Contoh Pendahuluan

Posted on

Contoh Pendahuluan – Menyusun laporan, karya tulis ataupun makalah pada umumnya selalu dimulai dengan kata pendahuluan.

Nah Pada bagian ini, penulis akan menjelaskan tujuan atas topik yang akan dibahas dengan secara ringkas dan jelas.

Dengan demikian para pembaca juga akan mencari tahu apa dan mengapa penelitian itu dilakukan oleh penulis.

Pada prinsipnya, pendahuluan dapat disebut sebagai bagian paling mendasar dan penting dari sebuah makalah.

Namun banyak para penulis, khususnya para pelajar dan mahasiswa yang salah dalam memahami tentang apa yang yang dimaksud dengan pendahuluan.

Bahkan hampir kebanyakan orang beranggapan bahwa kata pendahuluan hampir sama dengan kata pengantar dalam buku.

Contoh Pendahuluan
Contoh Pendahuluan

Namun sebenarnya tidak begitu sebab isi dari kata pendahuluan tidaklah pernah membahas mengenai kehidupan tentang penulis.

Karena sebenarnya kata pendahuluan di dalamnya benar menerangkan mengenai inti dari penelitian ataupun penjelasan dari sebuah makalah.

Di bawah ini terdapat beberapa contoh pendahuluan yang perlu sobat semua ketahui yang diantaranya ialah sebagai berikut ini.

Contoh Penduhuluan Proposal Kegiatan

Contoh Pendahuluan
Contoh Pendahuluan

Pengertian proposal ialah merupakan sebuah susunan / rancangan dari suatu kegiatan yang nantinya akan diajukan dengan secara lengkap sesuai dengan berdasarkan jadwal dan bentuk kegiatan yang akan diselenggarakan.

Dimana sebuah proposal di dalam sebauah proposal harus menerangkan dengan secara detail tentang apa saja kegiatan yang hendak dikerjakan beserta keterangan kapan waktu akan diselenggarakannya.

Tujuan Penulisan dengan secara lengkap ini bukanlah tidak tanpa alasan, yang mana hal ini bertujuan untuk membantu pihak tertentu agar dapat mempermudah dalam memahami struktur susunan perencanaan kegiatan yang dijelaskan di dalamnya.

Kemudian penyusunan proposal bisa juga digunakan sebagai suatu keterangan atas suatu permintaan izin untuk menggunakan sebuah lokasi / tempat.

Namun ada juga sebuah proposal yang penggunaannnya memang sengaja disusun untuk dijadikan sebagai surat pengajuan mendapatkan sponsor yang diperuntukan terhadap sejumlah perusahaan ataupun orang tertentu.

Namun pada umumnya, biasanya proposal dimohonkan oleh badan OSIS atau suatu organisasi study yang hendak menyelenggarakan suatu acara dilingkup sekolah.

Singkatnya, proposal tersebut memiliki sifat atau pengaruh yang persuasif secara halus. Biasanya ini terbukti dalam susunan perencanaan kegiatan secara tertulis yang diusulkan.

Gagasan dan ide keagamaan diusulkan untuk dipertimbangkan oleh pemberi lisensi dan sponsor. Yang menentukan apakah kegiatan dapat dilanjutkan atau tidak adalah pihak sponsor.

Dalam penyusunan sebuah proposal, upayakan agar lebih memperhatikan kemurnian ide dan manfaat yang bisa diraih.

Alasannya adalah bahwa ada begitu banyak proposal kegiatan yang sangat disayangkan karena kurangnya detail dalam penjelasan penulis.

Terutama ketika menentukan gambaran biaya yang akan dibutuhkan, Anda perlu melakukan riset sebelum memasukkan nomor di kolom itu.

Contoh Pendahuluan Skripsi Pendidikan

Contoh Pendahuluan
Contoh Pendahuluan

Menulis sebuah skripsi adalah suatu keharusan yang diperuntukan bagi siswa untuk lulus dan dijadikan sebagai persyaratan gelar. Seperti halnya TA (tugas akhir), skripsi ini mempunyai bobot yang tidak kalah pentingnya.

Bisa dikatakan bahwa skripsi memuat segala ilmu pengetahuan yang diperoleh selama masa pelajaran. Pengetahuan diringkas dan diterapkan pada sebuah skripsi dan disesuaikan dengan jurusan yang diambil.

Kemudian karena merupakan bagian akademis, maka pembuatan skripsi musti terbebas dari plagiarisme atau salin dan tempel. Pada saat penulisan kata -kata harus tertulis secara asli dari hasil pemikiran penulis.

Namun apabila Anda ingin memberikan tambahan dengan sejumlah kutipan, Anda harus menunjukkan dengan jelas sumbernya. Mengikuti aturan kutipan yang dicatat dalam aturan penulisan skripsi.

Contoh Kata pendahuluan dari skripsi pendidikan bisa menerangkan mengenai latar belakang dari pada pendidikan tersebut,

Misalnya: Menurut Raden, pengertian pendidikan ialah merupakan sebuah upaya manusia untuk menghadirkan dan juga meningkatkan potensi untuk membawa sifat fisik dan spiritual yang kompatibel dengan nilai-nilai yang terdapat didalam masyarakat dan budaya. (2003, 2).

Adapun tujuan dari pada Pendidikan sendiri ialah untuk melatih orang-orang yang memiliki karakter dan unggul dalam spiritualitas, kecerdasan, kepribadian serta kontrol/pengendalian diri.

Dengan adanya penyelenggaraan pendidikan, maka manusia diharapkan dapat menjadi seorang yang lebih bermanfaat baik bagi bangsa, agama, negara dan masyarakat.

Kemudian peran yang sangat penting dari adanya pendidikan terutama dalam membentuk karakter bangsa yang hal tersebut juga bisa dirasakan dampaknya.

Adanya peningkatan perubahan di dalam bidang kecerdasan, kerohanian, dan integritas sangat terasa di banyak lini kehidupan, khusunya di dalam kehidupan sosial dan politik.

Contoh Pendahuluan Jurnal Penelitian

Contoh Pendahuluan
Contoh Pendahuluan

Jurnal ilmiah menjadi rujukan keterampilan bagi peneliti dan guru di Indonesia. Publikasi jurnal ilmiah dapat bertindak sebagai jembatan antara guru dan peneliti untuk mendapatkan posisi yang lebih baik dan menunjukkan keterampilan mereka.

Menulis jurnal ilmiah dapat menjadi cerminan betapa kompetennya penulis baik dari sudut pandang nasional atupun internasional.

Publikasi jurnal ilmiah menghadapi kesulitan di Indonesia karena keterbatasan peneliti dan akademisi.

Ketidakmampuan menulis juga merupakan masalah dalam diri mereka. Kemudian harapan Para peneliti adalah semua hasil dari pada karya penulisan mereka yang muncul sebagai jurnal ilmiah akan dapat menarik perhatian peneliti lain dan menjadi bahan referensi untuk studi serupa.

Dua paragraf di atas adalah pembuka yang manis untuk menulis buku harian penelitian yang sedang Anda kerjakan.

Mirip dengan skripsi, yang mana jurnal penelitian adalah bagian dari akademisi yang sering digunakan sebagai syarat untuk kemajuan karir.

Peneliti dan guru harus menerbitkan jurnal penelitian yang telah diakui secara nasional dan internasional sebagai hasil dari pekerjaan mereka.

Kemudian dari Ide-ide yang disajikan harus benar-benar baru di dunia akademik, terutama di sektor yang diambil.

Pada bagian ini, paparan yang terlalu lama dan jangka panjang tidak diperlukan. Akan tetapi cukup dengan menggunakan paragraf yang singkat dan terkesan tidak bertele – tele.

Dalam hal ini Penulis musti dapat memastikan bahwa pendahuluan memang sudah meliputi semua ide yang akan dibahas di bagian diskusi dan kesimpulan, termasuk apabila mengutip dari sejumlah sumber.

Contoh Pendahuluan Artikel

Artikel tentang sejarah pendidikan di Indonesia

1. Latar Belakang

Pendidikan merupakan salah satu tujuan utama pemerintah kolonial Belanda untuk menerapkan kebijakan politik etis yang memiliki tujuan untuk meningkatkan standar hidup penduduk Hindia Belanda.

Dimana Pemerintah kolonial Belanda kini sudah mendirikan sejumlah sekolah dengan berorientasi barat untuk sejumlah anak bumiputera yang berasal dari Eropa dan juga Timur.

Sejak penerapan kebijakan etis pada awal abad ke-20, pemerintah kolonial telah membuka sekolah menengah ke bawah.

Hanya sistem yang cenderung diskriminatif, yang didasarkan pada status ekonomi dan sosial yang terbentuk saat itu.

Hal tersebut nampak terlihat sangat mengejutkan terutama dalam sistem sekolah yang rendah.

Terdapat berbagai jenis sekolah rendah yang berdiri pada pemerintahan kolonial Belanda misalnya saja Sekolah Ongko Loro, Sekolah Rakyat dan juga Sekolah Vervolgschool, yang mana mana secara umum semuanya diduduki dari sejumlah anak yang berasal dari kelas menengah ke bawah.

Kemudian terdapat juga Sekolah Siji Ongko, HIS atau (Sekolah Hollandsc Inlandsche) dan ELS (Sekolah Eropeesche Lagere) yang diperuntukan untuk sejumlah anak dari kalangan elit.

Tidak hanya itu, namun pemerintah kolonial juga secara agresif membuka sekolah menengah dan menengah atas seperti MULO (Meet Uitgebeid Lagere Onderwijs), AMS (Sekolah Menengah Algemeene) dan HBS (Sekolah Burger Hoogere) yang disediakna di sejumlah kota yang besar dan berbeda di Kabupaten.

Dalam hal ini bagi pemerintah kolonial, dengan adanya kebijakan politik etis, terlebih lagi dalam bidang pendidikan, menjadi salah satu usaha demi membalas budi terhadap semua rakyat Hindia Belanda (Indonesia).

Karena itu mereka mengeluarkan banyak dana untuk mengimplementasikan kebijakan tersebut.

Tunuan dari dibukanya sejumlah sekolah ini sebenarnya ialah untuk membuat pemerintah kolonial mendapatkan staf teknis dan administrasi yang murah.

Mereka dapat merekrut penduduk asli untuk menempati posisi sederhana di perusahaan bersama pemerintah setempat.

Sekian dulu ya sob.!! Semoga ulasan diatas bisa membantu kalian semua.

Baca Juga :