Jenis Pengangguran

Posted on

Jenis Pengangguran –Pengangguran adalah istilah untuk tenaga kerja (populasi berusia 15-65) yang tidak bekerja sama sekali atau sedang mencari pekerjaan.

Orang yang tidak mencari pekerjaan, seperti ibu rumah tangga, siswa sekolah menengah, siswa sekolah menengah, mahasiswa, dll, yang karena alasan tertentu tidak perlu / tidak perlu bekerja.

Pengangguran biasanya disebabkan oleh fakta bahwa jumlah tenaga kerja tidak sebanding dengan jumlah pekerjaan yang tersedia.

Pengertian

Jenis Pengangguran

Menurut Badan Pusat Statistik, tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Indonesia menurun dari 2015 menjadi 2019. Pada Agustus 2019, TPT turun menjadi 5,28 persen dibandingkan tahun sebelumnya, yang sebesar 5,34 persen. Di Indonesia, 5 menganggur dari 100 orang.

Meskipun ini adalah peristiwa yang negatif bagi ekonomi dan individual, seseorang bisa menjadi pengangguran di karenakan beberapa permasalahan. Ini termasuk pengunduran diri secara sukarela dari pekerjaan, orang-orang yang dipecat atau dipecat dari pekerjaan mereka, pekerjaan individu yang dipecat karena berbagai alasan (digantikan oleh teknologi), orang-orang yang meninggalkan tempat kerja karena alasan pribadi, seperti cuti hamil, cedera atau sakit.

Bagaimana Cara Mengatasi Pengangguran

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk mengurangi pengangguran.

Pelatihan dan Sertifikasi untuk Karyawan Masa Depan

Pekerja harus menjadi yang terbaik untuk melakukan pekerjaan mereka. Mereka yang berpengalaman harus diasah sedemikian rupa sehingga mereka dapat digunakan secara efektif untuk tempat mereka bekerja (perusahaan). Itu harus selalu menjadi komitmen untuk membuat sumber daya manusia yang optimal. Inilah sebabnya mengapa pengalaman membutuhkan pembelajaran dan pelatihan yang terkait dengan pekerjaan masing-masing.

Pendidikan Publik Tentang Teknologi dan Hubungannya Dengan Ekonomi

Banyak orang melihat pengangguran sebagai komitmen pemerintah untuk mengatasinya. Bahkan, pencari kerja sendiri harus lebih memahami manajemen keuangan atau teknologi yang semakin banyak digunakan saat ini.

Mendidik Pelamar Pada Semangat Kewirausahaan

Sering dikatakan bahwa memulai bisnis sendiri membutuhkan modal. Terlepas dari kenyataan bahwa saat ini digital, banyak tanpa modal menggunakannya hanya online. Selain itu, dengan mengarahkan karyawan untuk membuat bisnis atau proyek kerja mereka sendiri sesuai dengan semangat dan pengalaman pekerja, ini akan membuat pekerja lebih nyaman dalam berwirausaha. Ini akan secara signifikan mengurangi pengangguran, terutama sekarang, ketika semua orang dapat menunjukkan kreativitas mereka di jaringan. Jika pekerja merasa nyaman dengan apa yang dia lakukan, maka akan mudah diatasi bersama.

Menempatkan Pencari Kerja Ke Tempat yang Sesuai Kemampuan

Ini bisa dimulai dari proses perekrutan hingga penempatan. Dengan menempatkan karyawan di bagian dan wilayah yang tepat, ini akan membuat karyawan antusias dan loyal kepada perusahaan. Distribusi pekerja yang adil di berbagai bagian akan memudahkan pekerjaan, dan pekerja juga akan melakukannya lebih cepat. Untuk meningkatkan efisiensi pekerja dan tidak akan ada pengangguran hanya karena profesi yang salah.

Membuka Lapangan Kerja

Dengan meningkatnya jumlah lowongan akan ada sejumlah besar pencari kerja yang akan datang untuk bekerja. Dengan demikian, jika banyak lowongan dapat memberikan lebih banyak peluang bagi pencari kerja untuk diterima.

Pengangguran Friksional

Pengangguran Friksional

Friksional suatu pengangguran yang bersifat sementara. Ini bisa terjadi dalam banyak cara.

Misalnya, ini terjadi ketika beberapa pekerja menganggur sementara, ketika mereka ingin berganti pekerjaan, ini disebut “pengangguran friksional”.

Dengan cara yang sama, pemogokan dan penutupan dapat menyebabkan penangguhan pekerjaan, dan saat ini beberapa pengangguran friksional dapat terjadi.

Menurut ekonom seperti Keynes dan Lerner, pengangguran friksional adalah jenis pengangguran yang konsisten dengan kondisi lapangan kerja penuh dalam perekonomian. Pengangguran friksional disebabkan oleh kesulitan dalam menemukan pekerja dan lowongan bersama.

Dengan demikian, masalah pengangguran friksional harus diatasi dengan menggunakan beberapa alat khusus untuk mengatasi mobilitas tenaga kerja, seperti menyebarkan informasi tentang peluang kerja, pengaturan pekerjaan melalui pertukaran pekerjaan, memperbaiki kendaraan, dll., Yang dapat membantu mengurangi gesekan. pengangguran.

Bagaimana Cara Mengatasi Pengangguran Friksional

  • Untuk membuat proyek atau objek publik baru.
  • Dukungan untuk sektor informal yang ada
  • Meneruskan kegiatan transmigrasi pemerintah.
  • Menciptakan bentuk lembaga atau lembaga perantara yang ada di masyarakat.
  • Pelatihan dilakukan dengan sengaja.

Pengangguran Struktural

Pengangguran Struktural

Pengangguran ini adalah jenis pengangguran yang terjadi karena penurunan struktur ekonomi di suatu daerah atau negara. Perubahan struktural ini juga dapat terjadi di berbagai bagian ekonomi.

Misalnya, seperti perubahan komposisi tenaga kerja, relokasi ke perusahaan industri, dan banyak lagi yang memengaruhi ini.

Dengan demikian, pengangguran struktural ini adalah pengangguran, yang timbul karena perubahan barang dan jasa yang diminta, dan tidak dapat dipenuhi dengan angkatan kerja yang ada.

Ini mungkin karena pengalaman, profesi, industri atau lokasi geografis tenaga kerja yang tidak memenuhi kriteria, yang mengarah pada perubahan struktur ekonomi.

Selain itu, pengangguran juga dapat terjadi karena ketidakseimbangan antara orang yang mencari pekerjaan dan pekerjaan yang terjangkau.

Nah, pengangguran struktural harus diatasi sesegera mungkin. Untuk apa? Karena pengangguran ini, produktivitas dan pendapatan yang dimiliki oleh masyarakat akan berkurang secara signifikan, dan ini dapat menyebabkan masalah sosial-ekonomi lainnya dan menyebabkan kemiskinan jangka panjang. Ini juga berbahaya, bukan?

Bagaimana Cara Mengatasi Pengangguran Struktural

  • Pelatihan lanjutan untuk karyawan.
  • Buka pekerjaan sebanyak mungkin.
  • Konseling ekonomi dan teknologi di masyarakat.
  • Buka bisnis Anda sendiri.
  • Migrasi ke area kerja.
  • Tingkatkan modal bisnis.

Macam-Macam Pengangguran

Macam-Macam Pengangguran

Selain dari ke dua pengangguran yang sudah di jelaskan di atas seperti pengangguran struktural dan friksional, berikut inilah beberapa macam dari pengangguran lainnya dibawah ini:

Jenis Pengangguran Terselubung

Pengangguran tertutup adalah pengangguran di antara orang-orang yang memiliki pekerjaan tetapi produktivitasnya rendah.

Baik karena ketidakcocokan pendidikan dengan pekerjaan atau lainnya. Jenis pengangguran ini menyebabkan produktivitas tenaga kerja rendah.

Beberapa alasan untuk pengangguran tersembunyi adalah karena mereka kurang terampil dalam pekerjaan mereka karena pendidikan mereka rendah.

Selain itu, cukup mulai bekerja atau kurang pengalaman kerja dan paksaan seseorang yang melakukan pekerjaan tidak sesuai dengan bakat dan keterampilan mereka.

Jenis Pengangguran Kronis

Ketika pengangguran cenderung menjadi fitur jangka panjang suatu negara, hal itu disebut “pengangguran kronis.”

Negara-negara terbelakang menderita pengangguran kronis karena lingkaran setan kemiskinan.

Kurangnya sumber daya yang dikembangkan dan kurang dimanfaatkan, pertumbuhan populasi yang tinggi, keterbelakangan, kondisi teknologi primitif, akumulasi modal yang rendah, dll. Ini adalah penyebab utama pengangguran kronis di negara-negara terbelakang.

Jenis Pengangguran Teknologi

Beberapa pengangguran struktural mungkin muncul dalam ekonomi sebagai akibat dari perbaikan teknis. Pengangguran seperti itu dapat digambarkan sebagai pengangguran teknologi.

Sehubungan dengan pengenalan mesin baru, peningkatan metode produksi, penghematan tenaga kerja, dll. Beberapa pekerja biasanya digantikan oleh mesin.

Teknologi pengangguran terutama diciptakan melalui pengenalan mesin. Tapi ini adalah fenomena sementara.

Pada akhirnya, pengembangan di bawah pengaruh penggunaan modal lebih banyak mengarah pada diversifikasi kegiatan dan pengembangan banyak industri terkait, yang akan menciptakan peluang kerja tambahan. Pekerja yang menganggur akan diserap dengan cara yang lebih menguntungkan.

Di negara maju, pengangguran teknologi tidak menyebabkan masalah serius. Ini karena kemajuan teknologi bertahap sedang diamati dan tidak ada perubahan tiba-tiba dalam teknologi konvensional mereka, yang sudah pada tahap lanjut.

Namun, di negara-negara berkembang, masalah teknologi sangat serius, di mana metode primitif baru-baru ini dibuang dan metode intensif modal baru dari negara maju telah diadopsi.

Selama masa transisi, pengrajin paling terpengaruh. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut, perlu secara simultan menciptakan pekerjaan baru dalam skala besar di bidang lain.

Kemajuan teknologi di negara-negara berkembang tidak hanya menciptakan masalah pengangguran teknologi, tetapi juga menyebabkan penghapusan modal lama yang ada. Misalnya, peralatan primitif dan ternak pada umumnya tidak berguna dalam mekanisasi pertanian.

Pengangguran teknologi hanya bisa diselesaikan dengan menciptakan lapangan kerja baru sesegera mungkin. Oleh karena itu, para ahli PBB menyatakan bahwa “secara paradoks, perkembangan ekonomi yang cepat adalah alasan utama dan obat terbesar untuk pengangguran teknologi.”

Jenis Pengangguran Santai

Dalam industri seperti konstruksi bangunan, katering, atau pertanian, di mana para pekerja dipekerjakan setiap hari, ada kemungkinan pengangguran tidak disengaja yang timbul dari kontrak jangka pendek yang dapat diakhiri kapan saja.

Jadi, ketika kontrak kerja berakhir setelah selesai bekerja, ia harus mencari pekerjaan di tempat lain, yang kemungkinan besar akan ia peroleh tergantung pada keadaan, atau ia bisa mendapatkan kontrak baru dengan perusahaan yang sama ketika beberapa pekerjaan baru dimulai.

Demikian pula, di beberapa tempat, seperti galangan kapal, selama pemuatan darurat atau pembongkaran, mungkin ada pekerjaan kausal pekerja tambahan.

Setelah selesai bekerja, para pekerja tambahan ini menjadi pengangguran. Pengangguran yang tidak disengaja juga ditemukan di industri film, di mana para seniman muda bekerja secara kebetulan. Solusi konkret untuk masalah pengangguran sangat sulit ditemukan.

Jenis Pengangguran Sukarela

Karena berbagai alasan, beberapa pekerja memilih untuk tidak berpartisipasi dalam angkatan kerja. Pikirkan pekerja industri perangkat lunak yang mengambil paket keluaran besar dari perusahaan terakhirnya dan dapat hidup selama enam bulan dengan uang.

Dia dapat mengambil 90 hari libur dan menghabiskan 90 hari berikutnya mencari pekerjaan. Atau seseorang yang kaya dapat memutuskan bahwa ia lebih suka mengumpulkan tunjangan negara, seperti jaminan sosial, masuk ke dunia kerja.

Ini adil atau tidak adil, dan ini tercermin dalam kategori pengangguran sukarela.

Jenis Pengangguran Regional

Pengangguran regional juga merupakan masalah besar. Pertanian, perikanan, pariwisata, dan industri lain bergantung pada geografis, cuaca, dan permintaan konsumen.

Tidak diragukan lagi, wisatawan di Florida Selatan mengalami penurunan setelah pertengahan April, ketika cuaca mulai membaik di utara.

Hal ini menyebabkan penurunan permintaan untuk pekerja musiman dan peningkatan pengangguran di antara pekerja regional.

Jenis Pengangguran Musiman

Beberapa industri mungkin hanya terbuka untuk bisnis selama periode tahun kalender tertentu (bayangkan penjual pohon Natal bekerja di luar tempat parkir mal, sebuah toko es krim di pantai yang ditutup setelah Hari Buruh, atau lebih umum, sebuah peternakan di Iowa, yang memproduksi jagung secara musiman.)

Pengangguran di industri musiman meningkat selama pekerjaan, dan tingkat pengangguran AS mencerminkan masalah musiman dalam jumlah bulanan mereka.

Jenis Pengangguran Siklis

Pengangguran ini mirip dengan struktural di mana siklus bisnis sangat dinamis serta terus berubah. Seiring pertumbuhan ekonomi, perusahaan mempekerjakan lebih banyak pekerja dan pengangguran berkurang.

Sebaliknya, ketika ekonomi bergerak turun, pengangguran naik ketika perusahaan mengizinkan pekerja untuk pergi dan dengan cepat berhenti merekrut mereka sebelum pensiun, seperti yang terjadi selama ekonomi yang kuat.

Demikian Pembahasan kita pada kali ini di edmodo.id tentang Jenis Pengangguran. Nantikan Artikel Menaraik Lainya, tetap bersama kami. Terimaksih Semoga Membawa Manfaat.

“Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh”

Baca Juga :