Tabungan Emas Bri

Posted on

Tabungan Emas BRI sebenarnya sama dengan Tabungan Emas Pegadaian, Tabungan Emas Antam, dan produk tabungan emas lainnya yang tersedia di sejumlah bank BUMN.

Tabungan emas ini merupakan wahana investasi bagi masyarakat yang ingin mencicil kepemilikan emasnya. Sekadar informasi, kualitas emas yang ditawarkan di Tabungan Emas BRI adalah emas murni 24 karat.

Anda dapat memilih antara emas bersertifikat Antam atau emas lain yang tidak dibuat oleh Antam. Sementara itu, pecahan 5 g, 10 g, 25 g, 100 g, dan 250 g dapat dipilih.

Langsung saja anda baca artikel ini sampai selesai agar dapat memudahkan anda memahami tentang investasi tabungan emas ini.

Tabungan Emas Bri

Tabungan Emas Bri
Tabungan Emas Bri

Terlepas dari bentuk Anda menabung emas, sebenarnya anda memilih untuk menabung emas itu sudah sangat menguntungkan. Salah satunya adalah liquid, artinya mudah untuk diuangkan.

Tentunya jika Anda memiliki emas fisik berupa perhiasan, bisa dengan mudah dikenakan saat menghadiri suatu acara. Perhiasan emas juga bisa digadaikan jika Anda memiliki kebutuhan yang mendesak tetapi tidak berniat menjual perhiasan tersebut.

Jika Anda memiliki emas batangan fisik, Anda dapat dengan mudah menjualnya saat Anda membutuhkannya. Namun, untuk produk emas yang ada di pasaran, berat minimalnya adalah 0,5 gram.

Namun, jika Anda tidak memiliki cukup uang untuk membeli emas dengan bobot paling ringan, simpanan emas dari Antam dan lembaga keuangan lainnya bisa menjadi solusi.

Selama Anda menabung di tempat yang aman seperti Tabungan Emas BRI atau lembaga lainnya, tentunya keamanannya akan terjamin dan tidak curang.

Berikut beberapa keuntungan menabung emas secara online :

  • Harga belinya lebih murah.
  • Harga buyback lebih tinggi.
  • Transaksi online dimana saja.
  • Dapat digunakan dan dicetak kapan saja.
  • Emas berkualitas dengan kemurnian 99,99 persen.
  • Bersertifikasi LBMA.
  • Rantai pasokan emas bertanggung jawab, bebas dari pelanggaran hak asasi manusia, pencucian uang, dan pendanaan teroris.

Perbedaan Jual Beli Emas Fisik Dan Online

Bagi Anda yang masih bingung memilih tabungan emas fisik atau online, bisa membandingkan pro dan kontra jual beli emas di bawah ini.

Hal ini memungkinkan Anda untuk membuat keputusan yang sesuai dengan keinginan dan ekspektasi Anda saat berinvestasi dalam emas.

Emas FisikEmas Online
Hasilkan uang saat harga emas naik.Naik / turunnya harga emas masih bisa menguntungkan. Saat harga turun, pembelian mulai dari 0,01 gram lebih murah.
Harga emas bervariasi menurut tokonya.Harga standar emas mengikuti harga referensi emas dunia, NYME (New York Mercantile Exchange).
Harga dan stok dipengaruhi oleh ketersediaan barang di toko.Transaksi dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun selama akses internet sudah terkoneksi

Bagaimana mengurus tabungan emas jika pemilik meninggal?

Mungkin pertanyaan ini muncul pada benakAnda dan juga benak beberapa pelanggan yang lainnya. Bagaimana jika pemilik tabungan emas tersebut meninggal?

Dalam kasus seperti itu, akun sekarang akan ditutup atas permintaan ahli waris dari pemegang akun yang sah. Saldo tersebut diserahkan kepada ahli waris dan ahli waris dari Pemegang Rekening sesuai dengan ketentuan bank atau Pegadaian atau lembaga lainnya dengan peraturan perundang – undangan yang berlaku sesuai dengan amanat ahli waris.

Setelah menyelesaikan proses ini, ahli waris akan menerima saldo dan penutupan rekening berarti bisnis ahli waris dengan bank atau Pegadaian atau lembaga lainnya telah berakhir.

Apakah tabungan emas Antam rugi?

Tabungan emas Antam umumnya merupakan investasi yang aman. Selama Anda memilih institusi atau perusahaan yang aman, maka simpanan emas Anda pasti hanya akan mengalami kerugian yang minimal.

Namun investasi selalu berisiko merugi. Kondisi ini bisa terjadi karena adanya perbedaan antara harga beli dan harga jual emas Anda.

Namun perbedaan harga ini biasanya tidak terlalu jauh asalkan faktor – faktor yang mempengaruhinya seperti ketersediaan, permintaan dan kondisi ekonomi di negara tersebut.

Informasi lebih lanjut, bagi anda yang ingin melihat pergerakan harga emas silahkan kunjungi website resminya. Siap berinvestasi emas? Atau sudah memutuskan untuk menabung emas di bank atau lembaga lain seperti Tabungan Emas BRI atau Tabungan Emas BNI?

Tabungan Emas Antam

Tabungan Emas Antam adalah layanan tabungan emas yang bermasyarakat. Tabungan Emas sebenarnya memiliki slogan produk tabungan yaitu : Plan, Safe, Manage dan Gold.

Edmodo.id juga membahas berbagai alternatif seperti Tabungan Emas BRI, Tabungan Emas BNI dan masih banyak lagi lembaga yang lainnya.

LBMA merupakan lembaga internasional yang mengakreditasi perusahaan pengolahan logam mulia yang didirikan pada tahun 1987 di London, Inggris.

Antam Logam Mulia telah masuk dalam Daftar Pengiriman yang Baik sejak 1 Januari 1999. Dengan akreditasi tersebut, produk emas Antam tidak hanya cocok untuk perdagangan dalam negeri, tetapi juga luar negeri.

Luar biasa bukan? Cari tahu lebih lanjut, Antam Logam Mulia adalah satu – satunya pengolahan dan pemurnian emas di negara yang menerima sertifikat LBMA ini.

Minimal 1 gram untuk cetak emas, jadi kalau anda baru saja menabung hemat 0,01 gram atau lebih, maka tunggu lah sampai tabungan anda minimal 1 gram. Kemudian Anda dapat mencetak batangan emas.

Tabungan emas Antam bisa menjadi alternatif Anda untuk menabung di tengah pandemi Covid-19. Virus corona yang melanda dunia memengaruhi sejumlah sarana investasi seperti pasar modal dan pasar valuta asing.

Berbeda dengan pasar modal yang Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bisa turun, apabila emas tidak lho! Memang harga emas Antam stabil dan cenderung melambung.

Misalnya, harga emas Antam naik Rp 32.000, maka harga nya akan menjadi Rp 963.000 pada 8 April 2020. Mengejutkan bukan? Bagi Anda yang ingin memanfaatkan tabungan ini dapat mempelajari tabungan emas Antam.

Tidak hanya Antam, ada banyak simpanan emas yang perlu Anda ketahui sebelum memilih mana yang paling menguntungkan untuk penghasilan tambahan atau alternatif saat ini seperti emas BRI dan tabungan emas BNI.

Ya, sebagai dua bank BUMN terbesar di Indonesia, BRI dan BNI menawarkan rangkaian produk investasi bagi mereka yang ingin menumbuhkan aset seperti tabungan emas ini, serta rangkaian produk asuransi bagi mereka yang menginginkan keamanan finansial.

Misalnya, asuransi jiwa BRI atau asuransi jiwa BNI. Dan jumlah asuransinya hingga 300%, serta menawarkan premi minimal Rp 10.000 selama tiga bulan.

Keuntungan Menabung Emas

Tabungan Emas Bri
Tabungan Emas Bri

Ada sejumlah keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan berinvestasi di tabungan emas, termasuk tabungan emas Antam.

  • Nilai emas stabil.
  • Dapat memulai dengan nilai nominal kecil.
  • Mudah sekali mencairkannya.
  • Mudah untuk dijaminkan atau di gadai.
  • Tidak diperlukan penyimpanan fisik.

1. Nilai emas stabil

Apakah Anda mencari sarana investasi yang tahan inflasi? Berinvestasilah dalam emas itu jawabannya. Faktanya, harga emas pun terkadang turun, namun juga harganya cenderung naik.

Sekadar informasi, inflasi adalah depresiasi suatu mata uang karena peningkatan nilai barang dan jasa. Jika Anda duduk di bangku SMA di awal tahun 90-an, Anda pasti ingat Rp5.000 sehari untuk transportasi umum plus makanan ringan.

Meski begitu, masih ada yang harus disisakan atau di tabung. Sekarang Anda mencoba berpikir bahwa Rp.5000 bisa digunakan untuk hal yang sama atau tidak? Nah, ini lah contoh inflasi.

Meski manfaatnya besar jika ingin berinvestasi emas, namun Anda juga perlu bersabar. Alasannya, kenaikan terhadap harga emas itu cenderung bersifat jangka panjang sehingga kurang cocok untuk Anda yang ingin cepat untung.

Untuk menikmati hasil yang lebih cepat, segera lah buka tabungan emas Antam atau tabungan emas lainnya di Bank BRI/BNI ataupun lembaga lainnya.

2. Dapat memulai dengan nilai nominal kecil

Jika Anda berpikir bahwa berinvestasi emas harus dimulai dengan membeli emas per kilogram, Anda salah. Penyedia tabungan emas sekarang menawarkan investasi dari nilai nominal kecil.

Misalnya emas batangan bisa anda miliki di toko emas Antam atau Bank atau Lembaga lainnya hanya dengan harga Rp 300.000. Anda pun bisa menghemat emas di Pegadaian dengan saldo minimal emas 0,01 gram.

3. Mudah sekali mencairkannya

Salah satu keunggulan emas sebagai sarana investasi adalah likuiditasnya yang tinggi. Anda dapat menariknya dalam bentuk emas batangan atau tunai kapan pun Anda membutuhkannya, namun tergantung saldo gram emas anda.

Penyedia tabungan emas juga menawarkan layanan pembelian kembali emas. Misal, jika Anda memiliki simpanan emas Antam, Anda bisa menjualnya kembali ke Antam, dengan nilai nominal lebih kecil 1 gram dan maksimal 100 gram per hari.

4. Mudah untuk dijaminkan atau di gadai

Apakah Anda membutuhkan uang tunai cepat tetapi tidak ingin menjual emas dari tabungan Anda? Mudah! Anda dapat menggadaikan emas Anda di Bank bersyariah seperti BRI/BNI atau Pegadaian.

Sebagai logam mulia, emas memiliki nilai ekonomis yang perlu dijamin agar memudahkan Anda dalam mengajukan pinjaman. Selain itu, nilai gadai emas lebih tinggi dibanding aset lainnya karena harganya bisa ditentukan dengan pasti.

Saat Anda memilih gadai, maka emas yang Anda miliki tidak akan berubah status kepemilikannya, tetapi hanya digunakan sebagai jaminan. Anda bisa mendapatkan emas ini kembali jika Anda punya uang untuk menebusnya.

5. Tidak diperlukan penyimpanan fisik

Cukup banyak orang yang masih takut menyimpan emas, karena khawatir dengan risiko kehilangan atau pencurian. Padahal, menabung emas saat ini cukup dengan menyetorkan sejumlah uang ke penyedia layanan tabungan emas seperti BRI/BNI-Goldsparen, Antams-Goldsparen.

Uang yang disimpan sebelumnya secara otomatis diubah menjadi emas. Anda dapat mencetak tabungan emas Anda dalam bentuk batangan emas jika Anda mau.

Biaya pencetakan emas tergantung dari berat emas yang akan dicetak. Semakin berat emas yang dicetak, semakin tinggi biayanya.

Nah itulah penjelasan dari Edmodo.id mengenai Tabungan Emas Bri, semoga dapat menjadi ilmu yang bermanfaat ya.

Baca Juga :