Fosfolipid

Posted on

Fosfolipid – Assalamualaikum Wr Wb.Alhamdulillah atas izin Alloh SWT serta Ridho dari junjungan Kita Nabi Muhammad SAW, kita dapat berjumpa lagi dalam pembahasan artikel kali ini.

Dimana Edmodo.Id akan membahas materi dengan tema mengenai Fosfolipid yang berdasarkan Pengertian, Struktur, Fungsi dan Macamnya Serta Penjelasannya Terbaru. Langsung saja pembahsannya dibawah ini.

Fosfolipid - Pengertian, Struktur, Fungsi dan Macamnya

Apa Itu Fosfolipid?

Fosfolipid

Fosfolipid adalah komponen utama dari semua membran sel dan mempengaruhi sejumlah organ dan jaringan seperti sel darah jantung dan sistem kekebalan tubuh.

Senyawa larut air yang umum terdiri dari karbon, hidrogen, oksigen, dan unsur-unsur lain seperti fosfor disebut lipid. Mereka termasuk lemak, steroid, prostaglandin, eikosanoid, dll.

Fosfolipiid terdiri dari tulang punggung gliserol, yang terikat pada satu, dua atau tiga asam lemak. Di mana mereka bertindak baik sebagai bahan bakar dan sebagai unit struktural dalam membran sel.

Gliserin adalah alkohol trihidrat dengan tiga atom karbon, sedangkan asam lemak memiliki rantai hidrokarbon non-polar yang panjang dengan gugus karboksil polar. Rantai hidrokarbon dapat berupa lemak jenuh atau tak jenuh yang mempengaruhi sifat fisik dan kimia lemak.

Lemak tak jenuh cenderung untuk dimetabolisme dan terutama diperoleh dari minyak nabati. Mereka dalam keadaan cair pada suhu kamar dibandingkan dengan lemak yang padat dalam kondisi normal.

Fungsi Dari Fosfolipid

Beberapa fungsi penting fosfolipiid adalah sebagai berikut.

  • Diketahui bahwa ada dua fosfolipiid yang sangat penting, yaitu fosfatidilkolin dan fosfatidilserin, yang ditemukan dalam membran sel tanpa sel-sel ini gagal berfungsi secara normal.
  • Fosfolipid juga penting untuk kesehatan otak yang optimal, karena mereka ditemukan dalam membran sel sel otak dan juga berkontribusi pada komunikasi dan mempengaruhi fungsi reseptor. Dalam hal ini, itu adalah bahan makanan yang kaya akan fosfolipid seperti kedelai, telur dan jaringan otak hewan dan baik untuk otak yang sehat dan cerdas.
  • Selain itu, fosfolipid juga merupakan komponen utama dalam membran sel atau plasma. Dimana dalam molekul, lapisan ganda menentukan transisi mineral, nutrisi dan obat-obatan ke dalam dan ke luar sel dan mempengaruhi berbagai fungsinya.
  • Definisi fosfolipid itu sendiri adalah bagian penting dari semua membran sel karena dapat mempengaruhi sejumlah organ dan jaringan seperti jantung, sel darah dan sistem kekebalan tubuh.
  • Kemudian kehadiran fosfolipid dalam membran sel juga dapat memberikan permeabilitas dan fleksibilitas sel dengan berbagai zat dan kemampuannya untuk bergerak dengan lancar.
  • Kemudian pada selektivitas zat-zat tertentu dalam bentuk membran sel yang disebabkan oleh adanya molekul hidrofobik dan hidrofilik dan susunan di lapisan ganda. Yang juga berguna dalam lapisan ganda ini untuk mempertahankan pH normal sel sehingga mereka terus berfungsi dengan baik.
  • Fosfolipid juga berguna dalam mengobati masalah ingatan yang berkaitan dengan zat kronis, karena mereka meningkatkan kemampuan organisme untuk beradaptasi dengan stres kronis.

Struktur Dari Fosfolipid

  • Trigliserida berarti ester gliserol yang terbentuk dari asam lemak yang dapat jenuh atau tidak jenuh.
  • Kemudian, dari ketiga gugus hidroksil, gliserol dapat bereaksi dengan tiga molekul asam lemak untuk membentuk trigil serides.
  • Diglyceride fosfolipid terdiri dari molekul gliserol (1,2,3-propanetriol) yang dikarakterisasi oleh dua asam lemak pada posisi 1 dan 2 dalam gliserol melalui ikatan ester.
  • Kemudian, pada kelompok hidroksil ketiga, gliserol terikat dengan asam fosfat melalui ikatan ester fosfat.
  • Oleh karena itu, sifat kimia dan fisik fosfolipid tergantung pada jenis rantai asam lemak dan alkohol amino.
  • Rantai hidrokarbon panjang pada dasarnya adalah asam lemak non-polar, sedangkan gugus fosfat adalah ujung kutub dengan oksigen bermuatan negatif dan nitrogen bermuatan positif.

Macam – Macam Dari Fosfolipid

Apa itu fosfolipid? adalah bagian penting dari sel yang menyediakan struktur dan perlindungan bagi sel. Kemudian diidentifikasi dalam fosfolipid pertama sebagai lesitin dari kuning telur.

Karena memiliki kepala hidrofilik dan ekor hidrofobik, yang mengatur dalam bentuk lapisan ganda sehingga sel dapat bertukar nutrisi penting.

Kolin fosfatidil

Jenis ini adalah fosfolipid, yang sangat umum di membran sel dan menyumbang 50%. Molekul ini kaya akan kolin dan karenanya kolin adalah unsur utama di sini.

Phosphatidiletanolamine

Selain itu, lipid yang paling penting pada hewan dan tumbuhan dalam jenis ini adalah dasar untuk lapisan ganda fosfolipid. Fosfolipid ini merupakan komponen utama membran mikroba.

Phosphatidilinositol

Kemudian dengan jenis ini juga merupakan komponen utama membran, yang membantu memproses metabolisme di hampir semua makhluk hidup.

Ini terutama di jaringan otak. Ini ditemukan di membran sel dan dalam jumlah yang sangat kecil dibandingkan dengan yang lain.

Serine Fosfatidil

Sedangkan yang merupakan salah satu anggota fosfolipid yang sangat penting terkandung dalam membran sel. Selain berfungsi dalam membran sel, itu juga membantu mengurangi fungsi otak yang buruk dan semua jenis depresi pada orang tua. Mereka terlibat dalam transmisi sinyal sel dan banyak kegiatan lain yang terjadi di dalam tubuh.

Ciri – Ciri Dari Fosfolipid

Tidak seperti trigliserida, fosfolipid bersifat amphipathic, yang berarti keduanya polar dan non-polar. Fosfolipid hanya memiliki dua rantai asam lemak dan ranti ini memberikan hidrofobik pada molekul.

Namun, gugus hidroksil ketiga dalam rantai gliserol terikat dengan gugus fosforil, dimana kemudian bisa dimodifikasi lebih lanjut oleh prostesis seperti molekul atau inositil, etanolamin dan serin gliserol kedua.

Modifikasi sekunder memberikan hidrofobisitas pada molekul, tergantung pada jumlah fosfolipid yang tersedia yang cenderung teragregasi menjadi misel atau bilayer.

Sifat Dari Fosfolipid

Secara umum, fosfolipid ditemukan dalam sel tumbuhan, sel hewan dan juga pada manusia. Fosfolipid tanaman ditemukan dalam kedelai, sedangkan pada manusia atau hewan ada telur, otak, hati, ginjal, pankreas, paru-paru dan jantung.

Fosfatidilkolin atau lesitin pada awalnya diperoleh dari kuning telur (Lekhytos), itulah sebabnya mengapa disebut lesitin. Jenis lesitin tergantung pada jenis asam lemak.

Asam lemak yang terkandung dalam lesitin termasuk asam palmitat, stearat, asam oleat, asam linoleat dan asam linolenat. Asam lemak yang mengikat atom karbon nomor 1 umumnya adalah asam lemak jenuh dan terikat ke nomor 2 adalah asam lemak tak jenuh.

Lesitin ini berbentuk padatan yang selembut lilin. Warnanya putih dan dapat berubah menjadi cokelat jika terkontaminasi cahaya dan higroskopis. Ketika dicampur dengan air, itu membentuk larutan koloid.

Ketika lesitin dikocok dengan asam sulfat, asam fosfat dan kolin muncul. Ketika dipanaskan dengan basa atau asam, asam lemak, kolin, gliserin dan asam fosfat juga diproduksi.

Senyawa ini dapat menyebabkan hemolisis, proses penghancuran sel darah merah. Hemoglobin, suatu protein gabungan dalam sel darah merah (eritrosit), dikonversi menjadi bilirubin, yang terkumpul dalam darah dan kadang-kadang dapat menyebabkan warna kuning pada kulit. Akibatnya, orang terkena anemia, yang kekurangan sel darah merah dalam tubuh.

Demikian Pembahasan kita pada kali ini di edmodo.id tentang Fosfolipid. Nantikan Artikel Menaraik Lainya, tetap bersama kami. Terimaksih Semoga Membawa Manfaat.

Baca Juga :