Kesimpulan

Posted on

Berdasarkan keterangan dari KBBI, yang mana kesimpulan ialah merupakan suatu keputusan yang didapatkan berdasarkan metode berpikir induktif atau deduktif dari suatu diskusi atau ide.

Kesimpulan ialah merupakan suatu rangkaian akhir dari bab yang telah disusun dari karya tulis, yang mana penulis memberikan kesimpulan dari semua apa yang telah dibahas. Sehingga poin – poin yang ada bisa lebih tepat sasaran dan lebih berguna.

Kesimpulan
Kesimpulan

Ciri – Ciri kesimpulan

Di bawah ini terdapat beberapa ciri dari kesimpulan yang diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Dengan menggunakan bahasa yang baik dan juga benar.
  • Dengan menggunakan bahasa yang mudah di pahami oleh orang lain.
  • Berisi pokok – pokok pembicaraan.
  • Menggunakan penarikan dan pernyataan secara umum dari kalimat fakta sebelumnya.
  • Membandingkan dua hal yang berbeda namun tetap memperhatikan dengan seksama pada sisi tertentu,
  • Tidak berbelit – belit kalimatnya.
  • Berupa fakta dan juga jelas.

Jenis – Jenis Kesimpulan

Kesimpulan memiliki beberapa jenis menurut KBBI, yaitu seperti yang dijelaskan dibawah ini :

Kesimpulan Disjungtif

Keputusan yang didasarkan oleh bermacam – macam kemungkinan atau kebenaran dari suatu pernyataannya, namun hanyalah memiliki satu pernyataan yang dinyatakan benar.

Kesimpulan Disjungtif itu sendiri sebenarnya asal dari kata dasarnya kesimpulan.

Kesimpulan Hipotesis

Kesimpulan Hipotesis di dalam penelitiannya ialah suatu jawaban yang sifatnya hanya sementara dari sebuah pertanyaannya. 

Hipotesis itu sendiri bisa diartikan dari beberapa sudut pandang orang lain, contohnya saja dengan cara etimologisnya, teknisnya, statistiknya dll.

Pada dasarnya pengertian tentang kesimpulan hipotesis yang biasa dipergunakan ialah sebagai jawaban yang sementara hanya untuk penelitiannya saja.

Kesimpulan Kategorial

Pengertian dari kesimpulan kategorial itu merupakan sebuah hasil dari keputusan yang didapatkan dengan sendirinya tanpa syarat apapun sama sekali.

Kesimpullan kategorial itu sendiri sebenarnya hampir sama dengan pengertian kesimpulan disjungtif.

Kesimpulan Partikular

Kesimpulan Partikular ialah sebuah kesimpulan yang cara pembuatannya dibatasi, karena hanya ditujukan untuk sebagian sumber lingkungan saja dari salah satu subjek.

Kesimpulan partikular memiliki arti yang sangat berlawanan dengan kesimpulan kategorial diatas.

Kesimpulan Universal

Kesimpullan Universal ialah hasil kesimpullan yangdidalamnya menjelaskan atas kebenaran dari lingkungan atau berita yang sifatnya umum.

Kesimpulan universal sangat berlawan dengan pengertian dari kesimpulan yang tunggal.

Langkah – Langkah Membuat Kesimpulan

Sebelum membuat kesimpulan ada beberapa langkah – langkahnya yaitu sebagai berikut :

  • Mendengarkan dengan seksama isi dari informasi yang sedang disampaikan.
  • Menafsirkan pokok – pokok pembahasan.
  • Menyeleksi dan menentukan pokok pikiran.
  • Menulis kembali pokok pikiran dengan kalimat sendiri secara ringkas.
  • Menyampaikan kembali isi informasi yang telah ditulis secara jelas.

Baca Juga : Fungsi Daftar Pustaka

Cara Membuat Kesimpulan Bacaan / Paragraf

Selain mencari kesiimpulan dari suatu hubungan atau penelitian. Terkadang kita juga diminta mencari kesiimpulan dari bacaan atau paragraf tertentu.

Maka untuk ini, yang perlu sobat ketahui adalah bagaimana cara untuk menyusun kesiimpulan dari bacaan.

  • Baca dan pelajari semua paragraf yang disajikan dari awal hingga akhir paragraf.
  • Tentukan ide utama setiap paragraf. Yaitu, menemukan kalimat atau kata-kata mana yang sering diulang dan sering digambarkan baik secara harfiah maupun yang dipertanyakan.
  • Tentukan kesiimpulan berdasarkan ide utama yang dibahas dalam kalimat bacaan dan paragraf yang disajikan.

Simak contoh seperti di bawah ini:

“Dengan padatnya rutinitas yang kami lakukan setiap harinya, sehingga hampir setiap hari juga kami selalu memakai alat transportasi untuk memberikan kemudahan agar bisa berpindah- pindah sesuai dengan tujuan yang hendak dituju.

Namun apakah anda tahu yang mana apabila kita ingin memindahkan kendaraan tersebut membutuhkan suatu bahan bakar supaya bisa bergerak.

Tidak banyak orang yang tahu bahwa ternyata jenis bahan bakar yang hampir sering kita pakai tersebut bisa terbentuk dari suatu energi fossil yang mana fossil tersebut terbentuk dari sisahan proses pelaukan sejumlah makhluk hisup yang sudah berlangsung berabad – abad yang lalu.

Jenis bahan bakar ini merupakan salah satu jenis bahan bakar yang keberadaannya tidak bisa diperbaharui lagi,

Dengan demikian apaila terus menerus bahan bakar ini kita gunakan, maka kemungkinan ia akan habis.

Maka untuk ini, kita harus menghemat penggunaan bahan bakar dan mencari solusi untuk menggunakan jenis bahan bakar lainnya yang bisa diperbarui.

Sehingga dengan adanya penemuan jenis bahan bakar lainnya yang bisa diperbaharui, maka penggunaan bahan bakar jenis fossil ini bisa segera kita perhemat penggunaannya. “

Kesimpullan

Jadi berdasarkan keterangan diatas, kesimpullannya dapat kita ambil kita harus dapat menghemat penggunaan bahan bakar fossil dan harus bisa menemukan jenis bahan bakar lainnya yang dapat diperbaharui, agar penggunaan bahan bakar jenis fossil ini tidak mengalami kehabisan.

Tips Membuat Kesimpulan

Pada saat akan menarik kesiimpulan, maka hal tersebut jangan dilakukan dengan asal -asalan ketika anda akan menyajikan hasil dalam penelitian, karya tertulis atau dokumen.

Sebagian besar siswa dan peneliti jatuh ke dalam menarik kesimpullan. Oleh karena itu, akan sangat mudah bagi penguji untuk menemukan kesalahan dalam menulis kesiimpulan ketika diperiksa dan dibaca.

Secara umum, siswa menyusun bahan kesimpullan namun bukan dari hasil penelitian yang sudah mereka lakukan.

Bahkan mereka juga dapat menarik kesiimpulan yang telah ditulis dalam bab terakhir dari dokumennya yang tidak dijelaskan atau tidak adanya pembuktian pada hasil penelitiannya.

Jadi ketika penguji memintanya untuk merujuk pada kesimpullan yang ditulisnya.

Siswa tidak dapat menjawab pertanyaan yang diajukan. Untuk ini, di bawah terdapat tips tentang cara menyusun kesimpullan:

  • Menjawab Permasalahan

Kemudian cara yang tepat untuk menyusun hasil dari kesimpullan yang bagus. apakah itu merupakan kesimpullan dari tesis, kesimpullan makalah atau kesiimpulan makalah apa pun.

Ini harus menanggapi masalah yang dibahas pada awal diskusi tentang dokumen yang dibuat.

Oleh karena itu, kesimpullan yang telah ditulis dengan benar harus menanggapi rumusan masalah yang diteliti. Sama seperti kertas yang kami buat.

Apabila kita mempunyai 5 formulasi permasalahan yang nantinya akan dijadikan sebagai sebuah subjek diskusi kita lakukan dalam artikel ilmiah seperti tesis atau artikel.

Oleh karena itu, isi kesimpullan juga harus dapat menerangkan 5 kesimpullan tentang hasil tanggapan penelitian kita sendiri terhadap laporan penelitian.

  • Tidak Bertele-tele

Kemudian cara yang perlu sobat hindari pada saat akan menarik kesimpullan yakni jangan menjelaskan hal yang terkesan bertele-tele.

Artinya hasil dari pada perumusan yang akan disajikan untuk dijadikan bahan kesimpullan harus di sampaikan dengan secara singkat, padat dan jelas.

Tidak perlu menggunakan kata-kata berulang dan memberikan jawaban yang jelas untuk hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan.

Secara umum, kesimpullan atau disebut juga bab 5 hanya terdiri dari 1 atau 2 lembar yang berisi hasil penelitian yang telah dilakukan.

  • Jangan Menjelaskan Data

Cara lain untuk menarik kesimpullan adalah bahwa tidak perlu memberikan dan menjelaskan data yang diperoleh. Mengapa, data ini adalah bagian dari diskusi penelitian.

Sementara itu, kesimpulannya adalah hasil akhir dari penelitian yang diperoleh jika itu seperti yang diharapkan atau jika perbaikan diperlukan.

Demikianlah yang dapat kami paparkan terkait pembahasan tentang kesimpulan, semoga beberapa pemaparan ulasan diatas bisa membantu sobat semua.