Tingkatan Manajemen

Posted on

Tingkatan Manajemen – Assalamualaikum Wr Wb.Alhamdulillah atas izin Alloh SWT serta Ridho dari junjungan Kita Nabi Muhammad SAW, kita dapat berjumpa lagi dalam pembahasan artikel kali ini.

Dimana Edmodo.Id akan membahas materi dengan tema mengenai Tingkatan Manajemen Yang Berdasarkan Pengertian, Contoh dan Gambar Lengkap Serta Penjelasannya terbaru. Langsung saja pembahsannya dibawah ini.

Pengertian Manajemen

Tingkatan Manajemen Dalam Perusahaan Menurut Para Ahli dan Contohnya
Tingkatan Manajemen Dalam Perusahaan Menurut Para Ahli dan Contohnya

Manajemen berasal dari kata manajemen (bahasa Inggris), berasal dari kata “kelola”, yang berarti mengurus atau mengatur.

Hal ini memungkinkan manajemen untuk diartikan sebagai bagaimana semua bawahan diatur, diarahkan dan dipimpin sehingga pekerjaan yang dilakukan dapat mencapai tujuan yang ditetapkan sebelumnya.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Menurut Harold Koontz & O’Donnel

Dalam bukunya yang berjudul “Prinsip Manajemen” disebutkan: “Manajemen mengacu pada pencapaian tujuan yang dicapai oleh dan dengan orang lain” (Dayat, n.d, hal.6).

Menurut George R. Terry

Buku yang berjudul “Prinsip Manajemen” menyatakan: “Manajemen adalah proses yang membedakan perencanaan, pengorganisasian, mendorong implementasi dan pemantauan menggunakan sains dan seni untuk dapat mencapai tujuan yang ditetapkan sebelumnya. untuk mencapai “(Dayat, nd, hal.6)

Menurut Ensiklopedia Ilmu Sosial

Manajemen didefinisikan sebagai proses penerapan tujuan tertentu yang dipegang dan diserang.

Menurut Mary Parker Follet

Manajemen adalah seni melakukan pekerjaan melalui orang lain.

Menurut Thomas H. Nelson

Manajemen perusahaan adalah ilmu dan seni menggabungkan ide, fasilitas, proses, bahan dan orang untuk menghasilkan barang atau jasa yang bermanfaat dan menjualnya secara menguntungkan.

Menurut R. Terri

Manajemen didefinisikan sebagai proses khas yang terdiri dari perencanaan, organisasi, implementasi, dan pemantauan yang dilakukan untuk menentukan dan mencapai tujuan menggunakan sumber daya manusia dan lainnya.

Menurut James A. F. Stoner

Manajemen didefinisikan sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, memimpin dan memantau upaya (upaya) anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

Menurut Oei Liang Lie

Manajemen adalah ilmu dan seni perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan, koordinasi dan pemantauan sumber daya manusia dan alam, terutama sumber daya manusia, untuk mencapai tujuan yang dinyatakan.

Manajemen Sebagai Ilmu

Manajemen telah ada sejak lahirnya peradaban manusia dan manajemen sebagai ilmu yang lahir pada akhir abad ke-19. Mengenai batasan manajemen, beberapa pendapat diungkapkan oleh para ahli dari ilmuwan Indonesia.

  • S. Prajudi Atmosudirdjo
    Manajemen mengatur sesuatu dengan memindahkan orang, uang, mesin, dan peralatan sesuai dengan kebutuhan.
  • Sondang P. Siagian
    Manajemen adalah kemampuan atau kemampuan untuk mencapai sesuatu guna mencapai tujuan melalui kegiatan orang lain.
  • Karnadi Wargasasmita
    Manajemen mengelola, mengelola, mengarahkan, dan memantau pekerjaan menuju tujuan bisnis.
  • Liang Gie
    Manajemen adalah proses yang mendorong langkah-langkah dalam kerja sama manusia sehingga tujuan yang ditetapkan benar-benar tercapai.

Definisi manajemen di antaranya diusulkan oleh para sarjana Barat

  • Kamus Webster
    Manajemen adalah tindakan mengendalikan, kemampuan untuk mengelola administrasi (manajemen adalah tindakan manajemen, kemampuan untuk mengelola administrasi).
  • Harold Koontz dan O’Donnell
    Manajemen adalah penyelesaian pekerjaan melalui kegiatan orang lain (manajemen melakukan sesuatu melalui upaya orang lain).
  • John D. Millet
    Manajemen adalah proses membimbing dan menyediakan peluang kerja bagi orang-orang yang menjadi anggota organisasi resmi untuk mencapai suatu tujuan (manajemen adalah proses mengarahkan dan memfasilitasi pekerjaan orang-orang yang diorganisasikan dalam kelompok formal ke tujuan yang diinginkan untuk mencapai).
  • George R. Terry
    Manajemen adalah pencapaian tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya menggunakan kegiatan orang lain (manajemen adalah pencapaian tujuan yang telah ditentukan melalui upaya orang lain).
  • Frederick W. Taylor
    Dia mengidentifikasi empat prinsip manajemen utama, yaitu:
    • Pengembangan metode kerja terbaik
    • Seleksi dan pengembangan pekerja
    • Upaya menghubungkan praktik kerja terbaik dengan pekerja terpilih dan terlatih.
    • Ada kerjasama antara manajer dan non-manajer mengenai pembagian kerja dan tanggung jawab manajer untuk merencanakan pekerjaan.
  • Henry Fayol
    Dia menekankan pandangannya tentang manajemen sebagai masalah fungsionalitas. Dari beberapa hal di atas, dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, perakitan, pengarahan dan pengendalian sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya atau sebelumnya.

Sejarah Dari Manajemen

Bidang pelajaran Tingkatan Manajemen dikembangkan pada abad ke-19 dari kondisi ekonomi. Ekonom klasik seperti Adam Smith dan John Stuart Mill telah memberikan teori tentang alokasi sumber daya, produksi, dan harga.

Pada waktu yang hampir bersamaan, para penemu seperti Eli Whitney, James Watt dan Matthew Boulton mengembangkan teknik-teknik produksi seperti standardisasi, prosedur kendali mutu, akuntansi biaya, pertukaran bahan, dan perencanaan kerja.

Pada pertengahan abad ke-19, Robert Owen, Henry Poor, M. Laughin dan lainnya memperkenalkan elemen manusia pada teori pendidikan, motivasi, struktur organisasi dan kontrol pengembangan karyawan.

Pada akhir abad ke-19, aktor ekonomi marjinal Alfred Marshall, Leon Wairas dan yang lainnya memperkenalkan level baru yang kompleks pada teori tersebut. Pada 1990-an, manajer mencoba mengganti teori ilmiah mereka secara keseluruhan.

Elemen Manajemen

Manajemen adalah upaya atau proses kegiatan kolaboratif untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan melalui kegiatan orang lain, menggunakan fasilitas / fasilitas / alat, juga dikenal sebagai elemen manajemen.

Ada enam elemen manajemen (alat bantu manajemen), yaitu:

  • Manusia (pekerjaan manusia)
  • Uang (uang yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan)
  • Metode (cara kerja atau sistem kerja untuk mencapai tujuan)
  • Bahan (bahan yang dibutuhkan)
  • Mesin (mesin yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan)
  • Pasar (pemasaran sebagai tempat untuk membeli dan menjual produksi)

Tahapan Dari Manajemen

Tergantung pada levelnya, manajemen dapat dibagi menjadi tiga level. Tingkat administrasi dapat dijelaskan sebagai berikut untuk perincian lebih lanjut.

Manajemen Puncak

Kegiatannya menggunakan lebih banyak kerja keras daripada kerja fisik untuk mencapai hasil yang diharapkan.

Manajemen puncak bertanggung jawab untuk menyusun rencana jangka panjang, menetapkan tujuan, visi dan tugas untuk perusahaan dan untuk strategi yang digunakan.

Manajemen puncak harus mampu mengembangkan semua rencana dan membangun hubungan dengan orang luar.

Manajemen Menengah

Kegiatannya sebanding antara pekerjaan mental dan pekerjaan fisik, sehingga keduanya dilakukan hampir bersamaan.

Manajemen menengah memiliki tugas untuk mengubah rencana, visi, misi dan tujuan manajemen puncak menjadi program yang lebih spesifik.

Selain itu, manajemen menengah membantu manajer puncak mencapai tujuan organisasi (perusahaan) dan bertanggung jawab atas kinerja manajemen tingkat rendah dalam mencapai tujuan.

Manajemen Lebih Rendah

Ia melakukan lebih banyak pekerjaan fisik daripada kerja keras dalam kegiatannya. Manajemen bawahan bertanggung jawab langsung atas pekerjaan dan untuk memenuhi tugasnya.

Peran manajemen bawah adalah membuat keputusan, mengomunikasikan rencana untuk memberi karyawan motivasi untuk bekerja, dan menentukan kinerja yang layak diterima karyawan.

Konsep dasar manajemen

  • Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan, koordinasi dan pemantauan kegiatan untuk mencapai tujuan organisasi secara efisien dan efektif.
  • Proses manajemen dilakukan oleh manajemen yang lebih rendah, menengah dan atas.
  • Manajemen dalam arti orang yang memainkan peran hubungan pribadi, informan dan pembuat keputusan.
  • Manajemen harus konseptual, manusiawi dan teknis.

Proses Administrasi

  • Input (sumber daya)
  • Manusia, material, uang, mesin, metode, informasi
  • proses
  • Perencanaan: Lihatlah tujuan dan cara untuk mencapainya
  • Mengorganisir: memenuhi tanggung jawab untuk mencapai tujuan
  • Kepemimpinan: Gunakan pengaruh untuk memotivasi bawahan
  • Kontrol: Pantau aktivitas dan lakukan koreksi
  • Output (kinerja
  • Mencapai sasaran, produk, layanan, efisiensi, efektivitas

Fungsi Dari Manajemen

Fungsi – fungsi manajemen terdiri dari:

Fungsi Perencanaan

Perencanaan pada dasarnya adalah proses pengambilan keputusan yang membentuk dasar untuk kegiatan / tindakan ekonomi dan efektif di masa depan.

Proses ini membutuhkan pemikiran tentang apa yang harus dilakukan, bagaimana dan di mana melakukan suatu kegiatan, dan siapa yang bertanggung jawab atas implementasinya.

Fungsi Organisasi

Fungsi pengorganisasian dapat didefinisikan sebagai proses membangun hubungan antara fungsi, personel, dan faktor fisik sehingga kegiatan yang akan dilakukan dipersatukan dan diselaraskan menuju pencapaian tujuan bersama.

Fungsi Pengarahan

Arahan adalah fungsi administratif yang mengilhami untuk benar-benar menerapkan tindakan. Karena tindakan ini dilakukan oleh orang-orang, instruksi termasuk memberikan perintah dan motivasi kepada personel yang melakukan instruksi ini.

Fungsi Koordinasi

Aktivitas karyawan harmonis dalam bisnis yang terkoordinasi. diarahkan dan terintegrasi menuju tujuan bersama.

Koordinasi dalam organisasi karena itu sangat penting untuk mencapai tindakan yang seragam dan untuk mencapai tujuan organisasi.

Fungsi Pemantauan

Fungsi pemantauan pada dasarnya mengatur apakah kegiatan tersebut memenuhi persyaratan yang ditentukan dalam rencana. Pengawasan ini membawa kita ke fungsi perencanaan.

Lebih jelas. rencana yang lengkap dan terkoordinasi untuk pengawasan yang lebih luas.

Demikian Pembahasan kita pada kali ini di edmodo.id tentang Tingkatan Manajemen. Nantikan Artikel Menaraik Lainya, tetap bersama kami. Terimaksih Semoga Membawa Manfaat.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh”

Baca Juga :