Contoh Alat Musik Melodis

Posted on

Contoh Alat Musik Melodis – Assalamualaikum Wr Wb.Alhamdulillah atas izin Alloh SWT serta Ridho dari junjungan Kita Nabi Muhammad SAW, kita dapat berjumpa lagi dalam pembahasan artikel kali ini.

Dimana Edmodo.Id akan membahas materi dengan tema mengenai Contoh Alat Musik Melodis yang berdasarkan Pengertian, Cara, Fungsi dan Gambar. Langsung saja pembahsannya dibawah ini.

Pengertian

Contoh Alat Musik Melodis

Alat musik melody adalah salah satu elemen seni musik yang membuatnya menjadi hidup. Ciri khasnya adalah nada yang lebih lembut sehingga dapat didengar dengan santai.

Alat musik melodis merupakan alat musik dimana biasanya saat membunyikan melodis dalam sebuah pentas lagu. Biasanya instrumen ini tidak dapat memainkan akor sendirian.

Apabila instrumen ini memiliki nada dan irama. Ada notasi dalam sebuah lagu, seperti B. do re mi fa sol la si do. Instrumen melodi ini dapat memainkan not ini dari nand do hingga si.

Dalam arti lain, alat musik yang memiliki ritme atau nada umumnya fungsinya untuk mengatur nada musik atau lagu.

Cara Bermain Alat Musik Melodis

  • Digoyang contohnya seperti angklung.
  • Digesek contohnya seperti biola.
  • Dihisap contohnya seperti harmonika.
  • Dipetik contohnya seperti kecapi, mandolin, gitar dan sasando.
  • Ditiup contohnya seperti seruling dan pianika.
  • Ditekan contohnya seperti akordion dan piano.

Fungsi Alat Musik Melodis

Setiap alat musik memiliki fungsinya yang digunakan sebagai bentuk musik yang tertentu. Begitu halnya sama dengan instrumen melodis yang memiliki begitu banyak fungsi penting untuk mengaktifkan nada dan irama musik.

Instrumen ini memiliki nada dan irama seperti yang Anda semua tahu dalam lagu dalam bentuk re, mi, fa so, la, do. Instrumen ini dapat digambarkan sebagai instrumen dasar dan ritmis.

Lagu atau musik tidak utuh jika tidak disertai dengan instrumen karena fungsi penyesuaian nada dan ritme. Sedangkan teman merujuk pemain ke instrumen ritmis yang bisa disebut instrumen tanpa ritme atau nada.

Contoh Alat Musik Melodis

Berikut inilah beberapa gambar contoh dari alat musik melodis, yaitu:

Angklung

Angklung

Angklung dibuat dalam berbagai ukuran. Nilai tinggi dan rendah yang dihasilkan oleh angulasi dipengaruhi oleh ukuran atau ukuran angulasi. Angklung dimainkan dengan mengguncang Angklung dengan kedua tangan. Satu tangan digunakan untuk menahan sudut, tangan lainnya mengguncang sudut.

Angklung adalah alat musik melodi yang merupakan dalam jenis alat musik tradisional. Instrumen ini begitu terkenal di negara Indonesia dan luar negeri. Angklung adalah alat musik melodi dari Jawa Barat dan Sunda. Rupa dari alat musik ini menyerupai pipa yang terbuat dari bambu.

Kecapi

kecapi

Kecappi/ Harpa adalah alat musik melodi yang juga termasuk dalam kategori tradisional. Alat musik ini berasal dari Sunda, Jawa Barat. Harpa kayu dilengkapi dengan dawai sehingga Anda bisa memainkan alat ini. Instrumen harpa digunakan untuk mengiringi lagu daerah yang lembut, misalnya dalam lagu Sunda.

Berdasarkan fungsinya, kecapi mengiringi suatu musik, alat musik harpa dibagi dua bagian, yaitu Harpa Indung dan Harpa Rinci. Harpa format besar dengan delapan belas atau dua puluh senar memandu musik dengan memberikan intro, jembatan dan selingan. Sementara itu, kecapi rinci memiliki lima belas senar yang dimainkan untuk mempeindah iringan pada musik.

Sasando

Sasando

Alat musik ini terbuat dari bambu, yang terdiri dari tabung panjang. Bagian tengah instrumen menerima irisan melingkar dari atas ke bawah, yang berfungsi sebagai ruang untuk senar atau senar yang akan direntangkan di sekitar tabung bambu.

Alat musik ini juga merupakan alat musik melodi tradisional. Sasando adalah alat musik melodi dari Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Mirip dengan harpa, instrumen ini memiliki senar yang memainkannya dengan mengunakan jari yang memetik. Sasando sendiri sering digunakan sebagai mengiringi lagu dan upacara tradisional setempat.

Seruling

Seruling

Seruling adalah alat musik melodi tradisional dari wilayah Jawa Barat. Alat musik ini terbuat dari bambu atau kayu dengan lubang nada 6-7 pada batangnya dan lubang pemanis di tepinya. Baru-baru ini, seruling modern dapat dibuat dari aluminium dan plastik. Seruling dimainkan oleh gelembung.

Saat memainkan seruling, kira-kira dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tiupan lembut, tiupan sedang, dan tiupan keras. Stroke lembut digunakan untuk membuat nada dalam. Beat digunakan untuk membuat nada menengah. Sementara beat keras dimainkan supaya menghasilkan suatu nada yang tinggi.

Gitar

Gitar

Gitar ini terdiri dari dua jenis, yaitu gitar akustik dan gitar listrik. Gitar akustik adalah jenis gitar yang telah banyak digunakan dan telah digunakan selama ribuan tahun. Sementara itu, gitar listrik diperkenalkan sejak 1930-an dan seterusnya, yang dimainkan sebagai suatu instrumen utama pada genre musik seperti rock, pop, jazz, reggae, metal dan blues.

Gitar sendiri adalah alat musik melodi modern yang sangat terkenal dan banyak digunakan saat ini. Cara memainkan alat musik ini sama dengan bermain sasando dan kecapi melalui seleksi. Gitar terdiri dari tiga bagian, yaitu tubuh gitar, stang gitar dan senar.

Harmonika

Harmonika

Harmonika sebenarnya berasal dari alat musik tradisional Tiongkok Sheng dan digunakan sekitar lima ribu tahun yang lalu sejak kekaisaran Nyu-kwa. Di tahun 1821, Friedrich Buschman berhasil menciptakan sebuah alat musik harmonika yang lebih modern.

Harmonika juga merupakan alat musik melodi modern yang jarang dikuasai oleh kebanyakan orang. Instrumen ini dimainkan dengan mengisap dan meniup. Namun, hanya orang yang harmonis yang dapat menghasilkan suara dan nada yang indah.

Biola

Biola

Instrumen ini terdiri dari beberapa bagian, yaitu biola, leher biola, jembatan biola, senar, fingerboards, dan perangkat bantu, yang terdiri dari pasak penyetel, ekor biola, pena, tali, beberapa perangkat penyetelan tambahan, jika perlu, dan dagu lainnya. Biola memiliki jenis yang berbeda, yaitu bass biola, biola kecil, biola menengah dan biola besar.

Piano

Piano

Alat musik ini adalah instrumen melodi tertua. Piano berasal dari kata pianoforte Italia. Instrumen ini dibuat pada 1720-an oleh seorang pria bernama Bartolomeo Cristofori.

Piano adalah alat musik yang dimainkan dengan menekan jari Anda. Instrumen ini dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu baby grand piano, grand piano dan piano.

Trompet

Trompet

Terompet adalah alat musik tiup yang dapat memancarkan suara berapi-api yang diciptakan oleh gaya yang digunakan untuk memainkan keriuhan, tetapi juga disebabkan oleh pipa logam sempit, lubang silinder, dan corong yang lebar dan melebar.

Musisi jazz menggunakan semua suara trompet dan trombon. Memainkan dua instrumen ini diharapkan dapat menciptakan game solo yang menawan.

Saksofon

Saksofon

Saksofon adalah instrumen angin metalik dengan berbagai pilihan suara dan ekspresi. Saksofon dikembangkan pada tahun 1846 oleh Adolphne Sax. Ada empat jenis saksofon, yaitu sopran, alto, tenor dan bariton saksofon. Keempatnya dapat membentuk kuartet yang sesuai dengan kuartet string.

Klarinet

Klarinet

Alat musik ini merupakan alat musik yang dimainkannya dengan cara di tiup. Dimana klarinet ini yang diciptakan oleh seorang musisi yang bernama Theoblad Boem. Selanjutnya alat musik ini banyakatau sering digunakan dalam musik orkestra dan band-band militer pada pertengahan abad ke-18.

Calung

Calung

Calung adalah alat musik yang terbuat dari deretan bambu yang berbunyi saat batu terdengar. Angklung biasanya dimainkan pada instrumen ini karena suara ini menghasilkan suara pentatonik yang sangat cocok untuk dikombinasikan dengan instrumen.

Hobo

Hobo

Hobo adalah alat musik tiup yang terdengar lembut dengan lidah bergetar ganda. Kisarannya hingga dua setengah oktaf. Hobo sudah dikenal sejak Mesir kuno. Pada abad ke-18, instrumen ini dilakukan dalam musik kamar atau konser.

Hobo dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu: Hobo Cast Anglais, Hobo Diamore dan hobi saat ini. Kita bisa mendengar banyak karya dengan alat musik ini dalam karya Bellini, Berio dan Rossini.

Demikian Pembahasan kita pada kali ini di edmodo.id tentang Contoh Alat Musik Melodis. Nantikan Artikel Menaraik Lainya, tetap bersama kami. Terimaksih Semoga Membawa Manfaat.

“Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh”

Baca Juga: