Bola Tangan

Posted on

Bola Tangan – Assalamualaikum Wr Wb.Alhamdulillah atas izin Alloh SWT serta Ridho dari junjungan Kita Nabi Muhammad SAW, kita dapat berjumpa lagi dalam pembahasan artikel kali ini.

Dimana Edmodo.Id akan membahas materi dengan tema mengenai Bola Tangan Yang Berdasarkan Pengertian, Contoh dan Gambar Lengkap Serta Penjelasannya terbaru. Langsung saja pembahsannya dibawah ini.

Bola Tangan adalah salah satu olahraga dalam permainan di mana bola digunakan, dan ketika datang ke kegiatan tangan, itu adalah media karena game ini menyerupai lapangan sepak bola futsal, sehingga game ini dapat memindahkan bola dengan tangan Anda, bukan kaki Anda.

Pengertian Bola Tangan

Bola Tangan

Bola Tangan adalah olahraga yang dimainkan dengan tangan. Game ini sendiri hampir sama dengan futsal atau bola kaki, di mana keduanya memiliki tujuan.

Perbedaannya adalah bahwa mereka hanya perlu mencetak gol melawan lawan mereka dengan tangan sedangkan untuk futsal mereka harus menggunakan kaki mereka.

Untuk olahraga ini jika dimainkan di dalam ruangan, masing-masing tim terdiri dari tujuh orang, di mana 1 adalah kiper dan 6 sebagai pemain dan untuk permainan outdor, jumlah tim adalah sebelas, di mana 1 adalah kiper dan 10 adalah pemain.

Waktu permainan yang diperlukan dalam olahraga ini adalah 1 jam, di mana setiap putaran dibagi menjadi dua, yaitu babak pertama 30 menit dan babak kedua 30 menit. Untuk penalti maka dalam olahraga ini ditentukan dengan jarak tujuh meter jika ingin melakukan penalti.

Kemudian untuk ukuran lapangan cabang olahraga ini mencapai 40 mx 20 m, di mana masing-masing bidang diberi garis pemisah seperti garis gawang, garis tengah, dan tepi lapangan.

Olahraga ini telah menarik banyak orang, sehingga olahraga ini telah dimasukkan dalam kompetisi tahunan seperti Internasional (Olimpiade), Asian Games, Nasional dan Lokal.

Sejarah Bola Tangan

Dalam hal sejarah, tentu saja, permainan bola tangan ini telah ada di masa lalu, dan itu berasal dari Yunani. Pada 1230, masyarakat Jerman mulai memainkan banyak permainan ini, di mana olahraga itu masih disebut catchball pada waktu itu.

Hanya setelah waktu yang lama di Prancis bahwa permainan ini mulai muncul pada 1494-1533 M, tetapi jenis permainan hanya menggunakan pohon-pohon palem. Game hand boala hanya dikembangkan pada abad ke-19.

Pada tahun 1897, sebuah kompetisi didirikan atau diadakan di Denmark, di mana tidak banyak negara yang berpartisipasi pada saat itu, karena hanya tiga negara yang ikut serta dalam lomba ini, seperti Swedia, Denmark dan Jerman.

Baru pada tahun 1926 aturan-aturan olahraga ditetapkan secara internasional, di mana terjadi pertemuan antara negara-negara asosiasi olahraga amatir internasional, pertemuan itu sendiri berlangsung di kota Den Haag.

Untuk Indonesia sendiri, olahraga ini umumnya disukai oleh masyarakat luas, sehingga olahraga ini termasuk dalam kompetisi PON ke-2 pada tahun 1951.

Perkembangan olahraga ini terus meningkat pada tahun 2008 dan cepat, karena olahraga ini berhasil dilakukan di Asian Beach Games di Indonesia dan merupakan tanda perkembangan lebih lanjut dari olahraga ini sampai digunakan dalam kompetisi utama seperti tingkat internasional (Olimpiade). ), Pertandingan Laut dan Nasional. Untuk olahraga ini juga termasuk dalam kategori cabang olahraga.

Berbagai Jenis Bola Tangan

Ada dua jenis di bawah ini dalam game ini, termasuk yang berikut ini.

  • Indoor adalah permainan yang dimainkan di gedung atau ditutup dengan total 7 orang.
  • Outdoor adalah permainan yang dimainkan di lapangan yang luas dan terbuka dengan total 11 tim
  • Aturannya sendiri masih tidak berbeda atau berubah, bahkan jika dimainkan di luar ruangan.

Ukuran dan Lampangan Bola Tangan

Diskusi berikut tentang ukuran bola dan lapangan dalam olahraga ini.

Dalam olahraga, ini dapat dibagi menjadi tiga bagian untuk ukuran bola.

Ukuran Bola

  • Untuk anak-anak, baik laki-laki maupun perempuan, berat bola adalah 290 hingga 330 gram dan ukuran bola adalah 50 hingga 52 sentimeter.
  • Pada pria dewasa, berat bola biasanya 425 hingga 475 gram dan ukuran bola adalah 58 hingga 60 sentimeter.
  • Berikutnya, berat bola untuk wanita dewasa adalah 325 hingga 375 gram dan ukuran bola adalah 54 hingga 56 sentimeter.

Ukuran Lapangan Bola Tangan

Ukuran Lapangan Bola Tangan

Dalam olahraga, ini dapat mencakup tujuh bagian dari ukuran lapangan.

  • Garis pinalti dengan jarak tujuh meter.
  • Targetkan garis dengan jarak enam meter.
  • Lemparan garis dengan jarak sembilan meter.
  • Untuk gerbang selebar tiga meter.
  • Untuk gerbang dengan ketinggian dua meter.
  • Karena luas lapangan dua puluh meter.
  • Panjangnya 50 meter untuk lapangan.

Ini sesuai dengan pengukuran yang dapat didiskusikan dan kemudian akan membahas aturan berikut.

Aturan Permainan Bola Tangan

Aturannya bisa dijelaskan sebagai berikut.

  • Pemain dilarang mendorong, mengalahkan, atau menarik tim lawan.
  • Pemain dilarang di area kiper.
  • Pemain dilarang dengan sengaja melempar bola ke tim lawan.
  • Pemain tidak diperbolehkan berlari dan melempar sambil menyentuh kaki bagian bawah.
  • Saat melempar ke atas, pemain mungkin tidak lagi menangkap bola sebelum tim lawan menyentuh bola. Dalam hal ini, wasit memutuskan bahwa itu adalah pelanggaran
  • Pemain tidak boleh melebihi tiga langkah dalam membawa bola.

Penjelasan di atas berkaitan dengan aturan dalam olahraga ini yang harus diikuti dan tidak dilanggar. Setelah penjelasan di atas, diskusi selanjutnya tentang sejarah handball mengikuti.

Teknik Dasar Permainan Bola Tangan

Dalam olahraga harus ada beberapa teknik dalam permainan, sehingga sangat penting bagi para pemain untuk mengetahui teknik-teknik dalam permainan.

Berikut adalah beberapa teknik yang termasuk dalam game ini:

Teknik Passing Satu Tangan

Teknik operan dengan satu memiliki beberapa gol melawan rekan satu tim, sehingga lawan ditipu

Teknik operan satu tangan berikut adalah sebagai berikut:

  • Operan samping: Operan samping adalah ketika harus dimiringkan sedikit ke arah target sehingga kedua lutut diposisikan seperti ketika terbang dan mengarah ke samping.
  • Flipped Operand: Flipped Operant adalah teknik dengan tujuan mematikan bola dan membidik lawan, dimana posisi tubuh harus sedikit melengkung dan menyamping. Jika Anda datang, Anda mendapat serangan fatal.
  • Operan seperti Javelin Throw: Teknik operan ini hampir seperti melempar tombak karena pemain harus berdiri tegak. sehingga saat memegang bola bisa melempar dengan sempurna.

Teknik Menggiring Bola

Teknik dribbling adalah salah satu teknik dasar seperti permainan sepak bola, yang hanya berbeda dari penggunaan kaki dan tangan. Ini menjadi sangat penting untuk menentukan kemenangan.

Teknik ini sangat dibutuhkan dalam pelatihan, karena memiliki perintah yang baik dari teknik ini dan membutuhkan tangan yang elastis sehingga tidak ada kecelakaan saat bermain dan bola bisa memantul.

Teknologi Perekaman

Teknik pemotretan sangat berpengaruh bagi tim karena dapat menembak secara akurat dengan lemparan yang kuat.

Ada berbagai jenis rekaman atau rekaman di bawah ini:

  • Ditembak dengan melompat – adalah teknik yang dilakukan dengan menggiring bola sebelumnya atau dengan melompat ke gawang lawan.
  • Standing shot – adalah teknik menggiring bola sehingga Anda bisa menembak bola sekuat mungkin.
  • Fall Shot – adalah teknik yang dilakukan dengan menggiring bola dan kemudian menjatuhkan tubuh saat menembak bola.
  • Tembakan ke samping – adalah teknik menggiring bola yang dapat menembak bola dengan keras di posisi tubuh dengan tangan kanan.
  • Tembakan selam – adalah teknik di mana Anda membalikkan punggung ke gawang untuk dapat menembak dengan kuat dan benar.
  • Flipped Shot – adalah teknik yang dilakukan dengan memutar dan menahan bola saat bola sedang ditembak ke arah gawang lawan.
  • Tembakan melayang – adalah teknik di mana saat melompat, kaki kiri dan tangan yang memegang bola digunakan untuk menembak.

Demikian Pembahasan kita pada kali ini di edmodo.id tentang Bola Tangan. Nantikan Artikel Menaraik Lainya, tetap bersama kami. Terimaksih Semoga Membawa Manfaat.

Baca Juga :