Contoh Isi Email Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

sobat Edmodo – Contoh email lamaran kerja melalui email telah menjadi praktek umum dalam dunia kerja modern. Email lamaran kerja bukan hanya sekadar mengirimkan dokumen aplikasi Anda, tapi juga kesempatan pertama untuk membuat kesan yang baik pada calon pemberi kerja. Artikel ini akan membahas tentang cara menyusun email lamaran kerja yang efektif, disertai dengan contoh untuk memberikan gambaran yang lebih jelas.

Komponen Penting Email Lamaran Kerja

Sebelum masuk ke contoh, penting untuk memahami apa saja komponen penting yang harus ada dalam email lamaran kerja:

  1. Subjek Email: Harus jelas dan langsung, mencakup nama posisi atau kode posisi yang dilamar.
  2. Salam Pembuka: Gunakan salam yang profesional, seperti “Dear Hiring Manager” jika nama spesifik tidak diketahui.
  3. Paragraf Pembuka: Perkenalkan diri Anda dan sampaikan posisi yang Anda lamar serta di mana Anda menemukan informasi lowongannya.
  4. Isi Email: Jelaskan mengapa Anda tertarik pada posisi tersebut dan apa yang membuat Anda cocok. Soroti pengalaman atau keahlian relevan.
  5. Penutup: Ucapkan terima kasih atas pertimbangan aplikasi Anda, sampaikan harapan untuk dihubungi, dan tutup dengan salam profesional.
  6. Lampiran: Sertakan lampiran dokumen yang diperlukan, seperti CV atau resume, dan portofolio jika relevan.

Contoh Email Lamaran Kerja

Berikut ini adalah contoh email lamaran kerja untuk posisi “Digital Marketing Specialist”:


Subjek: Lamaran Kerja untuk Posisi Digital Marketing Specialist – [Nama Anda]

Dear Hiring Manager,

Saya menulis untuk melamar posisi Digital Marketing Specialist yang saya lihat di website [Nama Perusahaan]. Dengan pengalaman lebih dari 3 tahun di bidang digital marketing, khususnya dalam strategi media sosial dan optimisasi mesin pencari, saya yakin bahwa saya dapat memberikan kontribusi signifikan bagi tim [Nama Perusahaan].

Selama bekerja di [Nama Perusahaan Sebelumnya], saya berhasil meningkatkan engagement pengguna sebesar 40% dan meningkatkan traffic website perusahaan melalui strategi SEO dan konten yang efektif. Saya memiliki keahlian dalam analisis data untuk memahami perilaku pengguna dan mengoptimalkan kampanye pemasaran digital untuk mencapai target yang diinginkan.

Saya sangat tertarik untuk bergabung dengan [Nama Perusahaan] karena reputasi Anda dalam inovasi dan komitmen terhadap kualitas. Saya percaya bahwa latar belakang dan keahlian saya akan sangat cocok dengan kebutuhan tim Anda.

Terlampir adalah resume saya untuk pertimbangan lebih lanjut. Saya berharap dapat membahas bagaimana saya dapat berkontribusi untuk [Nama Perusahaan] dalam sebuah wawancara. Terima kasih atas waktu dan pertimbangan Anda.

Hormat saya,

[Nama Anda]
[Alamat Email]
[Nomor Telepon]


Tips Menulis Email Lamaran Kerja

  • Personalisasikan Email Anda: Lakukan penelitian untuk menemukan nama kontak yang tepat dan gunakan nama tersebut dalam salam pembuka.
  • Ketepatan dan Kekompakan: Pastikan email Anda langsung ke poin, tanpa informasi yang tidak perlu.
  • Profesionalisme: Gunakan bahasa yang profesional dan hindari slang atau bahasa tidak resmi.
  • Periksa Ulang: Sebelum mengirim, periksa kembali email Anda untuk kesalahan ketik atau grammatical errors.
  • Penggunaan Lampiran: Pastikan semua dokumen yang diminta terlampir dan dalam format file yang tepat.

Mengirimkan email lamaran kerja yang efektif adalah langkah pertama untuk menarik perhatian pemberi kerja dan membuka peluang bagi wawancara selanjutnya. Dengan memperhatikan detail dan menyampaikan informasi yang relevan secara profesional, Anda dapat meningkatkan kesempatan Anda untuk dipertimbangkan untuk posisi yang Anda lamar.