Ukuran Penyebaran Data

Posted on

Ukuran Penyebaran Data – Ukuran distribusi data adalah ukuran seberapa jauh data bergerak menjauh dari rata-rata.

Pengukuran distribusi data dalam materi statistik mencakup kisaran, overlay, dan kuartil.

Pengertian Ukuran Penyebaran Data

Ukuran Penyebaran Data - Pengertian, Makalah, Materi dan Contoh Soal

Bentuk sistem pengukuran distribusi data yang merupakan indikator seberapa jauh data dari penyebaran rata-rata.

Distribusi data adalah bentuk pengukuran dalam materi statistik, termasuk rentang, tumpang tindih, dan kuartil.

Apa yang dimaksud dengan istilah overlay dan kuartil? Penjelasan berikut:

  • Cakupan (area) adalah perbedaan antara nilai data terbesar dan nilai data terkecil.
  • Jarak atau kuartil yang tumpang tindih adalah perbedaan antara kuartil atas (Q_ {3}) dan kuartil bawah (Q_ {1}).
  • Kuartil adalah subdivisi dari jumlah data yang diurutkan ke dalam jumlah yang sama untuk setiap bagian. Setiap bagian dipisahkan oleh kuartil, termasuk kuartil bawah (Q_ {1}), kuartil tengah (Q_ {2}), dan kuartil atas (Q_ {1}).

Jangkau atau jangkau

Nilai maksimum dan minimum dapat dengan mudah diidentifikasi dalam data terpisah. Lalu bagaimana dengan data grup?

Bagaimana kita tahu nilai maksimum dan minimum? Nilai minimum dari data grup yang diperoleh dari pusat kelas pertama.

Namun, bentuk nilai maksimum dari data hasil kelompok dari bentuk pusat ruang terakhir. Berikut ini adalah rumus dalam ruang lingkupnya, yaitu:

Ukuran Penyebaran Data

Hamparan atau Rentang Interkuartil

Kuartil yang lebih rendah atau Q_ {1} dan nilai kuartil di atas Q_ {3} dalam data terpisah dijelaskan pada halaman, bagaimana nilai kuartil ditentukan.

Hal yang sama berlaku untuk nilai kuartil atas dan bawah dalam data grup. Nilai volume data dengan demikian dapat ditemukan dengan mudah, yaitu.

Ukuran Penyebaran Data

Data ini adalah data yang dibagi menjadi 4 bagian yang sama yang dipisahkan oleh nilai kuartil Q_ {1}, Q_ {2} dan Q_ {3}.

Di bawah ini adalah ikhtisar data kuartil yang mencakup penyimpangan, rata-rata kuartil, tiga rata-rata kuartil, dan lima seri statistik.

Ukuran Penyebaran Data
  • Penyimpangan kuartil atau sering juga disebut semi-kuartil adalah nilai-nilai yang mewakili setengah ruang. Diperoleh dengan mengurangi kuartil bawah dari kuartil atas, diikuti dengan membagi dengan 2 (dua) bagian.
  • Kuartil rata-rata adalah kuartil atas dan bawah. Untuk mendapatkan kuartil rata-rata, kita perlu menambahkan kuartil atas dan bawah lalu membaginya dengan 2 (dua).
  • Rata-rata dari tiga kuartil adalah rata-rata yang terdiri dari kuartil atas, kuartil rata-rata, dan kuartil bawah. Cara mendapatkan kuartil rata-rata, tambahkan tiga kuartil dan bagi dengan 2 (dua).
  • Sedangkan statistik adalah data yang terdiri dari lima nilai, yaitu: nilai tertinggi (x_ {maks}), nilai terendah (x_ {min}), kuartil atas (Q_ {1}) dan kuartil rata-rata (Q_ {2}) dan lebih rendah Kuartil (Q_ {3}).
  • Kesimpulan tentang penyimpangan ukuran, kuartil rata-rata untuk tiga kuartil dan statistik untuk lima seri diberikan dalam tabel berikut:

Makalah Diseminasi Data

Statistik berasal dari bahasa Latin, yang berarti “status” atau negara. Pertama, statistik tentang fakta dan angka yang dikumpulkan oleh pemerintah untuk berbagai keperluan.

Statistik juga berasal dari kata bahasa Inggris, yang merupakan negara atau pemerintah.

Pemahaman statistik yang sangat sederhana adalah mengumpulkan data dalam bentuk angka dan tersusun rapi dalam bentuk tabel, grafik, gambar dan lain-lain.

Misalnya, tabel tentang status karyawan di kantor, diagram pertumbuhan populasi seiring waktu, dll.

Pemahaman yang lebih luas tentang statistik terdiri dari sejumlah metode untuk mengumpulkan, menganalisis dan menafsirkan data dalam bentuk angka.

Statistik juga angka yang menunjukkan jenis (karakteristik) dari data yang dikumpulkan.

Ukuran distribusi data

Merupakan bentuk distribusi data (Maesures of Dispersion = Maesures of Variable) adalah berbagai indikator statistik yang dapat digunakan untuk menentukan tingkat distribusi data (data kation = homogenitas = stabilitas data). [1]

Penyebaran atau dispersi adalah pergerakan nilai yang diamati ke nilai rata-rata. Rangkaian nilai-nilai observasi rata-rata tidak dapat diartikan secara terpisah dari hasil distribusi nilai-nilai ini di sekitar rata-rata.

Semakin besar rentang nilai, semakin kurang representatif distribusi rata-ratanya.

Ukuran distribusi data yang biasanya dihitung adalah rentang (area), standar deviasi (standar deviasi), kelebihan (peeling) dan asimetri (kemiringan).

Area data menunjukkan perbedaan antara nilai tertinggi dan terendah dalam satu set data.

Simpangan baku adalah nilai absolut dari selisih antara masing-masing nilai pengamatan dan nilai rata-rata dibagi dengan jumlah pengamatan.

Kurtosis adalah ukuran untuk menentukan pola distribusi yang biasanya dibandingkan dengan kurva distribusi normal.

Ukuran penempatan adalah sebagai berikut:

  • Ukuran spread dapat digunakan untuk menentukan apakah rata-rata benar-benar representatif atau tidak. Jika grup data memiliki distribusi rata-rata yang tidak rata, dikatakan bahwa mean tidak representatif.
  • Langkah-langkah penerapan dapat digunakan untuk membandingkan variabilitas data.
  • Indikator penyebaran dapat berguna saat menggunakan indikator statistik, seperti menguji hipotesis, terlepas dari apakah dua sampel berasal dari populasi yang sama atau tidak.

Berbagai langkah untuk menyebar data

Dalam dunia statistik, ada berbagai jenis langkah untuk penyebaran data, dari yang paling sederhana (paling kasar) ke dimensi di mana tingkat akurasi yang tinggi diasumsikan, yaitu: (1) rentang, (2) deviasi (sedang Deviasi),

Menawarkan

Ukuran pertama dari distribusi data yang disajikan di sini adalah Range, yang dikenal dalam dunia statistik sebagai ukuran paling sederhana dari distribusi data, itulah sebabnya sering disebut sebagai ukuran paling kasar dari distribusi data.

Definisi Area

Kisaran biasa yang ditunjukkan oleh simbol “R” adalah indikator statistik yang menunjukkan variasi jarak antara peringkat terendah (peringkat) dan peringkat tertinggi (nilai) (peringkat tertinggi). Singkatnya:
R = H – L.
R = H – L.

Ket:
R = area yang kita cari
H = skor atau skor tertinggi (skor tertinggi)
L = peringkat terendah atau peringkat terendah

Demikian Pembahasan kita pada kali ini di edmodo.id tentang Ukuran Penyebaran Data. Nantikan Artikel Menaraik Lainya, tetap bersama kami. Terimaksih Semoga Membawa Manfaat.

“Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh”

Baca Juga: