Sandi Kotak 1 2 3 4

Posted on

Sandi Kotak РApa yang kalian ketahui tentang sandi kotak ini?

Sandi kotak ialah merupakan sandi yang sangat mudah untuk dipelajari dalam kegiatan kepramukaan dibanding dengan sandi – sandi yang lainnya.

Namun sandi kotak ini mempunyai sifat yang sangat rahasia dan juga terkonsep.

Dan sandi kotak ini juga merupakan suatu seni dan juga ilmu yang dapat membuat sandi untuk komunikasi rahasia yang ada didalam bahasa yunani yaitu sering disebut dengan cryptography yang artinya rahasia.

Sandi Kotak 1234
Sandi Kotak 1234

Asal Usul Sandi

Pada tahun 3000 SM era kerajaan Babilonia, dan para arkeolog ini menemukan tulisan cuneiform.

Dan tulisan tersebut berupa kode rahasia ini yang ditulis di atas kepala seorang budak yang telah dicukur dan ditempatkannya sampai rambut budak tersebut tumbuh kembali.

Apabila rambut tersebut telah tumbuh barulah pesan tersebut di sampaikan kepada si penerimanya.

Setelah sampai di tempat si penerima maka rambut si budak tersebut kemudian di cukur kembali untuk melihat isi dari pesan yang telah dibuatnya.

Dengan metode ini dirasa cukup rumit, akan tetapi dengan metode ini sangatlah lumayan berhasil untuk mengecohkan lawannya pada saat itu.

Adapun seorang kaisar yang bernama julius caesar yang telah membuat sandi dengan cara sistem loncat didalam huruf romawi.

Misalnya apabila ia ingin menuliskan huruf A maka ditulisnya menjadi huruf F.

Contohnya : Dari l (A) loncat lima huruf menjadi huruf F dan seterusnya sampai ia menjadi kalimat.

Sampai saat ini pun sandi juga masih sering digunakan untuk mengirim pesan yang tertentu atau bersifat rahasia.

Baca Juga : Sandi Jam

Namun tak hanya itu saja, pada sistem perbankan juga menggunakan sandi, bahkan dengan ponsel seluler pun jadi menggunakan sandi untuk menjaga privasinya.

Fungsi Sandi

Dalam kegiatan pramuka sering kali sandi digunakan saat tengah melakukan kegiatan rutin pramuka, yaitu camping, hiking, dan juga permainan.

Tujuannya untuk melantik para penggerak pramuka untuk membangun ketelitian, kerjasama, dan juga masalah yang akan dihadapi.

Selain dari itu sandi – sandi kotak ini juga berfungsi untuk mengkode sesuatu kata, dan anda dapat menggunakannya dalam kegiatannya sehari – hari ataupun sekedar untuk bermain pesan saja atau secara tersembunyi bersama teman.

Dan anda juga dapat menggunakannya untuk menulis buku harian yang tentu saja tidak ingin banyak orang yang mengetahuinya.

Macam – Macam Sandi Kotak

Sandi Kotak 1

Sandi Kotak
Sandi Kotak

Kenapa ini dinamakan dengan sandi kotak ? Karena huruf – huruf yang menjadi kode tersebut terdapat didalam sebuah kotak yang bentuknya menyilang dan juga verttikal horizontal yang terdiri dari sembilan kotak.

Huruf A hingga keurutan huruf R itu berada di posisi dalam kotak vertikal horizontal nya yang susunan kearah samping di mulai dari kotak :

  • 1(AB),
  • 2(CD),
  • 3(EF),
  • 4(GH),
  • 5(IJ),
  • 6(KL),
  • 7(MN),
  • 8(OP),
  • 9(QR).

Adapun huruf (ST), (UV), (WX), dan juga (YZ) ini berada pada kota yang berbentuk menyilang, dan masing – masing didalam kotak vertikal horizontal ini terdiri dari dua huruf.

Maka dari itu hal ini terdapat perbedaan dan bedanya tersebut terletak pada titik yang menyertai huruf dari kedua setiap kotak tersebut.

Contohnya :

Contohnya (AB), maka titiknya tersebut berada di titik B, begitu juga pada kotak yang menyilang.

Dan di setiap kotak terdiri dari dua huruf dan satu titik pada huruf keduanya, contohnya (ST), maka titik ini berada pada huruf T.

Cara menggunakannya :

Dan cara menggunakan sandi kotak satu ini ialah dengan cara memecahkan kotak – kotak baik itu yang berbentuk vertikal horizontal maupun yang menyilang.

Apabila anda ingin menggunakan dengan huruf A, karena A berada di kotak yang pertama, maka anda dapat membentuk garis siku – siku.

Begitu juga dengan huruf B, karena ia bergandengan dengan huruf A maka gambar pada garis siku – siku dengan titik di dalamnya.

Setelah anda melihat gambarnya, anda akan lebih mudah untuk memahami bagaimana cara kerja sandi kotak yang sangat mudah ini.

Dan sandi kotak ini dapat anda gunakan dan tidak hanya ketika didalam kegiatan pramuka saja.

Akan tetapi hal ini juga dapat untuk berkomunikasi dengan teman anda seperti surat rahasia.

Atau bisa juga untuk menulis catatan harian anda dengan menggunakan sandi kotak 1 tanpa diketahui oleh orang lain.

Sandi Kotak 2

Sandi Kotak
Sandi Kotak

Dari rumus sandi kotak 2 ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan rumus sandi kotak 1.

Apabila didalam sandi kotak 1 dalam satu kota itu terdiri dari dua huruf alfabet yang disertai dengan titik.

Maka dari sandi kotak yang 2 ini terdiri dari tiga huruf alfabet tersebut hanya pada satu kotak vertikal & horizontal tidak mempergunakan titik – titik terkecuali hanya dalam penerapannya saja.

Selain dari itu apabila pada sandi kotak 1 ini terdiri dari dua macam kotak yaitu vertikal horiontal dan juga menyilang.

Maka pada sandi kotak 2 ini hanya terdapat satu kotak di bentuknya menjadi vertikal horizontal.

Isi kotak vertikal horizontal tersebut dapat di bagi menjadi sebanyak sembilan kotak dan masing – masing tiga huruf yang berada di dalamnya.

ABC, DEF, GHI, JKL, MNO, PQR, STU, VWX, YZ dan cara penerapannya di dalam sebuah kata itu hampir lah sama dengan cara mempergunakan sandi kotak 1.

Cara menggunakannya :

Dalam posisi sandi kotak 2 ini anda hanya perlu membentuk hurufnya sesuai dengan posisinya di dalam kotak.

Dan apabila huruf yang akan anda tulis tersebut termasuk dalam huruf kedua dari kotak, maka anda cukup menambahkan satu titik saja.

Baca Juga : Panitia Sembilan

Jika huruf yang akan anda tulis tersebut yang berada pada huruf ketiga pada sebuah kotak, maka anda harus menambahkan dua titik.

Contohnya :

Pada huruf A anda hanya cukup membuat garis siku – siku dan adapun dengan huruf B, pada garis siku – siku harus ditambahkan dengan satu titik di dalamnya.

Dan apabila huruf C, maka pada garis siku – sikunya diisi dengan dua titik di dalamnya.

Sandi Kotak 3

Sandi Kotak
Sandi Kotak

Apabila dibandingkan dengan sandi kotak 1 dan juga dengan sandi kotak 2, dan pada sandi kotak 3 ini termasuk sandi yang unik dan ini juga lumayan rumit caranya.

Dari pasalnya ini anda harus benar – benar menghapal dan di mana letak masing – masing hurufnya.

Hal ini tidak sama seperti sandi kotak 1 dan juga pada sandi kotak 2 yang letak hurufnya dapat anda susun dengan mudah sesuai dengan urutan tanpa harus menghapalkannya.

Apabila diuraikan dengan bentuk sandi kotak ini maka ini ialah merupakan perpaduan diantara kotak vertikal & horizontal dan juga pada kotak yang memiliki bentuk persegi empat atau belah ketupat.

Yang mana di setiap huruf alfabetnya itu menyebar dan belum lagi yang keberadaan titiknya pada salah satu huruf yang tak dapat dipola atau anda sendiri harus menghapalkan langsung dimana peletakannya.

Contohnya :

Pada keberadaan huruf A dan yang berada di tengah kotak, yang mana pada huruf B ini dapat disertai dengan titik yang artinya apabila anda membentuk dengan huruf A.

Cara menggunakannya :

Maka anda cukup membentuk kotak dengan persegi empat, dan apabila anda ingin membuat dengan huruf B, maka anda harus membentuk dengan kotak persegi empat dengan titik di tengahnya.

Pada peletakkan huruf alfabet yang lebih rumit ini contohnya ada pada huruf N.

Dan pada huruf alfabet N ini terletak pada ujung garis antara garis belah ketupat dan juga pada garis vertikal horizontal yang disertai dengan titik.

Jadi apabila anda ingin membuat dengan huruf N, maka anda perlu membentuk garis siku – siku yang disertai dengan titik di dalamnya.

Jenis – Jenis Sandi Pramuka

  • Sandi Abjad Atau Sandi Balik
  • Sandi Merah Putih Atau Sandi Koordinat
  • Sandi Napoleon
  • Sandi Jam
  • Sandi Angka
  • Sandi Panas Dan Dingin
  • Sandi Sungai
  • Sandi Morse
  • Sandi Kimia
  • Sandi Gambar
  • Sandi And
  • Sandi Barang
  • Sandi Cina
  • Sandi Ular
  • Sandi Semaphore
  • Sandi Helen Keller
  • Sandi Kotak

Nah yang menjadi topik utama pada pembahasan materi artikel kali ini ialah tentang sandi kotak.

Demikianlah yang dapat edmodo.id uraikan kali ini semoga bermanfaat bagi kalian semua.