Save Video Di Ig Tanpa Aplikasi

Mudahnya Menyimpan Video di IG Tanpa Aplikasi

Salam Sobat Edmodo, siapa yang tidak familiar dengan Instagram? Sosial media berbasis foto dan video ini punya banyak pengguna di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Seiring berjalannya waktu, Instagram terus menghasilkan fitur-fitur baru. Salah satunya adalah fitur untuk menyimpan video dari feed maupun dari IGTV yang memungkinkan Anda memperoleh konten-konten keren dari akun-akun favorit.

Seiring dengan peningkatan interaksi anda dengan konten-konten yang menarik tersebut, tentunya anda akan membutuhkan media penyimpanan video berkualitas agar video tersebut bisa ditonton ulang tanpa koneksi internet. Kebutuhan semacam ini biasanya memerlukan aplikasi khusus penyimpanan video yang jarang sekali ada di Play Store. Namun jangan khawatir, di sini kami akan membahas cara mudah untuk menyimpan video di IG tanpa aplikasi.

Kelebihan dan Kekurangan Menyimpan Video di IG Tanpa Aplikasi

Kelebihan

1️⃣ Hemat Ruang Penyimpanan

Salah satu kelebihan yang bisa Anda dapatkan ketika menyimpan video di IG tanpa aplikasi adalah membuat ruang penyimpanan di ponsel Anda menjadi lebih luas. Mungkin Anda sebagai pengguna Android sering mengalami ruang penyimpanan penuh sehingga tidak bisa mengunduh aplikasi baru. Dengan cara ini, Anda bisa menyimpan video di IG dan menghemat kapasitas penyimpanan yang dimiliki ponsel Anda.

2️⃣ Mudah Dipraktikkan

Menyimpan video di IG tanpa aplikasi juga sangat mudah dilakukan. Anda tidak perlu mengunduh aplikasi penyimpanan video khusus yang kadang-kadang sulit dan ribet. Cukup dengan mengikuti langkah-langkah berikut dan Anda sudah bisa menyimpan video dari IG favorit Anda.

3️⃣ Tidak Dibatasi Jangka Waktu

Video yang tersimpan di IG hanya bisa disimpan selama 365 hari sebelum video tersebut dihapus secara otomatis oleh Instagram. Namun, ketika Anda menyimpan video di IG tanpa aplikasi, video tersebut akan tersimpan di galeri ponsel anda secara permanen dan bisa di tonton kapan saja.

Kekurangan

1️⃣ Kualitas Video Terbatas

Dalam format MP4, video pada Instagram memiliki kualitas standar yang tidak terlalu tinggi. Namun, kualitas ini sudah cukup baik untuk menonton video pada ponsel.

2️⃣ Video terpotong-potong

Ketika menyimpan video dari feed, tidak menutup kemungkinan video tersebut terpotong-potong dan tidak utuh sebagaimana adanya di IG. Namun, Anda tetap bisa merekam ulang/merekam layar menggunakan ponsel dan memutarnya kembali dengan media player bawaan atau aplikasi pihak ketiga seperti MX Player atau VLC Player.

3️⃣ Perlu Effort Ekstra Untuk Menggabungkan Video Yang Terpotong

Bagi anda yang ingin menggabungkan video yang terpotong-potong saja, maka Anda perlu melakukan editing video menggunakan aplikasi editor video seperti Kinemaster, Adobe Premiere Rush, atau aplikasi editing video lainnya.

Cara Save Video di IG tanpa aplikasi

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa dicoba:

No Langkah-langkah
1 Buka Instagram dan cari video yang ingin disimpan
2 Klik titik tiga vertikal di pojok kanan atas video dan pilih ‘Copy Link’
3 Buka browser ponsel dan masuk ke situs ‘ingramer’
4 Paste link video yang sudah dicopy di langkah ke-2 pada kolom yang disediakan di situs tersebut
5 Klik tombol ‘Download’
6 Tunggu proses download video selesai, video akan ada di gallery ponsel Anda

Untuk variasi video lain, sepanjang masih didukung oleh situs Ingamer, maka cara download video dari IG akan tetap sama. Akan tetapi, tidak semua video bisa didownload dengan cara ini karena adanya aturan privasi Instagram yang mengunci konten tertentu dari download publik.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apa itu situs ‘Ingramer’?

Ingramer adalah sebuah situs download video yang berfungsi untuk mengunduh video dari Instagram tanpa perlu menginstall aplikasi lagi.

2. Adakah cara lain untuk mendownload video dari Instagram?

Ya, Anda bisa mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti ‘Video Download for Instagram’, ‘Downloader for Instagram’, ‘InstaSave’, dll.

3. Mengapa beberapa video tidak bisa didownload dengan cara ini?

Hak cipta konten video mungkin sudah dikunci oleh pemilik video sehingga tidak diperbolehkan untuk didownload atau diunduh publik.

4. Apakah bisa menggunakan website lain selain ‘Ingramer’?

Bisa, ada beberapa website lain yang menawarkan fitur download video online, seperti ‘Download-gram’, ‘Savefromweb’, dll. Namun, pengalaman pengguna mungkin berbeda-beda tergantung situs mana yang digunakan.

5. Apakah video yang di-download bisa diposting ulang di akun Instagram lain?

Tidak, penggunaan ulang konten video tanpa izin dari pemilik video dapat dilakukan tindakan tegas sesuai KUHP atau UU hak cipta.

6. Bagaimana cara menggabungkan video yang terpotong-potong?

Anda bisa menggunakan aplikasi editing video seperti Kinemaster, Adobe Premiere Rush, atau aplikasi editing video lainnya yang ada di Play Store.

7. Apakah ada resiko privasi saat mengunduh video dari situs seperti ‘Ingramer’?

Ya, mengunduh video dari situs ‘Ingramer’ bisa menjadi permasalahan resiko privasi, karena situs tersebut memerlukan akses akun Instagram Anda.

Kesimpulan

Berikut adalah kesimpulan yang dapat kami berikan:

Menyimpan video dari IG tanpa aplikasi memang cukup mudah namun perlu tetap mempertimbangkan aspek kerahasiaan data dan kualitas video yang terpotong. Sesuai kebutuhan, Anda dapat memilih alternatif cara menyimpan video dari IG yang lebih disukai. Selanjutnya, cobalah untuk tidak memposting ulang konten video yang Anda download tanpa izin pemilik video. Terakhir, jangan lupa untuk tetap bijak dalam menggunakan teknologi. Happy saving video from IG, Sobat Edmodo!

Disclaimer

Artikel ini dihasilkan untuk tujuan informasi saja, yang harus dipahami sebagai nasehat umum. Situs manapun, aplikasi, tips, dan trik tertentu yang disebutkan dalam artikel ini tidak dijamin sarat kesalahan atau keakuratan dalam keadaan tertentu. Selalu periksa dengan cermat sebelum Anda memutuskan untuk mengikuti nasehat. Segala tindakan yang dilakukan oleh pembaca artikel ini merupakan resiko pribadi masing-masing dan tidak dapat mengikat penulis artikel.