Cara Melihat Aplikasi Yang Sedang Berjalan Di Windows 10

Sapaan Pembuka

Salam Sobat Edmodo, kita akan membahas tentang sebuah tips yang sangat berguna bagi pengguna Windows 10. Salah satu fitur yang sering digunakan adalah melihat aplikasi yang sedang berjalan di task manager. Namun, tidak semua orang mengetahui cara melakukannya. Nah, pada artikel kali ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara melihat aplikasi yang sedang berjalan di Windows 10. Yuk, simak selengkapnya!

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan:

  1. Memungkinkan pengguna untuk melihat aplikasi yang sedang berjalan dan memantau kinerja sistem.
  2. Dapat membantu pengguna menutup aplikasi yang tidak merespon.
  3. Sangat mudah digunakan dan diakses langsung dari taskbar.
  4. Dapat menjaga performa komputer pada keadaan optimal dan mengurangi resiko crash.
  5. Bisa melihat proses dan aplikasi apa saja yang sedang berjalan di background.
  6. Membantu pengguna dalam mengoptimalkan penggunaan resource sistem.
  7. Dapat membantu pengguna mempercepat shutdown dan restart Windows.

Kekurangan:

  1. Tidak memberikan informasi detail tentang aplikasi dan proses yang sedang berjalan.
  2. Kadang terjadi crash atau error saat membuka task manager.
  3. Terlalu sensitive pada program yang tidak valid sehingga dapat menunjukkan false positives.
  4. Terkadang sulit untuk mengidentifikasi aplikasi yang sedang berjalan, terutama bagi pemula.
  5. Tidak dapat membantu pengguna dalam menyelesaikan masalah yang terkait dengan aplikasi.
  6. Memiliki beberapa versi yang berbeda dan beberapa fitur dapat dilacak dengan lebih mudah di versi yang lebih lama.
  7. Tidak mudah menemukan opsi terkait dengan CPU usage yang spesifik.

Pendahuluan

Sebagai pengguna Windows 10, Anda mungkin membutuhkan informasi tentang aplikasi yang sedang berjalan di komputer Anda. Penting untuk mengawasi aplikasi yang sedang berjalan karena dapat mempengaruhi kinerja sistem dan user experience. Belum lagi, Anda mungkin perlu mematikan aplikasi yang tidak merespon atau menyebabkan masalah lain pada performa komputer.

Nah, untuk mengatasi masalah ini, tepat untuk menggunakan task manager. Task manager adalah alat bawaan yang terdapat pada setiap sistem operasi Windows. Tool ini dapat memberikan informasi tentang aplikasi dan proses yang sedang berjalan di komputer Anda, termasuk pengelolaan kinerja aplikasi terkait, CPU, memory, hard disk usage, dan lain-lain.

Dalam panduan ini, kami akan membahas secara rinci tentang cara melihat aplikasi yang sedang berjalan menggunakan task manager. Dalam tutorial ini, kami akan fokus pada langkah-langkah praktis dan mudah yang dapat digunakan oleh pengguna pemula dan ahli. Simak selengkapnya!

Kami yakin panduan ini akan sangat bermanfaat bagi Anda untuk memantau kinerja sistem secara nyaman dan efektif. Yuk, simak selengkapnya tips lengkap cara melihat aplikasi yang sedang berjalan di Windows 10!

Cara Melihat Aplikasi Yang Sedang Berjalan Di Windows 10

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus diikuti untuk melihat aplikasi yang sedang berjalan di Windows 10:

  1. Buka Task Manager Cara Melihat Aplikasi Yang Sedang Berjalan Di Windows 10
  2. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuka task manager. Salah satunya dengan menggunakan shortcut key Ctrl + Shift + Esc. Anda juga dapat membuka task manager melalui menu taskbar Windows atau tekan tombol Ctrl + Shift + Del akan memunculkan menu yang dapat memilih task manager.

  3. Klik Tab “Aplikasi” 💻
  4. Biasanya, Anda akan melihat tiga tab yaitu aplikasi, proses dan service. Untuk melihat aplikasi yang sedang berjalan, klik tab “Aplikasi” dan kemudian daftar aplikasi yang sedang berjalan pada sistem akan terlihat.

  5. Daftar Aplikasi 📝
  6. Pada bagian tab “Aplikasi”, Anda akan melihat daftar aplikasi yang sedang berjalan pada sistem Anda. Anda dapat melihat nama, status, dan jumlah proses untuk setiap aplikasi yang sedang berjalan.

  7. Menambahkan Kolom Aplikasi Yang Sedang Berjalan 🖋️
  8. Jika Anda ingin menambahkan informasi lain di daftar aplikasi, Anda dapat menambahkan kolom spesifik. Caranya mudah, klik kanan pada header kolom dan pilih pilihan yang ingin ditambahkan.

  9. Menutup Aplikasi 🚪
  10. Jika Anda ingin menutup salah satu aplikasi yang sedang berjalan, pilih aplikasi dan klik pada tombol “End Task”. Ini akan mencoba untuk menutup aplikasi. Jika aplikasi tidak merespon, Anda dapat memilih “End Task tree” atau “End Process” untuk menutup aplikasi sepenuhnya.

Tabel Informasi

Aplikasi Status Jumlah Proses
Microsoft Edge Tidak Merespon 3
Microsoft Word Sedang Berjalan 1
Microsoft Excel Tidak Merespon 2
Adobe Photoshop Tidak Merespon 3
Microsoft PowerPoint Sedang Berjalan 1
Spotify Sedang Berjalan 1

FAQ

1. Apa yang dimaksud dengan task manager?

Task manager adalah alat bawaan yang terdapat pada setiap sistem operasi Windows. Tool ini dapat memberikan informasi tentang aplikasi dan proses yang sedang berjalan di komputer Anda, termasuk pengelolaan kinerja aplikasi terkait, CPU, memory, hard disk usage, dan lain-lain.

2. Bagaimana cara membuka task manager?

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuka task manager. Salah satunya dengan menggunakan shortcut key Ctrl + Shift + Esc. Anda juga dapat membuka task manager melalui menu taskbar Windows atau tekan tombol Ctrl + Shift + Del akan memunculkan menu yang dapat memilih task manager.

3. Apa yang dimaksud dengan “Aplikasi” di task manager?

Pada bagian tab “Aplikasi”, Anda akan melihat daftar aplikasi yang sedang berjalan pada sistem Anda. Anda dapat melihat nama, status, dan jumlah proses untuk setiap aplikasi yang sedang berjalan.

4. Apakah task manager dapat membantu dalam meningkatkan performa komputer?

Ya, task manager dapat membantu dalam meningkatkan performa komputer dengan membantu pengguna mengoptimalkan penggunaan resource sistem, mematikan aplikasi yang tidak merespon, mengurangi resiko crash dan memberikan informasi detail tentang aplikasi dan proses yang sedang berjalan.

5. Apakah task manager dapat membantu dalam menyelesaikan masalah yang terkait dengan aplikasi?

Tidak, task manager tidak dapat membantu pengguna dalam menyelesaikan masalah yang terkait dengan aplikasi karena hanya dapat memberikan informasi tentang aplikasi dan proses yang sedang berjalan pada sistem.

6. Apakah pengguna dapat menambahkan kolom pada daftar aplikasi di task manager?

Ya, pengguna dapat menambahkan kolom pada daftar aplikasi di task manager dengan memilih kolom spesifik pada header daftar aplikasi dan memilih opsi yang diinginkan.

7. Apakah task manager dapat membantu dalam mempercepat shutdown dan restart Windows?

Ya, task manager dapat membantu dalam mempercepat shutdown dan restart Windows dengan membantu pengguna menutup aplikasi yang masih berjalan di latar belakang. Dengan demikian, proses shutdown dan restart akan lebih cepat.

8. Apakah task manager sensitif pada program yang tidak valid?

Ya, task manager sensitif pada program yang tidak valid dan dapat menunjukkan false positives.

9. Apakah setiap versi Windows memiliki task manager yang sama?

Tidak, setiap versi Windows dapat memiliki sedikit perbedaan pada tampilan dan fitur task manager. Beberapa fitur bisa dilacak dengan lebih mudah di versi yang lebih lama dengan antarmuka yang kurang modern dan fitur yang lebih sederhana.

10. Apa yang harus dilakukan jika aplikasi tidak merespon?

Jika aplikasi tidak merespon, Anda dapat memilih “End Task tree” atau “End Process” untuk menutup aplikasi sepenuhnya.

11. Apa yang terjadi jika pengguna menutup salah satu proses yang sedang berjalan pada sistem?

Menutup salah satu proses yang sedang berjalan pada sistem dapat mempengaruhi kinerja sistem atau menyebabkan aplikasi menjadi tidak merespon. Oleh karena itu, pastikan untuk mengerti proses yang sedang berjalan sebelum menutup proses manapun.

12. Dapatkah pengguna mengurutkan daftar aplikasi pada task manager?

Ya, pengguna dapat mengurutkan daftar aplikasi pada task manager dengan mengklik pada header kolom. Misalnya, pengguna dapat mengurutkan aplikasi berdasarkan nama, status, jumlah proses, penggunaan CPU, dan lain-lain.

13. Apa saja informasi yang dapat dilihat pada daftar aplikasi di task manager?

Pada bagian tab “Aplikasi”, Anda akan melihat daftar aplikasi yang sedang berjalan pada sistem Anda. Anda dapat melihat nama, status, dan jumlah proses untuk setiap aplikasi yang sedang berjalan.

Kesimpulan

Task manager adalah alat yang sangat berguna dalam memonitor dan mengelola aktivitas aplikasi dan proses yang sedang berjalan di Windows 10. Kita dapat melihat aplikasi yang sedang berjalan, serta memantau kinerja sistem dan mengoptimalkan penggunaan resource sistem. Selain itu, task manager juga dapat membantu dalam mempercepat shutdown dan restart Windows.

Namun, task manager juga memiliki kekurangan, seperti tidak memberikan informasi detail tentang aplikasi dan proses yang sedang berjalan. Selain itu, task manager sensitif pada program yang tidak valid sehingga dapat menunjukkan false positives.

Selain itu, mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan dalam artikel ini dapat membantu Anda dalam menutup aplikasi yang tidak merespon dan mempercepat shutdown serta restart Windows. Yuk, coba sendiri dan rasakan manfaatnya!

Kata Penutup atau Disclaimer

Sekali lagi, kami harap panduan ini dapat membantu Anda dalam memantau aktivitas aplikasi dan proses yang sedang berjalan di Windows 10. Namun, Anda harus berhati-hati saat menutup proses yang sedang berjalan pada sistem, karena hal itu dapat mempengaruhi kinerja atau menyebabkan aplikasi menjadi tidak merespon.

Kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau masalah lain yang terkait dengan penggunaan task manager. Pastikan Anda memahami setiap proses sebelum melakukan tindakan atau menutup proses tertentu.

Salam dari kami, Semoga bermanfaat!