Cara Screen Recorder Di Laptop Tanpa Aplikasi

Salam, Sobat Edmodo! Buat kamu yang sedang memerlukan screen recorder untuk membuat tutorial ataupun merekam game yang kamu mainkan di laptop, tentu tidak harus repot mencari aplikasi atau software khusus untuk melakukan hal tersebut. Di artikel ini, kamu akan menemukan cara mudah untuk melakukan screen recording di laptop tanpa menggunakan aplikasi apapun. Yuk, simak penjelasannya!

Kelebihan dan Kekurangan Cara Screen Recorder di Laptop Tanpa Aplikasi

✅ Kelebihan:

1. Praktis dan Mudah Digunakan

Melakukan screencast tanpa aplikasi memudahkan kalian, kalian tidak perlu bagaimana setting dan konfigurasi yang cukup rumit. Cukup dengan sedikit usaha dan sedikit waktu, kalian bisa dengan mudah merekam video yang kalian inginkan. Ini benar-benar menghemat waktu dan sangat cocok untuk pemula yang tidak ingin melakukan pengaturan dan ingin langsung merekam.

2. Gratis dan Biaya Nol

Tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali, karena kamu hanya perlu menggunakan fitur bawaan dari laptop atau sistem operasi. Jadi, kamu tidak perlu khawatir menambahkan biaya tambahan hanya karena ingin membuat video tutorial atau membagikan gameplay.

3. Langsung Tersedia di Laptopmu

Pada umumnya, fitur screen recorder bawaan di laptop dapat digunakan tanpa perlu mengunduh atau memperbarui aplikasi. Hal ini sangat memudahkan pengguna untuk langsung melakukan proses pengambilan video tanpa perlu mengisi ruang penyimpanan.

❌ Kekurangan:

1. Batal jika Jendela Berubah

Jika setiap kali kamu menggerakkan jendela windows saat merekam, maka layar yang direkam bisa berubah menjadi tidak beraturan dan meninggalkan efek buruk dalam penampilan video. Jadi, pastikan untuk menjaga jendela tetap statis selama proses perekaman.

2. Fitur Terbatas

Karena kamu hanya menggunakan aplikasi bawaan, maka fitur yang tersedia juga sangat terbatas. Beberapa fitur tambahan seperti editing, efek, dan penyesuaian suara tidak tersedia pada aplikasi bawaan.

3. Penurunan Kualitas Video

Saat kamu menggunakan screen recorder bawaan tanpa aplikasi, kamu harus bisa trampil menggunakan software edit video. Nah, tanpa aplikasi, kamu juga harus menyesuaikan tampilan video di layar yang tidak menarik. Sehingga, kualitas video yang kamu hasilkan cenderung turun jika kamu tidak melakukan pengeditan tambahan.

Cara Screen Recorder di Laptop Tanpa Aplikasi

Berikut cara mudah untuk melakukan screen recording di laptop tanpa menggunakan aplikasi apapun:

1. Gunakan Tombol Print Screen (PrntScrn) di Keyboard

Pertama-tama, carilah tombol Print Screen di keyboardmu. Biasanya tombol ini terletak di kanan atas pada keyboard, tepat di bawah tombol “Scroll Lock”. Namun, tombol ini kadang-kadang juga diberi label seperti “PrntScrn”, jadi kamu harus mencarinya terlebih dahulu.

2. Gunakan Tombol Windows + G (Gambar) untuk Membuka Game Bar

Jika kamu ingin merekam gameplay, gunakan tombol Windows+G untuk membuka game bar yang ada di Windows 10. Jendela ini muncul ketika kamu menekan tombol pintasan Windows+G dan tampil di bagian atas jendela game.

3. Tekan Tombol Windows + Alt + R untuk Mulai Merekam layar Desktop

Jika kamu ingin merekam tampilan desktop, tekan tombol Windows+Alt+R untuk mulai merekam layar desktop. Pastikan setiap jendela tetap statis dan tidak bergerak selama proses recording.

4. Tekan Tombol Windows + Alt + G untuk Merekam Game

Jika kamu ingin merekam game, tekan tombol Windows+Alt+G untuk mulai merekam game yang sedang berjalan secara real time.

Parameter Cara Screen Recorder di Laptop Tanpa Aplikasi

Langkah-langkah Deskripsi dan Tujuan
1 Mulai Laptop Kamu
2 Tekan Tombol Print Screen di Keyboardmu
3 Tekan Tombol Windows + G untuk Membuka Game Bar
4 Tekan Tombol Windows + Alt+R untuk Mulai Merekam
5 Simpan Video yang Tersimpan ke PC

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apa saja keuntungan dan kerugian screen recorder tanpa aplikasi?

Kamu bisa membaca ulasan keuntungan dan kekurangan screen recorder tanpa aplikasi di bagian kelebihan dan kekurangan diatas.

2. Screen recorder bawaan tidak memiliki fitur editing video, apa solusinya?

Kamu bisa memilih software editing video gratis seperti Shotcut atau OpenShot yang bisa diunduh melalui internet.

3. Apakah screen recorder bawaan dapat merekam audio?

Layar laptop bawaan juga bisa merekam sistem audio yang memberikan output suara, jadi kamu tidak perlu khawatir tentang masalah ini karena kamu bisa melakukannya dengan mudah.

4. Berapa lama durasi rekaman yang dapat dilakukan dengan screen recorder bawaan?

Kebanyakan laptop yang ada di pasaran tidak memiliki batasan waktu saat merekam video, jadi kamu bisa merekam video yang cukup panjang dan memfoto pada layar kamu dengan mudah.

5. Apakah tutorial ini sama pada setiap jenis laptop?

Tutorial ini berlaku pada laptop yang menggunakan sistem operasi Windows seperti Windows 7, 8, dan 10. Jika kamu menggunakan laptop dengan sistem operasi yang berbeda, kamu bisa cari tutorial terkait pada mesin pencari Google.

6. Bagaimana cara saya mengedit video yang terrekam pada screen recorder?

Kamu bisa menggunakan software editing video gratis seperti Shotcut atau OpenShot untuk melakukan editing video yang kamu rekam menggunakan screen recorder bawaan.

7. Apakah saya bisa membuat video tutorial dan mempublikasikannya di YouTube menggunakan screen recorder bawaan?

Tentu saja, kamu bisa menggunakan screen recorder bawaan kemudian mengedit dan membagikan video tutorialmu di platform YouTube.

Kesimpulan

Jadi, Sobat Edmodo, itulah cara mudah untuk melakukan screen recording di laptop tanpa menggunakan aplikasi apapun. Meskipun memiliki keterbatasan, namun screen recorder bawaan juga boleh jadi pilihan yang efektif sebagai solusi alternatif tanpa harus mengeluarkan biaya untuk membeli software tambahan. Jangan takut mencoba hal baru dan ciptakan karya-karya video yang kalian inginkan! Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu dan selamat mencoba! Cara Screen Recorder Di Laptop Tanpa Aplikasi

Penutup

Artikel ini hanya untuk keperluan informasi dan mengajak kamu untuk mencoba hal baru. Kami tidak bertanggung jawab atas dampak apapun dari informasi ini atau kerusakan pada laptopmu yang terjadi saat menjalankan tutorial ini. Selalu ingat untuk membuat backup sistemmu agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Terima kasih telah membaca artikel ini!