Fungsi Selubung Mielin

Posted on

Fungsi Selubung Mielin – Assalamualaikum Wr Wb.Alhamdulillah atas izin Alloh SWT serta Ridho dari junjungan Kita Nabi Muhammad SAW, kita dapat berjumpa lagi dalam pembahasan artikel kali ini.

Dimana Edmodo.Id akan membahas materi dengan tema mengenai Fungsi Selubung Mielin – Yang Berdasarkan Pengertian, Struktur, Gambar dan Penjelasannya. Langsung saja pembahsannya dibawah ini.

Pengertian Selubung Mielin

Fungsi Selubung Mielin

Selubung mielin adalah lapisan yang terkandung dalam akson neuron.

Yang myelin sheath memiliki tugas mengurangi kapasitas dan juga menambah listrik agar menghantarkan listrik dengan sangat cepat.

Di mana selubung mielin terdiri dari oligodendrosit dalam sistem saraf pusat dan juga sel Schwann dalam sistem saraf tepi.

Dari semua kegiatan atau tindakan kecil dan besar yang kami lakukan (misalnya, membaca konten artikel ini dan kemudian turun untuk mencari tahu lebih lanjut), salah satu hasilnya adalah impuls listrik yang diterima / dihasilkan oleh sejumlah neuron.

Berdasarkan fungsinya, sejumlah neuron dapat dibagi menjadi tiga jenis neuron sensorik, yaitu neuron motorik dan kemudian neuron interna.

Ketika neuron sensorik menerima stimulasi sensorik yang dapat diperoleh dari jaringan dan organ, sedangkan neuron motor dapat menerima berbagai data dari neuron sensorik dan kemudian dijadwal ulang untuk mengatur respons tertentu, interneuron sendiri merupakan penghubung antara neuron sensorik dan juga mesin.

Apakah Anda tahu apa itu neuron? Neuron adalah sel bermuatan listrik di mana satu neuron mengirimkan pesan ke neuron lain menggunakan pulsa listrik dan kimia.

Kemudian akson panjang mulai berkembang dan berkembang untuk berkomunikasi dengan neuron lain dengan mengirimkan impuls listrik ke terminal dan kemudian mengirimkannya ke endapan neuron, yang kemudian melalui mediator kimia.

Hielin dengan demikian hadir dalam fungsi akson, yang digunakan sebagai bahan isolasi dan juga dapat membantu meningkatkan prosesi kecepatan garis.

Fungsi Dari Selubung Mielin

fungsi dari selubung mielin
fungsi dari selubung mielin

Keutamaan atau fungsi mielin itu sendiri digunakan untuk melindungi / melindungi dan bahkan mengisolasi akson dan kemudian untuk meningkatkan transmisi impuls listrik mereka.

Namun, ketika mielin rusak, transmisi impuls ini melambat dan kita dapat mengamatinya dalam keadaan neurologis yang sangat parah seperti pada multiple sclerosis. Selain itu, tujuan utama mielin ini adalah untuk menutupi sejumlah sel neuron sehingga nantinya dapat melakukan tindakan potensial bahkan lebih cepat dari sebelumnya.

Di bawah ini adalah beberapa fungsi lain dari selubung mielin yaitu sebagai berikut.

  • Berfungsi untuk melindungi akson.
  • Berfungsi untuk melengkapi / memfasilitasi garis impuls.
  • Berfungsi sebagai media untuk pertumbuhan akson saat akson rusak.
  • Dapat meningkatkan kecepatan pulsa. Di mana impuls dapat melewati selubung mielin dengan kecepatan hingga 120 meter / detik.
  • Selin berfungsi untuk meningkatkan hambatan listrik dan dapat memblokir impuls yang mengalir dan kemudian keluar dari akson.
  • Berfungsi untuk nutrisi lengkap akson.

Struktur Dari Selubung Mielin

Di mana selubung mielin terdiri dari oligodendrosit, yang terkandung dalam sistem saraf pusat dan kemudian didukung oleh sel Schwann dalam sistem saraf tepi.

Dalam serangkaian sel, lapisan ini melilit pada membran plasmanya sendiri, yang berada dalam spiral ketat di sekitar akson.

Kemudian semua sel Schwann myelinasi membentuk lapisan mielin pada akson tunggal dan kemudian membentuk segmen (ruas) dengan perkiraan panjang hingga 1 mm, yang terdiri dari 300 lapisan membran konsentris.

Kemudian antara satu segmen shell dan berikutnya, di mana area yang sangat kecil pada membran akson masih tetap terbuka (Ranvier node).

Kemudian oligodendrosit juga membentuk segmen kerudung yang hampir mirip dengan banyak akson yang terpisah.

Adanya lapisan isolasi dari selubung mielin dapat mengurangi kapasitas efektif membran akson dan juga mencegah hampir semua kebocoran yang terjadi pada arus yang dilaluinya.

Efek Dari Selubung Mielin

Dengan selubung mielin memberikan akson berbagai sifat khusus yang dapat meningkatkan kecepatan di mana mereka dapat mengirimkan potensi aksi.

Resistensi Membran

Mielin memiliki resistensi membran yang relatif tinggi:

  • Pentingnya resistensi ini kira-kira sejauh mana membran dapat mencegah atau memenuhi / menyelesaikan setiap gerakan ion bebas; Membran resistansi rendah dapat memungkinkan banyak gerakan ion, sedangkan membran resistansi agak tinggi tidak.
  • Ini dapat terjadi karena selubung mielin dapat menghambat berbagai gerakan ion yang terjadi di sepanjang area yang diisolasi dari akson. Kemudian difusi ion di sepanjang akson dipromosikan untuk mencapai simpul berikutnya, yang membentuk saluran ion di hadapan konsentrasi tinggi, memungkinkan depolarisasi yang sangat cepat dan kemudian menghasilkan potensial aksi.

Kapasitas Membran

Myelin juga dapat mengurangi kapasitas akson:

  • Ketika definisi kapasitansi adalah kemampuan sistem kelistrikan untuk menyimpan muatan yang memicu potensial aksi atau pulsa listrik saat dibutuhkan
  • Di mana myelinating mengirim ke akson dengan kapasitas rendah. Dalam hal ini, ini berarti bahwa perubahan konsentrasi ion yang lebih rendah diperlukan untuk memulai potensial akson.
  • Oleh karena itu, akson akson dapat mengerahkan potensial aksi yang jauh di atas kecepatan akson. Tetapi tanpa myelin dimediasi oleh pipa garam, potensi aksi tampaknya “melompat” antara node Ranvier.

Komposisi Dari Selubung Mielin

Selubung mielin terdiri dari 40% air. Massa kering dari selubung mielin ini mengandung 70-85% lemak dan 15-30% protein. Protein yang terkandung dalam selubung mielin adalah mielin oligodendrosit glikoprotein, protein mielin dasar dan juga protein proteilipid.

Lipid (lemak) dalam selubung mielin adalah glikolipid yang disebut galactocerebroside. Ada juga rantai hidrokarbon sphingomyelin, yang memiliki fungsi memperkuat selubung mielin.

Gangguan Selubung Mielin

Ada juga beberapa kelainan atau penyakit pada sarung mielin. Jika selubung mielin rusak, impuls melambat. Berikut adalah beberapa kelainan atau penyakit pada selubung mielin.

Demielinisasi adalah hilangnya selubung mielin di akson. Penderita anemia Permisiosa juga dapat menyebabkan penyakit ini jika mereka tidak terdiagnosis dengan cepat.

Dalam keadaan yang lebih parah, kelainan ini dikenal sebagai penyakit Canavan. Penyakit ini dapat memengaruhi keterampilan mulut, keseimbangan dan kesadaran.

Dismyelination ditandai oleh kerusakan pada struktur dan fungsi selubung mielin. Penyakit ini sering terjadi karena mutasi genetik yang mempengaruhi pembentukan selubung mielin.

Demikian Pembahasan kita pada kali ini di edmodo.id tentang Arti Mimpi Dililit Ular. Nantikan Artikel Menaraik Lainya, tetap bersama kami. Terimaksih Semoga Membawa Manfaat.

“Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh”

Baca Juga :