Pengertian Database

Posted on

Pengertian Database Assalamualaikum Wr Wb.Alhamdulillah atas izin Alloh SWT serta Ridho dari junjungan Kita Nabi Muhammad SAW, kita dapat berjumpa lagi dalam pembahasan artikel kali ini.

Dimana Edmodo.Id akan membahas materi dengan tema mengenai Pengertian Database yang berdasarkan Pengertian, Contoh, Fungsi, Jenis dan Tujuan. Langsung saja pembahsannya dibawah ini.

Pengertian

Pengertian Database

Pengertian Basis data (database) atau basis data adalah serangkaian informasi yang disimpan secara sistematis dalam perangkat komputer sehingga dapat diperiksa menggunakan program pada komputer supaya mendapatkan suatu informasi dari database ini.

Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan menjalankan kueri basis data disebut sistem manajemen basis data (DBMS) dalam sistem basis data yang dapat dipelajari dalam ilmu komputer.

Basis data istilah muncul dari ilmu komputer, meskipun kemudian artinya menjadi lebih luas untuk memasukkan hal-hal di luar bidang elektronik. Karena kesamaan dalam database ini sebenarnya ada sebelum revolusi industri dalam bentuk buku besar, kwitansi dan set data yang terkait dengan bisnis.

Basis data adalah kumpulan informasi yang disimpan secara sistematis di komputer sehingga dapat diperiksa menggunakan program komputer untuk mendapatkan informasi dari basis data ini.

Basis data adalah kumpulan fakta yang saling terkait yang disimpan bersama dengan cara ini dan tanpa pengulangan yang tidak perlu (redundansi) untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

Basis data adalah kumpulan informasi yang saling berhubungan dalam subjek tertentu dengan tujuan tertentu. Basis data adalah kumpulan catatan lengkap data operasional dari suatu organisasi atau perusahaan, yang disusun dan disimpan dalam bentuk terintegrasi menggunakan metode tertentu di komputer sehingga dapat sesuai dengan informasi optimal yang dibutuhkan pengguna.

Pengertian Database Menurut Para Ahli

C.J. Date

Database pemahaman tanggal adalah seperangkat data / informasi operasional yang sengaja disimpan dan juga digunakan oleh sistem aplikasi organisasi.

Gordon S. Everest

Definisi basis data adalah kumpulan data yang mekanis, dibagi, didefinisikan secara formal, dan dapat dikelola. Kontrol puas dalam organisasi.

Schwab dan Fabbri

Database atau definisi basis data adalah sistem file terintegrasi yang dirancang khusus untuk meminimalkan pengulangan atau redundansi data.

S. Atte

Basis data atau basis data adalah kumpulan data yang saling berhubungan yang ada di suatu organisasi atau perusahaan untuk berbagai keperluan.

Abdul Qadir

Basis data atau basis data adalah organisasi kumpulan data yang saling berhubungan untuk memfasilitasi perolehan informasi.

Jogiyanto

Basis data adalah kumpulan informasi dan data yang terkait satu sama lain, di mana data disimpan dalam penyimpanan di luar komputer, dan perangkat lunak tertentu diperlukan untuk mengelolanya.

Fungsi Database

Fungsi Database

Setelah memahami pengertian basis data, tentunya kita juga perlu tahu apa fungsi basis data itu. Berikut ini adalah beberapa fitur basis data:

  • Mempertahankan kualitas data dan informasi yang diakses sesuai dengan input data.
  • Bantu proses menyimpan data besar.
  • Membantu meningkatkan kinerja aplikasi yang membutuhkan penyimpanan data.
  • Kelompokkan data dan informasi agar lebih mudah dipahami.
  • Mencegah duplikasi data atau inkonsistensi data.
  • Menyederhanakan proses menyimpan, mengakses, memperbarui, dan menghapus data.

Jenis-Jenis Database

Jenis-Jenis Database

Setelah memahami pemahaman basis data dan fungsi yang bisa diperoleh dengan menggunakan perangkat lunak basis data, berikut jenis perangkat lunak basis data terbaik yang dapat Anda gunakan:

Postgre SQL

Menawarkan sistem basis data sumber terbuka dengan GPL / Lisensi Publik Umum. Perangkat lunak ini menggunakan bahasa perograman PHP, SQL, C, C ++ dan lain-lain. Apabila dipakai untuk suatu pekerjaan pribadi, tentu perangkat ini sangatbegitu dianjurkan.

Firebird

Dapat dikatakan bahwa perangkat lunak basis data ini memiliki fungsi sistem standar dan ringan, yaitu fungsi ANS SQL-99 dan SQL-2003. Kompatibel untuk digunakan pada sistem operasi Windows, Linux atau Unix.

MySQL

Salah satu program untuk bekerja dengan database, terbuka untuk umum dan kompatibel dengan sistem operasi Windows dan Linux. Keuntungan yang dapat Anda gunakan dengan program MySQL adalah dapat digunakan untuk banyak pengguna. Keunggulan lain dari MySQL adalah tersedia secara gratis, permintaan data cepat dan berlisensi resmi.

MS SQL Server

Perangkat lunak basis data ini adalah manajemen basis data yang biasa digunakan oleh Microsoft menggunakan bahasa pemrograman Transact-SQL. Jenis yang dipakai cukup sering, sehingga begitu efektif untuk menunjang kinerja Kamu.

Oracle

Salah satu program basis data sangat mampu menyimpan data dengan ukuran maksimal hingga terabyte. Oracle adalah yang paling sering digunakan pada perusahaan, terutamanya yang masih berkembang, karna sudah tersedia dalam mengaksesnya secara free.

Microsoft Access

Salah satu program basis data ini adalah yang paling umum digunakan. Microsoft Access ideal untuk sebagian besar komputer relasional. Selain itu, jika Anda melakukan bisnis pada skala rumah, Anda dapat memilih sistem database ini karena sangat mudah digunakan dan format data sangat umum, yang membuatnya mudah dibaca.

Tujuan Database

Tujuan perangkat lunak apa yang dapat digunakan untuk mengkompilasi database, berikut adalah beberapa keuntungan yang dapat diperoleh saat bekerja dengan sistem database:

Memudahkan Mengases Data

Dengan database, dapat dengan mudah mengakses dan mendapatkan data karena semua data terorganisir dengan baik.

Dapat Memberikan Keamanan Data

Basis data menjamin keamanan informasi dan data, di mana Anda dapat memasukkan kode akses untuk data tertentu yang tidak dapat dikirim.

Memudahkan Untuk Berbagi Data

Menggunakan perangkat lunak basis data dapat digunakan untuk bertukar data atau informasi dengan pengguna lain.

Menjaga Kemandirian Data

Basis data mempertahankan independensi data ketika orang lain tidak dapat mengubah data, bahkan jika data dapat diakses.

Integritas Data Sangat Terjaga

Basis data menyediakan integritas data yang tinggi, di mana basis data menyediakan akurasi, ketersediaan, konsistensi, dan data berkualitas tinggi.

Tidak Terjadi Redudansi Pada Basis Data

Seperti disebutkan dalam definisi database sebelumnya, database dapat membantu meminimalkan redundansi data. Redundansi itu sendiri adalah tampilan data rangkap dalam file yang berbeda.

Contoh Model-Model Pada Database

Perangkat lunak khusus diperlukan untuk menyimpan dan mengambil data dan informasi dari database. Perangkat lunak ini sering disebut sebagai sistem manajemen basis.
Data (DBMS).

Berikut ini adalah model-model basis data:

Basis Data Analitik
Yaitu, database untuk menyimpan informasi dan data yang diambil dari database operasional dan eksternal.

Database Online
Yaitu, database yang menyimpan data terperinci yang diperlukan untuk mendukung kegiatan organisasi secara keseluruhan.

Database Terdistribusi
Yaitu, database lokal kelompok kerja dan departemen di berbagai kantor dan tempat kerja lainnya.

Penyimpanan Data
Ini adalah gudang data yang menyimpan berbagai data dari tahun-tahun terakhir hingga saat ini.

Basis Data Pengguna Akhir
Yaitu, database pengguna akhir yang terdiri dari berbagai file data yang dikembangkan oleh pengguna akhir di stasiun kerja mereka.

Database Waktu Nyata
Yaitu, sistem pemrosesan, yang dirancang untuk menangani beban kerja suatu negara yang dapat berubah, berisi data berkelanjutan, dan beberapa tidak memengaruhi waktu.

Database Berorientasi Dokumen
Ini adalah salah satu program komputer yang dirancang untuk aplikasi dan berfokus pada dokumen.

Dalam Database Memori
Itu basis data yang terikat pada suatu memori untuk mensave data/informasi pada komputer.

Database Navigasi
Dalam navigasi basis data, kueri menemukan objek untuk mereka yang mengikuti tautan ke objek tertentu.

Basis Hypermedia Online
Kumpulan halaman multimedia yang saling berhubungan di situs web yang terdiri dari beranda dan hyperlink multimedia (gambar, teks, grafik suara, dll.).

Basis Data Eksternal
Database yang menyediakan akses eksternal dan data pribadi di Internet.

Database Relasional
Ini adalah standar untuk komputasi bisnis dan basis data yang paling umum digunakan saat ini.

Demikian Pembahasan kita pada kali ini di edmodo.id tentang Pengertian Database. Nantikan Artikel Menaraik Lainya, tetap bersama kami. Terimaksih Semoga Membawa Manfaat.

“Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh”

Baca Juga: