Menghentikan Aplikasi Latar Belakang

Kenapa Menghentikan Aplikasi Latar Belakang harus dilakukan?

Salam sobat Edmodo! Setiap orang pasti sering merasakan smartphone atau tablet yang lambat saat dipakai, meskipun hanya untuk hal-hal sederhana seperti membuka aplikasi atau browsing internet. Beberapa dari kita mungkin langsung berpikir untuk membeli perangkat yang baru dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Namun, sebenarnya kita dapat memperbaiki performa perangkat kita tanpa harus mengeluarkan uang lebih. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menghentikan aplikasi latar belakang.

Aplikasi latar belakang merupakan aplikasi yang tetap berjalan di belakang layar atau di latar belakang perangkat kita, meskipun kita sudah keluar dari aplikasi tersebut. Beberapa aplikasi latar belakang yang paling sering ditemukan adalah media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter, serta aplikasi chat seperti WhatsApp dan Line. Aplikasi latar belakang yang berjalan terus-menerus ini dapat membebani kinerja perangkat kita dan mengurangi daya tahan baterai. Oleh karena itu, menghentikan aplikasi latar belakang dapat membantu meningkatkan performa perangkat dan menghemat baterai.

Namun, fitur pengelolaan aplikasi latar belakang pada perangkat Android atau iOS bukanlah hal yang mudah dipahami oleh banyak pengguna. Hal ini seringkali membuat pengguna merasa kesulitan untuk menghentikan aplikasi latar belakang, atau bahkan tidak menyadari bahwa aplikasi yang sudah dibuka sebelumnya masih berjalan di latar belakang. Oleh karena itu, dalam artikel ini kami akan membahas secara detail tentang menghentikan aplikasi latar belakang pada berbagai perangkat, kelebihan dan kekurangan dari tindakan ini, serta beberapa tips dan trik yang dapat membantu kita mengoptimalkan performa perangkat.

Kelebihan dan Kekurangan Menghentikan Aplikasi Latar Belakang

Kelebihan Menghentikan Aplikasi Latar Belakang:

No Kelebihan
1 Meningkatkan performa perangkat
2 Membantu menghemat baterai
3 Mempercepat waktu loading aplikasi
4 Mencegah perangkat menjadi panas
5 Memperbaharui RAM perangkat

Kekurangan Menghentikan Aplikasi Latar Belakang:

No Kekurangan
1 Tidak semua aplikasi bisa dihentikan
2 Tidak memperpanjang umur baterai secara signifikan
3 Berpotensi membuat aplikasi menjadi lebih lambat pada saat dibuka kembali

Menghentikan aplikasi latar belakang bisa memberikan banyak manfaat, terutama bagi perangkat yang sudah agak tua atau memiliki spesifikasi yang rendah. Namun, ada juga beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan sebelum melakukan tindakan ini.

Tips Menghentikan Aplikasi Latar Belakang

Tip 1: Gunakan Fitur Pengelola Aplikasi Bawaan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, setiap perangkat Android atau iOS memiliki fitur pengelola aplikasi latar belakang bawaan. Kita dapat menggunakan fitur ini untuk mengelola aplikasi latar belakang secara efektif. Untuk perangkat Android, kita bisa melakukan langkah-langkah berikut:

  • Buka menu Pengaturan
  • Pilih Aplikasi
  • Pilih Aplikasi Terpasang
  • Pilih Aplikasi yang Ingin Dikelola
  • Pilih Hentikan Paksa

Untuk perangkat iOS, kita bisa melakukan langkah-langkah:

  • Buka Pusat Kontrol
  • Tekan lama ikon aplikasi yang ingin dihentikan
  • Pilih Tutup

Tip 2: Gunakan Aplikasi Pengelola Aplikasi Latar Belakang

Selain menggunakan fitur bawaan, kita juga bisa menggunakan aplikasi pengelola aplikasi latar belakang. Ada banyak aplikasi semacam ini yang tersedia di Google Play Store atau App Store, seperti Battery Doctor, Greenify, atau Force Stop. Aplikasi ini dapat membantu kita mengelola aplikasi latar belakang dengan mudah dan lebih efisien.

Tip 3: Matikan Notifikasi Aplikasi

Seringkali kita menerima notifikasi dari aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang. Notifikasi seperti itu tidak hanya mengganggu, tetapi juga membuat aplikasi tersebut terus berjalan di latar belakang. Oleh karena itu, kita sebaiknya mematikan notifikasi aplikasi yang tidak penting atau yang sering mengganggu kita.

FAQ Menghentikan Aplikasi Latar Belakang

1. Apa itu aplikasi latar belakang?

Aplikasi latar belakang merupakan aplikasi yang tetap berjalan di belakang layar atau di latar belakang perangkat kita, meskipun kita sudah keluar dari aplikasi tersebut.

2. Kenapa aplikasi latar belakang harus dihentikan?

Beberapa aplikasi latar belakang yang paling sering ditemukan adalah media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter, serta aplikasi chat seperti WhatsApp dan Line. Aplikasi latar belakang yang berjalan terus-menerus ini dapat membebani kinerja perangkat kita dan mengurangi daya tahan baterai.

3. Bagaimana cara menghentikan aplikasi latar belakang pada perangkat Android?

Buka menu Pengaturan > Pilih Aplikasi > Pilih Aplikasi Terpasang > Pilih Aplikasi yang Ingin Dikelola > Pilih Hentikan Paksa.

4. Bagaimana cara menghentikan aplikasi latar belakang pada perangkat iOS?

Buka Pusat Kontrol > Tekan lama ikon aplikasi yang ingin dihentikan > Pilih Tutup.

5. Apa kelebihan menghentikan aplikasi latar belakang?

Kelebihan menghentikan aplikasi latar belakang antara lain meningkatkan performa perangkat, menghemat baterai, mempercepat waktu loading aplikasi, mencegah perangkat menjadi panas, serta memperbaharui RAM perangkat.

6. Apa kekurangan menghentikan aplikasi latar belakang?

Kekurangan menghentikan aplikasi latar belakang antara lain tidak semua aplikasi bisa dihentikan, tidak memperpanjang umur baterai secara signifikan, serta berpotensi membuat aplikasi menjadi lebih lambat pada saat dibuka kembali.

7. Apakah menghentikan aplikasi latar belakang aman untuk perangkat kita?

Menghentikan aplikasi latar belakang aman untuk perangkat kita. Namun, kita perlu memperhatikan aplikasi apa saja yang kita hentikan, supaya tidak memengaruhi performa perangkat secara keseluruhan.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa menghentikan aplikasi latar belakang pada perangkat Android atau iOS dapat membantu meningkatkan performa perangkat dan menghemat baterai. Namun, ada juga beberapa kelemahan yang perlu diperhatikan sebelum melakukan tindakan ini. Untuk mengelola aplikasi latar belakang secara efektif, kita bisa menggunakan fitur bawaan atau aplikasi pengelola aplikasi latar belakang. Selain itu, kita juga sebaiknya mematikan notifikasi aplikasi yang tidak penting atau yang sering mengganggu kita. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat Edmodo.

Penutup

Demikianlah artikel kami tentang Menghentikan Aplikasi Latar Belakang. Meskipun terlihat sederhana, menghentikan aplikasi latar belakang dapat membantu meningkatkan performa perangkat kita secara signifikan. Jangan lewatkan artikel-artikel menarik lainnya di situs ini. Terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya!

Menghentikan Aplikasi Latar Belakang