Contoh Sinopsis

Posted on

Contoh Sinopsis – Assalamualaikum Wr Wb.Alhamdulillah atas izin Alloh SWT serta Ridho dari junjungan Kita Nabi Muhammad SAW, kita dapat berjumpa lagi dalam pembahasan artikel kali ini.

Dimana Edmodo.Id akan membahas materi dengan tema mengenai Contoh Sinopsis yang berdasarkan Pengertian, Ciri, Fungsi dan Cara Membuat. Langsung saja pembahsannya dibawah ini.

Pengertian

Contoh Sinopsis

Dalam sinopsis (ringkasan, ikhtisar dan singkatan) tentang keindahan gaya linguistik, ilustrasi dan penjelasan dihilangkan, tetapi tetap mempertahankan konten dan gagasan umum penulis.

Ringkasan biasanya terbatas pada jumlah halaman, misalnya, dua atau tiga halaman, seperlima atau sepersepuluh dari panjang esai asli, sehingga kita dapat menyimpulkan bahwa sinopsis obyektif berbicara tentang isi pekerjaan, dan reviewer menilai pekerjaan itu.

Sinopsis adalah ringkasan dari suatu karya atau gagasan / gagasan yang ditulis dalam bentuk narasi. Ada dua jenis sinopsis: sinopsis penulisan lengkap dan sinopsis sebagai persiapan penulisan ide. Sinopsis bukan resensi, karena resensi tidak hanya merangkum, tetapi juga menyimpulkan kelebihan dan kekurangan buku setelah membaca.

Bahkan reviewer diminta untuk memberikan review atas karya tersebut, yang berisi pendapat pribadi setelah review. Biasanya, peninjau memilih buku secara khusus, yaitu hanya buku-buku yang baru saja diterbitkan dan menarik untuk dipelajari atau ditinjau.

Ciri-Ciri Dari Sinopsis

Berikut ini adalah karakteristik sinopsis:

  • Ada undangan / insentif / motif bagi pembaca potensial untuk membaca buku.
  • Menampilkan konflik yang menarik secara singkat
  • membuat pembaca potensial penasaran.
  • Situs / situs / situs harus dibangun dalam urutan kronologis dan akurat.
  • Alursinopsis harus sama dengan plot aslinya.
  • Bahasa yang digunakan menekankan aspek yang meyakinkan.

Fungsi Dari Sinopsis

Berikut ini adalah ringkasan dari fungsi ringkasan, yaitu:

  • Ringkasan proposal penelitian memberikan tinjauan umum tentang masalah yang perlu diselesaikan dan bagaimana menyelesaikannya.
  • Tinjauan singkat dari karya ilmiah memberikan deskripsi masalah, cara untuk menyelesaikannya dan kesimpulan utama.
  • Berikan deskripsi yang cepat dan komprehensif tentang isi buku, karya tulis ilmiah, laporan penelitian, dan lainnya untuk mencerminkan isi karya.

Penyusunan Dalam Membuat Sinopsis

Penyusunan Dalam Membuat Sinopsis

Sebelum kita mulai menulis ikhtisar singkat, praktik pertama menulis resume dari sebuah karya atau artikel. Ini sangat berguna untuk mengembangkan latihan ekspresi dan pelestarian kata.

Latihan ini tidak cukup untuk kinerja intensif, itu mengembangkan kemampuan untuk berkonsentrasi, dan juga meningkatkan akurasi, akurasi dan efisiensi dalam memahami isi bacaan.

Praktik menulis ikhtisar harus dimulai dengan membaca, sehingga praktik yang berkelanjutan mengembangkan kemampuan membaca dengan cepat, akurat, dan akurat.

Membaca dengan cara ini diperlukan untuk membantu mengasah gaya bahasa, serta untuk menghindari deskripsi yang panjang.

Dengan demikian, penulis sinopsis pertama harus mempersenjatai diri dengan kemampuan membaca sebelum melakukan pekerjaan mempersiapkan sypnosis.

Saat membaca, objek atau materi yang akan diatur dalam hipnosis tidak cukup untuk membaca sekali. Bahannya harus dibaca lagi, karena seluruh isi materi harus benar-benar dipahami dan diasimilasi.

Cara Membuat Sinopsis

Cara Membuat Sinopsis

Berikut ini beberapa cara untuk mendapatkan gambaran umum singkat di bawah ini:

  • Gunakan kalimat terpisah, jika mungkin, hindari kalimat majemuk atau kalimat rangkap, gunakan kalimat sederhana dan efektif.
  • Ringkas kalimat menjadi frasa dan frasa menjadi kata-kata.
  • Jika ada beberapa ide atau ide dari beberapa paragraf, maka ambil saja ide sentral atau ide utama dan kalimat / poin utama.
  • Singkirkan beberapa paragraf yang hanya bisa diwakili oleh satu paragraf, atau sebaliknya, dan simpan paragraf yang ingin Anda simpan.
  • Simpan kalimat yang tidak memungkinkan untuk disederhanakan sehingga Anda juga dapat mempertahankan keaslian suara penulis, yaitu kata kunci dalam kalimat.
  • Singkirkan semua tugas yang mungkin perlu dilakukan, tetapi simpan ide-ide sesuai dengan teks aslinya.
  • Baca teks asli lagi dan lagi sampai Anda benar-benar memahami maksud dan pandangan penulis.
  • Saat membaca, perlu untuk menekankan atau menandai ide sentral (ide utama, kalimat utama / kalimat utama).
  • Sisihkan teks sumber, sorot ide sentral atau poin kunci yang sudah diketahui, kemudian kembangkan catatan dalam bahasa Anda sendiri.

Menyusun resume sama dengan menyusun esai ringkasan, menyusun esai ringkasan seperti alat pohon besar menjadi pohon kecil yang padat dan berisi.

Maka hasil sinopsis adalah esai singkat sesuai dengan esai asli. Sebagai panduan sederhana, sinopsis adalah keseluruhan esai yang digeneralisasi menjadi sepertiga atau seperempat, dan itu cukup baik jika suara masih dapat tetap asli.

Deskripsi Evaluasi Sinopsis

Deskripsi Evaluasi Sinopsis
  • Buat ringkasan bacaan dengan menulisnya dalam waktu 45 menit, baik selama latihan dan evaluasi, dan selama kompetisi.
  • Ulangi bacaan (hasil sinopsis yang dibuat oleh anak) menggunakan teknik bicara 10 menit selama penilaian / partisipasi dalam kompetisi, tetapi dalam praktiknya ini kurang dari 10 menit.
  • Nilai akhir adalah rata-rata total nilai tertulis dan biaya bercerita atau secara individual (ditulis secara terpisah dan menceritakan kisah).
  • Lembar skor adalah ikhtisar singkat dari tulisan dan dongeng, yang dapat digabungkan dalam format berikut.
  • Berikan ikhtisar singkat tentang buku bacaan yang disediakan oleh guru (fiksi atau non-fiksi) (Sinopsis adalah ringkasan dari cerita atau esai dari buku).
  • Baca buku bacaan yang disediakan oleh guru selama sekitar 2 jam atau setidaknya ulangi bacaan hingga 3 kali.

Contoh Dari Sinopsis

Berikut ini adalah beberapa contoh sinopsis yang dibuat dalam sebuah artikel dalam novel dan film:

Contoh Sinopsis Jomblo Narsis

Contoh Sinopsis Jomblo Narsis

Status kesepian itu menyebalkan bagi Jono, dia benar-benar menginginkan pakara selama lima tahun terakhir hidupnya, kebosanan kesepiannya akhirnya membuatnya memutuskan untuk mencari anak laki-laki sekarang. Berbagai metode digunakan sampai, akhirnya, sahabatnya membantunya, Niko mencari keberuntungan dalam mendapatkan pakaras di dunia maya.

Dengan satu upaya, Yono segera bertemu dengan teman-teman, kenalan tidak berakhir di sana, dan mereka tetap berhubungan sampai tahap berikutnya. Namun, semuanya tidak berfungsi dengan sempurna, kekecewaan dan rasa pahit tidak bisa lagi dihindari. Hal yang sama berlaku untuk Nico, yang harus memiliki hati yang hancur. Tetapi apakah pertempuran berhenti di sini? apa status dari single yang berpakaian lagi ???

Contoh Sinopsis 1984

Contoh Sinopsis 1984

Sepanjang hidupnya, Winston berusaha menjadi warga negara yang baik, mematuhi semua aturan partai, meskipun dalam hati ia hidup dalam antipati terhadap kediktatoran di negaranya. Meski begitu, Winston tidak berani bertarung secara terbuka.

Tidak heran, karena pikiran polisi, teleskop dan mikrofon tersembunyi menciptakan privasi, seperti fantasi. Padahal, sejarah ditulis ulang sesuai dengan keinginan partai. Negara memiliki kekuasaan absolut atas rakyatnya. Unggul atau kontroversial akan segera menguap.

1984 adalah sebuah sindiran tajam yang menggambarkan kehidupan masa depan masyarakat totaliter di mana setiap gerakan sipil dipelajari, setiap kata diucapkan, dan setiap pemikiran dikendalikan. Sampai sekarang, 1984 adalah pekerjaan penting Orwell yang membawanya ke puncak ketenaran.

Contoh Sinopsis Para Priyayi

Contoh Sinopsis Para Priyayi

Novel ini bercerita tentang Soedarsono, putra dari keluarga petani yang orang tua dan kerabatnya harus “pemula” untuk membangun dinasti keluarga kecil Priyay. Berkat dukungan asisten Vedana, Ndoro Seten, ia dapat pergi ke sekolah dan kemudian menjadi guru desa.

Dari sini ia memasuki elite birokrasi sebagai prigayi pangeh praja. Ketiga anaknya melewati era Belanda, dan era Jepang tumbuh sebagai perwira dan asisten PETA untuk istri Vedana. Aspirasi keluarga berhasil. Itu benar? Jadi apa itu priya? Status kelas? Pandangan dunia elit birokrasi kelas menengah? Hanya cara hidup? Atau semuanya?

Demikian Pembahasan kita pada kali ini di edmodo.id tentang Contoh Sinopsis. Nantikan Artikel Menaraik Lainya, tetap bersama kami. Terimaksih Semoga Membawa Manfaat.

“Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh”

Baca Juga: