Iklim Koppen

Posted on

Iklim Koppen – Ditemukan seorang ahli iklim yang diketahui asalnya ialah dari Jerman, bernama Wladimir Koppen yang bisa membuat suatu sistem yang berklasifikasi iklim ditahun 1884 dan terjadinya beberapa perubahan dengan Koppen ditahun 1918 juga 1936.

Dalam pembagian iklim tersebut itu berdasarkan dengan konsep yang menjelaskan bahwasannya tanaman merupakan sebuah ekspresi terbaik dari iklim karena lingkaran pada zona iklim itu dapat memilih kepada distribusi tanamannya.

Dibawah ini merupakan penjelasan yang dapat edmodo.id berikan secara lengkap mengenai Iklim Koppen dengan Pengertian, Klasifikasi, Pembagian, Tipe dan Gambarnya.

Pengertian Iklim Koppen

Iklim Koppen
Iklim Koppen

Pengertian Iklim Koppen ialah sebuah iklim oleh beberapa hasil klasifikasinya yang begitu banyak yang ada diIndonesia, sebab sudah ditemukan banyak yaitu perkenalan terhadap tumbuhan yang tanamannya itu terhadap intensitas evaporasinya juga bisa menyebabkan iklim tersebut menjadi cukup besar dan berada pada permukaan bumi kita.

Adanya Intensitas evaporasi itu ditunjukkan dengan antara sebuah hubungan yang ada pada temperatur juga suhu cuacanya, yang bisa menjadikan iklim tersebut kedalam jumlah hujan yang bisa terjadi disalah satu daerah yang memiliki ketentuan pada musim panasnya.

Klasifikasi Iklim Koppen

Menurut Wladimir Koppen telah ia kembangkan melalui skema pembagian iklimnya dengan menggunakan sebuah sistem klasifikasi hingga kepada keklasifikasiannya tersebut.

Penjelasan tersebut didasari oleh rata – rata pada curah hujannya atau temperaturnya yang rendah, karena hal tersebut muncul ditemperatur bulanannya juga tahunannya.

Semua itu dapat terjadi disebabkan oleh unsur – unsur tersebut yang merupakan unsur yang mempunyai pengaruh besar didalam kehidupan suatu mahluk yang ada dipermukaan bumi ini.

Kemudian apabila sudah menentukan pembagian suatu iklim tersebut dengan didasari oleh temperatur Koppen itu sendiri, maka dapat dibedakan menjadi beberapa klasifikasi iklim yang antaranya :

  • Iklim tropis
  • Iklim kutub
  • Iklim sedang
  • Iklim kering
  • Iklim dingin

Menurut dari klasifikasi iklim yang ada diatas itu, yang dicatat oleh Koppen itu sendiri dan untuk lebih lengkapnya lagi yaitu lihatlah penjelasannya dibawah ini :

Iklim Tropis

Iklim Koppen
Iklim Koppen

Iklim tropis merupakan iklim yang masuk kedalam kategori sebuah iklim yang dingin.

Dan diketahui mempunyai temperatur hingga mencapai yang paling dinginnya saja yaitu 180 C, pada garis besar khatulistiwanya diartikan akan selalu diturunkan hujan disepanjang tahunnya.

Juga dikenal sebagai salah satu produksi oksigen terbesar didunia itu yaitu dihasilkan dari hutan tropis itu sendiri. Disebabkan oleh adanya penyimpanan cadangan sebuah karbon sebagai penampungan oksigen.

Ketahuilah :

  • Iklim tersebut memiliki suhu yang sangat stabil sampai mencapai 20° C hingga pada -34°C.
  • Iklim tersebut jarang sekali terkena sebuah pancaran dari sinar matahari yang disebabkan oleh wilayah yang terletak pada garis lintangnya 5-10°C keutara menurut garis khatulistiwanya.
  • Iklim tersebut mempunyai curah hujan yang tinggi.

Sebenarnya iklim tropis itu bisa dibagi menjadi 3 bagian jenis iklimnya, yang antaranya ialah :

Hutan Hujan Tropis (Af)

Iklim Koppen
Iklim Koppen

Pada Iklim hutan hujan tropis itu sering disebut dengan Iklim Khatulistiwa yaitu iklim yang umumnya ada didaerah tropis atau disepanjang khatulistiwanya karena disebabkan oleh turunnya hujan disepanjang tahun.

Monsoon Tropika (Am)

Secara umum Iklim musoon atau biasa disebut juga dengan iklim sedang merupakan suatu wilayah transisi yang memiliki curah hujan, sehingga dengan demikian dengan adanya bulan basah, maka hal tersebut bisa sedikit membantu untuk mengurangi kekurangan air atau masa penghujan jika terjadi kekeringan.

Savana (As dan Aw)

Iklim Koppen
Iklim Koppen

Apabila mengulas mengenai Iklim savana ini atau biasa disebut juga dengan iklim tropis yang memiliki musim panas kering (As) yang mana iklim ini merupaka suatu wilayah yang memiliki musim kering atau disebut kemarau yang sangat panjang.

Dalam hal ini artinya volume hujan yang terjadi pada bulan basah semuanya tidak dapat mengatasi terjadinya kekurangan air atau apabila datangnya musim kemarau.

Iklim Kutub

Dikatakan Daerah yang masuk kedalam Iklim Kutub itu ialah yang memiliki suhu juga temperatur yang rata – rata ada dibulan yang paling panas yang kurang dari 10°C. Diketahui bahwa terbagi oleh Iklim Salju Abadi.

Dibawah ini penjelasan dari Iklim kutub yang telah dibagi jadi 2macam jenis iklim, yaitu diantaranya :

  • Iklim Tundra (ET)
    • Merupakan distribusi yang mencakup negara Rusia beserta Kanada yang bagian utara.
  • Iklim Es Salju Abadi (EF)
    • Menurut penyebarannya yaitu meliputi daerah Greenland juga Antartika.

Iklim Sedang

Dinamakan Iklim Hujan Sedang karena iklim tersebut memiliki temperatur sedang dibagian pada suhu udaranya yang hanya mencapai 3,1°C.

Iklim tersebut memiliki musim yang bisa dikatakan lembab. Bila dapat mendukungnya untuk dikehidupan kita, menurut beberapa jenis mahluknya dan tanamannya yang ada disekitar wilayahnya.

Iklim tersebut telah dibagi menjadi 3macam jenis iklim, yang diantaranya ialah sebagai berikut :

  • Iklim sedang dengan musim panas kering (Cs)
    • Merupakan distribusi yang meliputi wilayah Perth diaustralia, Santiago dichili, California, Madrid dispanyol, dan masih banyak lagi.
  • Iklim sedang dengan hujan di semua bulan basah (Cf)
  • Iklimnya lembab (mesothermic basah) dengan musim dingin yang kering (Cw)
    • Merupakan distribusi yang mencakup Norwegia, Argentina, Chili, juga Islandia.

Iklim Kering

Iklim kering ialah merupakan sebuah ciri – ciri iklim yang memiliki tingkat evaporasinya yang lebih tinggi daripada tingkat curah hujannya yang didapatnya pada satu pekan atau disepanjang tahunnya.

Dan daripada itu, iklim tersebut memiliki temperatur yang paling dingin hingga mencapai 19,3°C. Bahkan iklimnya pun tidaklah mendukung bagi kehidupan tanamannya yang ada disekitarnya.

Diketahui :

  • Memiliki curah hujan yang bisa diterima hingga mencapai 140° bila 30%70% dari total curah hujannya selama satu periode.
  • Dan ditambahkan dengan 0% bila diketahui kurang dari 30% jumlah total curah hujannya.
  • Dapat menggandakan suhu tahunannya yang rata – rata hingga mencapai 20°C.
  • Bahkan ditambahkan dengan curah hujannya bisa mencapai hingga70% juga bisa lebih panas.

Iklim kering juga sebenarnya sudah dibagi menjadi 2macam jenis, yang diantaranya sebagai berikut :

  • Iklim Stepa atau Iklim Semi-Kering (Bs)
    • Diketahui terjadinya iklim itu ketika ditemukan perhitungan yang bisa dihasilkan kearah menunjukkan sejumlah curah hujan tahunan hingga lebih dari setengah hasil produksi akhirnya.
  • Iklim Padang Pasir atau Gurun (Bw)
    • Diketahui terjadinya apabila perhitungan jumlah yang dihasilkannya menunjukkan kepada curah hujannya yang kurang dari setengah hasil akhirnya.
    • Vegetasinya pun yang bisa bertahan hidup didalam iklim ini yaitu kaktus.

Ikilm Dingin

Pengertian Iklim Dingin ini ialah salah satu dari iklim yang memiliki temperatur hingga rata – ratanya kurang dari 17,3°C di bulan – bulan khusus saja.

Iklim dingin juga bisa memberi dukungan bagi kehidupan dibeberapa jenis tanaman yang terdapat disekitarnya itu.

Diketahui Iklim dingin itu telah dibagi menjadi 2macam jenis, yang diantaranya ialah sebagai berikut :

  • Iklim musim dingin kering dengan hutan salju dingin (Dw)
    • Menurut distribusinya itu mencangkup wilayah Korea Selatan serta Rusia juga Seoul.
  • Iklim hutan salju yang dingin dengan semua bulan lembab (Df)
    • Dan menurut penjualannya berada dinegara Kanada, Norwegia, dan masih banyak lagi.

Tujuan klasifikasi Iklim Koppen

Keseluruhan dari jenis – jenis pengklasifikasian iklim tersebut ialah pastinya memiliki kandungan yang mempunyai maksud serta tujuannya yang berbeda – beda.

Misalnya pengklasifikasian pada iklim oldeman yang juga dipergunakan pada bidang pertanian, jadi pengklasifikasian iklim Koppen tersebut juga pastinya mempunyai manfaat tertentu.

Pada klasifikasi iklim yang menurut koppen itu memiliki tujuan yaitu sebagai perancang formula dalam menentukan beberapa batas pada iklim yang sebagaimana rupanya hingga disesuaikan dengan mereka yang ada pada dizona vegetasi ataupun bioma yang juga sedang dilakukan pemetakan yang masih pertama kali dalam hidupnya.

Manfaat Iklim Koppen

Berdasarkan tujuannya adanya suatu iklim koppen itu didasari oleh dari hasil penelitian yaitu dimulai dari garis lintang 5-10° pada garis khatulistiwanya yang sangat jelas dan ada manfaatnya bagi perancangan dizona vegetasi atau pada bioma yang diketahui sedang dimetakan.

Beberapa manfaat dari yang dimaksud iklim koppen tersebut yaitu antaranya sebagai berikut :

  • Bidang Pertanian
  • Bidang Transportasi
  • Bidang Telekomunikasi
  • Bidang Pariwisata

Cukup sekian dulu yang dapat edmodo.id sampaikan mengenai pembahasan iklim koppen diatas, semogalah materi pembahasan kali ini bisa berguna untuk kalian semuanya. Terima kasih telah mengunjungi halaman edmodo.id.

Baca Juga :