Bank Syariah Terbaik

Posted on

Bank Syariah Terbaik – Padahal, di antara sekian banyak sarana investasi di Indonesia, deposito menjadi pilihan banyak orang.

Bukan tanpa alasan, karena deposito memiliki risiko paling rendah dibandingkan investasi lain. Oleh karena itu, produk perbankan ini patut dipilih bagi Anda yang baru mulai berinvestasi.

Dalam perkembangannya, simpanan mempunyai produk syariah yang sesuai dengan kaidah hukum keuangan Islam. Sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, deposito syariah tentunya merupakan sarana investasi yang sangat menarik, karena mereka melihat tidak ada minat dalam perhitungan mereka.

Semua sudah mengetahuinya bahwa bunga perbankan dalam syariat Islam terkadang menimbulkan kontra dan kerugian karena dianggap riba.

Namun berdasarkan Deposito konvensional mengenai bunga sendiri menjadi keharus dan yang palin utama. Maka dengan ini supaya umat Islam di Indonesia tetap bisa menghemat waktu di bank, namun tidak perlu khawatir melanggar aturan syariah, beberapa bank akhirnya menawarkan deposito syariah.

Nah di bawah ini edmodo.id akan sedikit mengulas mengenai materi yang menarik untuk bisa anda ketahui yakni mengenai investasi deposito syariah terbaik.

Apa saja jenis investasi terbaik yang dimaksud, maka simak saja ulasan Bank Syariah Terbaik selengkapnya di bawah ini secara lengkap :

Bank Syariah Terbaik

Bank Syariah Terbaik
Bank Syariah Terbaik

1. CIMB Niaga Deposito Syariah

Selain merupakan salah satu bank swasta yang terbaik di Indonesia, CIMB Niaga juga mempunyai pasar yang terbilang cukup luas.

Kemudian mengetahui betapa besarnya umat Islam yang ada di Tanah Air, sehingga kemudian CIMB Niaga pun mulai menertbitkan bentuk unit usaha syariah dengan melalui CIMB Niaga Syariah.

Nah yang menjadi salah satu produk unggulannya adalah CIMB Niaga Deposito Syariah yang merupakan produk investasi yang dianggap sesuai menurut hukum Islam.

Dengan menerapkan sistem bagi hasil, nilai indeks yang bisa diperoleh calon konsumen mencapai 59%. Namun, untuk memiliki rekening CIMB Niaga Deposito Syariah perlu menyiapkan dana sebesar Rp8 juta sebagai batas setoran awal minimum.

Selain itu ada empat istilah yang bisa digunakan untuk nasabah memilih, yaitu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan. Yang mana apabila setoran di awal Anda di atas Rp 8 juta, maka tingkat dari pendapatan keuntungan bisa dibicarakan. Hampir dari seluruh jenis tabungan CIMB Niaga berlaku untuk simpanan syariah, kecuali tabungan junior.

Untuk di awal biasanya biaya penarikan pada nasabah akan memperoleh diskon sebesar 2% dari jumlah deposit sesuai dengan syarat dan ketentuan yang telah diberlakukan oleh pihak CIMB Niaga Syariah.

Kemudian Untuk Usia kelompok yang bisa mengklaim dari pada tabungan syariah ini masing masing dari mereka harus berusia antara 18 sampai 55 tahun dan mereka memang sudah mempunyai pekerjaan sebagai karyawan, wiraswasta atau profesional.

2. BSM Deposito

Prinsip Mudharabah Muthlaqah ditawarkan sebagai fitur Produk Tabungan Syariah Bank Syariah Mandiri (BSM). Yang mana dengan prinsip ini, artinya nasabah menyerahkan sepenuhnya kewenangan kepada BSM untuk mengelola tabungannya guna mendapatkan semua keuntungan yang bentuknya Halal. Ada empat periode yang bisa dipilih, yaitu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan.

Untuk setoran pertama, setoran BSM berlaku minimal Rp2 juta dan calon nasabah wajib mempunyai rekening BSM. Kemudian Anda juga harus sudah berusia minimal 18 tahun dan memilih profesi sebagai wiraswasta atau wiraswasta.

Mengenai keutamaan dan keunggukan dari pada produk BSM Deposito adalah bisa dipakai sebagai jaminan pembiayaan dan fungsi scrolling otomatis (ARO) hingga 50% saham.

Apabila Anda memutuskan untuk menarik simpanan BSM sebelum jatuh tempo, maka anda akan dikenakan biaya penarikan awal hingga mencapai sebesar Rp 30.000.

3. BNI Syariah Deposito iB Hasanah

Dengan adanya akad mudharabah maka dapat dikatakan bahwa simpanan BNI Syariah iB Hasanah merupakan salah satu produk simpanan terbaik di Indonesia. Alasan terkuatnya, setoran minimum BNI Syariah iB Hasanah hanya Rp 1 juta.

Dalam hal simpanan berkurang, rate yang ditawarkan BNI Syariah Deposito iB Hasanah mencapai 50% atau setara dengan suku bunga 5,02% per tahun.

Anda tidak memerlukan rekening tabungan BNI konvensional untuk mendapatkan produk BNI Syariah Deposito iB Hasanah, karena yang perlu Anda lakukan hanyalah membuka rekening tabungan iB Hasanah.

Kemudian Ada empat opsi untuk periode waktu dengan laporan berbeda; B. 1 bulan (46%), 3 bulan (47%), 6 bulan (59%) dan 12 bulan (50%). Selain itu bagi setiap Calon pelanggan harus sudah berusia minimal 18 tahun dan sudah bekerja

4. Danamon Deposito Syariah iB.

Bank Danamon tidak mau ketinggalan dan juga menawarkan produk investasi Halal yang mengikuti prinsip Wadiah Syariah. Keunggulan Danamon Deposito Syariah iB adalah tidak perlu dana besar untuk membuka rekening, karena setoran awal hanya Rp. 100.000.

Selain itu, nasabah tidak dikenakan biaya administrasi bulanan, biaya kartu ATM, dan biaya debit langsung untuk mencegah penurunan jumlah setoran.

Ternyata kartu ATM Danamon Deposito Syariah iB dapat digunakan sebagai kartu debit dan untuk melakukan pembelian.

Dengan penarikan yang sangat fleksibel, nasabah juga memiliki perhitungan proporsi yang kecil untuk periode 1 bulan, 3 bulan hingga 12 bulan.

Apakah kamu merasa terlalu lama? Jangan ragu, ada opsi setoran harian untuk Danamon Deposit Syariah iB selama 7, 14 hingga 21 hari.

5. BCA Syariah Deposito iB

Bank swasta yang satu ini selain merupakan bakn yang paling terbesar dan juga telah sukses, namun Bank BCA tidak pernah menutup semua peluang bagi semua para calon nasabah syariah.

Sehingga dengan melalui BCA Syariah, kemudian bank ini memberikan tawaran berupa produk simpanan syariah dengan memakai sebuah perjanjian Mudharabah Muthlaqah.

Jadi Untuk mempunyai rekening deposito syariah, maka hal pertama yang harus calon nasabah siapkan adalah setoran awal hingga mencapai minimal Rp 8 juta. Opsi durasi mulai 1, 3, 6 sampai dengan 12 bulan, BCA Syariah Deposito iB menawarkan banyak keuntungan.

Selain itu BCA Syariah juga menunjukkan bahwa produk simpanan syariahnya dapat menjadi jaminan pembiayaan dan memiliki layanan penarikan zakat untuk memenuhi kewajiban salah satu rukun Islam.

Tidak berhenti sampai di situ dan pelanggan tidak akan membayar biaya apa pun jika saldo akun mereka di bawah batas minimum jika mereka ingin menutup akun, bahkan jika mereka ingin menarik dana sebelum tanggal jatuh tempo dalam keadaan darurat.

6. Bukopin Syariah Deposito iB

Kemudian tidak mau ketinggalan juga Bank Bukopin Syariah juga tmenyediakan produk simpanannya. Dengan menerapkan akad Mudharabah Muthlaqah, calon nasabah akan dijamin keamanan dananya serta bagi hasil yang sangat kompetitif.

Deposito Bukopin Syariah iB juga dapat digunakan sebagai jaminan pembiayaan. Anda juga dapat memilih untuk memiliki perpanjangan otomatis atau jumlah bagi hasil secara tunai, melalui transfer bank atau pemesanan berlebih.

Kemudian terdapat empat opsi yang telah disediakan untuk durasi simpanan Syariah ini, yaitu mulai dari 1, 3, 6, sampai dengan 12 bulan, dengan minimal setoran di awal Rp 1 juta.

Selain itu Bank Bukopin Syariah mengenakan pajak bagi hasil sebesar 20% dan denda pembayaran sebelum tanggal jatuh tempo.

Yang mana apabila deposit yang Anda berikan kurang dari Rp 100 juta, maka Anda harus membayar komisi hingga Rp25.000.

Jika jumlah setoran adalah Rp 100 juta , maka pembayaran yang dikenakan adalah sebesar Rp50.000, dan jika lebih tinggi dari Rp1 miliar – Rp1 miliar, maka Anda harus membayar mencapai Rp100.000.

Apakah Anda ingin mencoba melakukan setoran Halal dengan cepat? Tenang saja, Bank Syariah Bukopin memiliki produk iB On Call Deposit.

Ini adalah tabungan jangka pendek yang bertahan kurang dari sebulan. Nilai keuntungan sesuai dengan kesepakatan antara bank dan calon nasabah.

Anda dapat memilih antara tiga periode waktu, yaitu 7 hari, 14 hari dan 21 hari, dengan jumlah setoran minimum Rp 100 juta. Tertarik?

7. Muamalat Deposito iB Hijrah

Tentunya jika menyangkut bank syariah, mereka tidak bisa lepas dari Banco Muamalat. Muamalat didirikan pada 1 November 1991 oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan merupakan bank umum pertama di Indonesia yang menerapkan prinsip keuangan syariah.

Untuk produk investasi yang hemat waktu, Mualamat menawarkan setoran iB Hijrah Mudharabah. Ada empat periode waktu yaitu 1, 3, 6 dan 12 bulan, yang bisa dipilih dengan mata uang tabungan dalam rupee atau dolar AS.

Untuk rupee, saldo akun minimal harus Rp 5 juta, untuk $ 1.000. Karena dua mata uang ditawarkan, dimungkinkan untuk menetapkan bahwa orang asing (WNA) berhak atas produk iB Hijrah Mudharabah Deposit, selama memenuhi persyaratan KIMS / KITAS / surat referensi.

Tentunya setiap produk simpanan syariah tersebut di atas jelas memiliki kelebihan. Anda dapat memilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan, tentu saja, keterampilan Anda.

Jangan lupa untuk selalu mempertimbangkan urusan keuangan Anda dengan matang sebelum membuka rekening deposito syariah.

Dengan banyak informasi, Anda dapat yakin bahwa Anda berinvestasi dengan benar. Apalagi saat halal dilakukan, secara alami mereka akan merasa lebih tenang seperti umat Islam.

Keunggulan Deposito Syariah

Bank Syariah Terbaik
Bank Syariah Terbaik

Saat Anda meminta setoran Islami, bank meminta calon pelanggan untuk menyelesaikan kontrak, yang juga dikenal sebagai kontrak.

Kontrak tersebut memuat tingkat bagi hasil dan pemilihan produk investasi yang dilakukan oleh bank. Biasanya relasi yang ditawarkan antara nasabah dan bank adalah 60:40.

Ada dua jenis sarana investasi yang dapat dipilih untuk simpanan syariah, yaitu Mutlaqah dan Muqayyadah. Mutlaqah artinya nasabah memberikan kebebasan kepada bank untuk mengambil keputusan investasi agar uangnya dapat dikelola dengan baik.

Sedangkan muqayyadah, nasabah menentukan jenis investasi yang dilakukan bank. Sebagai bahan pertimbangan, berikut beberapa manfaat deposito syariah yang patut dipertimbangkan:

1. Dana Pasti Aman dan Bisa Jadi Jaminan

Apabila Dibandingkan dengan jenis deposit secara tradisional, maka deposite yang dianggap Islami dianggap sedikit lebih baru, namun dalam hal ini tidak ada yang perlu anda perlu khawatirkan.

Seperti halnya simpanan pada umumnya, simpanan syariah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) karena memenuhi ketentuan Dewan Pengawas Syariah (DPS). Artinya, Anda tidak perlu khawatir kehilangan uang ketika hal-hal buruk seperti kebangkrutan terjadi.

Selain itu bahkan bisa dinggap bahwa tingkat keamanan yang diterapkan pada jenis simpanan syariah ini terbilang lebih tinggi karena bank bahkan tidak dapat melakukan kecurangan.

Tidak hanya dijamin dana akan aman, namun simpanan syariah juga akan mendapat pembiayaan dalam bentuk obligasi.

Maka apabila nanntinya Anda tiba-tiba membutuhkan uang tunai darurat, Anda dapat memberikan bukti setoran Syariah sebagai jaminan. Ternyata ini harus sesuai dengan syarat dan ketentuan masing-masing bank.

2. Bisa Atur Keuntungan

Sebelumnya sudah disebutkan di atas, yang mana keuntungan dari simpanan syariah lebih besar dari pada simpanan tradisional hal ini sesuai berdasarkan prinsip akad mudharabah yang diterapkan.

Saat simpanan konvensional menghitung keuntungan berdasarkan suku bunga yang berlaku, simpanan syariah menggunakan rasio tersebut.

Karena bagi hasil sudah ditetapkan sejak awal, bank tidak dapat melakukan kegiatan penipuan. Pada dasarnya semakin pintar bank mengelola uangnya maka semakin besar pula keuntungan yang akan Anda dapatkan dari deposito syariah.

3. Memperoleh Uang Halal

Nah kemudian keuntungan selanjutnya yang ditawarkan deposito syariah adalah, yang mana seluruh proses dan uang yang diterima klien pasti halal.

Sehingga dengan demikian tidak perlu lagi ada kekhawatiran bagi anda mengenai cara bank menangani uang, karena dapat dikatakan bahwa uang tersebut akan diproses oleh bank berdasarkan hukum Islam.

Jadi apabila uang yang sudah anda dapat bersifat halal, maka Anda tentunya tidak lagi perlu khawatir menjadi seorang Muslim dan bisa membuat hidup Anda lebih tentram.

Mungkin itu saja yang bisa edmodo.id sampaikan pada perjumpaan kita kali ini, semoga dari serangkain pembahasan Bank Syariah Terbaik diatas bisa bermanfaat bagi sahabat edmodo.id semua.

Baca Juga :