupan di kalangan masyarakat tersebut.

Harus Fungsional

Tulisan yang akan di buat bukan hanya untuk menyelesaikan masalah namun bisa juga untuk mengemukakan gagasan dan penyelesaian persoalan.

Pastikan saran dan juga Solusi tersebut akan masuk akal dan dapat di aplikasikan supaya Tajuk Rencana ini benar fungsional dalam membantu masalah yang sedang di hadapi di kalangan masyarakat sekitar.

Ciri – Ciri Tajuk Rencana

Suatu tulisan yang berupa tajuk rencana ini juga mempunyai beberapa ciri – cirinya yaitu sebagai berikut :

  • Berisikan ulasan masalah secara logis.
  • Mengandung sebuah opini dari sang penulis.
  • Dapat menyampaikan saran yang dianggap dapat menjadikan solusi dari topik masalah yang sedang di bahas tersebut.

Fungsi Tajuk Rencana

Pada umumnya fungsi dari tajuk rencana ini ialah untuk menjelaskan sebuah berita dan juga untuk menjelaskan kepada masyarakat luas, pentingnya dan konsekuensinya dari suatu fenomena.

Tajuk rencana ini juga menjadi isi dari latar belakang hubungan dengan fakta sosial dan juga faktor jufa, yang dapat menyebabkan pengaruh secara keseluruhan.

Dalam tajuk rencana ini ada analisis kondisi yang bekerja untuk mempersiapkan masyarakatnya pada berbagai kemungkinan yang mungkin timbul, dan juga untuk melanjutkan penilaian dari moral dan dari berita tertentu.

Tahapan Membuat Tajuk Rencana

Berikut ini merupakan tahapan untuk membuat tajuk rencana yaitu :

  • Cari ide didalam topik atau tema tersebut.
  • Menyeleksi terhadap pilihan topik dan juga penetapan topiknya.
  • Pembobotan pada materi dan penentuan dari semua tesis dan uraian dari rencana tersebut.
  • Melakukan penulisan di dalam tajuk rencana.

Contoh Tajuk Rencana

Contoh Tajuk Rencana
Contoh Tajuk Rencana

Berikut ini merupakan contoh – contoh dari tajuk rencana yaitu :

Contoh Tajuk Rencana Pendidikan

Pada era sekarang ini yang mana pergaulan anak – anak sekolah sekarang ini sedang hangat – hangatnya di perbincangan oleh setiap kalangan masyarakat.

Dengan banyaknya berbagai video pembulian yang sedang beredar di kalangan anak sekolah SMP dan SMA.

Justru yang menjadi pelakunya atau korban dari adanya kasus pembulian tersebut masih merupakan teman sekolahnya sendiri.

Namun siswa senior tersebut tidak segan- segan lagi untuk bisa mempermalukan junior nya misalnya memberikan hukuman dengan menyakiti junior nya dengan secara fisik maupun dengan berbagai tindakan yang bersifat negatif dan lain sebagainya.

Contoh Tajuk Rencana Singkat

Perlukah ujian nasional online diadakan, beberapa bulan lagi ujian nasional akan di laksanakan di tingkat SD sampai SMA.

Nah Kemendikbuud menambahkan aturan yang baru yaitu dengan pelaksanaan ujian nasional secara online di beberapa sekolahan.

Di lihat dari keadaannya dan juga situasi lapangan saat ini, rencana ini belum tepat dan harus di pertimbangkan kembali karena adanya permasalahan yang seperti ini merupakan Infrastruuktur yang belum merata dan juga kurangnya pengetahuan dan dari tenaga ahli di beberapa sekolah.

Padahal hal ini sangatlah baik jika pelaksanaan ujian nasionalnya melalui online, maka beberapa sekolahan akan kesulitan di karenakan tidak adanya Infrastruktur yang sangat memadai seperti akses internet, komputer, dan juga listrik.

Coba bayangkan ketika ada sebuah sekolah yang mempunyai 250 siswa yang akan mengikuti ujian nasional tersebut, maka berapa jumlah komputer yang akan dibutuhkan dari pihak sekolah untuk melaksanakan ujian nasional tersebut.

Tentunya membutuhkan komputer yang banyak juga sesuai siswanya dan apabila tetap di paksakan maka salah satunya yaitu dengan menggunakan komputer dengan bergiliran.

Selain kurangnya tenaga ahli di beberapa sekolah juga menjadikan masalah pasti beberapa sekolah akan bingung dalam pelaksanaannya karena tidak mengerti bagaimana caranya untuk melaksanakannya.

Seharusnya apabila pemerintah menginginkan melaksanakan ujian nasional secara online, pemerintah harus menyediakan infrastruktur yang sangat mendukung serta tidak terburu – buru dalam pelaksanannya.

Pemerintah juga harus melakukan degan Sosialisasi langsung kesekolah – sekolah yang jauh sebelum ujian nasional, agar tidak menimbulkan masalah lagi.

Contoh Tajuk Rencana Fakta

  • Pensil ialah merupakan alat tulis yang mengandung sebuah Grafit sebagai Pigmennya, Grafit di bungkus oleh kayu, akan tetapi pada saat ini pembungkusan Grafit bisa berupa kertas keras atau sejenis karet yang lentur, selain itu pensil merupakan mekanik yang di pergunakan dengan luas.
  • Pena pada awalnya di bentuk dari bulu angsa yang di potong meruncing bagian ujungnya dan sebelum menulis harus di celupkan dahulu ke dalam tinta, kalau pena modern saat ini tidak lagi terbuat dari bulu angsa akan tetapi dapat terbuat dari plastik, stainless steel, dan kuningan dengan ujungnya yang lancip juga mempunyai selongsong tempat penyimpanan tintanya sehingga tidak di perlukan pencelupan ke dalam tinta lagi, ada beberapa jenis pena saat ini juga dapat merupakan alat untuk menunjukkan kelas sosial pada pemiliknya sering kali pena hanya di gunakan untuk membubuhkan tanda tangan dan lain sebaginya.

Contoh Tajuk Rencana Opini

Waspadalah terhadap potensi hujan nanti sore akan lebat dan di sertai dengan kilat atau petir dan angin yang kencang dengan durasi yang sangat singkat di wilayah tertentu, jakarta selatan dan jakarta timur pada siang hari sampai malam hari nanti, ungkap dari BMKG dalam peringatan cuacanya.

Cuaca yang berawan juga akan menyelimuti kota Depok, Bogor, Tangerang, dan juga Bekasi, Memasukinya pada siang hari, sebagian kota jakarta ini akan di guyur hujan, baik itu hujan lokal maupun dengan intensitas ringan. 

Terutama bagi warga di kawasan Bogor dan sekitarnya, BMKG juga menghimbau untuk mewaspadai karena akan adanya potensi hujan sedang dan angin pada sore hari.

Sementara, hujan lebat di sertai angin kencang dan petir di perkirakan akan terjadi di wilayah Depok,, Bogor, dan juga Bekasi pada malam hari sampai pagi hari. 

Sekian yang dapat edmodo sampaikan, semoga ulasan diatas bisa membantu. Baca Juga : Contoh Dinamika Sosial