Arti Ma Fi Qalbi Ghairullah

Posted on

Arti Ma Fi Qalbi Ghairullah – Assalamualaikum Wr Wb.Alhamdulillah atas izin Alloh SWT serta Ridho dari junjungan Kita Nabi Muhammad SAW, kita dapat berjumpa lagi dalam pembahasan artikel kali ini.

Dimana Edmodo.Id akan membahas materi dengan tema mengenai Arti Ma Fi Qalbi Ghairullah Yang Berdasarkan Tulisan Arab, Makna, manfaat dan Artinya. Langsung saja pembahsannya dibawah ini.

Arti Ma Fi Qalbi Ghairullah

Arti Ma Fi Qalbi Ghairullah - Tulisan Arab, Makna, manfaat dan Artinya

Butuh waktu untuk memahami dan mengeksplorasi makna cinta untuk Allah.

Kedekatan Anda dengan Tuhan akan mengarahkan Anda kepada orang yang pantas hati Anda, dan kedekatan Anda dengan Tuhan akan mengarahkan Anda kepada orang yang harus menjaga hati Anda.

Cintai Allah dan karena Allah akan selalu membuat Anda bisa bersabar dan rela menerima semua posisi-Nya … Dengan kebesaran cinta Tuhan, Anda akan sangat bahagia ketika Allah memberi Anda seseorang yang tanpa lelah mengundang Anda ke Jannah-Nya.

Tetapi ketika Anda memahami hal ini, tidak akan ada cinta manusia yang dapat menghancurkan hati Anda, karena cinta bukan karena Tuhan bukan tentang siapa yang Anda cintai dan cintai, tetapi seberapa dekat Anda dengan Sang Pencipta.

Cinta untuk Tuhan dan karena Tuhan akan memungkinkan Anda untuk melihat dengan sepenuh hati bahwa cinta kasih orang-orang, yang dibungkus dengan kotak-kotak indah dan garis-garis emas, sering kali hanyalah cinta yang hanya akan membuat Anda terjebak dan menyebabkan kemarahan-Nya.

Dengan kebesaran kasih Tuhan, Anda juga akan bahagia jika Tuhan menculik seseorang atau sesuatu di pihak Anda, karena Anda memahami bahwa Tuhan sering menghancurkan tangan kami hanya agar Tuhan dapat memberikan seseorang atau sesuatu yang terbaik bagi Anda.

Dalam bahasa arab kalimat مَافِي قَلْبِي غَيْرُ الله (Ma fi qalbi ghairullah) merupakan ungkapan yang mempunyai makna dan faedah yang sangat tidak biasa. Lalu apa artinya Ma Fi Qalbi Ghairullah? uraian berikut.

مَافِي قَلْبِي غَيْرُ الله yang memiliki arti “tidak ada apa pun di hatiku selain Allah”

Pernyataan tersebut merupakan bentuk sebuah pengakuan dari seorang hamba mengenai tekad seseorang agar selalu berharap dan mengingat bahwa di dalam hatinya dan dirinya hanya meminta dan menaruh sebuah harapan kepada Allah SWT saja bukan kepada makhluknya.

Dia menyadari bahwa tujuan hidup di dunia adalah untuk melayani Tuhannya, Allah Azza wa Jala. Ketika dia mengatakan ma fi qalbi ghairullah, itu berarti dia berharap untuk membuang hal-hal dari hatinya yang duniawi seperti harta, takhta atau yang lainnya. Allah sudah cukup di dalam hatinya.

Dengan kesadaran “Allah sudah cukup di dalam hatinya”, hati orang ini diperkuat oleh semua hal yang dapat diabaikan ketika ia mengingat Allah bahwa ia harus mengingat sepanjang waktu.

Pernyataan Dari Ma Fi Qalbi Ghairullah

Arti Ma Fi Qalbi Ghairullah

Ma fi qalbi ghairullah adalah kalimat yang terdiri dari 5 suku kata yang berasal dari bahasa Arab, yaitu:

  • ma (مَا)
  • fii (فِي)
  • qalbi (قَلْبِي)
  • ghairu (غَيْرُ)
  • Allah (الله)”.

Yang, jika digabungkan, menjadi kalimat yang baik, yaitu Ma Fi Qalbi Ghairullah, yang berarti “tidak ada dalam hatiku selain Allah”, tidak ada di hatiku kecuali Allah atau cukup Allah di hatiku.

Dari makna ma fiqal ghairullah yang dijelaskan di atas, tentu membantu kita untuk mendapatkan makna yang dimaksudkan dari pernyataan tersebut.

Padahal, pernyataan ini merupakan konfirmasi sekaligus pengecualian untuk hal-hal di luar Tuhan atau selain Tuhan yang ada di hati. Namun jangan salah saat mengartikan kata “hati” dalam kalimat.

Artinya, “hati” dapat diartikan sebagai kepercayaan yang secara alami dikatakan atau dihubungkan orang yang dapat memahaminya sendiri. Ini tidak berarti bahwa itu ada di dalam hati karena Tuhan tidak terlokalisasi. Seperti yang dikatakan Sayyidina Ali RA:

كان الله ولا مكان وهوالان على ما كان بلا مكان
Yaitu, Tuhan ada sebelum ada tempat, dan sekarang Tuhan tetap tanpa tempat seperti sebelumnya.

Makna Dari Ma Fi Qalbi Ghairullah

Pernyataan atau ungkapan ma fi qalbi ghairullah ini mengandung makna yang dianggap sebagai konfirmasi keyakinan pada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Muslim yang mengaku percaya pada Allah adalah Muslim yang selalu mengutamakan Tuhan dalam hidup mereka.

Seorang Muslim harus berpegang teguh pada pernyataan atau istiqomah dengan mengucapkan kalimat di hati dan kemudian melaksanakan maknanya dan maknanya melalui perbuatan.

Kenapa begitu? karena kata-kata iman tidak cukup jika tidak disertai dengan tindakan atau perbuatan. Ingatlah, Allah akan membalas kita atas tindakan kita.

Mungkin saja seseorang mengatakan ma fi qalbi ghairullah di dalam hatinya dan di dalam hatinya, tetapi apa yang dia katakan tidak sejalan dengan tindakannya. Dia masih sibuk dengan hal-hal yang mengabaikannya untuk mengingat Allah Subhanahu wa ta’ala.

Isi Yang Terkandung Dari Ma Fi Qalbi Ghairullah

Selain makna dan makna yang dijelaskan di atas, Fiqbi Ghairullah Ma Fi ini memiliki konten yang luar biasa yang akan diterima oleh setiap Muslim yang ingin mempraktikkannya. Di bawah ini adalah beberapa pernyataan yang dikatakan ma fi qalbi ghairullah yang telah kami simpulkan untuk Anda:

  • Seorang Muslim akan selalu mengingat Allah
  • Perkuat Keyakinannya pada Allah
  • Perkuat hati atau diri dari berbagai hal selain Allah
  • Hatinya tidak mudah melakukan percabulan.

Demikian Pembahasan kita pada kali ini di edmodo.id tentang Arti Ma Fi Qalbi Ghairullah. Nantikan Artikel Menaraik Lainya, tetap bersama kami. Terimaksih Semoga Membawa Manfaat.

“Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh”

Baca Juga :