Contoh Perubahan Sosial

Posted on

Perubahan sosial adalah salah satu studi sosiologi yang sangat dinamis, ini bisa terjadi disebabkan oleh adanya suatu perubahan dan terkadang hal tersebut tidak bisa dihindari. Bentuk perubahan sosial ini sangat berbeda.

Yang menjadi pembeda dari perubahan ini terhadap jenis perubahan lainnya adalah dimana jenis perubahan ini lebih menonjolkan baik dari sisi perubahan aspek budaya dan kultural atau dalam segi aspek struktural serta struktur masyarakat sehingga hal ini sangat berampak pada kelangsungan hidup masyarkat di dalam bersosialisasi.

Ciri-Ciri Perubahan Sosial

Contoh Perubahan Sosial
Contoh Perubahan Sosial

Berikut terdapat beberapa penjelasan mengenai ciri atau karakteristik ari perubahan sosial, yang diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Terjadi Di mana-mana

Adapun Tempat berlangsungnya perubahan sosial hal tersebut dapat terjadi di mana saja bisa dari kalangan komunitas pedesaan hingga masyarakat perkotaan, walaupun tingkat perubahan dapat bervariasi dari satu tempat ke tempat lainnya.

Kemudian secara umum Masyarakat tradisional akan mengalami suatu pola perubahan dengan perlahan.

Sementara masyarakat modern cenderung lebih singkat dan sangat cepat.

2. Dilakukan Secara Sengaja

Proses berlangsungnya Perubahan sosial terjadinya secara sengaja, namun ada juga beberapa situasi tertentu yang mana terjadinya perubahan tersebut tanpa unsur disengaja.

Misalnya, produsen kendaraan menciptakan suatu inovasi dalam pengembangan kendaraan sehingga dapat dipakai sebagai alat transportasi yang sangat efisien.

Namun dalam hal ini, masyarakat tidak dapat membayangkan apakah hasil dari adanya perubahan ini nantinya bisa mempengaruhi berbagai elemen, misalnya seperti keselamatan dan juga biaya pemakaian baik dalam penggunaan bahan bakar bensin ataupun layanan servise yang di lakaukan bulanan.

3. Berkelanjutan

Berlangsungnya Perubahan sosial ini terjadi dengan secara terus menerus. Ini artinya bahwa kehidupan masyarakat akan senantiasa selalu mengalami perubahan.

Terjadinya perubahan merupakan sebagai konsekuensi mendasar yang disebabkan oelh sifat manusia yang memang mereka dilahirkan sebagai makhluk sosial.

4. Imitatif

Kemudian imitatif merupakan sebuah Karakteristik perubahan berikutnya atau disebut juga dengan mengikuti /meniru.

Sepanjang berlangsungnya kehidupan, yang mana orang akan melakukan suatu perubahan dengan cara mengikuti perubahan terhadap komunitas lainnya.

Dimana hal ini disebabkan karena dari masing -masing kelompok masyarakat mempunyai pengaruh terhadap perubahan yang terjadi.

Artinya masyarkat akan cendrung mengikuti kelompok masyarakat lainnya yang mengalami perubahan dalam kehidupannya, baik itu dalam segi berpakaian, gaya rambut, desain pembangunan rumah dan lain sebagainya.

5. Hubungan Kausalitas

Perubahan sosial bisa terjadi karena aspek material atau imaterial dengan hubungan yang bersifat timbal balik, di mana bisa menguntungkan satu pihak atau kedua belah pihak.

Kemudian terjadinya Perubahan sosial dapat disebabkan juga oleh aspek material atau immaterial yang berkaitan dangan hubungan timbal balik, yang dianggap dapat saling menguntungkan dari kedua belah pihak.

Bentuk Perubahan Sosial

Bentuk Perubahan Sosial
Bentuk Perubahan Sosial

Di bawah ini merupakan penjelasan mengenai sejumlah bentuk dari perubahan sosial yang dapat dibedakan atas beberapa bagian, yang diantaranya adalah.

  • Yang pertama adalah Perubahan Struktural Yang mana bentuk dari perubahan struktural ini terjadi secara fundamental dengan berbagai konsekuensi akibat reorganisasi tatanan sosial. Seperti dalam perubahan dalam sistem tata pemerintahan yang awalnya berbentuk kerajaan, kini telah menjadi republik.
  • Yang kedua adalah Perubahan kecil Yang mana bentuk perubahan kecil ini berlangsung dalam elemen-elemen struktur sosial yang tidak selalu memiliki efek langsung. Misalnya, perubahan gaya rambut, gaya berpakaian, bentuk rumah dan lainnya.
  • Yang ketiga adalah Perubahan besar Yang mana bentuk dari adanya perubahan yang besar ini bisa memberikan pengaruh pada struktur sosial. Sebagai contoh, misalnya pada perubahan masyarakat yang mana awalnya adalah agraris lalu berubah menjadi industrialis. Adanya perubahan bisa berdampak baik terhadap perkembangan penduduk maupun terhadap mata pencarian masyarakat.

Contoh Perubahan Sosial

Contoh Perubahan Sosial
Contoh Perubahan Sosial

Selanjutnya di bawah ini merupakan penjelasan terkait mengenai beberapa contoh dari perubahan sosial, yang diantaranya adalah.

  • Pertanian :Disektor pertanian mengalami perubahan sosil yang terjadi di dalam bidang teknologi dan maraknya berbgai macam jenis pupuk.
  • Musik : yang mana pada bidang ini sudah pasti musik menjadi salah satu contoh perubahan sosial dibidang budaya. Yang mana pada zaman dulu musik daerah sangat populer dan hampir sering diputar. Namun kini semenjak adanya pengaruh bermunculan jenis musik wesatern, pop, rock dll. Sehingga musik daerah menjadi tidak begitu populer lagi.
  • Kejahatan cyber : Majunya perkembangan teknologi sehingga memudahkan berbagai pihak dalam mengumpulkan berbagai informasi, termasuk tidak kejahatan cyber crime, sebagai contoh : maraknya pembajakan/pencurian akun, pembobolan situs website dan juga kejahatan berupa adanya bulying.
  • Ekonomi : Faktor ekonomi juga sangat berpengaruh terhadap perubahan sosial, bagaimana tidak bagi mereka yang status ekonominya berada dikalangan menengah keatas lebih menggemari produk luar negeri dibandingkan produk yang ada di dalam negerinya sendiri. Bahkan mereka juga mengikuti tren dengan berlibur keluar negeri.
  • Budaya Barat : Di era globalisasi saat ini menjadi sebuah faktor terjadinya perubahan sosial, hal ini juga dapat kita lihat hampir dari sebagian masyarakat yang mengikuti gaya kebarat -baratan atau disebut juga dengan westernisasi. Mereka mengikuti fashion atau life style yang mereka dapatkan dari sajian acara televisi.
  • Kesenian : Pada sektor kesenian, yang mana hampir banyak jenis kesenian lokal yang ditinggalkan oleh masyarakat. Adapun faktor penyebabnya adalah masuknya jenis kesenian dari luar negeri yang dianggap oleh sebagian masyarakat sangat modern. Seperti misalnya kesenian tari ballet.
  • Sektor Industri : Pada Sektor ini sudah semakin meningkat dan mengalami suatu perubahan seiring berkembangnya berbagai jenis teknologi yang tersedia. Misalnya saja seperti revolusi industri. Hal ini terjadinya kartena meningkat produktivitas dari sebuah industri yang kemudian terjadi juga adanya ketimpangan sosial.
  • Mentalitas atau pola fikir : Yang mengalami perubahan sosial secara spesifik, dengan adanya perkembangan dari berbagai sumber informasi sehingga membuat daya fikir orang semakin menjadi kritis.
  • Perubahan bahasa yang terjadi adalah dengan berkembangnya bahasa asing yang biasa dikenal dengan bahasa gaul atau bahasa indonesia yang sudah dikombinasikan dengan menggunakan bahasa luar.
  • Emansipasi wanita : Yang mana pada zaman dulu, setiap wanita yang bekerja akan berhenti pada saat mereka sudah menjadi seorang ibu rumah tangga, tetapi semanjak adanya emansipasi wanita ini, sehingga kini semua wanita mempunyai kebebasan dalam menentukan pekerjaannya, naum mereka juga harus apat memenuhi kewajibannya sebagai seorang ibu rumah tangga.
  • Permainan : pada zaman dulu, hampir semua anak-anak kerap memainkan berbagai jenis permainan tradisional dan mereka bisa saling berinteraksi secara langsung. Dan perubahannya sekarang adalah yang mana mereka lebih menyukai berbagai jenis game yang modern seperti game online dan juga video game.
  • Di sektor transportasi yang mana dahulu orang apabila melakukan bepergian dengan menunggangi trasportasi sejenis hewan, namun sekarang sudah tersedia berbagai jenis kendaraan yang lebih modern yang dapat dimanfaatkan. Bahkan kini juga sudah ada jenis transpotasi online yang bisa diakses melalui gadget.

Sekian dulu dari kami, semoga serangkaian penjelasan diatas bisa membantu sahabat semua.

Baca Juga :