Sofbol

Posted on

Sofbol – Assalamualaikum Wr Wb.Alhamdulillah atas izin Alloh SWT serta Ridho dari junjungan Kita Nabi Muhammad SAW, kita dapat berjumpa lagi dalam pembahasan artikel kali ini.

Dimana Edmodo.Id akan membahas materi dengan tema mengenai Sofbol Yang Berdasarkan Pengertian, Contoh dan Gambar Lengkap Serta Penjelasannya terbaru. Langsung saja pembahsannya dibawah ini.

Pengertian Sofbol

Sofbol

Sofbol atau softball adalah olahraga bola tim yang terdiri dari 2 tim. Permainan softball lahir di Amerika Serikat, diciptakan oleh George Hancock di kota Chicago pada tahun 1887.

Softball adalah pengembangan dari jenis olahraga yang bersifat baseball (baseball) atau bola keras. Softball saat ini berdiameter 28-30,5 sentimeter; bola dilempar oleh kendi dan menjadi sasaran adonan lawan dengan menggunakan kelelawar.

Ada tim yang berjaga-jaga (bertahan) dan tim yang memukul (menyerang). Setiap tim berlomba mengumpulkan run dengan mengitari tiga marka runner base untuk menyentuh spidol terakhir, home plate.

Softball bisa dibilang olahraga yang paling populer bagi kaum muda, terutama pelajar dan mahasiswa. Biasanya pemain menggunakan seragam olahraga yang menarik, disertai dengan teriakan istilah bahasa asing saat mereka bermain.

Faktor Pendukung Olahraga Softball

Ada beberapa faktor pendukung mengapa Softball sebenarnya dapat berkembang pesat di Indonesia. Suasana pertandingan softball ada tiga jenis permainan softball, termasuk:

Softball Pitch Cepat

Merupakan permainan yang ditentukan oleh pitcher. Pelempar melempar bola dengan kecepatan maksimum, mirip dengan baseball. Perbedaannya terletak pada gaya melempar pitcher dan cara melepaskan bola.

Pelepasan bola terletak di bawah atau sama dengan posisi sarung tangan.
Softball pitch yang dimodifikasi atau sering dikenal sebagai modball.
Tujuan utamanya adalah untuk melunakkan aturan yang digunakan dalam kategori pitch cepat sehingga pemain yang tidak terbiasa dengan itu tidak akan terkejut dengan aturan yang “ketat” pada softball seperti strike zone, jarak antara base, dan jarak antar base.

Durasi permainan dan lainnya. Kecepatan lemparan pitcher dalam modball adalah antara pitch cepat dan lambat. Kecepatan bola dibatasi oleh rotasi lengan di atas bahu.

Softball Nada Lambat

Buat mudah bagi adonan untuk memukul bola. Adonan diberikan bola terus menerus oleh pitcher sampai dia bisa memukul bola. Pitch pitcher perlahan naik. Game ini sering dimainkan di komunitas sosial sebagai kompetisi, tanpa dibatasi oleh usia dan jenis kelamin.

Sejarah Olahraga Softball

Permainan softball lahir di Amerika Serikat, yang diciptakan oleh George Hancoc di kota Chicago pada tahun 1887. Awalnya, softball dimainkan hanya untuk kegiatan rekreasi dan dilakukan di lapangan tertutup. Daya tarik utama mengapa game ini cepat digemari oleh masyarakat, karena permainannya berbeda dengan baseball (enggak).

Softball dapat dimainkan oleh siapa saja tanpa memandang usia, pria atau wanita, dan tidak memerlukan bidang yang besar dan yang terutama dapat dimainkan di arena tertutup. Dari Amerika Serikat, olahraga meluas ke Kanada dan dari sana softball telah berkembang ke setiap sudut dunia.

Pada awal abad ke-20 softball mulai dimainkan di luar seperti di dalam ruangan. Pada tahun 1908 organisasi amatir untuk permainan baru ini (National Amateur Playground Ball Association of United States) mengatur olahraga ini untuk dimainkan di luar ruangan menggunakan bola yang lebih besar.

Pada tahun 1923 Kongres Rekreasi Nasional meminta komisi untuk membakukan olahraga ini, dan pada tahun 1926 nama “softball” digunakan meskipun belum diformalkan.

Pada tahun 1933, kejuaraan dunia pertama diadakan di bawah perlindungan Amatir Softball Association of America yang telah digunakan sebagai aturan dasar di Amerika.

Juara untuk softball tingkat pria pada waktu itu adalah J. L. Gills dari Chicago, dan juara kelas wanita Great Northerns dari kota yang sama. Meskipun kejuaraan yang diperebutkan adalah amatir, mereka biasanya disponsori oleh organisasi industri di wilayah tersebut.

Sejak 1933 “softball” telah menjadi nama resmi. Dan pada tahun 1934, pembentukan peraturan bersama untuk lebih membakukan peraturan bola lunak. Ada banyak perubahan pada peraturan sejak saat itu, terutama pada tahun 1946, di mana ada perubahan dalam jumlah pemain dalam tim dari 10 hingga 9 orang. Pemain kesepuluh disebut “shortfielder” pada waktu itu bertugas sebagai penjaga area dangkal lapangan yang menghadap ke belakang lapangan. Pada tahun 1950 jarak antara lempeng pitcher dan lempeng rumah ditambahkan untuk putranya dari 43 kaki menjadi 46 kaki (13.114 meter).

Dalam hal peserta, softball telah berkembang menjadi olahraga tim yang besar dan populer. Pitch kecil tersedia. Baik wanita maupun pria bisa memainkannya.

Selain itu, pria di luar usia atlet dapat bermain sebagai kegiatan di luar permainan resmi seperti piknik atau di komunitas sosial tanpa melalui pemanasan yang diperlukan dan pelatihan rutin, mirip dengan baseball.

Pada 1960-an, sekitar 125.000 tim terdaftar di American Amateur Softball Association. Dan memegang enam kejuaraan nasional setiap tahun.

Ini tidak termasuk anggota pria atau wanita yang bersaing dalam kompetisi tidak resmi. Di negara lain, softball juga merupakan olahraga yang populer untuk wanita muda dan tua.

Pada tahun 1949, tim Kanada, Tip Top Tailors Toronto, memenangkan kejuaraan internasional yang dilakukan secara teratur oleh Amateur Softball Association dan merupakan kompetisi pertama yang benar-benar kejuaraan kelas dunia untuk putra.

Itu diadakan pada tahun 1966 di bawah sponsor dari Federasi Softball Internasional. Australia memenangkan kejuaraan pertama untuk wanita pada tahun 1965.

Mengingat perkembangan softball dari permainan rekreasi menjadi olahraga, diperlukan peraturan yang seragam sehingga dapat digunakan sebagai pedoman untuk semua negara. Untuk membuat peraturan ini, harus ada badan yang memiliki wewenang untuk itu.

Kemudian lahir Federasi Softball Internasional (International Softball Federation). Badan ini akhirnya membuat peraturan tentang permainan softball yang berlaku di seluruh dunia, termasuk Indonesia saat ini.

Tulisan suci asli ditulis dalam bahasa Inggris, yang diterjemahkan oleh banyak negara anggotanya. Dalam menjabarkan peraturan ke dalam bahasa nasional di negara anggota, ada beberapa kesulitan yang dihadapi untuk memberikan pemahaman yang tepat.

Ini sering juga membuat sedikit perbedaan pendapat / perselisihan mengenai aturan. Untuk mengatasinya, maka dalam hal demikian, teks peraturan asli akan digunakan untuk menyelesaikan masalah, dalam bahasa Inggris.

Pembentukan Federasi Softball Internasional memungkinkan diadakannya pertandingan internasional antar negara. Kemudian kejuaraan nasional, regional dan dunia diadakan.

Ketika Federasi Softball Internasional diterima sebagai anggota Komite Olimpiade Internasional, peluang softball untuk kompetisi di Olimpiade di masa depan akan lebih terbuka. Upaya ke arah itu telah dimulai, ketika Olimpiade Meksiko, Softball menjadi demonstrasi olahraga, menjadi lebih dikenal.

Teknik Dasar Permainan Softball

berikut adalah beberapa teknik dasar yang harus dikuasai oleh permainan softball seseorang:

Teknik Melempar Bola

Teknik Melempar Bola

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melempar bola adalah melempar bola. Cara memegang bola softball termasuk bola yang dipegang, berikan jarak antara bola dan telapak tangan Anda sehingga ada rongga.

Jari telunjuk dan jari tengah digunakan untuk menekan bola, sedangkan ibu jari dan jari lainnya digunakan untuk menahan bola agar tidak jatuh. Penjaga bola dalam permainan softball disebut pitcher. Lemparan dalam softball dapat dibagi menjadi 3 jenis, yaitu;

Lempar Overhand

Pada saat melempar bola, ayunan tangan diayunkan tangan dan kaki serentak dengan beban bertumpu pada kaki depan, badan sedikit condong ke belakang.

Lempar Samping

Pada lemparan samping, lengan sejajar dengan bahu dan sedikit percikan pergelangan tangan.

Lempar Bawah

Lemparan bawah umumnya digunakan dalam keadaan darurat dan dilakukan dalam waktu cepat, posisi tubuh ditekuk dengan kedua kaki ditekuk.

Teknik Dasar Menangkap Bola

Berdasarkan arah datangnya bola, teknik dasar menangkap bola dapat dibagi menjadi 3 jenis, yaitu:

Bola datar (bola lurus)

Posisi tubuh saat menangkap bola dengan teknik ini adalah berdiri, kaki mengangkang, lurus ke depan ke arah bola datang, posisi kedua tangan siap di depan dada. Bola ditangkap menggunakan tangan kiri yang memakai sarung tangan, sedangkan tangan kanan bersiap untuk melempar bola.

Bola Lambung

Posisi tubuh saat melakukan teknik ini ditempatkan tepat di tempat bola akan jatuh. Bola kemudian ditangkap dengan satu atau dua tangan secara bersamaan.

Rolling Ball (Bola Tanah)

Metode yang digunakan untuk menangkap bola bergulir adalah dengan berlutut dan tangan yang mengenakan sarung tangan ditempatkan tepat ke arah bola yang akan datang, sedangkan tangan yang lain siap menangkap dan melempar bola.

Demikian Pembahasan kita pada kali ini di edmodo.id tentang Sofbol. Nantikan Artikel Menaraik Lainya, tetap bersama kami. Terimaksih Semoga Membawa Manfaat.

“Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh”

Baca Juga :