Lempar Cakram

Posted on

Lempar Cakram – Assalamualaikum Wr Wb.Alhamdulillah atas izin Alloh SWT serta Ridho dari junjungan Kita Nabi Muhammad SAW, kita dapat berjumpa lagi dalam pembahasan artikel kali ini.

Dimana Edmodo.Id akan membahas materi dengan tema mengenai Lempar Cakram yang berdasarkan Pengertian, Gaya, Teknik Dasar, Sejarah, Prinsip dan Tujuan. Langsung saja pembahsannya dibawah ini.

Pengertian Lempar Cakram

Lempar Cakram

Olah raga lempar dalam Bahasa Inggris disebut Discus Throw. Definisi melempar cakram adalah salah satu cabang olahraga di mana atlet berlomba untuk melempar benda-benda berbentuk cakram sejauh mungkin, mengikuti aturan tertentu.

Melempar adalah olahraga lemparan (cakram, mati, peluru dan tombak). Dalam hal ini, disk adalah benda kayu dalam bentuk piring dengan bingkai sabuk besi. Dengan demikian, lempar cakram adalah salah satu nomor dalam atletik yang menggunakan benda kayu dalam bentuk pita besi atau bahan bundar datar lainnya.

Melempar cakram adalah salah satu yang paling populer dalam atletik. Dalam kompetisi Olimpiade sejak 708 M, lempar cakram adalah bagian dari pentathlon. Pertama, cakram itu terbuat dari batu yang terendam tipis, dan kemudian dari perunggu, yang dicetak dan ditempa.

Metode melempar pada awalnya ditiru oleh nelayan yang melemparkan jala mereka berulang-ulang. Kemudian lemparan dengan postur tubuh yang miring ditemukan, dan tubuh itu sedikit dimajukan ke depan.

Teknik Dasar dan Gaya Permainan Lempar Cakram

Teknik Dasar dan Gaya Permainan Lempar Cakram

Pada permainan olahraga ini, tentunnya mempunyai beberapa gaya saat memulai permainan. Gaya ini terdiri dari:

Gerakan Awalan Lempar Cakram

Untuk membuat awalan ini, terdiri dari yang berikut:

A. Teknik Posisi yang Baik

Berdiri di samping, lemparkan arah. Kaki-kaki diperpanjang ke lebar tubuh, sedikit ditekuk dan merosot. Berat terletak di kedua kaki.

B. Teknik Fokus Untuk Membuat Awalan Stabil

kemudian cakram memutar ke sisi kanan belakang, lalu ke kiri. Gerakan ini diulangi 2-3 kali dengan rotasi berikutnya dari awalan. Cara untuk melakukan ini adalah sebagai berikut:

Tangan yang memegang cakram berputar ke kanan dan kemudian berputar ke kanan dengan tubuh, tangan kiri juga mengikuti gerakan kanan, sedikit menekuk ke depan dada, kaki kanan sedikit ditekuk, dan beratnya terutama di kaki kanan, kaki kiri mengikuti gerakan dengan sedikit mengangkat tumit.

Kemudian cakram diputar ke kiri, diikuti oleh tubuh, diputar ke kiri, tangan kiri juga dipindahkan ke kiri, berat dipindahkan ke kaki kiri, kaki kanan melorot, dan tumit sedikit terangkat.

Selanjutnya, gerakan ayunan disk ke kanan dan belakang diulangi lagi, seperti dijelaskan di atas.

Gaya Memegang Cakram

Metode memegang disk tergantung pada lebar tangan dan panjang jari. Beberapa metode penyimpanan disk yang umum digunakan meliputi:

  1. Untuk yang memiliki jari pendek, cara memegang disc adalah sebagai berikut: posisi jari sama dengan yang pertama, hanya tepi disk yang lebih besar ke ujung jari. Pena itu sendiri tidak terlalu ketat. Telapak tangan berarti berada di tengah cakram.
  2. Bagi mereka dengan lengan lebar, berikut ini: jari tengah dan jari telunjuk adalah sama, dan jari-jari sedikit reyot. Jika, pertama, tekanan pada jari dibagi secara merata, kemudian kedua, prioritas diberikan pada tekanan pada jari yang cocok sebelumnya. Tekanan pada jari-jari ini adalah apa yang mengatur rotasi disk ketika dilepaskan dari tangan.
  3. Bagi yang memiliki lengan lebar, cara memegang disk dengan menempatkan tepi disk pada kurva pertama jari. Jari-jari sedikit tidak rata dengan jarak yang sama antara satu jari dan lainnya. Disk terpasang ke telapak tangan Anda tepat di pusat gravitasi disk atau sedikit di belakangnya. Semakin lama jari-jari, semakin mudah untuk memegang cakram, dan cakram dapat dipegang dengan kuat.

Gerakan Saat Melempar

Tanpa berhenti dari posisi siap untuk melempar, ini diikuti oleh gerakan melempar cakram. Cara untuk melakukan ini adalah sebagai berikut:

  1. Kaki kanan tidak dapat mengangkat panggul dari posisi yang lebih rendah di atas kaki kanan diperpanjang ke depan, maka tubuh, yang awalnya bersandar, dan teplin berputar ke kanan ke kiri, diikuti oleh pergerakan panggul, yang berputar ke kiri juga.
  2. Berat dipindahkan dari kaki kanan ke kaki kiri. Setelah tubuh menyelesaikan lemparan penuh (siap melempar) dengan waktu yang tepat, disk akan dibuang ke depan bagian atas.
  3. Lepaskan cakram dagu dengan sudut sekitar 90 °. Disk terputus dari pegangan dengan rotasi searah jarum jam, disk diputar oleh tekanan jari telunjuk. Disk dilepaskan ketika disk sedikit di depan bahu.
  4. Disk yang dilepaskan sebelum melewati pundak tidak akan berhasil, karena, dengan pengecualian lemparan, tidak akan jauh dan tidak akan jatuh ke zona lemparan. Sebaliknya, jika rilisnya sedikit terlambat, mencapai tubuh, hasil lemparan tidak akan memuaskan dan akan meninggalkan area lemparan.
  5. Setelah disk dilepaskan, tubuh bersandar ke depan. Tampilan mengikuti jalur drive.

Gerakan Akhir Pada Lempar Cakram

Setelah cakram dilepaskan, kaki kanan harus segera digerakkan ke arah wajah dengan sedikit tikungan untuk mencegah tubuh mendorong meninggalkan lingkaran. Kaki kiri dipindahkan kembali, dan mata mengikuti jatuhnya cakram.

Pemindahan kaki kanan dari belakang ke depan terjadi karena dilakukan dengan tolakan yang kuat, dan beban maksimum, disertai dengan bantuan kaki kiri, yang juga menolak, terjadi selama penerbangan, jadi ini adalah lompatan. Setelah lemparan dibuat dan dinyatakan bahwa cakram tersebut legal untuk jatuh, dari posisi berdiri pelempar meninggalkan lingkungan melalui belahan belakang, daripada berlari atau melompat.

Sejarah Singkat Permainan Lempar Cakram

Sejarah Singkat Permainan Lempar Cakram

Diyakini bahwa lempar cakram dalam olahraga, yang pernah diperebutkan, dimulai sejak abad ke-5 SM. Olahraga yang selalu hadir di setiap acara olahraga internasional, seperti Olimpiade.

Selain itu, lempar cakram adalah olahraga ikonik. Sejak runtuhnya Eropa kuno, olahraga ini telah menghilang dalam kehidupan manusia dan telah menjadi narasi sejarah.

Di olimpiade modern pertama hanya pria yang mengikuti. Hingga 1928, akhirnya, wanita dapat berpartisipasi dalam acara olahraga ini dan berpartisipasi dalam Olimpiade.

Prinsip Dasar Lempar Cakram

Prinsip Dasar Melempar Cakram

Seperti yang telah kita lihat, ketika melempar disc, ada berbagai gaya, serta trik dalam hal ini. Dengan demikian, kita dapat menarik kesimpulan tentang prinsip-prinsip melempar cakram, yaitu:

  • Teknik memegang cakram, teknik awalan, teknik lempar cakram dan sikap akhir.

Sementara itu, prinsip penting dalam permainan olahraga ini dapat dibagi menjadi 2, yaitu:

Prinsip Dasar yang Harus Dihindari dalam Persaingan

  • Pelempar memberi beban pada kaki depan mereka dan membiarkannya jatuh.
  • Melempar kaki tidak rileks dan tidak terlalu tegang, sehingga posisinya tidak sempurna atau bahkan salah.
  • Pelempar melempar sebelum waktunya, dalam banyak kasus pelempar melempar terlalu cepat atau terlalu dini dari saat pengumuman.
  • Pelempar di awal putaran jatuh kembali.
  • Tubuh terlalu miring ke depan.
  • Tubuh hanya berputar di tempat yang sama.
  • Guci melompat terlalu tinggi di atas udara.

Prinsip Dasar Persaingan Saat Bertanding

  • Rotasi sempurna sangat disarankan untuk melakukan rotasi besar antara tubuh bagian bawah dan atas.
  • Drive harus didorong untuk melewati lingkaran.
  • Pelempar harus dapat mencapai jarak yang cukup ketika disk membeku dalam lingkaran.
  • Pelempar harus mendarat dengan jari kanannya, diikuti dengan gerakan memutar bertahap.
  • Pelempar harus mendarat dengan kaki kanan mereka dan harus tepat di tengah lingkaran, serta dengan kaki kiri sedikit ke kiri garis lemparan.

Demikian Pembahasan kita pada kali ini di edmodo.id tentang Lempar Cakram. Nantikan Artikel Menaraik Lainya, tetap bersama kami. Terimaksih Semoga Membawa Manfaat.

“Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh”

Baca Juga: