Aplikasi Simulasi Cat Cpns 2019

Posted on

Simulasi CAT CPNS 2019: Peluang untuk Sukses Sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil

Daftar Isi show

Sobat Edmodo, sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS), tentu sudah tak asing lagi dengan istilah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). SKD ini merupakan tahapan awal seleksi penerimaan CPNS yang harus dilalui oleh semua calon peserta. SKD CPNS sendiri terdiri dari tiga tes yaitu Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Intelegensia Umum (TIU).

Namun, pendaftaran CPNS selalu diikuti oleh ribuan orang, sehingga persaingan untuk diterima di lingkungan kerja instansi pemerintah yang diharapkan pun sangat ketat. Oleh karena itu, sebagai calon peserta seleksi CPNS, persiapan yang matang dan intensif diwajibkan agar memiliki peluang yang lebih besar untuk diterima.

Untuk mempersiapkan diri menghadapi SKD, Sobat Edmodo dapat menggunakan Aplikasi Simulasi CAT CPNS 2019 sebagai sarana membantu meningkatkan kemampuan dan peluang Sobat Edmodo diterima di lingkungan kerja instansi pemerintah.

Sebelum masuk ke pembahasan tentang Aplikasi Simulasi CAT CPNS 2019, mari kita ketahui terlebih dahulu apa itu CAT CPNS.

Pendahuluan: Apa itu CAT CPNS?

CAT CPNS adalah sistem tes yang dilakukan secara daring atau online untuk menyeleksi para calon pegawai negeri sipil. Tes ini dilakukan untuk menggantikan sistem Computer Assisted Personnel Selection (CAPS) yang sudah digunakan sejak tahun 1970-an hingga akhir 1990-an. Meski tujuannya sama, yakni memudahkan proses rekrutmen CPNS, namun CAPS memiliki keterbatasan seperti biaya dan waktu tes yang cukup panjang. Oleh sebab itu, CAPS pun digantikan dengan CAT CPNS.

Pada sistem tes CAT CPNS ini, peserta akan diberi kuota waktu dan soal yang telah dipilih secara acak oleh sistem. Sistem CAT CPNS menjadi pilihan karena pengelolaannya yang mudah, cepat, dan efektif, serta dapat menghemat waktu dan biaya bagi peserta.

Namun, seperti halnya tes pada umumnya, persiapan yang matang sangat dibutuhkan agar dapat mencapai hasil yang maksimal. Aplikasi Simulasi CAT CPNS 2019 hadir sebagai solusi untuk membantu Sobat Edmodo meningkatkan kemampuan dalam menghadapi tes CAT CPNS.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Simulasi CAT CPNS 2019

Dalam penggunaannya, Aplikasi Simulasi CAT CPNS 2019 menawarkan beberapa keuntungan bagi Sobat Edmodo yang ingin mempersiapkan diri menghadapi tes CAT CPNS. Berikut beberapa keuntungan yang dapat Sobat Edmodo dapatkan dari penggunaan aplikasi ini:

1. Mengetahui Format dan Konten Soal yang Sesungguhnya

Aplikasi Simulasi CAT CPNS 2019

Melalui Aplikasi Simulasi CAT CPNS 2019, Sobat Edmodo akan diberi kesempatan untuk mengetahui format dan jenis soal yang sering muncul pada tes CAT CPNS secara nyata. Hal ini akan sangat membantu dalam mempersiapkan diri secara intensif dan matang, sekaligus meminimalisir kejutan atau ketidakfahaman saat menghadapi tes yang sebenarnya.

2. Berlatih Soal Secara Konsisten dan Terstruktur

Sobat Edmodo tidak perlu lagi berlatih soal dari berbagai sumber yang seringkali tidak terstruktur, Aplikasi Simulasi CAT CPNS 2019 akan memberikan soal-soal yang terstruktur dan sesuai dengan jenis soal CAT CPNS. Dengan berlatih sekala terus menerus, Sobat Edmodo dapat merasa lebih percaya diri saat menjawab soal pada saat tes nanti. Selain itu, Sobat Edmodo juga dapat mengatur waktunya dengan baik agar terbiasa melatih konsentrasi dalam jangka waktu yang lama.

3. Mengetahui Kekurangan dan Kelebihan

Selain meningkatkan kemampuan dalam menjawab soal tes CAT CPNS, Sobat Edmodo juga dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam menghadapi tes. Dalam Aplikasi Simulasi CAT CPNS 2019, peserta akan diberikan analisis nilai, lama waktu, dan benar atau salah jawaban pada setiap pertanyaan yang di ujiankan. Dengan begitu, Sobat Edmodo dapat mengetahui tingkat kefahaman kemampuan masing-masing serta menekan perolehan nilai yang kurang optimal.

4. Menghemat Biaya dan Waktu

Meski terdengar sepele, keuntungan menghemat biaya dan waktu adalah alasan yang cukup menarik bagi Sobat Edmodo. Sebab Sobat Edmodo tidak perlu menyewa tutor, membayar biaya les, atau terjebak dalam kemacetan jalan yang membuang banyak waktu untuk menuju ke tempat latihan.

5. Aplikasi Simulasi CAT CPNS 2019 Dapat di Akses Melalui Smartphone

Dalam era digital seperti saat ini, hampir semua orang memiliki smartphone. Dengan memanfaatkan aplikasi CAT CPNS 2019 yang dapat diakses melalui smartphone, Sobat Edmodo bisa berlatih soal kapan saja dan di mana saja. Aplikasi ini cukup praktis dan fleksibel, karena memberi peluang lebih besar bagi Sobat Edmodo yang sibuk dengan pekerjaan sehari-hari.

6. Aplikasi Simulasi CAT CPNS 2019 Telah di Gunakan oleh Banyak Orang

Aplikasi CAT CPNS 2019 sangat direkomendasikan bagi Sobat Edmodo yang ingin menyiapkan diri menghadapi tes CAT CPNS dengan serius. Aplikasi ini telah mendapatkan reputasi yang baik sebagai sarana membantu calon pegawai negeri sipil meningkatkan kemampuan mereka dalam menghadapi tes CAT CPNS.

7. Tersedia Dalam Bahasa Indonesia

Tak perlu khawatir dengan bahasa asing yang sulit atau rumit. Aplikasi Simulasi CAT CPNS 2019 tersedia dalam bahasa Indonesia, untuk memudahkan Sobat Edmodo memahami soal dan instruksi yang diberikan.

Kekurangan Menggunakan Aplikasi Simulasi CAT CPNS 2019

Tak hanya kelebihan, menggunakan Aplikasi Simulasi CAT CPNS 2019 tentu memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan yang perlu Sobat Edmodo ketahui:

1. Dapat Membuat Sobat Edmodo Cepat Puas Diri

Tidak semua cara belajar dapat menunjukkan kemajuan atau keberhasilan yang signifikan secara instan. Begitu pula dengan penggunaan aplikasi Simulasi CAT CPNS 2019, Sobat Edmodo yang telah berlatih dan mencetak nilai yang tinggi, bisa saja merasa cepat puas diri, padahal soal pada ujian yang sebenarnya dapat berbeda dengan soal latihan dan persaingan yang lebih ketat lagi.

2. Butuh Koneksi Internet yang Stabil

Penggunaan aplikasi Simulasi CAT CPNS 2019 memerlukan koneksi internet yang stabil agar tidak terputus di tengah proses berlatih. Oleh sebab itu, Sobat Edmodo perlu memastikan bahwa koneksi internet desktop maupun pada smartphone yang digunakan dalam pengoperasian aplikasi, cukup cepat dan stabil.

3. Hanya Menunjukkan Contoh Soal yang Biasa Dijumpai

Penggunaan aplikasi Simulasi CAT CPNS 2019 hanya memberikan gambaran umum dari format dan jenis soal yang sering dijumpai dalam tes CAT CPNS. Sehingga, Sobat Edmodo harus tetap membaca buku-buku referensi tentang materi yang diujikan pada tes tersebut agar lebih mendalam.

Tabel Informasi Lengkap Aplikasi Simulasi CAT CPNS 2019

Informasi Produk
Informasi Lengkap
Nama Produk
Aplikasi Simulasi CAT CPNS 2019
Fungsi
aplikasi pembelajaran tes kompetensi dasar calon pegawai negeri sipil (CPNS)
Pengembang
CPNSINDO
Ukuran
24MB – 30MB
Platform
Android, iOS dan Windows
Harga
Gratis, tersedia fitur bayar
Bahasa
Indonesia

FAQ Seputar Aplikasi Simulasi CAT CPNS 2019

1. Bagaimana cara menggunakan Aplikasi Simulasi CAT CPNS 2019?

Untuk memulai menggunakan Aplikasi Simulasi CAT CPNS 2019, Sobat Edmodo hanya perlu memasukkan email dan daftar akun, lalu langsung dapat berlatih soal.

2. Apakah Aplikasi Simulasi CAT CPNS 2019 tersedia di platform desktop?

Saat ini, Aplikasi Simulasi CAT CPNS 2019 hanya tersedia untuk digunakan pada smartphone Android dan iOS.

3. Ada fasilitas analisis nilai dalam Aplikasi Simulasi CAT CPNS 2019?

Ya, Aplikasi Simulasi CAT CPNS 2019 menyediakan fasilitas analisis nilai, termasuk benar atau salah jawaban pada setiap pertanyaan dan lama waktu yang digunakan untuk menjawab.

4. Apakah aplikasi ini tersedia dalam bahasa Inggris atau bahasa lain selain bahasa Indonesia?

Tidak, Aplikasi Simulasi CAT CPNS 2019 hanya tersedia dalam Bahasa Indonesia.

5. Berapa rentang waktu penggunaan aplikasi Simulasi CAT CPNS 2019 dalam satu kesempatan?

Waktu penggunaan aplikasi Simulasi CAT CPNS 2019 dalam satu kesempatan bervariasi, namun biasanya berkisar antara 15-60 menit.

6. Dapatkah poin yang diperoleh dari latihan di aplikasi Simulasi CAT CPNS 2019 dipertimbangkan dalam tes seleksi?

Tidak, poin yang diperoleh dalam latihan menggunakan aplikasi Simulasi CAT CPNS 2019 tidak dapat dipergunakan sebagai bahan penilaian dalam tes seleksi.

7. Bagaimana cara memperoleh fitur premium pada aplikasi Simulasi CAT CPNS 2019?

Fitur premium pada aplikasi Simulasi CAT CPNS 2019 dapat diperoleh dengan membayar biaya sebesar Rp. 10.000 sampai Rp. 50.000 tergantung pada jenis fitur premium yang diinginkan.

Kesimpulan

Sobat Edmodo, sebagai calon peserta seleksi CPNS, aplikasi Simulasi CAT CPNS 2019 merupakan investasi yang tepat bagi Sobat Edmodo dalam mempersiapkan diri menghadapi seleksi SKD. Dengan fasilitas latihan soal berbasis daring, Aplikasi Simulasi CAT CPNS 2019 membuktikan diri sebagai salah satu aplikasi terbaik dan terpercaya dalam membantu meningkatkan kemampuan CPNS khususnya dalam menghadapi tes CAT CPNS.

Jangan lupa, persiapan yang matang sangat diperlukan ketika Sobat Edmodo ingin mengikuti seleksi penerimaan CPNS. Jadilah catatan yang baik dan belajar dengan konsisten, karena tidak ada jalan pintas dalam berkarir di lingkungan kerja pemerintah. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan informasi yang kamu perlukan. Terima Kasih!

Penutup

Sekali lagi, Aplikasi Simulasi CAT CPNS 2019 adalah satu dari beberapa cara yang bisa Sobat Edmodo coba untuk memperoleh nilai yang lebih baik pada tes CAT CPNS yang sangat ketat. Meski begitu, aplikasi ini bukan satu-satunya cara dan kok punya kekurangan yang perlu kamu pertimbangkan sebelum menggunakannya. Juga, jangan lupa selalu komunikasi dengan orang yang lebih berpengalaman dan berlatih dengan konsisten. Setiap kesuksesan yang besar pasti diawali dari persiapan yang matang. Good Luck, Sobat Edmodo!