Cara Mematikan Aplikasi Berjalan

Sobat Edmodo, Apa Itu Aplikasi Berjalan?

Di dunia teknologi, smartphone sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari aktivitas sehari-hari. Di dalam smartphone yang kita gunakan, terdapat bermacam-macam aplikasi yang diinstall. Kadangkala, kita meninggalkan aplikasi tersebut dalam keadaan terbuka, baik sengaja maupun tidak sengaja. Hal ini bisa menyebabkan perangkat kita menjadi lambat dan akhirnya bisa merugikan penggunanya. Untuk itu, kita harus tahu bagaimana cara mematikan aplikasi berjalan di smartphone kita.

Aplikasi berjalan adalah aplikasi yang tetap aktif dan terus berjalan di latar belakang meski kita telah keluar dari aplikasi tersebut. Aplikasi-aplikasi seperti WhatsApp, Instagram dan Facebook Messenger termasuk dalam kategori ini. Meskipun perangkat kita tidak lagi aktif menggunakan aplikasi tersebut langsung, aplikasi tersebut tetap terbuka dan memakan sebagian memori atau daya baterai. Hal ini bisa mengganggu kinerja perangkat kita dan mempersempit umur baterai kita.

Kelebihan dan Kekurangan Mematikan Aplikasi Berjalan

Cara Mematikan Aplikasi Berjalan

Kelebihan Mematikan Aplikasi Berjalan

1. Menghemat baterai dan memori smartphone kita. Dengan mematikan aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang, kita dapat menghemat daya baterai dan memori perangkat kita.

2. Mengoptimalkan kinerja smartphone kita. Dengan menjalankan sedikit aplikasi yang berjalan, kita dapat mengoptimalkan kinerja smartphone kita.

3. Membuka ruang storage. Karena aplikasi yang berjalan di latar belakang memakan storage, mematikan aplikasi tersebut dapat membuka ruang storage untuk aplikasi lain yang kita butuhkan.

4. Meningkatkan keamanan aplikasi kita. Dengan mematikan aplikasi berjalan, kita dapat mengurangi kemungkinan terserang malware atau aplikasi berbahaya lainnya yang beroperasi di latar belakang.

5. Meningkatkan kecepatan loading aplikasi. Dengan mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakang, kita dapat meningkatkan kecepatan loading aplikasi yang akan kita gunakan.

Kekurangan Mematikan Aplikasi Berjalan

1. Menggeser notifikasi aplikasi. Karena aplikasi dipaksa agar tidak berjalan di latar belakang, notifikasi aplikasi akan mengalami keterlambatan.

2. Penggunaan data yang lebih besar. Setiap kali kita memulai ulang aplikasi, data yang ada perlu diunduh kembali, yang pada akhirnya dapat meningkatkan penggunaan data.

3. Kehilangan fungsi aplikasi tertentu. Beberapa aplikasi mungkin membutuhkan akses internet terus-menerus untuk menampilkan informasi yang diperbarui.

4. Meningkatkan waktu respons aplikasi. Beberapa aplikasi mungkin membutuhkan waktu respons lebih lama untuk startup, karena harus memulai kembali.

5. Aplikasi tertentu tidak akan berfungsi dengan baik. Beberapa aplikasi mungkin lebih baik jika tetap aktif di latar belakang supaya berfungsi dengan baik.

Perintah Cara Mematikan Aplikasi Berjalan di Berbagai Sistem Operasi

Cara Mematikan Aplikasi Berjalan di Sistem Operasi Android

Langkah-langkah Mematikan Aplikasi Berjalan di Android:

Langkah Emoji Cara Mematikan
Langkah 1 👉 Tap tombol multitasking atau tombol terbaru pada perangkat Android
Langkah 2 👉 Swipe aplikasi ke kiri atau kanan untuk menutup aplikasi
Langkah 3 👉 Tap “CLEAR ALL” untuk mengakhiri semua aplikasi yang berjalan di latar belakang

Cara Mematikan Aplikasi Berjalan di Sistem Operasi iOS

Langkah-langkah Mematikan Aplikasi Berjalan di iOS:

Langkah Emoji Cara Mematikan
Langkah 1 👉 Swipe up dari bawah ke atas layar untuk membuka penyegelan aplikasi
Langkah 2 👉 Tap dan tahan aplikasi yang ingin ditutup hingga icon aplikasi muncul
Langkah 3 👉 Swipe aplikasi ke atas untuk menutup aplikasi

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Cara Mematikan Aplikasi Berjalan

Begini Sobat Edmodo, Ini Dia Jawaban untuk Beberapa Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Cara Mematikan Aplikasi Berjalan di Smartphone

1. Apa Saja Aplikasi yang Sebaiknya Ditetapkan untuk Berjalan di Latar Belakang?

Aplikasi yang dapat ditetapkan untuk diaktifkan agar berjalan di latar belakang misalnya adalah aplikasi alarm, aplikasi panggilan dan pesan, GPS dan navigasi, sosial media dan email. Namun, Sobat Edmodo tetap perlu mematikan aplikasi-aplikasi tersebut ketika tidak diperlukan untuk menghemat daya baterai dan memori perangkat Sobat Edmodo.

2. Apakah Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang Tetap Mengonsumsi Baterai dan Jaringan Internet?

Ya, meskipun berjalan di latar belakang, aplikasi tetap mengonsumsi daya baterai dan jaringan internet. Oleh karena itu, Sobat Edmodo perlu mematikan aplikasi berjalan ketika tidak lagi digunakan.

3. Bagaimana Cara Mengetahui Aplikasi-Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang di Smartphone?

Di smartphone Android, kamu dapat mengetahui aplikasi berjalan di latar belakang dengan cara membuka menu pengaturan > battery > battery usage. Di sana Sobat Edmodo akan menemukan daftar aplikasi yang terus berjalan di latar belakang.

4. Apa Yang Harus Dilakukan Supaya Aplikasi Tidak Berjalan di Latar Belakang?

Sobat Edmodo dapat mematikan aplikasi berjalan di latar belakang dengan menutup atau mematikan aplikasi secara menyeluruh. Caranya, Sobat Edmodo cukup menekan tombol tiga garis vertikal atau menu multitasking lalu menggeser aplikasi yang ingin ditutup ke atas atau ke bawah.

5. Apakah Mematikan Aplikasi Berjalan di Latar Belakang Akan Menyebabkan Smartphone Lebih Cepat Rusak?

Tidak, Mematikan aplikasi berjalan di latar belakang tidak akan menyebabkan rusaknya smartphone. Sebenarnya, mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakang dapat membuat perangkat lebih baik dan tahan lama dengan cara meminimalkan penggunaan daya baterai dan memori.

6. Apa Dampaknya Jika Sobat Edmodo Tidak Mematikan Aplikasi Berjalan di Latar Belakang?

Jika Sobat Edmodo tidak mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakang, maka akan mengganggu kinerja perangkat secara keseluruhan. Selain itu, aplikasi yang berjalan di latar belakang dapat memakan daya baterai dan memori, yang pada akhirnya memerlukan pengisian baterai dan penyimpanan ulang memori, yang memerlukan waktu dan biaya yang tidak perlu.

7. Apakah Mematikan Aplikasi Berjalan di Latar Belakang dapat Menambah Umur Baterai perangkat?

Ya, dapat. Aplikasi yang berjalan di latar belakang bisa menyebabkan daya baterai cepat habis, menganalisa aktivitas baterai pada smartphone Sobat Edmodo akan meningkatkan umur baterai pada perangkat Sobat Edmodo.

Kesimpulan

Setelah Sobat Edmodo mempelajari tentang cara mematikan aplikasi berjalan di latar belakang, kelebihan dan kekurangannya, alat yang digunakan untuk melakukannya, dan faktor-faktor lain yang mempengaruhinya, mengoptimalkan kinerja perangkat sobat edmodo menjadi lebih efektif dan efisien. Untuk mengoptimalkan kinerja Smartphone, tidak ada yang lebih penting selain menyadari dan mengetahui cara mematikan aplikasi berjalan di latar belakang. Sobat Edmodo sekarang mampu menghemat baterai dan memori, mengoptimalkan keamanan Smartphone, meningkatkan kecepatan loading aplikasi, dan untuk lebih meningkatkan kinerja Smartphone Anda. Pastikan Sobat Edmodo tetap mengetahui dan selalu melakukan langkah mematikan aplikasi berjalan di latar belakang perangkat Sobat Edmodo.

Penutup

Itulah Sobat Edmodo, sebuah artikel yang menjelaskan mengenai cara mematikan aplikasi berjalan di latar belakang pada Smartphone kita. Kami yakin informasi yang kami berikan akan sangat bermanfaat untuk Sobat Edmodo. Namun perlu diingat bahwa informasi ini bersifat umum, dan sifat tersebut terkadang tidak dapat memenuhi kebutuhan Anda sebagai individu. Ada kemungkinan bahwa situasi Anda berbeda dengan apa yang telah dijelaskan dalam artikel ini. Karenanya, kami mendorong Sobat Edmodo untuk mencari sumber informasi lain untuk memastikan Anda dapat membuat keputusan yang tepat untuk kebutuhan perangkat Smartphone Sobat Edmodo. Terima kasih telah membaca artikel kami