Contoh Penutup Makalah

Posted on

Berdasarkan cara membuat sebuah makalah itu sudahlah pasti harus mengikuti aturan kaidahnya yang berlaku, sehingga makalah tersebut dapat dibuat sesuai dengan ketentuan – ketentuannya.

Agar dapat mempermudah untuk membuat sebuah makalah itu, seyogyanya dibuat lebih utama kerangkanya, dibawah ini urutan kerangka – kerangka makalah yang terdiri dari :

Contoh Penutup Makalah
Contoh Penutup Makalah
  • Covernya.
  • Daftar Isinya.
  • Kata Pengantarnya.
  • Bab I Pendahuluannya.
  • Bab II Pembahasannya.
  • Bab III Penutupnya.
  • Daftar Pustakanya.
  • Lampirannya.

Ketahuilah kerangka makalah yang baik dan benar itu akan lebih efisien didalam membantu kita menyelesaikan makalah tersebut dengan sangat cepat dan juga tepat sesuai dengan apa yang diharap.

Ciri – Ciri Kerangka Makalah

Untuk mendapatkan makalah yang baik dan benar, harusnya dapat mematuhi ciri – cirinya seperti yang dijelaskan dibawah ini, yakni :

  • Didalam makalah harusnya bisa dibuatkan data yang begitu valid yang bisa diperolehnya, apalagi keutamaan dari hasil penelitiannya dilapangan. Pastikan akurat data tersebut harusnya disesuaikan dengan situasi apa yang ada pada penelitian tersebut.
  • Harusnya bisa memenuhi aturan atau kaidah yang jujur, agar data yang ditampilkan didalam makalah tersebut harus menjadi data yang konkrit dan menyebutkan sumber datanya tersebut yang diperoleh saat penelitian.
  • Bahasa yang wajib dipergunakan didalam makalah harusnya singkat, jelas & padat.
  • Makalah harus dibuat dengan cara yang sistematis serta tak mengabaikannya aturan kaidah didalam penulisannya.

Unsur – Unsur Penutup Makalah

Contoh Penutup Makalah
Contoh Penutup Makalah

Pada makalah yang baik & benar itu tidaklah dapat mengabaikan kerangka penutup, sehingga hasil yang ditampilkan dapat semaksimal mungkin. 

Pengertian penutup makalah merupakan salah satu kerangka dalam membuat susunan makalah yang terdapat pada akhir makalah atau yang umumnya dibuat saat sebelum mulai menuliskan daftar pustakanya.

Ketahuilah bahwa penutup makalah itu sebenarnya hanya terdiri dari 2 hal saja, antaranya ialah :

1. Kesimpulan

Umumnya si penulis akan membuat sebuah kesimpulan atau juga biasa disebut intisari dari suatu makalah yang sedang ditulis itu akan saling terkaitan dengan pembahasannya.

Hasil dari kesimpulan tersebut harapannya agar sipembaca dapat mendapatkan atas jawaban dari sebuah pembahasan yang telah ditulisnya didalam makalah tersebut.

2. Saran

Saran umumnya berisikan sebuah rekomendasi yang akan disampaikan oleh sipenulis terkait dengan pembahasan yang telah dibuatnya didalam makalah.

Saran tersebut bisa juga menjadi sebuah masukan pada persoalan – persoalan yang ada sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan atau masukan dimasa berikutnya agar terdapat perubahan.

Cara Membuat Penutup Makalah

Contoh Penutup Makalah
Contoh Penutup Makalah

Ketahuilah bahwasanya kerangka makalah itu sebenarnya memiliki sebuah peranan yang sangat penting yang harusnya perhatikan secara teliti.

Menurut hal ini adanya penutup makalah itu tidaklah boleh diacuhkan begitu saja.

Pada saat ingin membuat sebuah kerangka penutup makalah, hendaknya perhatikan berbagai aturan kaidahnya seperti yang diterangkan dibawah ini :

Kalimat Harus Ringkas Dan Padat

Hendaknya penutup makalah yang dibuat itu kalimat – kalimatnya harusnya sangat jelas agar dapat diartikan sebagai kalimay yang tidak berbelit – belit.

Coba buatlah kalimat seringkas mungkin, tetapi walau begitu tetaplah harus sesuai dengan isi dari makalah tersebut, sehingga sipembaca akan lebih mudah untuk mengerti isi kandungan makalah tersebut.

Berisi Rangkuman Makalah Yang Dibuat

Seharusnya semua dapat membuat rangkuman dengan cara keseluruhan dari makalah yang dibuat tersebut.

Pengertiannya ialah harusnya bisa benar – benar dipahami tentang isi makalah yang telah dituliskannya itu, sebab pada bagian – bagian penutup itu biasanya berisi poin pokoknya ataupun inti dari temanya yang telah dibahasnya satu persatu didalam makalah itu.

Apabila tak memahami pokok dari hasil pembahasan makalahnya, maka akanlah menemui kesulitan dalam membuat daftar penutup makalanya.

Buatlah Saran Sesuai Dengan Topik Makalah

Umumnya penutup makalah itu harus disertakan juga saran sipenulis mengenai keterkaitan topik yang dibahasnya dalam makalah itu.

Berikanlah saran yang masih saling berkaitan dengan isi makalah itu, tidaklah perlu panjang – panjang namun harusnya tetap pada pokok pembahasan didalam makalah.

Agar saran tersebut tidak bisa dipandang hanya sebelah mata, sebab penting sekali didalam bagian pembuatan sebuah makalah.

Maka penulisan pada saran didalam makalah itu harusnya benar – benar dibuatnya untuk masukan yang bisa membangun karakter pembacanya.

Apabila pokok – pokok penting diatas telah diketahui, sekarang saatnya bisa membuat contoh penutup pada makalah.

Dibawah ini akan dijelaskan bagaimana cara contoh penutup makalah itu bisa digunakan dengan baik dan benar.

Contoh Penutup Makalah

Contoh Penutup Makalah
Contoh Penutup Makalah

Beberapa contoh penutup makalah yang pastinya baik & benar bisa langsung dilihat seperti dibawah ini.

Contoh Penutup Makalah Umum

Kesimpulan

Dari sinilah kita dapat menyadari bahwasannya dampak dari sampah itu begitu banyaknya, sehingga dari pada itu haruslah pintar dalam mengatasi suatu masalah mengenai sampah ini, baik itu dengan cara yang individu ataupun bergotong royong bersama sama orang – orang yang berada dalam satu lingkungan atau desa.

Agar dapat menghindari dari pada bencana alam, wabah penyakit ataupun juga rasa nyaman pada tempat tinggal sendiri.

Janganlah suka menyepelekan sebuah masalah tentang sampah ini, sebab dalam jangka waktu hanya satu harian saja penghitungan tingkatan sampah itu bisa menjadi begitu pesat, sehingga lama kelamaan bisa saja mengalahkan jumlah manusianya, yang dimaksud disini dampak negatifnya bisa dikembalikan lagi kepada manusianya.

Maka dari itu harusnya bisa menjadi individu yang lebih peduli lagi kepada lingkungan agar itu juga untuk kebaikan semuanya.

Saran

Seyogyanya masalah pada sampah ini bisa ditangani dengan cara bersama sama yaitu saling bergotong royong baik itu dari masyarakatnya ataupun dari pihak pemerintahnya, semisalnya saja dengan mendirikannya tempat – tempat pembuangan sampat dibeberapa lokasi dengan pekerja yang bisa juga mengolahnya agar bisa mengurangi jumlah populasi sampah tersebut yang berserakan dimanapun.

Contoh Penutup Makalah Kewirausahaan

Kesimpulan

Sesungguhnya berwirausaha itu sangat membutuhkan sebuah tekad, niat, keberanian serta keyakinan.

Didalam menentukan apa yang ingin diwirausahakannya salah satu langkah yang baik dan benar untuk memulai berwirausaha ialah mula – mula tentukan pangsa pasar mana yang bisa menjadi tujuan dari wirausaha yang akan didirikan, dan juga seringlah mengikuti seminar pelatihan apapun sebagai proses bertambahnya sebuah wawasan tentang wirausaha.

Saran

Sebaik – baiknya buatlah rencanak dengan sangat matang agar apa yang ingin diwirausahakan itu tidak mendapatkan banyak resiko yang mungkin bisa terjadi kemudian harinya nanti dari usaha yang didirikan tersebut.

Contoh Penutup Makalah Laporan Prakerin

Kesimpulan

Menurut pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwasannya kegiatan Prakerin Kerja Lapangan itu sungguh sangat bermanfaat bagi siswa/siswi SMK.

Dan dari pada itu kegiatan tersebut jugalah sebagai bentuk salah satu sarana didalam mengasah skill ketrampilan para siswa/siswinya.

Kesan

Kesan yang dirasakan selama melaksanakan kegiatan tersebut ialah begitu senang dan juga banyak wawasan ilmunya.

Banyak sekali ilmu yang didapat dalam kegiatan ini. Bukan hanya pengalaman saja yang didapat, tetapi ilmu – ilmu yang didapatkan juga akan dikembangkan lagi dalam lingkungan sekolah nantinya. Agar bisa lebih berguna untuk banyak orang.

Saran

Untuk melengkapi isi laporan tersebut, oleh karena itu akan disampaikannya beberapa saran, yang antaranya dibawah ini :

  • Mengenai penguasaan teori secara kongkrit.
  • Keselamatan dalam berkerja haruslah diperhatikan.
  • Manajemen waktu itu sangat penting.

Contoh Penutup Makalah Skripsi

Kesimpulan

Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwasannya :

  • Masih begitu banyak anak bangsa yang tak mendapatkan pendidikan disebabkan oleh faktor biaya serta belum adanya sebuah kesadaran orang tua bahwasannya pendidikan itu begitulah sangat penting untuk anak – anak dipedalaman.
  • Masih begitu banyak sekali tertinggal dari perkembangan masa yang mereka alami saat ini, tetapi tidaklah terlalu terdampak kepada mereka sebab mereka sudahlah terbiasa dengan suatu kondisi serta lingkungan mereka sendiri.
  • Banyak sekali terjadinya suatu pernikahan dini dan juga anak – anak yang sangat membutuhkan gizi.

Keterbatasan Penelitian

Keterbatasan dari hasil peneitian ini yaitu terletak pada sulitnya untuk dapat mengakses ke arah tempat tinggal lingkungan masyarakat pedalaman, sebab kurang sekali narasumber yang memiliki wawasan sehingganya hanya bisa mendapatkan informasi yang minim saja, serta dengan cara meneliti sendiri saja apa yang menjadi beban terhadap masyarakat pedalaman.

Saran

Sebaiknya utamakanlah kesejahteraan masyarakat pedalaman pada bangsa ini, agar dapat mewujudkan suatu keadilan sosial untuk semua rakyat Indonesia.

Dan juga mencukupi fasilitas – fasilitas yang bisa memudahkan kehidupan pada masyarakat pedalaman, antara lain akses jalannya, dididirikan sekolah – sekolah, pembangunan jembatan, klinik – klinik kesehatannya, air bersihnya serta sumber listriknya.

Sekian dari kami semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk kita semua.

Baca Juga :