Gambar Alat Musik Triangle

Posted on

Gambar Alat Musik Triangle – Assalamualaikum Wr Wb.Alhamdulillah atas izin Alloh SWT serta Ridho dari junjungan Kita Nabi Muhammad SAW, kita dapat berjumpa lagi dalam pembahasan artikel kali ini.

Dimana Edmodo.Id akan membahas materi dengan tema mengenai Gambar Alat Musik Triangle yang berdasarkan Pengertian, Bahan, Teknik, Fungsi, Sejarah dan Contoh. Langsung saja pembahsannya dibawah ini.

Pengertian

Gambar Alat Musik Triangle

Alat musik triangle atau segitiga ini adalah jenis alat musik berirama yang memiliki bentuk segitiga, tentu sesuai dengan nama instrumen tersebut. Kata “triangle” sendiri berasal dari bahasa Inggris, yang berarti “triangle”.

Alat musik berirama ini dapat membuat suara yang hampir tanpa tanda. Faktanya adalah instrumen tersebut memiliki irama suara yang menyesuaikan dengan lagu yang dimainkan, dan orang yang memainkan segitiga dalam instrumen ini. Selain itu, nada tinggi dan rendah yang dihasilkan oleh alat musik segitiga ini juga tergantung pada bahan dasar yang digunakan untuk membuatnya.

Biasanya, alat musik memiliki ukuran setidaknya 15-18 cm di sisi segitiga. Alat musik segitiga mungkin diklasifikasikan sebagai alat musik perkusi karena dimainkan dengan pukulan dari tongkat logam.

Bahan Pembuatan Alat Musik Triangle

Triangle

Alat musik segitiga biasanya dibuat dari bahan logam pilihan. Tetapi beberapa terbuat dari baja, serta jenis logam lainnya. Ada lubang atau bentuk lain di sudut alat ini sebagai tempat untuk mengikat tali.

Dikatakan bahwa tali ini dibuat dari usus binatang. Seiring dengan waktu, materi usus berubah dan diganti dengan bahan kawat atau nilon sebagai pegangan saat instrumen dimainkan.

Selain itu, biasanya alat musik segitiga ini juga memiliki ukuran sekitar 15 cm – 18 cm di setiap sisinya. Kemudian, ketika dia dimainkan, dia akan membutuhkan kelelawar atau orang sakit, yang biasanya juga terbuat dari logam. Awalnya, alat musik segitiga memiliki bentuk umum segitiga sama sisi.

Namun, seiring dengan waktu, ada juga alat yang dibuat dengan bentuk lain, yaitu dalam bentuk segitiga sama kaki. Lalu ada juga penambahan cincin – lempengan besi berbentuk cincin untuk membuat cincin ekstra.

Perlu juga dicatat bahwa nama alat musik segitiga ini, tentu saja, diambil dari bentuk instrumen itu sendiri. Yang, menurut kamus bahasa Inggris, “tri” berarti “tiga”, dan “sudut” berarti “segi”.

Kita dapat mengatakan bahwa suara yang dibuat oleh instrumen tidak memiliki skala, seperti yang kami sebutkan di awal. Ini berarti bahwa ritme suara yang dibuat oleh instrumen ini tergantung pada pengguna atau pemain instrumen dan bahan yang dihasilkannya.

Teknik Bermain Alat Musik Triangle

Pada dasarnya, ada banyak cara yang dirancang untuk memainkan instrumen segitiga, itu tergantung pada jenis musik dan kemampuan orang untuk memainkan musik, terutama bagi orang-orang yang akan memainkan instrumen.

Misalnya, hanya dalam musik rock, musik samba, serta dalam musik rakyat, yang memainkan beragam dan menarik. Ada hal-hal yang perlu diingat ketika Anda memainkan instrumen segitiga, yaitu, jangan pernah menyentuh instrumen saat memainkan instrumen.

Karena alasan ini, itu hanya akan menghentikan getaran dan menghilangkan reaksi, karena suara perangkat adalah sumber getaran yang dihasilkan.

Biasanya pada alat musik ini segitiga memainkan pukulan di luar. Namun, karena ritme musik membutuhkan perubahan tempo yang cepat, ketukan bergerak di dalam instrumen segitiga sehingga dapat membuat suara yang cukup keras dan dengan kecepatan cepat.

Terutama di komunitas Cajun Prancis, sekelompok orang yang tinggal di Louisiana, AS, yang sebagian besar orang Prancis, alat musik segitiga ini disebut “Tit-Fer”. Ada pukulan dimainkan pada instrumen segitiga, dapat juga dikatakan bahwa itu menggantikan instrumen perkusi.

Fungsi Alat Musik Triangle

Seperti yang sudah dibahas di atas, alat musik segitiga ini adalah kelompok atau jenis alat berirama, atau apa yang juga disebut jenis idiophony perkusif.

Contoh beberapa instrumen dengan kategori idiofonik ada dalam banyak bentuk. Alat musik segitiga dapat dianggap sebagai instrumen, serta iringan dan isi ulang instrumen dalam sebuah lagu. Ada jenis lagu yang dari waktu ke waktu memainkan segitiga di bar, dan beberapa memainkannya dengan variasi penuh, serta menarik.

Meskipun alat musik segitiga hanya instrumen dalam sebuah lagu, itu tidak mengesampingkan kemungkinan bahwa pemain akan memainkan instrumen sebagai melodi dalam sebuah lagu.

Grove menyebutkan seorang pemain perkusi dalam bukunya, The Musical Dictionary and Musician, bahwa instrumen segitiga ini bukan instrumen sederhana untuk dimainkan.

Selain itu, ia juga sekali lagi berkomentar dalam bukunya bahwa alat musik segitiga ini adalah alat musik yang sangat unik, dan tidak semua orang bisa memainkannya.

Meski secara prinsip sepertinya sangat sepele, namun nyatanya alat musik segitiga ini tidak mudah dimainkan.

Sejarah Awal Mula Alat Musik Triangle

Jika Anda melihat sumber-sumber sastra yang ada, alat musik segitiga ini pertama kali dibuat pada sekitar abad ke-16 Masehi.

Pencipta segitiga bahkan tidak diketahui pasti, tetapi dalam catatan sejarah lagu-lagu klasik di Eropa, khususnya, instrumen segitiga sama sisi ini sudah diputar di orkestra klasik Barat, sekitar abad ke-18 Masehi. ,

Di antara musisi yang menggunakan instrumen ini pada saat itu adalah Joseph Haydn, Ludwig Van Beethoven, dan Wolfgang Amadeus Mozart. Musisi-musisi ini bukan musisi acak karena mereka adalah musisi paling terkenal di Eropa yang masih sangat terkenal bagi banyak orang.

Salah satu permainan yang paling luar biasa dengan alat musik segitiga juga ditampilkan di konser piano, yaitu: Franz Liszt. Bahwa ada beberapa momen di konser ketika instrumen segitiga memainkan peran solo. Bahkan di sebuah konser, dia juga dipanggil atau bahkan dijuluki konser segitiga.

Kemudian, pada abad ke-19 M, alat musik segitiga ini bahkan digunakan dalam beberapa pertunjukan atau konser lainnya, seperti lagu-lagu Richard Wagner, Paduan Suara Pernikahan dari Lohengrin.

Richard Wagner sendiri adalah seorang komposer yang memiliki pengaruh signifikan di Jerman. Dia adalah ahli teori musik paling populer berkat kerja operasionalnya. Dalam sejarah musik, Richard Wagner dianggap sebagai salah satu komposer era romantis.

Tentu saja, ada lebih banyak nama musisi dunia yang menggunakan segitiga ini dalam lagu-lagu mereka. Di antara mereka adalah John Deacon dari band Rock Queen. Di mana ia memainkan alat musik segitiga ditunjukkan oleh kelompoknya, yang pada saat itu mengusung tema “Queen of the Assassins”.

Lalu ada Joni Mitchell dalam lagunya Big Yellow Taxi dan Henry Mancini di Pink Panther.

Contoh Alat Musik Ritmis Lainnya

Berikut ini adalah beberapa alat musik selain dari triangle, yang dimana alat musik ini teramsuk juga jenis-jenis alat musik ritmis. Langsung saja dibawah ini:

Simbal

Simbal

Jenis instrumen ritmik berikutnya adalah simbal. Simbal adalah sejenis alat musik barat yang dimainkan dengan cara memukul dengan tongkat. Suara simbal direproduksi dengan sangat baik, sehingga sering digunakan untuk menandai klimaks dari bab musik.

Drum

Drum

Jenis instrumen ritmik berikutnya adalah drum. Drum adalah sejenis alat musik barat dalam bentuk seperangkat instrumen perkusi. Instrumen ini terdiri dari simbal, snar drum, bass drum, dan drum tenor.

Kabassa

Kabassa

Jenis instrumen ritmik berikutnya adalah Kabassa. Kabassa adalah sejenis alat musik barat, yang akord baja baja mutiaranya dilapisi dengan mainan kerincingan dari Amerika Selatan.

Demikian Pembahasan kita pada kali ini di edmodo.id tentang Gambar Alat Musik Triangle. Nantikan Artikel Menaraik Lainya, tetap bersama kami. Terimaksih Semoga Membawa Manfaat.

“Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh”

Baca Juga: