Bagaimana Cara Mengirim Aplikasi Lewat Whatsapp

Pengantar

Salam Sobat Edmodo, apakah Anda pernah mengalami kesulitan saat hendak mengirim aplikasi melalui Whatsapp? Terkadang kita ingin berbagi aplikasi yang menarik dengan teman atau keluarga, namun tidak tahu caranya. Tenang, dalam artikel ini, kami akan memandu Anda tentang cara mengirim aplikasi melalui Whatsapp dengan mudah dan cepat.

Seiring dengan perkembangan teknologi, Whatsapp telah menjadi salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer di dunia. Selain untuk berkomunikasi dengan orang-orang terdekat, Whatsapp juga memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk mengirim dan menerima berbagai file, termasuk aplikasi. Dengan demikian, Anda dapat berbagi aplikasi favorit Anda kepada orang lain dengan cepat dan efisien.

Pada dasarnya, terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengirim aplikasi melalui Whatsapp. Namun, sebelum kita masuk ke langkah-langkahnya, mari kita bahas terlebih dahulu beberapa kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan metode ini.

Kelebihan Mengirim Aplikasi Lewat Whatsapp

👍 Membantu dalam membagikan aplikasi dengan cepat dan efisien.

👍 Tidak memerlukan media penyimpanan eksternal seperti flashdisk.

👍 Dapat langsung mengirim aplikasi dari perangkat yang sama.

👍 Memudahkan dalam proses instalasi aplikasi yang diterima.

Kekurangan Mengirim Aplikasi Lewat Whatsapp

👎 Terbatas pada ukuran file yang bisa dikirim (tergantung pada batasan Whatsapp).

👎 Membutuhkan sinyal internet yang stabil untuk mengirim aplikasi.

👎 Tidak dapat mengirim aplikasi yang tidak diizinkan di Whatsapp.

Langkah-Langkah Mengirim Aplikasi Lewat Whatsapp

Setelah mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan dalam mengirim aplikasi melalui Whatsapp, mari kita lanjutkan dengan langkah-langkahnya. Berikut adalah panduan untuk mengirim aplikasi melalui Whatsapp:

Langkah 1: Buka Whatsapp

Pertama, buka aplikasi Whatsapp di perangkat Anda. Pastikan Anda sudah memiliki versi terbaru Whatsapp untuk mendapatkan fitur pengiriman aplikasi yang lebih baik.

Langkah 2: Pilih Chat atau Kontak

Selanjutnya, pilih chat atau kontak kepada siapa Anda ingin mengirim aplikasi. Anda dapat memilih chat individual atau grup sesuai dengan kebutuhan.

Langkah 3: Pilih Menu Share

Ketika chat terbuka, cari ikon “share” atau “bagikan” yang biasanya terletak di sebelah ikon kamera atau lampu kilat. Klik ikon tersebut untuk melanjutkan.

Langkah 4: Pilih File

Setelah memilih menu share, Anda akan dibawa ke galeri atau menu file di perangkat Anda. Cari dan pilih aplikasi yang ingin Anda kirimkan melalui Whatsapp.

Langkah 5: Konfirmasi dan Kirim

Setelah memilih file aplikasi, akan muncul konfirmasi terakhir sebelum mengirim. Pastikan Anda ingin mengirim aplikasi tersebut dan klik tombol “kirim”.

Langkah 6: Tunggu dan Selesai

Setelah Anda mengklik tombol “kirim”, aplikasi akan dikirimkan melalui Whatsapp. Tunggu hingga proses pengiriman selesai dan notifikasi berhasil terkirim muncul.

Langkah 7: Pesan Penjelasan

Setelah aplikasi terkirim, disarankan untuk memberikan penjelasan singkat kepada penerima, seperti cara menginstal atau alasan kenapa dikirimkan. Hal ini akan membantu penerima memahami tujuan pengiriman aplikasi.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah ada batasan ukuran file yang dapat dikirim melalui Whatsapp?

Ya, Whatsapp memiliki batasan ukuran file yang dapat dikirim. Batasan ini bervariasi tergantung pada versi Whatsapp dan perangkat yang digunakan.

2. Apakah saya perlu menginstal aplikasi tambahan untuk mengirim aplikasi melalui Whatsapp?

Tidak, Anda tidak perlu menginstal aplikasi tambahan. Pengiriman aplikasi dapat dilakukan langsung melalui aplikasi Whatsapp yang telah terinstal di perangkat Anda.

3. Apakah saya dapat mengirim aplikasi berbayar melalui Whatsapp?

Tidak, Anda tidak dapat mengirimkan aplikasi berbayar melalui Whatsapp tanpa membayar lagi. Setiap penerima aplikasi berbayar akan diminta untuk membeli aplikasi tersebut melalui toko resmi.

4. Apakah aplikasi yang saya kirim akan menyebabkan ponsel penerima bermasalah?

Tidak, asalkan aplikasi yang Anda kirimkan berasal dari sumber yang terpercaya dan bebas dari malware, ponsel penerima tidak akan bermasalah.

5. Bagaimana cara menginstal aplikasi yang telah diterima melalui Whatsapp?

Cara menginstal aplikasi yang telah diterima melalui Whatsapp sangatlah mudah. Anda hanya perlu membuka pesan Whatsapp yang berisi aplikasi, dan klik pada tautan atau file aplikasi tersebut untuk memulai proses instalasi.

6. Apakah saya dapat mengirim aplikasi dari iPhone ke Android melalui Whatsapp?

Ya, Anda dapat mengirim aplikasi dari iPhone ke Android melalui Whatsapp jika keduanya menggunakan versi Whatsapp yang kompatibel.

7. Apakah pengiriman aplikasi melalui Whatsapp dapat dilakukan jika penerima tidak ada di kontak saya?

Tidak, Anda hanya dapat mengirim aplikasi melalui Whatsapp kepada kontak yang telah Anda tambahkan dalam daftar kontak Anda.

Kesimpulan

Setelah mengetahui cara mengirim aplikasi melalui Whatsapp, tentunya Anda akan merasakan kemudahan dalam membagikan aplikasi favorit Anda kepada orang-orang terdekat. Dengan Whatsapp, pengiriman aplikasi menjadi lebih cepat, praktis, dan efisien.

Walaupun terdapat beberapa batasan, seperti ukuran file yang dapat dikirim dan kebutuhan sinyal internet yang stabil, pengiriman aplikasi melalui Whatsapp tetap menjadi salah satu pilihan terbaik dalam berbagi aplikasi dengan orang lain.

Jadi, jika Anda ingin berbagi aplikasi dengan teman atau keluarga, jangan ragu untuk mencoba cara ini. Selamat mencoba, Sobat Edmodo!

Disclaimer

Artikel ini hanya bertujuan sebagai panduan mengenai cara mengirim aplikasi melalui Whatsapp. Segala tindakan yang dilakukan sepenuhnya menjadi tanggung jawab masing-masing pengguna. Pastikan untuk mematuhi aturan dan kebijakan Whatsapp yang berlaku.