Pidato Persuasif

Posted on

Pidato Persuasif – Assalamualaikum Wr Wb.Alhamdulillah atas izin Alloh SWT serta Ridho dari junjungan Kita Nabi Muhammad SAW, kita dapat berjumpa lagi dalam pembahasan artikel kali ini.

Dimana Edmodo.Id akan membahas materi dengan tema mengenai Pidato Persuasif yang berdasarkan Pengertia, Struktur, Ciri dan Contoh (LENGKAP). Langsung saja pembahsannya dibawah ini.

Pengertian

Pidato Persuasif

Semua pidato memiliki satu dan tujuan yang sama: untuk dapat menyampaikan sesuatu yang berkaitan dengan momen tertentu, misalnya, pidato tentang pelantikan, dan kemudian isi dari orang-orang yang ditunjuk dan masalah lain yang terkait dengan pelantikan.

Sedangkan pidato yang memikat adalah pidato yang berisi atau mengandung undangan pendengar untuk menyetujui atau menyetujui untuk melakukan sesuatu yang disampaikan.

Pidato persuasif adalah jenis pidato yang disampaikan dengan tujuan mempengaruhi pendengar sehingga ia tertarik pada apa yang disampaikan. Bagaimana dengan kemerdekaan, yang menyulut semangat kemerdekaan.

Pengertian Pidato Persuasif Menurut Para Ahli

Menurut Wikipedia

Pidato didefinisikan sebagai aktivitas berbicara di depan umum atau pidato yang bertujuan untuk memberikan gambaran umum tentang masalah dan pendapat tersebut.

Menurut KBBI

Pidato didefinisikan sebagai ekspresi pemikiran yang ditransmisikan dalam bentuk kata-kata untuk banyak orang, serta wacana yang disiapkan untuk transmisi ke masyarakat umum.

Menurut Syam

Pidato sebagai teknik berbicara di depan umum, menggunakan kata-kata dan bahasa yang efektif, menunjukkan keterampilan dalam memilih kata-kata untuk mempengaruhi pendengar.

Menurut Emha Abdurrahman

Pidato adalah latihan menyampaikan deskripsi, serta pendapat yang diungkapkan oleh seseorang yang secara verbal terkait dengan sesuatu atau masalah, dengan mengekspresikan deskripsi masalah, menggunakan kalimat yang jelas di hadapan massa.

Menurut Arsjad

Pidato adalah kegiatan orang yang berusaha menyampaikan ide-ide publik, ide-ide dan konsep-konsep dari publik. Tujuan dari presentasi ini adalah untuk meyakinkan pendengar ide-ide yang diungkapkan oleh pembicara.

Struktur Pidato Persuasif

Struktur Pidato Persuasif

Struktur dalam berpidato yang baik dan sering digunakan oleh pembicara, yaitu:

  • Membuka dengan salam.
  • Pendahuluan.
  • Isi pidato.
  • Penutupan.

Struktur lain yang perlu di perhatikan dan di persiapakan saat ingin berpidato adalah:

  • Ketahui durasi atau lamanya waktu selama pidato
  • Pengetahuan tentang topik acara untuk berpartisipasi.
  • Posting kata dan kalimat atau buat catatan sehingga pembaca dapat dengan mudah memahaminya.
  • Pengetahuan tentang esensi pidato pendengar secara keseluruhan
  • Siapkan berbagai bahan dan peralatan bicara, seperti outlet listrik, media bicara, gambar, dan lainnya.

Sementara itu, ketika berpidato, harus ada aliran sistematis, yang meliputi:

  • Pembukaan atau pengantar.
  • Berikan ucapan selamat sebagai pembuka.
  • Katakan salam kepada hadirin.
  • Mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan.
  • Ada pengantar untuk konten atau topik.
  • Ada isi atau konten.
  • Penutup.
  • Mengucapkan rasa terima kasih.
  • Katakan salam.

Tujuan Pidato Persuasi

Tujuan Pidato Persuasi

Adapun tujuan dari pidato ini adalah untuk:

Untuk Menyenangkan Orang Lain

Tujuan lain adalah untuk menyediakan pendengar yang disambut dan menarik sehingga mereka yang diundang senang, antusias dan jelas tentang informasi yang dikirimkan oleh pembicara.

Mempengaruhi Pendengar

Tujuan dari presentasi ini adalah untuk mempengaruhi pendengar yang ingin diundang. Pidato menggoda, bergairah dan menarik akan membuat pendengar teratrica dan memenuhi harapan pembicara.

Mendapatkan Informasi

Pidato adalah salah satu cara mentransmisikan informasi baik secara langsung maupun dalam jaringan elektronik dan sosial. Penyediaan informasi akan lebih jelas karena informasi yang diberikan berasal dari pembicara yang diberikan langsung tanpa bantuan orang lain. Informasi yang dikirimkan menyampaikan ide, persetujuan, konsep, instruksi, dll.

Contoh Pidato Persuasif

Contoh Pidato Persuasif

Contoh Pidato Persuasif Tentang Sambutan

Assalamu’alaikum warohmatullah wabarakatuh

Untuk yang saya hormati direktur PT. Buwi Sejahtera, Bpk. Budi Vinarko atau mereka yang mewakili, kami menghormati Bpk. Muhammad Rifai bin Syamsudin Nur sebagai pembicara, yang kami hormati Bpk. Andy Rahman Vijay sebagai moderator, dan peserta dalam lokakarya yang semuanya bahagia.

Kami, sebagai panitia, ingin menyambut mereka yang telah menemukan waktu di sini. Hari ini di seminar kami, topik “Pendidikan Kewirausahaan untuk Pemula dan Publik” akan dibahas, dan seminar ini akan ditujukan untuk semua orang tanpa terkecuali, baik yang memiliki jiwa wirausaha dan mereka yang tidak memiliki jiwa wirausaha.

Pelatihan kewirausahaan sangat penting dan menarik untuk dibahas. Tujuan dari seminar kali ini adalah untuk memperkenalkan dan memberikan informasi kepada mereka yang ingin belajar kewirausahaan.

Oleh karena itu, hari ini kita akan mendengarkan bersama presentasi “Pelatihan Kewirausahaan untuk Pemula dan Publik”, yang akan disampaikan oleh Bpk. Muhammad Rifai bin Syamsudin Nur. Selain itu, acara tersebut akan dikaitkan dengan sesi tanya jawab.

Ini adalah komentar yang dapat saya sampaikan sebagai panitia acara, saya berharap acara pada kesempatan ini dapat diselenggarakan dengan lancar dan suatu hari akan memberikan pengetahuan kepada penonton. Lebih atau kurang, saya meminta maaf kepada Anda dan berterima kasih kepada seluruh tim yang membantu mengatur acara ini.

Wassalamu’alaikum warohmatullah wabarakatuh

Contoh Pidato Persuasif Tentang Lingkungan

Assalamu’alaikum warohmatullah wabarakatuh

Contoh selanjutnya adalah bahan lingkungan yang dibebankan. Secara umum, pidato ini cocok untuk dibaca oleh siapa saja, karena lingkungannya merupakan karakteristik apakah daerah ini dihuni atau tidak.

Ini berarti bahwa wilayah atau tempat akan terlihat dari lingkungan.
Assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh, peserta yang diberkati dan selalu menganugerahkan cinta Allah SWT, kami berharap bahwa suatu hari nanti kami akan berada di antara yang beruntung. Aamin, Robbal Alamine.

Pada kesempatan ini, saya tidak punya apa-apa untuk dikatakan, tetapi alangkah baiknya jika semua ini dilakukan dan ditafsirkan oleh semua yang hadir.

Seperti kita ketahui bersama, lingkungan adalah tempat penting bagi perkembangan dan pertumbuhan manusia. Lingkungan yang baik akan menciptakan orang yang baik dan sebaliknya.

Nah, lingkungan pertama yang baik, baik dalam aspek fisik, seperti kebersihan dan keindahan tata letak, dan di tempat yang sehat, akan membuat orang lain sehat dan baik.

Tetapi ada juga lingkungan psikologis di mana lingkungan perilaku dan norma yang murni sesuai dengan nilai-nilai manusia.

Lingkungan yang buruk dan tidak kondusif akan mengakibatkan orang berisiko dan tidak merasa nyaman di lingkungan mereka. Karena itu, mari kita bersama-sama mempertahankan lingkungan fisik dan psikologis yang mengelilingi kita untuk menjaga kelangsungan hidup manusia di masa depan.

Tindakan sederhana kami untuk melindungi lingkungan dapat memiliki dampak luar biasa tidak hanya pada diri kita sendiri, tetapi pada semua orang.

Sebaliknya, pelanggaran kecil yang kami lakukan untuk merusak lingkungan akan memengaruhi diri mereka sendiri dan orang lain.

Karena itu, bersihkan lingkungan sekitar Marie-Marie bersama untuk menjaga persatuan dan ketenangan di antara orang-orang. Hanya itu yang bisa saya katakan, saya harap kita dapat memahami dan menerima ini sebagai informasi yang perlu kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Wassalamu’alaikum warohmatullah wabarakatuh

Contoh Pidato Persuasif Tentang Globalisasi

Assalamu’alaikum warohmatullah wabarakatuh

Kita sudah tahu bahwa kita sedang berhadapan dengan dunia tanpa batas. Begitu banyak informasi yang bisa kita dapatkan dengan mudah melalui media elektronik. Tidak hanya televisi atau radio, tetapi juga teknologi internet mendominasi penyebaran informasi digital. Semua orang di dunia ini dapat terhubung berkat kecanggihan Internet.

Dunia yang dulunya tampak begitu luas tampaknya dipersempit oleh kesempurnaan teknologi Internet. Ada begitu banyak aspek positif yang dapat kita temukan di Internet ini. Kami dapat bersatu dalam satu komunitas dunia tanpa batasan apa pun. Kita dapat menyebut ini istilah globalisasi.

Tetapi kita harus tahu bahwa globalisasi tidak selalu memiliki efek positif. Sebagai orang tua, kita harus menyaring dampak globalisasi yang meliputi lingkungan kita. Contohnya adalah dimasukkannya budaya pop Barat, yang tidak harus sesuai dengan kebiasaan Timur. Budaya ini mengikis standar kesopanan yang telah lama ada di masyarakat.

Kita harus menyaring budaya barat ini. Apa yang baik dan positif, misalnya, etika kerja, keramahan lingkungan, dan antusiasme untuk belajar, harus disesuaikan untuk anak-anak kita. Tetapi budaya kebodohan harus ditolak. Ajari anak-anak kita bahwa norma dan nilai-nilai asli Indonesia harus dijaga dalam budaya global saat ini.

Wassalamu’alaikum warohmatullah wabarakatuh

Demikian Pembahasan kita pada kali ini di edmodo.id tentang Pidato Persuasif. Nantikan Artikel Menaraik Lainya, tetap bersama kami. Terimaksih Semoga Membawa Manfaat.

“Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh”

Baca Juga: