Merubah Faskes Bpjs Lewat Aplikasi

πŸ” Mengetahui Lebih Lanjut Tentang Faskes BPJS

Sobat Edmodo, sebelum membahas tentang cara merubah Faskes BPJS melalui aplikasi, kita terlebih dahulu akan mempelajari hal-hal dasar tentang Faskes BPJS. Fasilitas Kesehatan (Faskes) adalah suatu layanan kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi peserta BPJS. Ada dua jenis Faskes BPJS yang tersedia, yaitu Faskes Tingkat Pertama (Puskesmas dan klinik) dan Faskes Tingkat Lanjut (rumah sakit). Dalam program BPJS, peserta wajib memilih Faskes yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Hal penting yang perlu Sobat Edmodo ketahui adalah bahwa pemilihan Faskes bisa diubah jika peserta merasa tidak puas dengan pelayanan atau ingin mencari pelayanan kesehatan yang lebih baik. Biasanya, proses perubahan Faskes BPJS cukup menguras waktu dan tanpa bantuan teknologi mungkin akan memakan waktu yang lama. Namun, sekarang pemilihan Faskes BPJS bisa diubah dengan mudah melalui aplikasi.

πŸ“± Cara Merubah Faskes BPJS Lewat Aplikasi

Untuk merubah Faskes BPJS melalui aplikasi, hal pertama yang perlu Sobat Edmodo lakukan adalah mengunduh aplikasi BPJS Kesehatan. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Play Store dan App Store. Setelah aplikasi terdownload dan terpasang di smartphone, Sobat Edmodo perlu melakukan registrasi ke aplikasi dengan data-data BPJS Sobat Edmodo.

Setelah berhasil masuk ke aplikasi, Sobat Edmodo dapat memilih opsi ”Ubah Faskes” untuk merubah Faskes BPJS. Dalam menu ini, Sobat Edmodo akan diberi tawaran untuk memilih Faskes Tingkat Pertama atau Faskes Tingkat Lanjut.

Setelah Sobat Edmodo memilih jenis Faskes yang diinginkan, aplikasi akan menampilkan daftar Faskes yang ada disekitar lingkungan setempat. Sobat Edmodo dapat memilih Faskes yang ingin digunakan dan kemudian melakukan konfirmasi perubahan Faskes. Proses ini bisa memakan waktu beberapa menit hingga beberapa jam tergantung dari alur informasi BPJS.

πŸ‘ Kelebihan Merubah Faskes BPJS Lewat Aplikasi

Sobat Edmodo pasti sudah bisa membayangkan betapa mudahnya sekarang merubah Faskes BPJS dengan memanfaatkan teknologi. Disamping kemudahan, masih banyak kelebihan yang memudahkan pemakai untuk merubah faskes melalui aplikasi BPJS Kesehatan ini. Beberapa kelebihan yang dapat Sobat Edmodo ketahui antara lain:

1. Waktu Pelayanan yang Cepat

Dibandingkan dengan cara manual yang memerlukan waktu cukup lama, merubah Faskes melalui aplikasi BPJS Kesehatan jelas akan menghemat waktu dalam pencarian dan proses administrasi. Sobat Edmodo dapat melakukannya kapan saja dan dimana saja you don’t need to go physically ke kantor BPJS.

2. Mudah dan Aman

Melalui aplikasi BPJS kesehatan, Sobat Edmodo hanya memerlukan waktu beberapa menit untuk merubah Faskes. Selain mudah, pemilihan Faskes juga aman karena data peserta BPJS disandikan seketat mungkin. Fasilitas Faskes di tampilkan berdasarkan wilayah dan kebutuhan peserta sehingga memberikan pilihan alternatif yang lebih banyak dan sesuai.

3. Tersedia Sepanjang Waktu

Aplikasi ini dapat diakses secara terus menerus, bahkan selama 24 jam sehari, sehingga Sobat Edmodo dapat merubah Faskes kapan saja dan dimana saja.

4. Langsung Terhubung ke BPJS

Dalam merubah Faskes melalui aplikasi BPJS kesehatan, Sobat Edmodo dapat langsung terhubung ke BPJS tanpa perlu menghubungi operator. Dalam kasus perubahan faskes yang dilakukan melalui kantor BPJS biasanya memerlukan waktu yang lama dan harus antri dengan banyak orang.

5. Secara Gratis

Proses perubahan Faskes melalui aplikasi BPJS kesehatan tidak memerlukan biaya apapun. Semua proses dilakukan secara gratis dan Sobat Edmodo tidak perlu mengeluarkan biaya apapun.

6. Dapat Mengetahui Status Verifikasi

Ketika Sobat Edmodo telah melakukan perubahan Faskes, statusnya masih dalam status pending. Namun Anda tetap bisa mengetahui verifikasi tersebut dalam aplikasi BPJS. Anda dapat mencarinya dengan mengetikkan status dalam kotak pencarian. Sobat Edmodo akan melihat ada verifikasi atau belum, kapan verifikasi diterima atau ditolak, dan alasan penolakan verifikasi.

7. Mendapatkan Notifikasi

Setelah melakukan perubahan Faskes, Sobat Edmodo akan mendapatkan pemberitahuan notifikasi jika prosesnya sudah berhasil terdata di BPJS. Notifikasi ini akan memberitahu peserta tentang verifikasi, penolakan atau kendala-kendala lain yang terkait dengan proses perubahan faskes.

β›” Kekurangan Merubah Faskes BPJS Lewat Aplikasi

Walaupun merubah Faskes BPJS lewat aplikasi memberikan kemudahan kepada peserta, namun masih ada beberapa kekurangan yang perlu Sobat Edmodo ketahui:

1. Hanya Dapat Dilakukan oleh Peserta BPJS Aktif

Proses merubah Faskes melalui aplikasi BPJS kesehatan hanya dapat dilakukan oleh peserta BPJS aktif. Jika peserta telah non-aktif, maka tidak ada jaminan apapun untuk merubah faskes. Jika memang perlu merubah faskes, maka peserta harus mengaktifkan kembali keanggotaan BPJS.

2. Internet yang Diperlukan Koneksi Stabil

Syarat utama dalam melakukan perubahan Faskes melalui aplikasi BPJS kesehatan adalah koneksi internet yang stabil. Bagi sobat Edmodo yang koneksi internetnya tidak stabil, maka dipastikan akan kesulitan dalam melakukannya.

3. Bisa Kendala Teknis

Walaupun merubah Faskes lewat aplikasi BPJS kesehatan telah dijalankan secara digital, namun masih sering terjadi mendeteksi kendala teknis. Seperti koneksi yang lambat, aplikasi error atau kendala internal dari website BPJS.

πŸ“Š Tabel Informasi tentang Merubah Faskes BPJS Lewat Aplikasi

Parameter Deskripsi
Proses Perubahan Faskes Melalui aplikasi BPJS kesehatan
Berlaku untuk Peserta BPJS Aktif Hanya berlaku untuk peserta BPJS yang aktif dan tergabung dalam program BPJS Kesehatan
Jenis Faskes yang Tersedia Faskes Tingkat Pertama dan Faskes Tingkat Lanjut
Keuntungan Utama Waktu pelayanan yang cepat, Mudah dan aman, Tersedia sepanjang waktu, Langsung terhubung ke BPJS, secara gratis, dapat mengetahui status verifikasi, dan mendapatkan notifikasi.
Keterbatasan Utama Hanya dapat dilakukan oleh peserta BPJS yang aktif, koneksi internet yang stabil, dan bisa mendeteksi kendala teknis.

❓ 13 Pertanyaan yang Sering Ditanyakan (FAQ)

1. Apakah ada batasan waktu untuk merubah Faskes BPJS melalui aplikasi?

Tidak ada batasan waktu dalam merubah Faskes BPJS melalui aplikasi BPJS Kesehatan. Peserta BPJS dapat melakukan perubahan Faskes kapan saja dan dimana saja selama peserta BPJS aktif.

2. Apakah saya bisa merubah Faskes dari tingkat pertama menjadi tingkat lanjut atau sebaliknya?

Ya, Anda dapat merubah Faskes dari tingkat pertama ke tingkat lanjut atau sebaliknya. Proses perubahan Faskes sama saja dan harus dilakukan melalui aplikasi BPJS Kesehatan.

3. Apakah data saya aman jika melakukan perubahan Faskes melalui aplikasi BPJS Kesehatan?

Ya, data peserta BPJS di aplikasi BPJS Kesehatan dijamin keamanannya dan dienkripsi seketat mungkin. Data-data peserta hanya bisa diakses oleh pihak BPJS dan pemilik akun.

4. Apakah saya harus membayar biaya untuk Merubah Faskes melalui aplikasi BPJS Kesehatan?

Tidak, proses perubahan Faskes melalui aplikasi BPJS kesehatan tidak akan dikenakan biaya apapun dan semua proses dilakukan secara gratis.

5. Apakah perubahan Faskes bisa berhasil jika saya tidak aktif sebagai peserta BPJS?

Proses merubah Faskes hanya berlaku bagi peserta BPJS aktif. Jika sobat Edmodo telah menjadi tidak aktif, maka tidak ada kemungkinan merubah Faskes.

6. Bisakah perubahan Faskes dilakukan ketika sedang sakit dan butuh perawatan segera?

Proses perubahan Faskes dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja ketika peserta BPJS aktif. Namun, pengobatan penyakit yang sedang terjadi masih akan berlangsung sampai usai dan tidak dapat diinterupsi because the process via app takes some time and verification.

7. Bisakah saya memilih Faskes BPJS dari wilayah yang berbeda dengan domisili saya?

Tidak ada larangan untuk memilih Faskes BPJS dari wilayah yang berbeda dengan domisili Anda. Namun, pastikan bahwa Faskes yang Anda pilih dapat memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik untuk Anda.

8. Akankah saya mendapatkan tanda bukti jika proses perubahan Faskes berhasil?

Ya, setelah proses perubahan Faskes berhasil, peserta BPJS akan mendapatkan pemberitahuan notifikasi melalui aplikasi BPJS Kesehatan yang menandakan proses telah berhasil.

9. Bagaimana bila saya menemukan kesulitan dalam melakukan perubahan Faskes?

Jika menemukan kesulitan dalam melakukan perubahan Faskes melalui aplikasi BPJS Kesehatan, sobat Edmodo dapat menghubungi kontak BPJS di aplikasi BPJS Kesehatan atau di website resmi BPJS.

10. Apakah akan mendapatkan notifikasi jika proses perubahan Faskes ditolak?

Ya, peserta BPJS akan mendapatkan pemberitahuan notifikasi melalui aplikasi BPJS Kesehatan jika proses perubahan Faskes ditolak. Notifikasi ini memberitahu peserta BPJS alasan penolakan dan solusinya.

11. Bisakah saya merubah Faskes saat sedang internasional roaming?

Sayangnya, fungsi aplikasi BPJS kesehatan hanya dapat diakses dengan jaringan lokal. Jadi, saat sedang internasional roaming, Anda tidak dapat melakukan perubahan Faskes melalui aplikasi.

12. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk merubah Faskes melalui aplikasi?

Proses perubahan Faskes melalui aplikasi BPJS kesehatan biasanya memerlukan waktu beberapa menit hingga beberapa jam tergantung pada alur informasi BPJS.

13. Apakah saya dapat melakukan perubahan Faskes lebih dari satu kali?

Ya, peserta BPJS dapat melakukan perubahan Faskes lebih dari satu kali jika diperlukan.

πŸ“’ Kesimpulan

Dari beberapa penjelasan di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa merubah Faskes BPJS melalui aplikasi BPJS Kesehatan memang memberikan kemudahan bagi peserta BPJS yang ingin merubah Faskes. Proses perubahan Faskes hanya berlangsung beberapa menit saja, tanpa harus pergi ke kantor BPJS, tanpa harus mengantre dalam waktu yang lama, dan tentunya tanpa biaya. Namun, Sobat Edmodo tetap harus berhati-hati dalam memilih Faskes BPJS yang ingin digunakan.

Hal paling penting tentu saja adalah memilih Faskes BPJS yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing peserta BPJS. Sebelum memutuskan merubah Faskes, Sobat Edmodo diharapkan untuk mempertimbangkan baik-baik, terutama dalam pemilihan Faskes Tingkat Peladen (rumah sakit). Sobat Edmodo harus memilih Faskes tingkat lanjut yang dapat memberikan pelayanan kesehatan terbaik dan lengkap.

πŸ” Disclaimer

Artikel ini disusun untuk memberikan informasi sebanyak mungkin tentang mer