Contoh Kajian Pustaka

Posted on

Nah kali ini edmodo.id akan membahas materi makalah tentang Contoh Kajian Pustaka marilah kita simak pembahasannya sebagai berikut.

Di dalam suatu penysunan Kajian Pustaka yang mana di dalamnya berisikan semua teori yang relevan yang sesuai dengan masalah penelitian.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa pada bagian ini kita harus terlebih dulu untuk melakukan suatu pengkajian tentang suatu konsep dan teori yang akan dipakai dan harus yang berdasarkan dengan literatur yang sudah tersedia.

Jadi dapat kita simpulkan bahwa kajian pustaka ini memiliki fungsi untuk melakukan suatu penyusunan atas suatu konsep maupun teori yang merupakan landasan dari dasar studi yang akan di lakukan penelitian.

Sehingga dengan demikian setiap akan melakukan suatu penyusunan karya dan sautu tulisan dalam bentuk apapun dan rasanya sangat wajib terlebih dulu untuk membuat studi kepustakaannya.

Contoh Kajian Pustaka
Contoh Kajian Pustaka

Dengan berdasarkan pendapat dari beberapa para ahli, yang mana tinjauan pustaka ini telah di kemukakan oleh Gandas, yang pada sebelumnya pernah menerangkan bahwa tinjauan pustaka ini ialah merupakan suatu bab yang yang di dalamnya terdapat ada sebuah pernyataan yang mengenai suatu teori dan juga merupakan fokus pokok dari penelitian yang akan dilakukan.

(Baca Juga : Contoh Surat Keputusan

Manfaat Kajian Pustaka Dalam Penelitian

Manfaat dari kajian pustaka ini terbagi menjadi 4 bagian yaitu sebagai berikut.

Menguraikan Variabel

Adapun manfaat yang telah di dapatkan dari suatu penyusunan tinjauan dari pustaka ialah agar bisa menjelaskan beberapa jenis variabel secara umum di dalam suatu penulisan.

Maka dari itu, tentunya dengan kondisi ini akan memberikan dorongan terhadap seseorang agar bisa memperoleh suatu hasil dan dari yang telah diadakannya oleh suatu penelitian.

Apabila di dalam sebuah penelitian itu ada yang memiliki nama variabel dependen dan ada juga yang independen.

Memberikan Batasan

Secara umum agar ada menyusun dan kembalinya untuk membuat suatu tinjauan pustaka yang sangat baik sehingga nantinya akan bisa memberikan suatu batasan yang mengenai tentang tulisan yang akan diuraikan.

Setiap akan melakukan atau menyusun suatu penulisan, maka hendaknya harus memberikan beberapa batasan sampai pembahasannya dapat difokuskan.

Mempercepat Proses Analisis Data

Dengan proses ini, peyusunan suatu tinjauan pustaka ini juga memiliki manfaat dan bisa mempermudah suatu proses analisis atas suatu data dengan tepat.

Dalam hal ini sangatlah baik untuk dilakukan dan dengan menggunakan metode penelitian yang kualitatis atau yang kuantitatis disaat akan melakukan pembuatan, maka dari itu dibutuhkan suatu panduan secara utuh, terutama dengan mulai memperhatikan bagian yang ada pada tinjauan dari pustaka.

Meningkatkan Kepercayaan

Dengan di adakannya bagian dari tinjauan pustaka itu maka nantinya akan dapat membuat peningkatkan rasa kepercayaan pada semua para pembaca, hal ini dikarenakan dengan adanya dasar yang sangat jelas dari teori dan juga para refrensi dari penulis dan susunannya.

(Baca Juga : Contoh Hipotesis

Fungsi Kajian Pustaka Dalam Penelitian

Contoh Kajian Pustaka
Contoh Kajian Pustaka

Adapaun Fungsi vital dari Kajian pustaka ini yang mana yang telah di muat di dalamnya ada beberapa untuk mencakup aspek.

Nah dibawah ini ada beberapa fungsi itu ialah sebagai berikut ini yang berdasarkan oleh Leedy (yang terdapat didalam Djunaedi, 2000) :

  • Dapat menumbuhkan rasa kepercayaan diri kita terhadap topik atau tema yang akan kita tentukan sebab sudah terdapat sejumlah pihak lain yang mungkin sebelumnya juga sudah menyukai topik tersebut dan kemudian mereka juga mengeluarkan segala macam upaya, tenaga, waktu dan juga biaya yang dapat melekukan penelitian terhadap topik tersebut.
  • Dapat menegaskan dan yang mengenai keaslian dari penelitian (bahwa hasil dari penelitian yang dikerjakan sangat berbeda dengan hasil dari sejumlah penelitian sebelumnya).
  • Menjelasakan mengenai tentang sejumlah ide dan berbagai pendekatan yang sebelumnya mungkin belum kita ketahui.
  • Menjelasakan sejumlah dari penelitian yang sama dan sesuai dengan sebuah penelitian yang nantinya akan dilakukan yang mana dalam hal ini akan di tampakan juga metode yang menggunakan dalam beberapa penelitian itu dan menjawab setiap perkara yang sudah ada.
  • Dapat membantu dalam menjelasakan suatu gambaran yang sudah ada mengenai tentang metode dan teknik yang akan digunakan dalam melakukan sebuah penelitian dan apabila memiliki persoalan yang sama dengan sebuah penelitian yang sedang dihadapinnya.
  • Kemudian menjelaskan mengenai tentang sejumlah sumber dari data atau dari beberapa judul pustaka yang saling berhubungan yang bisa jadi belum semuanya diketahui.
  • Dapat untuk membantu dalam memperkenalkan sejumlah penelitian yang mana hasil dari karya nya ini merupakan penelitian yang sangat penting dalam persoalan yang sedang dihadapinya dan juga nantinya akan bisa kita dijadikan sebagai nara sumber atau bisa juga dengan cara menelusuri sejumlah hasil dari karya tulisnya yang masih terkait.
  • Dapat menampilkan suatu kesetaraan dalam penelitian yang akan kita lakukan dengan berdasarkan perkembangan sejarah dan konteks ilmu mengenai tentang teori dari suatu tempat penelitian tersebut sangat berada.

Contoh Kajian Pustaka

Dibawah ini ada beberapa contoh dari kajian pustaka, yang diantaranya yaitu :

Contoh Kajian Pustaka Makalah

Kajian pustaka dalam makalah biasanya tidak perlu terlalu panjang. Namun hal ini tentu sangat bergantung pada jenis makalah tersebut.

Anda dapat memberikan satu sampai dua referensi pada kajian pustaka makalah ini.

Penelitian deposisi lapisan yang tipis di atas substrat kaca dengan menggunakan teknik sputtering yang pernah dilakukan oleh Yunanto dan Wirjodadi. 

Target yang digunakan ialah ZnO  dengan parameter yang ditetapkan yang berupa tekanan gas, waktu, suhu substrat dan juga kandungan In.

Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa distribusi lapisan tipis sangatlah homogen di seluruh pada permukaan kaca.

Ketebalan lapisan yang diperoleh ialah 0,41 mikro meter dengan deposisi selama 75 menit.

Suhu substrat kaca yang telah ditetapkan ialah 225 derajat Celcius.
Alat yang digunakan ialah DC Sputtering sementara itu untuk pemeriksaan transmitansi dengan menggunakan UV – Vis.

Contoh Kajian Pustaka Skripsi

Pada umumnya, data yang dituliskan dalam kajian pustaka skripsi ini langsung diambil dari data hasil penelitian yang sudah diterbitkan dalam skripsi, tesis, disertasi, paper dan juga jurnal.

Data hanya boleh di ambil dari sumber valid.

Pemanfaatan Isotop Alam Untuk Hidrologi
Teknik isotop alam D atau H dan 180 atau 160 dapat memberikan suatu gambaran interkoneksi air dan tanah yang selama ini teknik konvensional tidak dapat menentukannya.

Penentuan ini berhubungan erat dengan konservasi sumber daya yang dapat diperbaharui yaitu air dan tanah sedangkan penentuan umur air dan tanah berhubungan dengan potensi atau jumlah deposit air dan tanahnya.

Penelitian yang dapat mengambil lokasi Danau Aneuk Laot ke Mata air Zweembat yang dilakukan untuk mengetahui asal – usul dan interkoneksi hidraulik keduanya.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah merupakan pemeriksaan kandungan isotop yang stabil (δD dan δ18O) terhadap air laut.

Hasil penelitian koneksi hidraulik Danau Aneuk Laot ke Mata air Zweembat ini menunjukkan bahwa mata air PDAM dan mata air TNI AL yang telah menyusun mata air Zweembat yang memiliki asal – usul dari air dan tanah yang berbeda.

Contoh Kajian Pustaka Proposal

Proposal penelitian ini memang mempunyai formatnya tersendiri.

Namun pada umumnya harus memiliki bab khusus kajian pustaka untuk menguatkan alasan pengajuan proposal serta probabilitas keberhasilan penelitian.

Pemanfaatan Biota Sebagai Indikator Pencemaran Lingkungan
Penelitian dan kerusakan ekosistem danau pernah dilakukan oleh Fakultas Perikanan dari IPB pada tahun 2014 yang mengambil lokasi Danau Lido, Jawa Barat.

Biota akuatik yang telah diteliti dalam penelitian ini ialah Tanypodinae yang merupakan sejenis larva serangga.

Larva serangga ini memang sering dimanfaatkan sebagai bioindikator untuk mendeteksi pencemaran logam berat pada lingkungan air.

Pada ekosistem perairan yang telah mengalami pencemaran logam berat ini, larva Tanypodinae ini akan mengalami suatu perubahan morfologi yang sangat mencolok.

Apabila kandungan logam beratnya yang mencemari lingkungan semakin tinggi, maka hal ini akan membuat lebih banyak lagi Tanypodinae yang cacat morfologinya.

Penelitian ini menunjukkan bahwa larva Tanypodinae ini telah mengalami deformitas ligula dengan komposisi 10 dari 55 populasi larva.

Kerusakan pada deformitas ligula bisa menjadikan indikator pencemaran timbal.

Maka dari itu perlunya melakukan penelitian pada Danau Toba dengan mengecek biota untuk melihat adanya indikasi pencemaran logam berat.

Inilah yang dapat edmodo.id sampaikan kali ini yang mengenai pembelajaran tentang Contoh Kajian Pustaka semoga bermanfaat terimakasih.