Bioma Taiga

Posted on

Bioma Taiga – Assalamualaikum Wr Wb.Alhamdulillah atas izin Alloh SWT serta Ridho dari junjungan Kita Nabi Muhammad SAW, kita dapat berjumpa lagi dalam pembahasan artikel kali ini.

Dimana Edmodo.Id akan membahas materi dengan tema mengenai Bioma Taiga yang berdasarkan Pengertian, Proses, Ciri, Persebaran dan Gambarnya Serta Penjelasannya. Langsung saja pembahsannya dibawah ini.

Pengertian Bioma Taiga

Bioma Taiga - Pengertian, Proses, Ciri, Persebaran dan Gambarnya

Bioma adalah ekosistem besar dengan wilayah yang luas di mana terdapat flora dan fauna yang unik, serta flora dan fauna yang terbentuk karena lokasi geografis dan astronomi yang berbeda. Namun, istilah taiga sendiri berasal dari bahasa Rusia, yang berarti hutan.

Kemudian taiga adalah hutan yang terdiri dari spesies seperti konifer, pinus dan sejenisnya. Semak-semak dan tanaman lembab sangat minim di dalamnya, binatang di hutan taiga biome.

Kesimpulan dari definisi bioma taiga adalah bahwa itu adalah ekosistem di hutan di mana hanya ada satu spesies pohon dari jenis yang sama. Jenis-jenis spesies seperti pinus, konifer, cemara dan lainnya dari jenis yang sama.

Bioma Taiga adalah ekosistem di hutan di mana hanya ada satu spesies pohon yang serupa. Spesies seperti pinus, konifer, pinus dan lainnya dari jenis yang sama.

Penyebaran Serta Lokasi Dari Bioma Taiga

Bioma Taiga terletak di iklim subtropis dengan lokasi astronomi dari 60 ° hingga 70 ° Lintang Utara atau Lintang Selatan.

Daerah yang ditempati oleh bioma taiga memanjang dari perbatasan ke bioma tundra ke sekitar 800 km selatan. Secara umum, bioma ini umum di daerah utara seperti Rusia, Siberia, Alaska dan Kanada.

Jika bioma taiga adalah bioma dengan area terbesar dibandingkan dengan bioma di bumi ini, wilayah yang melintasi Amerika Utara dan Eurasia ke perbatasan selatan tundra Arktik.

Bioma Taiga tersebar luas di belahan bumi utara, wilayah subartikular. Tumbuhan dominan adalah pinus dan konifer.

Adapun berbagai jenis fauna yang biasanya hidup di bioma ini, termasuk musang, rubah, serigala. Kemudian tanaman yang ditemukan di daerah ini memiliki sifat daun seperti jarum dan dengan lapisan lilin.

Ciri – Ciri dari Bioma Taiga

Berikut ini adalah beberapa karakteristik dari bioma taiga, termasuk:

  • Bioma Taiiga terletak di iklim subtropis
  • Ini memiliki curah hujan sekitar 35 – 40 cm / tahun
  • Hanya tanaman jenis homogen yang dapat tumbuh terlalu tinggi dalam bioma ini, karena hanya terdiri dari satu jenis pohon, misalnya tanaman jarum yang dapat menahan suhu dingin.
  • Kemudian struktur daun tanaman di bioma ini, berbentuk seperti jarum dan ditutup dengan lilin, yang berfungsi sebagai perlindungan terhadap kekeringan.
  • Tanaman tumbuh di musim panas, yaitu sekitar 3-6 bulan
  • Perbedaan suhu di musim panas dan musim dingin sangat tinggi
  • Salju tebal turun di musim dingin
  • Di musim dingin, lantai hutan akan ditutupi dengan es karena salju yang turun, yang dapat mencapai hingga 2 meter di bawah permukaan bumi
  • Suhu musim panas adalah antara -7 ° C dan 21 ° C.
  • Suhu musim dingin berkisar antara -54 ° C hingga -1 ° C.
  • Merupakan daerah resapan air
  • Tanah dalam bioma taiiga adalah tanah masam
  • Sangat sedikit spesies tanaman hidup yang umumnya hanya terdiri dari dua atau tiga jenis tanaman

Ciri lain dari lingkungan taiga adalah:

  • Musim dingin yang panjang dan musim panas yang pendek
  • Di musim dingin, air tanah berubah menjadi lapisan es yang tebal
  • Jenis-jenis tanaman yang dapat hidup adalah cemara dan pinus
  • Sedangkan pada binatang yang bisa hidup, seperti beruang, rusa dan tupai

Jenis Flora dan Fauna dari Bioma Taiga

Jenis Flora dan Fauna dari Bioma Taiga

Jenis Flora

Keanekaragaman tanaman dalam bioma taiga cukup kecil dan vegetasi didominasi oleh tumbuhan runjung. Tanaman hijau sepanjang tahun, bahkan di musim dingin pada suhu yang sangat rendah. Ini merupakan adaptasi untuk tanaman sehingga mereka dapat menyerap lebih banyak panas dan berfotosintesis lebih awal.

Dalam lingkungan abiotik yang cukup ekstrim, tidak banyak tanaman dapat tumbuh di lingkungan bio ini. Tanaman jarum ini memiliki struktur morfologi daun berbentuk seperti jarum dan akar yang kuat.

Struktur ini dapat bertahan hidup tanaman dari suhu yang sangat dingin dan panas dan menjaga tanaman konifer dari tumpukan salju stabil. Karena itu, tanaman jarum bioma ini mendominasi dengan sangat kuat.

Tumbuhan jenis konifera seperti pinus dan cemara. Selain tanaman jarum, bioma ini juga ditutupi dengan lumut dan lumut di permukaan tanah.

Tipe Fauna

Bioma Taiga tidak memiliki spesies hewan sebanyak biomassa hutan hujan tropis atau biomassa hutan gugur. Karena di Taiga Biome hanya fauna tertentu yang dapat bertahan hidup di lingkungan yang ekstrim.

Fauna yang dapat beradaptasi dengan iklim yang didominasi oleh suhu rendah adalah jenis mamalia yang dikaruniai rambut atau jaringan adiposa tebal.

Pada beberapa hewan, hewan yang hidup dan berkembang dalam taiga biome dapat beradaptasi dengan perubahan warna rambut atau rambut mereka seiring perubahan musim.

Misalnya, seperti di musim dingin yang bersalju, beberapa hewan dapat mengubah warnanya sesuai dengan warna salju, misalnya, seperti kelinci salju. Tujuannya adalah untuk bertahan melawan predator dan penyimpanan panas pada suhu rendah.

Spesies hewan yang ditemukan dalam bioma ini termasuk beruang (grizily).

Burung-burung yang bermigrasi ini akan datang ke daerah hutan taiga di musim panas. Sementara di musim dingin burung-burung pindah ke tempat yang lebih hangat. Ada juga berbagai serangga yang mengendalikan kondisi tertentu, seperti kumbang, semut, lebah, capung, dan kutu daun.

Keuntungan dari Bioma Taiga

Wilayah Taiga Biome menawarkan beberapa keuntungan yang sangat penting bagi kehidupan, termasuk:

  • Bioma Taiga adalah daerah yang pohonnya bertindak sebagai penghasil kayu. Kayu lunak banyak digunakan sebagai bahan pembuat kertas
  • Bioma Taiga juga berperan dalam menjaga kesuburan tanah, mencegah erosi, mencegah tipe banjir dan sebagai tempat untuk melestarikan keanekaragaman hayati
  • Bioma Taiga adalah daerah penghasil oksigen dan pengatur iklim
  • Bioma Taiga dapat menjadi pengatur pengelolaan air tanah dan sebagai reservoir air tanah
  • Pohon pinus di kawasan hutan taiga memainkan peran penting, termasuk sebagai komponen pycnigenol, ekstrak flanovol dan bioflavonoid yang kaya antioksidan, digunakan sebagai obat untuk meredakan sirkulasi darah, sakit lutut, kram menstruasi dan bahkan meningkatkan memori pada manusia orang tua dapat digunakan. Kulit pinus dan jarum mengandung banyak vitamin C.
  • Daerah Taiga Biome, area spesies hutan pinus, telah dipelajari untuk menghilangkan stres ketika kita berjalan di dalamnya setidaknya selama 15 menit. Ini juga dapat meredakan masuk angin, sinus, sesak napas dan bronkitis.

Demikian Pembahasan kita pada kali ini di edmodo.id tentang Bioma Taiga. Nantikan Artikel Menaraik Lainya, tetap bersama kami. Terimaksih Semoga Membawa Manfaat.

Baca Juga :