Cara Memunculkan Aplikasi Di Desktop Windows 11

Posted on

Memunculkan Aplikasi Di Desktop

Sobat Edmodo, dengan hadirnya Windows 11, pengguna dapat menemukan antarmuka baru yang menampilkan gaya modern. Namun, banyak pengguna yang mengalami kesulitan ketika ingin mencari aplikasi yang terinstall di PC mereka. Apakah Anda berniat memunculkan aplikasi di desktop? Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan memberikan panduan tentang cara memunculkan aplikasi di desktop Windows 11, sehingga memudahkan aktivitas Anda di PC.

Panduan Memunculkan Aplikasi Di Desktop

Sebelum mulai memunculkan aplikasi di desktop Windows 11, pastikan Anda sudah menginstal aplikasi tersebut terlebih dahulu. Berikut ini panduan tentang cara memunculkan aplikasi di desktop Windows 11:

1. Pertama, tekan tombol Windows pada keyboard, kemudian cari aplikasi yang ingin Anda tampilkan pada desktop.

Cara Memunculkan Aplikasi Di Desktop Windows 11

2. Setelah aplikasi ditemukan, klik kanan pada aplikasi dan pilih “Lebih banyak”.

3. Selanjutnya, pilih opsi “Jadikan shortcut di desktop”.

4. Sekarang, aplikasi akan menjadi shortcut di desktop, dan Anda dapat dengan mudah membukanya dengan mengklik dua kali shortcut tersebut.

Keuntungan Memunculkan Aplikasi Di Desktop

Memunculkan aplikasi di desktop Windows 11 memberikan beberapa keuntungan, diantaranya:

1. Kemudahan Akses – Saat Anda ingin membuka aplikasi tertentu, Anda tidak perlu lagi menavigasi menu Start atau folder instalasi lagi. Cukup klik pada shortcut yang tersedia di desktop. Ini dapat menghemat waktu Anda.

2. Visualisasi yang Jelas – Seringkali, aplikasi yang terlalu banyak tersimpan di folder tersembunyi, membuat sulit untuk menemukannya kembali. Namun, dengan memunculkan shortcut di desktop, Anda mendapatkan pandangan visual yang jelas tentang aplikasi apa saja yang terinstal di komputer Anda.

3. Tidak Perlu Membuka Task Manager – Seringkali aplikasi yang terinstal di PC kita berjalan secara tidak sengaja saat Windows dihidupkan. Namun, dengan memunculkan aplikasi di desktop, kita dapat dengan mudah mengenali aplikasi mana yang berjalan di latar belakang, untuk mematikannya jika memang tidak diperlukan.

Kekurangan Memunculkan Aplikasi Di Desktop

Namun, memunculkan aplikasi di desktop juga dapat menjadi hal yang mengganggu. Berikut adalah kekurangan dari memunculkan aplikasi di desktop Windows 11:

1. Tampilan desktop yang berantakan – Terlalu banyak shortcut di desktop dapat membuat tampilan desktop menjadi berantakan, sehingga sulit untuk mencari file penting lainnya.

2. Aplikasi yang rusak – jika Anda memunculkan aplikasi di desktop yang memang sudah rusak, maka Anda akan selalu menemukan kesalahan saat mengklik shortcut tersebut, sehingga inilah salah satu kekurangan dari memunculkan aplikasi di desktop.

Tabel Cara Memunculkan Aplikasi Di Desktop Windows 11

No
Cara Panduan
1
Tekan Tombol Windows pada Keyboard
2
Cari Aplikasi Yang Ingin Ditampilkan
3
Klik Kanan Pada Aplikasi dan Pilih “Lebih Banyak”
4
Pilih Opsi “Jadikan Shortcut di Desktop”
5
Aplikasi Akan Menjadi Shortcut di Desktop

FAQ Cara Memunculkan Aplikasi Di Desktop Windows 11

Apa keuntungan memunculkan aplikasi di desktop?

Keuntungan memunculkan aplikasi di desktop Windows 11 adalah kemudahan akses, visualisasi yang jelas, dan tidak perlu membuka Task Manager.

Apa kekurangan memunculkan aplikasi di desktop?

Kekurangan memunculkan aplikasi di desktop Windows 11 adalah desktop yang berantakan dan aplikasi yang rusak.

Apakah aplikasi yang telah dihapus dapat menimbulkan masalah?

Tidak, setelah menghapus aplikasi, shortcut tersebut tidak akan lagi tampil di desktop

Apakah saya dapat memunculkan aplikasi yang dipesan pada desktop?

Ya, Anda dapat memunculkan aplikasi yang dipesan pada desktop Windows 11.

Apa yang harus saya lakukan jika shortcut tidak bekerja?

Cobalah untuk menghapus shortcut tersebut dan membuat shortcut baru. Pastikan Anda mengikuti panduan Cara Memunculkan Aplikasi Di Desktop Windows 11 dengan benar.

Apakah ada hubungannya dengan ruang penyimpanan?

Tidak, memunculkan aplikasi di desktop tidak akan mempengaruhi ruang penyimpanan pada PC Anda.

Apakah cara ini berbeda untuk Windows 10?

Tidak, panduan memunculkan aplikasi di desktop di Windows 10 sama dengan panduan di Windows 11.

Apakah harus menginstal aplikasi terlebih dahulu?

Ya, pastikan aplikasi telah terinstal sebelum membuat shortcut aplikasi di desktop.

Apakah aplikasi yang telah diuninstal akan hilang dari desktop?

Ya, setelah menguninstal aplikasi, shortcut desktop yang ada juga akan hilang.

Panduan Memunculkan Aplikasi Di Desktop Merupakan Hal yang Sulit?

Tidak, dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat dengan mudah memunculkan aplikasi di desktop.

Apakah cara ini bisa dilakukan secara otomatis?

Tidak, cara memunculkan aplikasi di desktop Windows 11 harus dilakukan secara manual dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas.

Apakah dibutuhkan software tambahan?

Tidak, Anda tidak membutuhkan software tambahan untuk memunculkan aplikasi di desktop.

Apakah shortcut yang telah dibuat dapat diubah nama?

Ya, shortcut aplikasi di desktop dapat diubah namanya dengan mengklik kanan pada shortcut tersebut kemudian pilih “Ubah Nama”.

Kesimpulan Cara Memunculkan Aplikasi Di Desktop Windows 11

Sobat Edmodo, memunculkan aplikasi di desktop pada Windows 11 memudahkan pengguna dalam mengakses aplikasi yang terinstal di PC mereka. Namun, kekurangan yang dimiliki seperti desktop yang berantakan dan aplikasi yang rusak dapat mengganggu. Untuk mengatasi kekurangan tersebut, pastikan Anda mengurangi jumlah shortcut di desktop dan menghapus aplikasi yang sangat tidak diperlukan. Secara keseluruhan, memunculkan aplikasi di desktop pada Windows 11 sangat berguna, dan dapat dengan mudah dilakukan beberapa langkah sederhana.

Action Cara Memunculkan Aplikasi Di Desktop Windows 11

Jika Anda ingin memudahkan aktivitas PC Anda, cobalah untuk memunculkan aplikasi di desktop Windows 11. Dengan panduan yang sangat mudah untuk diikuti, Anda akan dapat melakukannya dengan cepat.

Penutup Cara Memunculkan Aplikasi Di Desktop Windows 11

Demikianlah artikel kali ini membahas tentang cara memunculkan aplikasi di desktop pada Windows 11. Namun, perlu diingat bahwa setiap pengguna harus memperhatikan kekurangan yang dimiliki ketika memunculkan aplikasi di desktop. Semoga artikel ini berguna bagi Sobat Edmodo dan dapat membantu dalam memaksimalkan pengalaman penggunaan Windows 11. Terimakasih telah membaca.