Cara Melihat Aplikasi Yang Berjalan Di Latar Belakang Iphone

Sobat Edmodo, siapa yang tidak mengenal smartphone kelas atas yang satu ini? Ya, iPhone yang menjadi salah satu smartphone terpopuler dan banyak digunakan oleh masyarakat dunia. iPhone memang selalu memiliki fitur-fitur yang menarik dan inovatif. Namun, tidak semua fitur jelas terlihat dan mudah digunakan. Contohnya, bagaimana melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang iPhone?

Mungkin sebagian dari Sobat Edmodo bertanya-tanya, ada aplikasi yang berjalan di latar belakang? Jawabannya, ya ada. Aplikasi yang berjalan di latar belakang bisa secara drastis mempengaruhi kinerja iPhone, memicu masalah baterai yang cepat habis, dan menjadikan iPhone terasa lebih lambat. Oleh karena itu, dalam artikel ini, Sobat Edmodo akan mempelajari bagaimana cara melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang iPhone.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

1. Mempercepat akses aplikasi yang sedang digunakan. Dalam beberapa kasus, aplikasi yang awalnya memakan waktu untuk diakses dapat langsung diakses karena sudah terbuka di latar belakang.

2. Memudahkan multitasking. Dalam situasi dimana Sobat Edmodo ingin fokus pada satu aplikasi dan membutuhkan akses ke aplikasi lainnya secara cepat, aplikasi yang berjalan di latar belakang bisa sangat membantu. Misalnya ketika Sobat Edmodo sedang mengikuti rapat zoom dan membutuhkan akses cepat ke pesan masuk.

3. Meningkatkan pengalaman user. Dalam keadaan tertentu, aplikasi yang berjalan di latar belakang bisa memberikan pengalaman yang lebih baik pada pengguna.

Kekurangan

1. Menyebabkan iPhone lebih lambat. Semakin banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang, semakin sedikit memori dan CPU yang tersedia, yang bisa berdampak pada kecepatan dan kinerja iPhone.

2. Membutuhkan sejumlah besar daya baterai. Aplikasi yang berjalan di latar belakang dapat memakan sebagian besar baterai iPhone sehingga membuat penggunaan baterai semakin banyak.

3. Dapat mengganggu privasi pengguna. Beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang mungkin memonitor aktivitas pengguna atau mengakses data pengguna tanpa sepengetahuan pengguna.

4. Memakan ruang penyimpanan pada iPhone. Dalam beberapa kasus, aplikasi yang berjalan di latar belakang dapat memakan lebih banyak ruang di penyimpanan iPhone dibandingkan dengan aplikasi yang tidak berjalan di latar belakang.

Cara Melihat Aplikasi yang Berjalan Di Latar Belakang iPhone

Ada beberapa langkah yang bisa Sobat Edmodo lakukan untuk melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang iPhone, diantaranya:

  1. Buka bar menu pilihan aplikasi dengan cara men-swipe ke atas dari bawah layar ke tengah, kemudian lihat pada bagian paling kiri. Aplikasi yang berjalan di latar belakang akan terlihat di sana.
  2. Tekan tombol Home dua kali untuk membuka tampilan aplikasi yang terakhir Sobat Edmodo buka secara otomatis, maka akan muncul aplikasi yang berjalan di latar belakang.
  3. Gunakan fitur “App Switcher” dengan men-swipe dari kiri ke kanan sebagai jalan pintas untuk melihat dan mengakses aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Tabel Informasi Cara Melihat Aplikasi Yang Berjalan Di Latar Belakang Iphone

No. Langkah Deskripsi
1 Swipe menu aplikasi Swipe dari bottom screen ke tengah, lihat pada bagian paling kiri.
2 Teakan tombol Home Teakan tombol Home dua kali untuk membuka tampilan aplikasi terakhir.
3 Gunakan fitur “App Switcher” Swipe dari kiri ke kanan.

FAQ

1. Apa itu aplikasi yang berjalan di latar belakang?

Aplikasi yang berjalan di latar belakang adalah aplikasi yang masih terbuka dan berjalan walaupun pengguna sudah menutup aplikasi tersebut maupun layar iPhone.

2. Mengapa ada aplikasi yang harus diizinkan untuk berjalan di latar belakang?

Aplikasi yang biasanya membutuhkan akses latar belakang adalah aplikasi seperti navigasi atau penggunaan kamera, sehingga lebih mudah bagi pengguna dalam penggunaan aplikasi tersebut.

3. Bagaimana cara mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakang?

Untuk mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakang, anda dapat swipe up pada bar pilihan aplikasi, kemudian swipe (geser) aplikasi keatas untuk menutup aplikasi tersebut.

4. Apa yang harus dilakukan jika ada aplikasi yang menolak dimatikan di latar belakang?

Terkadang iOS memperbolehkan aplikasi tertentu untuk terus berjalan di latar belakang meskipun sudah menutup. Pengguna bisa memilih memberikan instruksi untuk matikan aplikasi tersebut pada pengaturan iOS Setting.

5. Bagaimana cara melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang di iPhone 13?

Cara melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang di iPhone 13 sama seperti cara melihat aplikasi di series sebelumnya.

6. Apakah iPhone memiliki mode terbang?

Ya, iPhone memiliki mode terbang. Mode terbang akan mematikan semua sinyal nirkabel pada perangkat iOS dan ini bisa membantu menghemat daya baterai.

7. Bagaimana memperbaiki iPhone baterai cepat habis?

Tidak hanya aplikasi yang berjalan di latar belakang, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki iPhone baterai cepat habis, antara lain mematikan Wi-Fi dan Bluetooth, mengatur kecerahan layar, mematikan fitur yang tidak diperlukan, dan memperbaharui iOS ke versi terbaru.

Kesimpulan

Sobat Edmodo, setelah mengetahui cara melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang iPhone, Sobat Edmodo bisa memilih untuk menonaktifkan aplikasi tersebut agar bisa lebih hemat baterai dan iPhone Sobat Edmodo tidak menjadi lambat. Hal ini bisa memperpanjang umur baterai dan menjadikan pengalaman penggunaan iPhone lebih lancar. Meskipun ada kelebihan dan kekurangan, Sobat Edmodo dapat memilih untuk memperhatikan daya baterai dan kinerja iPhone secara berkala.

Disclaimer

Artikel ini disusun berdasarkan informasi yang tersedia di berbagai sumber terpecaya, namun tidak menutup kemungkinan terdapat kesalahan atau ketidakakuratan informasi pada artikel ini. Segala risiko yang muncul dari penggunaan informasi yang terdapat pada artikel ini menjadi tanggung jawab sepenuhnya dari Sobat Edmodo.

Cara Melihat Aplikasi Yang Berjalan Di Latar Belakang Iphone