Bauran Pemasaran

Posted on

Bauran Pemasaran – Apa itu bauran pemasaran? Bauran pemasaran adalah kumpulan variabel pemasaran yang digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran di pasar sasaran. Istilah ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1948 oleh Neil Borden, profesor pemasaran Harvard.

Pengertian Bauran Pemasaran

Bauran Pemasaran - Pengertian, 7P, 4P, Jasa, Strategi dan Contoh

Pada titik ini, Neil Borden baru saja memperkenalkan istilah tersebut, tetapi belum mengatur komponen dalam bauran pemasaran.

Pada tahun 1960, E. Jerome McCarthy hanya memperkenalkan empat variabel utama dari bauran pemasaran, yaitu produk, harga, lokasi dan iklan.

Bauran pemasaran telah lama digunakan oleh pemilik bisnis di banyak negara untuk mengembangkan strategi pemasaran yang efektif bagi perusahaan. Konsep ini dapat digunakan oleh perusahaan baru dan lama.

Bauran Pemasaran Menurut Para Ahli

Beberapa ahli di bidang pemasaran telah menjelaskan istilah pemasaran dan setuju:

  • Kotler dan Armstrong
    Menurut Kotler dan Armstrong (1997: 48), istilah bauran pemasaran adalah alat komunikasi pemasaran yang dapat digunakan, produk, harga, penjualan, dan iklan yang diintegrasikan oleh perusahaan untuk mencapai respons yang diinginkan di target pasar.
  • Bukhari Alma
    Menurut Buchari Alma (2005: 205), istilah bauran pemasaran adalah strategi yang menggabungkan kegiatan pemasaran untuk mencapai kombinasi maksimal sehingga hasil yang paling memuaskan dapat tercapai.
  • Sumarmi dan Soeprihanto
    Dengan kata lain, bauran pemasaran adalah kumpulan variabel yang dapat digunakan perusahaan untuk mendapatkan respons konsumsi.
  • Sofjan Assauri
    Menurut Sofjan Assauri (2013: 12), bauran pemasaran adalah kombinasi dari variabel atau kegiatan yang membentuk inti dari sistem pemasaran. Variabel-variabel ini dapat dikendalikan oleh pemasaran untuk mengoptimalkan hasil pembeli atau konsumsi.
  • Kismono saraf
    Menurut Saraf Kismono (2001: 308), pengertian bauran pemasaran adalah kombinasi dari variabel atau kegiatan yang membentuk inti dari pemasaran dan terdiri dari produk (produk), harga (harga), iklan (promosi penjualan) dan strategi lokasi (lokasi) ada.
  • Dhaimesta dan Irwan
    Menurut Dhaimesta dan Irwan (2000: 74), memahami bauran pemasaran adalah variabel yang digunakan oleh perusahaan untuk memenuhi atau memenuhi kebutuhan dan kebutuhan konsumen.

Konsep Bauran Pemasaran 4P-7P

Konsep Bauran Pemasaran 4P-7P

Awalnya, bauran pemasaran hanya terdiri dari empat elemen: produk, harga, lokasi dan iklan. Namun dalam perkembangannya, ada berbagai modifikasi pada elemen para ahli.

Salah satu perkembangan yang paling dikenal dalam konsep bauran pemasaran adalah bauran pemasaran 7P. Konsep ini diperkenalkan oleh Booms dan Bitner, yang mencakup empat elemen 4P dan tiga elemen baru, yaitu bukti fisik, manusia, dan proses.

Berikut adalah penjelasan lengkap tentang tujuh elemen utama dari bauran pemasaran 7P:

Produk

Produk adalah segala yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan orang. Ini bisa berupa layanan, barang, atau produk virtual.

Di era digital ini, produk tidak terbatas pada produk atau layanan fisik. Anda juga dapat membuat produk virtual seperti situs web, aplikasi, dan sejenisnya.

Saat membuat produk, perlu diingat bahwa Anda perlu membuat produk yang memenuhi persyaratan pasar. Untuk alasan ini, Anda perlu memeriksa produk untuk mengetahui apa yang dibutuhkan pasar dan solusi apa yang dapat Anda tawarkan.

Untuk membuat riset pasar lebih mudah bagi Anda, Anda harus menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Masalah apa yang dihadapi konsumen?
  • Solusi (produk) apa yang dapat Anda tawarkan?
  • Bagaimana konsumen akan menggunakan produk Anda?
  • Apa yang unik tentang produk yang Anda tawarkan?

Banyak perusahaan gagal di tengah jalan karena buruknya kualitas riset produk pada awalnya. Banyak pebisnis bertekad untuk mengembangkan produk yang hanya didasarkan pada ide-ide subjektif, tanpa penelitian.

Anda perlu tahu bahwa bagi kebanyakan startup, membuat produk yang tidak diinginkan konsumen adalah kesalahan terbesar. Seperti yang Anda lihat dari infografik di atas, 36 persen startup gagal karena mereka menciptakan produk yang salah.

Karena itu, pastikan Anda membuat produk yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen berdasarkan data yang Anda temukan di tempat. Bukan hanya ide subjektif Anda.

Harga

Harga adalah jumlah uang yang dihabiskan konsumen untuk menggunakan produk Anda. Harga yang terlalu rendah dapat membahayakan kelangsungan bisnis. Di sisi lain, harga yang berlebihan juga membuat pembeli enggan.

Anda perlu menemukan titik yang tepat di mana konsumen tidak keberatan dan bisnis Anda masih dapat berjalan. Dalam bisnis, ada istilah harga impas, yaitu harga terendah yang dapat ditetapkan untuk produk sehingga perusahaan tidak kehilangan uang.

Untuk mendapatkan nilai impas, ada rumus terpisah, yaitu

(Biaya total tetap / volume produksi) + biaya variabel per unit = harga impas

  • Total biaya tetap adalah total biaya pembuatan suatu produk. Ini termasuk biaya material, biaya tenaga kerja dan biaya lainnya (perlengkapan kantor, pemasaran, dll.)
  • Volume produksi adalah jumlah total produk yang diproduksi
  • Biaya unit variabel adalah biaya pembuatan suatu produk

Perlu diingat bahwa harga titik impas tidak membawa keuntungan bagi perusahaan. Ini adalah titik pasti yang tidak akan membahayakan bisnis Anda. Jadi, Anda harus menambahkan beberapa rupiah dari harga impas untuk mendapatkan keuntungan.

Ruang

Lokasi adalah lokasi fisik tempat perusahaan atau saluran distribusi beroperasi untuk mencapai target pasar. Perusahaan membutuhkan lokasi penjualan yang ideal untuk dengan mudah mencapai target pasar Anda.

Ruang di sini termasuk kantor pusat, gudang, pabrik, toko, cabang, cabang. Anda tidak harus meletakkan kantor pusat, pabrik, dan toko fisik Anda di satu tempat. Pilih lokasi yang ideal dengan mempertimbangkan fungsi dan biayanya.

Sekarang lokasi tidak terbatas pada lokasi fisik. Anda juga harus mempertimbangkan internet sebagai titik penjualan.

Outlet penjualan untuk produk menjadi lebih dan lebih beragam, dari media sosial ke pasar dan situs web toko online.

Setiap platform yang dijual di Internet memiliki kelebihan dan kekurangan. Misalnya, Anda dapat menjangkau lebih banyak konsumen di pasar. Namun, ada banyak peraturan yang harus Anda ikuti dan bagikan dalam laba.

Berbeda dengan situs web toko online. Anda tidak terikat oleh peraturan apa pun saat Anda mengelola situs web toko online secara independen. Semua kemenangan ada di saku Anda.

Padahal, semuanya harus dilakukan secara mandiri, mulai dari produksi produk hingga promosi. Namun, Anda memiliki lebih banyak kebebasan dan tidak harus berbagi keuntungan.

Promosi

Periklanan adalah segala upaya untuk meningkatkan kesadaran merek dan penjualan produk. Iklan dapat melintasi berbagai media, mulai dari situs web, media sosial, koran, radio, televisi, iklan digital, media online, video online hingga podcast.

Di era digital ini, apakah Anda suka atau tidak, Anda harus dapat menjangkau pelanggan potensial melalui dunia maya. Baik melalui media sosial, lalu lintas organik, iklan digital, pemasaran konten atau pemasaran video.

Bukti Fisik

Bukti fisik atau bukti fisik tidak terbatas pada produk fisik. Produk fisik hanyalah salah satu dari banyak bukti fisik. Bukti fisik dapat berupa logo, brosur, suvenir, akses layanan pelanggan, seragam karyawan, acara, dan situs web resmi.

Konsumen sering membutuhkan bukti fisik untuk membuat keputusan yang lebih percaya diri apakah akan membeli produk Anda atau tidak.

Cari

Orang yang dimaksud di sini adalah Sumber Daya Manusia (SDM) yang mengelola perusahaan, dari direktur hingga karyawan. SDM adalah aset terpenting di perusahaan Anda. Keputusan untuk departemen SDM bisa berakibat fatal bagi perusahaan Anda.

Seperti yang dapat Anda lihat dari infografis Top 10 Startup Kesalahan, rekrutmen yang buruk adalah faktor terbesar kedua dalam kegagalan startup. Perekrutan tidak dapat dianggap sebagai proses yang sepele.

Sikap buruk dapat berdampak negatif pada perusahaan Anda dalam banyak hal. Pertama, tentu saja, Anda rugi secara finansial.

Proses rekrutmen membutuhkan banyak uang untuk menemukan orang yang kompeten. Jika Anda mempekerjakan orang yang salah, biaya rekrutmen tentu saja tidak akan membantu perusahaan.

Kedua, mempekerjakan departemen SDM yang salah juga memengaruhi produktivitas perusahaan. Ada dua cara untuk melakukan ini.

Cara pertama, orang yang Anda pekerjakan, tidak memiliki keterampilan yang Anda butuhkan. Kemungkinan kedua, meskipun orang ini memiliki kompetensi, menghalangi perilaku mereka dari kerja tim.

Ketiga, kesalahan dalam perekrutan personil juga dapat berdampak negatif pada reputasi perusahaan Anda. Terutama ketika orang tersebut menempati posisi yang berhubungan langsung dengan konsumen. Kurangnya kompetensi atau perilaku buruk dapat membuat kesan buruk pada konsumen.

Proses

Proses adalah proses, mekanisme, atau proses yang harus dilakukan konsumen untuk menggunakan layanan Anda. Demi kesederhanaan, prosesnya adalah pengalaman pelanggan, dari awal mengetahui produk Anda hingga membeli.

Jadi proses ini dimulai dengan bagaimana konsumen mengetahui produk Anda, baik melalui media sosial, iklan digital, blog, atau media lainnya.

Jika seorang konsumen tertarik untuk membeli produk Anda, mereka harus memesan. Proses ini berlanjut sampai konsumen menggunakan barang atau jasa yang telah mereka beli.

Hal terpenting dari elemen ini adalah konsistensi. Produk atau layanan Anda harus konsisten. Apa yang Anda iklankan harus sesuai dengan yang diterima konsumen.

Ketidakkonsistenan produk mempengaruhi pengalaman pelanggan dan dalam kasus terburuk, konsumen tidak lagi ingin menggunakan produk / layanan Anda.

Fungsi Bauran Pemasaran Untuk Perusahaan Anda

Produk yang bagus tidak cukup. Anda memerlukan strategi pemasaran yang efektif agar karyawan mengetahui produk Anda dan manfaat yang bisa mereka peroleh dari produk tersebut.

Nah, fungsi bauran pemasaran adalah untuk membantu Anda merumuskan strategi pemasaran yang efektif. Dengan cara ini Anda dapat mengkomunikasikan produk Anda ke target pasar yang tepat dan dengan pesan yang tepat.

Selain itu, Anda dapat melihat dalam infografis sebelumnya bahwa tidak memasarkan produk adalah salah satu faktor utama dalam kebangkrutan perusahaan rintisan.

Salah satu cara untuk menghindari kesalahan ini adalah dengan memahami konsep bauran pemasaran ini.

Demikian Pembahasan kita pada kali ini di edmodo.id tentang Bauran Pemasaran. Nantikan Artikel Menaraik Lainya, tetap bersama kami. Terimaksih Semoga Membawa Manfaat.

Baca Juga :