Contoh Asuransi Syariah

Posted on

Contoh Asuransi Syariah – Asuransi adalah sesuatu yang kurang diminati orang. Buktinya, penetrasi asuransi di Indonesia hanya berkisar 1,7%.

Padahal, premi asuransinya cukup murah. Beberapa mulai dari Rp75.000 per bulan dengan manfaat hingga ratusan juta.

Artinya masih banyak masyarakat Indonesia yang belum diasuransikan atau belum memahami manfaat memiliki asuransi.

Namun, jika Anda berpikir tentang berbagai insiden yang ada seperti kecelakaan, kebakaran, banjir, tsunami, letusan gunung berapi, dan kejadian buruk lainnya, baru publik akan menyadari pentingnya perlindungan asuransi.

Contoh Asuransi yang Ditawarkan di Indonesia

Contoh Asuransi Syariah
Contoh Asuransi Syariah

Di bawah ini adalah contoh polis asuransi serta kasus yang biasa terjadi dalam hidup kita.

  • Asuransi jiwa.
  • Asuransi kesehatan.
  • Asuransi perjalanan.
  • Asuransi kendaraan.
  • Asuransi kepemilikan rumah dan properti.
  • Asuransi pendidikan.
  • Asuransi kredit.
  • Asuransi kesehatan syariah.

Contoh Asuransi Jiwa

Contoh 1 : Pak Adi memiliki keluarga yang bahagia. Suatu saat, Pak Adi jatuh sakit dan akhirnya meninggal dunia. Padahal Pak Adi adalah tulang punggung keluarga sedangkan istrinya hanyalah seorang ibu rumah tangga biasa.

Sayangnya, Pak Adi tidak memiliki asuransi untuk menjamin nilai ekonomis hidupnya. Penghasilan yang diperoleh Pak Adi sejauh ini hilang ketika dia meninggal. Dengan kondisi itu, istri Pak Adi mau tidak mau harus menggantikannya sebagai tulang punggung keluarga.

Contoh 2 : Pak Basri juga memiliki keluarga yang bahagia. Tiba – tiba terjadi kecelakaan pada saat Bapak Basri dalam perjalanan menuju kantor yang mengakibatkan meninggalnya Bapak Basri.

Untung Pak Basri punya perlindungan asuransi jiwa. Uang pertanggungan asuransi jiwa dapat digunakan oleh keluarga Anda untuk jangka waktu tertentu untuk hidup dalam kondisi normal.

Ekonomi keluarga Pak Basri tidak menderita setelah ditinggalkan. Dalam kondisi seperti ini, istri Pak Basri bisa melanjutkan hidup mencari kerja atau membuka usaha dengan uang pertanggungan.

Contoh Asuransi Kesehatan

Contoh 1 : Banyu adalah seorang lajang yang mapan dan memiliki pekerjaan. Dia pernah dihukum gagal ginjal. Mengobati penyakitnya tidak hanya memengaruhi pekerjaannya.

Tetapi juga menghabiskan tabungan dan sumber dayanya. Akhirnya Banyu kehilangan sebagian besar hartanya karena biaya pengobatan.

Contoh 2 : Roto baru saja lulus kuliah. Setelah mendapat pekerjaan, Roto langsung mengabdikan penghasilannya untuk investasi, tabungan, dan perlindungan kesehatan. Namun, setelah beberapa bulan Roto mengalami serangan jantung.

Operasi jantung sangat mahal. Untungnya Roto memiliki perlindungan kesehatan, sehingga semua biaya yang dikeluarkan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Setelah sembuh, Roto kembali bekerja. Investasi dan tabungannya tidak terputus untuk membayar pengobatan karena Roto memilih asuransi kesehatan berdasarkan kebutuhannya.

Contoh Asuransi Perjalanan

Contoh 1 : Rusdi adalah seorang petualang. Dia bercita – cita pergi ke luar Indonesia. Setelah menabung cukup lama, akhirnya dia berhasil mewujudkan mimpinya ke Jepang.

Di hari pemberangkatannya, ternyata pesawat yang ia tumpangi mengalami kerusakan sehingga itinerary terpaksa ditunda.

Padahal, Rusdi sudah memesan hotel dan melakukan pembayaran. Alhasil, Rusdi mengalami kerugian karena pesawat mengalami kerusakan.

Contoh 2 : Rima sudah lama suka bepergian sendirian. Tak heran, jika ada travel fair, Rima tak pernah melewatkannya. Kali ini tujuannya adalah India.

Rima tidak ingin mengalami kerugian yang sama dan mengambil asuransi saat memesan tiket pesawat. Benar saja, ternyata jadwal penerbangannya ditunda dan tidak ada maskapai penerbangan pada penerbangan yang sama.

Untungnya, Rima memiliki asuransi perjalanan sehingga masih bisa mendapatkan tarif penggantian dengan maskapai lain.

Contoh Asuransi Syariah

Contoh Asuransi Syariah
Contoh Asuransi Syariah

Pada prinsipnya asuransi syariah di Indonesia sama dengan asuransi lainnya. Satu – satunya yang membedakan mereka adalah prinsipnya, yaitu Syariah.

Artinya asas asuransi syariah adalah risiko timbal balik dan gotong royong berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits. Saat ini, perusahaan syariah umumnya memiliki produk syariah yang dirilis oleh Unit Usaha Syariah (UUS).

Beberapa sudah independen atau telah menjadi entitas komersial. Bagi Anda yang menginginkan produk asuransi syariah, berikut sejumlah pilihan atau contoh perusahaan asuransi syariah yang bisa Anda pertimbangkan.

  • Prudential Syariah.
  • Asuransi Syariah Sun Life.
  • Asuransi Takaful.
  • Asuransi Adira Syariah.
  • Asuransi Allianz Syariah.
  • AIA Syariah.
  • BNI Life Syariah.
  • Asuransi Sinar Mas Syariah .
  • Asuransi PaninDai-ichiLife Syariah.
  • Asuransi Astra Syariah.

Prudential syariah

Prudential menawarkan berbagai macam produk asuransi Syariah untuk individu dan keluarga. Ada delapan produk asuransi Prudential Syariah.

Kedelapan produk tersebut ditujukan untuk keluarga, individu, dan kelompok karyawan. Produk Syariah ini disesuaikan dengan prinsip Syariah. Berikut detail produk – produk Prudential Syariah :

  • Pendidikan untuk anak – anak.
  • Perlindungan Kritis ditujukan agar Anda memberikan dukungan finansial dalam kondisi kritis.
  • Kesehatan, perlindungan untuk Anda dan keluarga.
  • Investasi untuk meningkatkan kesejahteraan kita.
  • Perlindungan untuk Anda dan orang yang Anda cintai dari rasa tidak aman.
  • Dana investasi untuk kebutuhan pribadi.
  • Bancassurance, produk untuk nasabah perorangan yang dibeli melalui bank.
  • Perlindungan karyawan: Dimaksudkan untuk melindungi karyawan.
  • Wakaf.

Asuransi Syariah Sun Life

Brilliance Hasanah Fortune Plus Sun Life Insurance adalah produk asuransi jiwa dan investasi yang menunjukkan keuangan masa depan, yaitu pendidikan, modal perusahaan, ibadah, pernikahan dini dan dana pensiun, yang dikelola sesuai dengan prinsip hukum syariah.

Sun Life Syariah menawarkan berbagai macam produk asuransi Syariah untuk individu dan keluarga. Ada empat produk Sun Life Syariah, yaitu Brilliance Hasanah Sejahtera, Brilliance Hasanah Fortune Plus, Brilliance Hasanah Protection Plus, dan Brilliance Amanah Insurance.

Produk ini menawarkan perlindungan dan investasi Syariah dengan pilihan saham syariah dan pasar uang syariah. Saya prodotti sono Brillanz Hasanah Sejahtera, Brillanz Hasanah Fortune Plus dan Brillanz Hasanah Protection Plus.

Sedangkan Asuransi Brilliance Amanah merupakan produk asuransi persiapan keuangan untuk menunaikan ibadah Haji atau Umrah.

Asuransi Takaful

Asuransi Jiwa Takaful Keluarga menawarkan berbagai produk antara lain TakafulPersonal, TakafulCorporat, TakafulBancassurance, dan Asuransi Haji.

Produk Asuransi Takaful mendukung perencanaan dan perlindungan keuangan individu terhadap risiko keuangan bagi individu, perusahaan, dan nasabah bank yang bekerja dengan Asuransi Takaful dan akan melakukan perjalanan haji.

Contoh produk Asuransi Pribadi Takaful adalah perencana keuangan syariah bagi individu dengan berbagai produk perlindungan perencanaan : pendidikan, kesehatan, haji, perlindungan finansial untuk berbagai risiko hidup, perlindungan finansial dari kematian. Berbagai keunggulan tersebut disesuaikan dengan pilihan produk.

Asuransi Adira Syariah

Adira Insurance adalah asuransi umum yang disebut Produk Autocillin. Adira Insurance juga memiliki jenis produk Syariah.

Beberapa produk asuransi syariah yang banyak diminati masyarakat Indonesia antara lain asuransi mobil syariah, asuransi motor syariah, asuransi rumah syariah, dan asuransi perjalanan syariah umrah dan haji.

Dalam produk Asuransi Mobil AutoCillin Syariah terdapat dua perlindungan bagi nasabah. Seperti : perlindungan asuransi kendaraan bermotor.

Menariknya, proses pengajuan Asuransi Adira Syariah adalah aplikasi Autocillin Mobile Claim. Jadi Anda tidak perlu datang ke kantor asuransi.

Asuransi Allianz Syariah

Asuransi Allianz Syariah Allisya menawarkan dua jenis produk asuransi syariah : asuransi jiwa syariah dan asuransi kesehatan syariah. Kedua jenis produk asuransi syariah ini menawarkan perlindungan kesehatan dan jiwa bagi individu maupun keluarga.

Yang membedakan produk Syariah di Allianz Syariah adalah prinsip proteksinya, yaitu. H. Pembagian Resiko dengan Perjanjian Hibah dan Perjanjian Wakalah-Bil-Ujrah. Jaminan investasi dengan hukum Syariah Islam.

AIA Syariah

AIA Sakinah Assurance adalah polis asuransi jiwa syariah yang memberikan perlindungan jiwa atau tabungan dan investasi berdasarkan manajemen sesuai dengan prinsip syariah.

Produk AIA Sakinah Assurance adalah produk asuransi unit link berbasis Syariah dengan cakupan hingga usia 80 tahun. Anda bisa mendapatkan asuransi tambahan meski sudah memiliki AIA Sakinah Assurance.

Produk AIA Syariah dapat dibeli melalui agen atau bancassurance. Pasalnya, jalur distribusi AIA Syariah bisa didapatkan dengan dua cara tersebut.

BNI Life Syariah

BNI Life Syariah menawarkan rangkaian lengkap produk untuk kehidupan, kesehatan, pendidikan dan hukum Syariah. Keempat jenis produk ini bisa dibeli untuk perorangan maupun keluarga.

Jadi kita hanya perlu beradaptasi dengan kebutuhan finansial kita. Produk investasi Syariah BNI memberikan perlindungan jiwa dan manfaat investasi yang dikelola sesuai dengan prinsip Syariah.

Bagi Anda yang ingin merencanakan Haji dan Umroh, produk Blife Syariah dengan jenis investasi ini bisa jadi pilihan. Jangan lewatkan kurikulum yang diadministrasikan dengan prinsip hukum syariah.

Contoh pengelolaan investasi berbasis syariah terbagi menjadi dua jenis yaitu pengelolaan investasi untuk reksa dana dan pengelolaan investasi untuk reksa dana Tabarru.

Asuransi Sinar Mas Syariah 

Merupakan jenis asuransi syariah umum yang prinsip operasinya menggunakan konsep syariah, Konsep Dana Tabarru. Pengelolaan dana terbagi menjadi dua jenis yaitu pengelolaan dana Tabarru agar dana klien tidak hilang.

Sinar Mas Syariah menawarkan delapan jenis produk yang desain produknya tidak berbeda dengan produk konvensional. Perbedaannya lebih pada menentukan halal dan mengharapkan produk.

Contoh asuransi syariah :

  • Asuransi kebakaran.
  • Asuransi kendaraan bermotor roda empat dan dua.
  • Asuransi tunai.
  • Asuransi pengangkutan.
  • Asuransi lambung kapal.
  • Asuransi alat – alat berat.
  • Asuransi rekayasa.
  • Dan asuransi kecelakaan diri.

Asuransi PaninDai-ichiLife Syariah

Produk asuransi jiwa dan investasi Syariah yang tersedia dari PaninDai-ichiLife Syariah adalah Sharia Multilinked Assurance, produk asuransi unit link berbasis Syariah.

Produk ini ditujukan untuk perlindungan keluarga dengan memberikan manfaat kepada 5 anggota keluarga dalam satu polis.

Semua jenis investasi yang ditawarkan berdasarkan hukum Syariah, seperti : reksa dana pasar uang syariah, reksa dana ekuitas syariah. Pengelolaan dana didasarkan pada prinsip komisi Tabarru.

Asuransi Astra Syariah

Jenis asuransi umum ini menawarkan produk seperti asuransi konvensional. Misalnya asuransi syariah Astra identik dengan asuransi konvensional. Seperti : Asuransi kesehatan, kebakaran, transportasi, landing gear kapal, mobil, alat berat, dan retail.

Menariknya, produk asuransi Astra Syariah untuk produk mikro juga tersedia dalam tipe Syariah. Nah apa bedanya produk asuransi syariah dan konvensional dari segi kontrak, pengelolaan dana dan perumusan polis?

Karena konsep asuransi syariah menawarkan ketenangan, keadilan dan manfaat. Ini adalah beberapa contoh asuransi, serta contoh kasus yang relevan dengan kehidupan kita.

Jangan mengambil risiko sebelum terlambat. Contoh asuransi syariah dan konvensional dapat memberikan gambaran yang jelas tentang jenis asuransi apa yang perlu Anda dapatkan.

Mungkin itu saja yang dapat Edmodo.id ulas mengenai contoh asuransi syariah ini.

Baca Juga :