Senam Irama

Posted on

Senam Irama – Assalamualaikum Wr Wb.Alhamdulillah atas izin Alloh SWT serta Ridho dari junjungan Kita Nabi Muhammad SAW, kita dapat berjumpa lagi dalam pembahasan artikel kali ini.

Dimana Edmodo.Id akan membahas materi dengan tema mengenai Senam Irama yang berdasarkan Manfaat, Sejarah, Gerakan, Jenis, Unsur, dan Tahapan. Langsung saja pembahsannya dibawah ini.

Pengertian

Senam Irama

Senam irama atau senam ritmik adalah salah satu bidang senam ritmik, di mana seorang atlet atau sekelompok atlet yang terlibat dalam senam menunjukkan koreografi padat mereka dengan nuansa akrobatik, balet dan tarian modern dengan atau tanpa alat bantu senam dalam bentuk bola (bola) , pita (tali), tali (tali). rope), club (club) dan hoop (hoop).

Senam ini adalah gerakan senam yang dilakukan dengan irama musik, atau latihan sewenang-wenang yang dilakukan secara ritmis. Alat yang sering digunakan adalah dobel, simpai, tongkat, bola, pita dan topi.

Senam ini adalah senam, yang diperebutkan di Olimpiade dan kompetisi internasional dalam senam ritmik, sementara, misalnya, aerobik adalah senam, yang dilakukan hanya untuk menjaga kesehatan dan kebugaran, ketika gerakan senam dilakukan dalam kelompok peserta ini. , dipimpin oleh senam.

Senam ini adalah senam ritmik atau gerakan bebas yang diiringi oleh musik atau bernyanyi sesuai dengan ritme yang mengikutinya. Elemen-elemen yang terkandung dalam senam ritmik meliputi: fleksibilitas, kontinuitas gerakan dan akurasi ritme. Rangkaian belajar ritmis bisa dilakukan sambil berlari, berjalan, melompat, melompat, mengayun dan memutar lengan.

Sejauh ini, senam yang hanya dilakukan oleh wanita. Tetapi pada akhirnya, Jepang mulai memainkan peran utama dalam menciptakan angka pria dalam senam ritmik, meskipun ini masih berlaku hanya untuk kalangan Jepang.

Wanita mendominasi dalam senam. Pertama-tama, karena dia lahir di Eropa dari beberapa ahli yang sebenarnya ahli dalam seni. Dalam perkembangannya, senam ritmik sebagian besar mengadopsi gerakan balet, dan kemudian tarian balet ini identik dengan wanita.

Ini telah berlangsung selama beberapa generasi, jadi senam ini, yang semula dilakukan oleh wanita, telah menjadi identik dengan olahraga untuk wanita dan masih menjadi tradisi seperti itu.

Manfaat Senam Irama

Manfaat Senam Irama

Berikut manfaat yang dapat diberikan senam ini adalah:

Manfaat Mental

Orang yang secara teratur berlatih senam ini dapat secara aktif dan kreatif menggunakan kemampuan mental mereka dalam proses penyelesaian masalah.

Manfaat Sosial

Latihan senam yang dilakukan bersama, dalam hal ini, akan mewujudkan interaksi sosial.

Manfaat Fisik

Orang yang melakukan latihan berirama secara teratur akan mengembangkan stamina, otot, kekuatan, energi, fleksibilitas, koordinasi, ketangkasan dan keseimbangan.

Sejarah Singkat Senam Irama

Sejarah Singkat Senam Irama

Sejarah senam ritmik atau irama dimulai dengan ide-ide Jean-Georges Nover (1727-1810), Francois Delsarte (1811-1871) dan Rudolf Bode (1881-1970). Ketiganya percaya pada pentingnya mengekspresikan gerakan, di mana seseorang menggunakan tubuhnya untuk menciptakan keindahan melalui serangkaian gerakan tertentu.

Selanjutnya, ide ini dikembangkan oleh Peter Henry Ling pada abad ke-19 dalam sistem pelatihan yang disebut sistem gerakan bebas Swedia, yang kemudian disebut “senam estetika”, di mana atlet mengekspresikan dirinya, emosi dan perasaannya melalui gerakan tubuh.

Kemudian, gagasan ini sekali lagi dikembangkan oleh Katharina Beecher, pendiri Institut Wanita Barat di Ohio, AS, pada tahun 1837. Dalam program latihan yang dibuat oleh Beecher, yang dikenal sebagai “rahmat tanpa menari,” pesenam membuat musik, dimulai dengan gerakan sederhana . untuk gerakan yang kompleks.

Sejak itu, pelopor gagasan tentang tubuh, ekspresi tubuh, gerakan dan musik telah muncul. Kemudian, pada tahun 1900, semua jenis gaya digabungkan di sekolah senam ritmik di Swedia, setelah itu hal yang sama berkembang di banyak sekolah senam.

Pada 1929 masehi, Hinrich mendirikan sekolah di kota Berlin dan berhasil menciptakan sauatu ide senam yang modern secara fundamental dan berbeda dari gaya sebelumnya, yaitu: Medau menciptakan sistem artistik gerakan senam menggunakan alat (bola, pita, tali, tali sepatu, dan simpai) untuk senam. itu mulai berbeda dari pertunjukan balet, tari atau akrobatik modern.

Kompetisi senam ritmik dimulai pada tahun 1940 di Rusia. Kemudian FIG sendiri memasuki senam ritmik sebagai salah satu bidang senam pada tahun 1961.

Pertama, senam disebut senam modern, kemudian diubah menjadi senam ritmik dan, akhirnya, berubah menjadi senam ritmik atau senam ritmik.

Kompetisi internasional pertama di bidang ini untuk atlet individu dimulai di Budapest pada tahun 1963, dan pertandingan grup dimulai pada kompetisi di Kopenhagen, Denmark, pada tahun 1967.

Senam ritmik dimulai di Olimpiade 1984 di Los Angeles untuk pelajaran individual. Kemudian untuk pertandingan grup mereka mulai masuk pada tahun 1996 di Olimpiade Atlanta.

Jenis-Jenis Senam Irama

Jenis-Jenis Senam Irama

Senam ini terdiri dari beberapa jenis di bawah ini:

  1. Senam ritmik atau irama, berdasarkan seni musik, pertama kali dikembangkan oleh Jacques Dalcroze, seorang guru musik yang ingin mengekspresikan lagu dalam bentuk gerakan. Dalam sistem, ini, tentu saja, lebih banyak tentang musik daripada gerakan.

    Murid Dalcroz, Bode, percaya bahwa lalu lintas harus ditransfer dari dalam ke feri. Dengan demikian, senam dikenal sebagai “Ausdruk Gymnastiek”, yang berarti senam yang dikendalikan dengan perasaan. Siswa Bode sangat senang memberikan pelatihan dengan alat-alat seperti bola, klub, dan simpai.
  1. Senam ritmik, diciptakan atas dasar tarian, pertama kali ditemukan oleh Rudolf Laban pada tahun 1879 – 1958. Dia mengklaim bahwa senam ritmik mengandung: prestasi Dressur dan atletik.
  2. Senam ritmik, berdasarkan seni teater, dipimpin oleh Delsarte pada 1811-1871, sutradara. Dia ingin gerakan lucu menjadi bijaksana.

Namun dia tidak berhasil, karena karakter karisma masih terlihat di genre ini. Dia adalah orang pertama yang menciptakan sistem senam artistik.

Unsur-Unsur Senam Irama

Unsur-Unsur Senam Irama

Elemen yang dibutuhkan dalam senam ritmik:

  • Fleksibilitas
  • Kontinuitas.
  • Ketepatan.
  • Fleksibilitas.
  • Keseimbangan.
  • Fleksibilitas.

Dengan ritme, kita harus menguasai teknik gerakan senam ritmik untuk mencapai gerakan yang harmonis dan bermanfaat bagi tubuh dan spiritual. Dalam senam ritmik, tiga hal harus ditekankan:

  • Fleksibilitas.
  • Kontinuitas gerakan.
  • Keakuratan musik / ritme.

Tahapan dalam Senam Irama

Tahapan dalam Senam Irama

Karena sifat dari tekanan, mirip dengan hal-hal yang disebutkan di atas, itu lebih banyak milik sang putri daripada senam ritmik, biasanya dilakukan oleh sang putri.

Fleksibilitas

Prinsip fleksibilitas dalam pergerakan akan diperoleh melalui latihan keras dan akan memakan banyak waktu.

Kontinuitas Gerakan

Kontinuitas gerakan akan diperoleh dari serangkaian latihan yang diselenggarakan sebagai seri yang siap untuk ditampilkan. Ini membutuhkan latihan yang rajin dan cukup lama. Karena itu, untuk menciptakan harmoni dalam ritme gerakan, Anda harus menguasai dengan cermat.

Irama

Pada dasarnya, ritme dikenal oleh siswa di kelas bawah sekolah menengah atas dan di kelas atas sekolah menengah atas, misalnya, ritme 2/3, 3/4, 4/4 dan seterusnya.

Alat-Alat dalam Senam Irama

Alat-Alat dalam Senam Irama

Instrumen yang biasa digunakan dalam senam:

Gada

Terbuat dari kayu atau plastik, bentuk gada hampir sama dengan bentuk botol. Panjang klub 40-50 cm, 150 gram berat klub.
Pelatihan gada: swing, twist, beat, throw and catch. Lapangan yang digunakan untuk seri senam ritmik adalah lantai yang ditutupi dengan kasur 12 x 12 cm.

Pita

Terbuat dari bahan halus seperti kain satin. Panjang pita adalah 6 meter, bukan pegangan (tongkat) untuk pegangan. Berat pita itu berarti pegangan (stick) untuk pegangan adalah 35 gram.

Tongkat untuk pena yang terbuat dari kayu, bambu atau bahan lain, seperti fiberglass. Panjang tongkat adalah 50-60 cm, tongkat berdiameter 1 cm. Unduh, putar, muat angka delapan, menggeliat seperti ular, spiral, dan berbagai jenis lemparan.

Hoops

Itu bisa terbuat dari kayu atau plastik atau bahan lainnya. Berat lingkaran tidak boleh melebihi 300 gram, warnanya bisa bebas putih, kuning atau warna campuran (harimau), tidak dimaksudkan untuk batang dewasa dalam diameter atau diameter. 80-90 cm diukur dari dalam.

Cara memainkannya: Ketika sebuah lingkaran muncul, Anda dapat memegang satu atau dua tangan. Sebelum Anda dapat memainkan lingkaran dengan benar, Anda harus menguasai semua cara yang mungkin untuk menahannya.

Misalnya: pena biasa, pena cadangan, pena dalam, pena luar, dan pena campuran. Lingkaran dapat dilemparkan, dapat digulung sesuai dengan metode dan aturan yang berlaku.

Tali

Tali seluruhnya terbuat dari bahan tipis, tidak ada tempat untuk menyimpan tempat khusus. Panjang talinya disesuaikan dengan ketinggian pesenam. Cara mengukurnya, bagian tengah talinya menginjak salah satu kaki pesenam, kedua ujung talinya dipegang oleh tangan kiri dan kanan, kemudian ujung tali yang dipegang diletakkan di depan pundak.

Cara bermain: Tali dipegang di ujung satu lengan atau kedua lengan. Ini gratis untuk bermain di atas tali, itu bisa melompat di atas atau di bawah telapak kaki selama lompat, itu bisa dilemparkan ke atas jika masih dikontrol dan dimainkan selama seri waktu yang ditentukan.

Bola

Ukuran bola tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil jika bisa dipegang dengan jari-jari Anda dan dikontrol sehingga tidak mudah jatuh. Bola bisa terbuat dari karet atau plastik. Persaingan yang ketat
Bola 400gr, lingkaran 18-20 cm.

Gerakan Utama dalam Senam Irama

Gerakan Utama dalam Senam Irama

Gerakan dasar dalam senam ritmik adalah gerakan dasar yang harus dimiliki setiap pesenam. Sebuah gerakan dapat menciptakan ritme dan koreografinya sendiri.

Dalam gerakan dasar ini, perlu memiliki tiga gerakan dasar, yaitu, latihan untuk senam di lantai, gerakan akrobatik dan gerakan menari, seperti, khususnya, balet.

Berikut beberapa jenis gerakan senam yang harus dikuasai oleh atlet dalam senam ritmik, yaitu:

  • Senam fleksibel
  • Gerakan utama dari tarian balet
  • Gerakan Latihan Yoga Dasar
  • Sisi dan depan dibagi dalam posisi terpisah dan duduk dalam posisi berdiri.
  • Kayang
  • Flip depan atau belakang.
  • Handstand.
  • Gerakan drum depan dan belakang dimulai dari bawah atau dari posisi berdiri.
  • Itu berguling seperti gulungan, tetapi menggunakan bagian belakang sebagai tumpuan di trek, Anda bisa depan, belakang dan samping.
  • yg menggiurkan
  • Headstand
  • Rasio lilin

Jadi, gerakan ini sangat penting dalam penciptaan gerakan yang kompleks, dan juga menggunakan simulator senam.

Cara bermain: bola bisa dilempar, lalu disambar lagi, bisa dilengkungkan di lantai dan di tubuh pesenam.

Demikian Pembahasan kita pada kali ini di edmodo.id tentang Senam Irama. Nantikan Artikel Menaraik Lainya, tetap bersama kami. Terimaksih Semoga Membawa Manfaat.

“Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh”

Baca Juga: